You are on page 1of 6

DENY ARDIANTO SIREGAR

13014016

TEKNIK SIPIL 14 (SEMESTER 8)

Bab VIII

1. Pembuatan sebuah produk harus memperhatikan 3 aspek utama, jelaskan mengenai hal tersebut
dan apa manfaatnya baik bagi perusahaan maupun bagi konsumen.
Jawab :
a. Aspek Manfaat
 Manfaat penggunaan.
 Manfaat psikologis.
 Manfaat mengatasi masalah.

b. Aspek Visualisasi Produk
 Atribut dan keistimewaan produk.
 Kualitas produk.
 Corak produk.
 Kemasan dan label produk.
 Merek.

c. Aspek Menambah Nilai Produk
 Garansi.
 Kemudahan instalasi.
 Pengiriman.
 Ketersediaan dipasar.
 Layanan purna jual.

2. Dalam merencanakan tawaran pasar, pentingnya memikirkan tingkatan produk, jelaskan tingkatan
dalam tawaran pasar tersebut.
Jawab :

Produk belanja adalah barang atau jasa yang lebih mahal dan lebih jarang dibeli disbandingkan dengan produk konsumsi harian. Produk kebutuhan sehari-hari adalah barang atau jasa yang sering dibeli orang. . dikenal sebagai produk konsumen. d. Kristalisasi pasar. Mulai tumbuhnya produk pesaing dan konsumen semakin sadar terhadap lini produk baru tersebut. Banyak perusahaan mulai meninggalkan segmen tersebut karena ketatnya persaingan dan harga mulai jatuh serta tingkat keuntungan semakin menurun. seperti TV. dan asuransi. e. Ekpansi pasar. c. dan minyak goreng. komputer. Produk konsumen diklarifikasikan menjadi : a. seperti. Pasar mulai terbagi dalam beberapa subsegmen karena jumlah produk yang beredar di pasar semakin banyak. Jawab : Klasifikasi produk terbagi 2 yaitu : a. b. Fragmentasi pasar. a. Produk konsumen. 3. beras. Penghentian pasar Tidak ada permintaan dari pasar dan perusahaan menghentikan pembuatan produk tersebut. Tahap permintaan laten dari pasar. Produk yang dijual kepada individu untuk konsumsi. Sebutkan dan jelaskan klasifikasi produk berdasarkan daya tahan dan wujudnya dan berikan contoh aplikasinya dalam IT. bumbu dapur. Konsolidasi pasar. Produk industry Produk industry biasanya dibeli oleh perusahaan dalam jumlah besar dan digunakan untuk proses lebih lanjut atau melakukan bisnis. b. kulkas. b. sayur.

dan jasa hukum. Sebutkan dan jelaskan yang termasuk kedalam barang konsumen dan berikan contoh aplikasinya dalam teknologi informasi. Produk kebutuhan khusus adalah barang atau jasa tertentu yang khusus dicari untuk memenuhi keinginan konsumen tanpa memperhatikan lokasi atau harga. komputer. yang dibeli dan dikonsumsi secara cepat dan berkala. dan jarang dibeli. dan minyak goreng. mobil. bumbu dapur. tahan lama. mobil. pabrik. . motor. Jawab : Barang konsumen seperti. Produk modal adalah barang atau jasa yang bersifat permanen. dan tiket konser. jasa pemeliharaan gedung atau peralatan. Sebutkan dan jelaskan yang termasuk kedalam barang industry dan berikan contoh aplikasinya dalam teknologi informasi. dan tiket konser. aksesoris khusus. jasa pemeliharaan gedung atau peralatan. dan jasa hukum. bandara. b. aksesoris khusus. Contoh aplikasi dalam teknologi informasi adalah adanya listrik yang akan dengan pusat informasi seperti radio. motor.pembangkit tenaga listrik. barang antic. berupa instalasi seperti. pabrik. Komputer. Produk industry diklarifikasikan menjadi : a. Jawab: Barang industry seperti. 5. c. gedung perkantoran. TV. perhiasan. Produk biaya beban adalah barang atau jasa indutri yang relative tidak mahal. seperti perhiasan. dan asuransi. beras sayur. mahal. gedung perkantoran. 4. barang antic. TV. Contoh aplikasi dalam teknologi informasi adalah adanya radio yang mana kita bisa mendengarkan berita setiap harinya. bandara. pembangkit tenaga listrik. dan lain-lain. kulkas.

Pengembangan prototype. Test produk dan test pemasaran. Jawab : a. g. e. karyawan atau hasil penelitian. pesaing. Opini konsumen yang terkumpul digunakan untuk membandingkan biaya produksi dan manfaat untuk mengetahui apakah produk tersebut memberikan profibilitas minimum. f. Bahan produk tidak sulit untuk dicari. d. b. Perusahaan melalui produksi yang terbatas memperkenalkan produk pada wilayah tertentu dan mengamati reaksi konsumen atas kinerja produk. Komersialisasi.6. Pengujian konsep. Sebutkan dan jelaskan yang termasuk kedalam bauran produk dan berikan contoh aplikasinya dalam teknologi informasi. Tahapan ini dilakukan setelah potensi profitabiltas produk diketahui. dilakukan riset pasar untuk memperoleh input terhadap manfaat produk dan harganya. Analisis bisnis. Produk memiliki manfaat bagi masyarakat. b. . Setelah gagasan disaring. Gagasan produk. Gagasan produk yang tidak berhubungan dengan tujuan atau kemampuan perusahaan disaring dan dihilangkan. c. Sumber gagasan terbaik dapat berasal dari konsumen. Produk tidak merusak alam. 7. Jelaskan bagaimana saudara untuk dapat membuat produk baru yang lebih kompetitif dalam persaingan pasar. c. Menilai dan memilih ide atau gagasan. Mencari gagasan bagiproduk-produk baru merupakan awal pengembangan suatu produk. Beberapa perusahaan produk konsumen bahkan mempekerjakan banyak remaja untuk memperoleh masukan tentang apa yang hangat dan bukan mengenai suatu produk. Jawab : Membuat produk baru yang kompetitif : a. Melalui produksi skala besar dan distribusi produk setelah proses testing selesai.

contohnya Car Free Day. Karena dengan system ini belanja bisa dimana saja dan tidak perlu dating langsung ke tempat. Pasar. dan lain-lain. Menonjolkan perbedaan produk dibanding pesaing. d. Pembuatan produk harus memerhatikan kualitas. Menarik e. Untuk hasil yang lebih maksimal diperlukan pembuakaan stand di tempat-tempat keramaian. c. Mall. b. Menonjolkan citra perusahaan atau produk. d. Mudah dikenali. . Mudah diingat. bagi produk baru yang telah dihasilkan saudara tersebut. Saudara beikan beberapa contoh pasar baru yang bisa diciptakan berbasis teknologi informasi. 8. Jawab: Shop Online. apa makna kualitas produk baik bagi perusahaan maupun bagi konsumen? Jawab : Makna kualitas produk bagi perusahaan dan konsumen yaitu : a. Bagaimana caranya saudara menciptakan pasar baru bagi produk baru. Terlindungi dengan baik. h. 9. Jawab : Memasarkan atau mempromosikan produk di daerah tertentu dan membuat iklan di berbagai media. Mudah diucapkan. Memudahkan konsumen. f. 10. pada usaha ini akan memberikan keuntungan kepada penjual dan memberikan kemudahan kepada konsumen nantinya. g. Menampilkan manfaat produk atau saran penggunaan produk.

11. 12. . Pembuatan produk harus meperhatikan titik impas produksi. karena titik yang menunjukan kondisi dimana pendapatan dan pengeluaran atas suatu produk tidak menghasilkan keuntungan maupun kerugian. mangejar omset (kuantitas) penjualan. mengapa manajemen perusahaan sangat berkepentingan terhadap titik impas tersebut? Jawab : Titik impas sangat berkepentingan pada manajemen perusahaan. Pada pemasaran produk manakah yang sebaiknya dipilih. ataukah mengejar kualitas dibandingkan kuantitas untuk mempertahankan pangsa pasar perusahaan? Jawab : Menurut saya lebih baik mementingkan kualitas ketimbang kuantitas karena jika kita mementingkan kualitas maka omsetpun akan mengikuti jika kualitas kita bagus maka pelanggan akan puas dan juga jika pelanggan sudah puas bias dipastikan akan terus membeli produk kita.