You are on page 1of 6

BAB II

EMBRIOGENESIS MATA

2.1. Diferensiasi Lapisan Embrional

Fertilisasi merupakan tahap awal dari perkembangan embrio manusia.
Kemudian terjadi mitosis sel yang menghasilkan 12 hingga 16 sel yang disebut
morula. Selanjutnya akan terbentuk blastokista yang terbentuk dari proses kavitas
yang berisi cairan dengan massa sel embrio yang memulai penetrasi ke mukosa
uterus kira-kira 6 hari setelah fertilisasi. Sel blastokista berlanjut menjadi
embryoblast yang pada tahap ini dibedakan atas dua lapis sel yaitu epiblast dan
hipoblast. Pembentukan epiblast dan hipoblast dari bagian dalam sel mass
mengawali proses gastrulasi yang merupakan proses yang menghasilkan tiga
lapisan primer embrional primitif yaitu ektoderm, mesoderm, dan endoderm
(Gambar 1).1,2,3

Gambar 1. Tahap awal perkembangan embrio manusia. A. Fertilisasi.
B, C. Perkembangan awal morula. D. Blastokista. E. Embrioblast. 1

Pergerakan gastrulasi membawa sel dari lapisan atas melewati garis
primitif ke daerah potensial antara dua lapisan untuk membentuk mesoderm. Sel
mesoderm gagal untuk penetrasi antara ektoderm dan endoderm pada oral plate
kemudian membentuk sekat embrio antara kavitas oral dan faringeal. Pada tahap
ini, primordium terletak anterior ke oral plate. Notochord terbentuk dari ujung
anterior garis primitif (Gambar 2.A).1,2,3

2

3 Gambar 3. A B C Gambar 2. Lipatan neural anterior telah dimulai untuk perkembangan primordium dan daerah oral selanjutnya termasuk membran bukofaringeal.1 Tahap awal dari lipatan yaitu penutupan tuba neuralis dan lipatan dari dinding badan lateral (Gambar 2. A.3 Pertumbuhan lateral dari lempeng neural akan menghasilkan lipatan yang berkembang ke atas dan ke luar.B). B.1.C). C. Embrio sebelum (A) dan sesudah (B) migrasi dari neural crest cells. Tampak Dorsal dari embrio.2. Pada tahap ini ujung neuroektoderm di lipatan dalam dan permukaan menutupi permukaan luar dari lipatan. Migrasi dari neural crest cells pada daerah otak belakang dimulai.1 3 . Migrasi neural crest cells pada daerah otak belakang. Pergerakan gastrulasi dan tahap awal penutupan tuba neuralis. Sebagian besar neural crest cells yang terbentuk pada daerah kepala bermigrasi ke lateral di bawah permukaan ektoderm (Gambar 2.2.1.

vesikel ini mengalami segmentasi neural dan membentuk bagian dari otak yaitu otak depan 4 . pusat dari lipatan neural mencapai masing-masing bagiannya dan berfusi membentuk tuba neuralis longitudinal. tuba neuralis tertutup dan terbentuk vesikel otak. Bersamaan dengan tertutupnya tuba neuralis. Selama perkembangan sulkus optikus. ektoderm neural dan sulkus optikus diinternalisasi dan embrio ditutupi oleh permukaan ektoderm.2.1. Bagian anterior dari embrio yang berusia 23 hari. Mengikuti penutupan tuba neuralis. Dalam 3 minggu.3 Gambar 4.2. Sel neuroektoderm di puncak lipatan berproliferasi dan menghasilkan sekelompok neural crest cells yang nantinya akan berperan sangat besar pada pembentukan jaringan mata. sinyal pertama dari perkembangan mata terlihat. Proses ini diawali dari regio medial berlanjut ke anterior dan posterior (Gambar 3).2.1. cekungan ini pun semakin bertambah dalam dan membentuk vesikel optik (Gambar 4). lipatan neural mulai menutup dan membentuk tuba neuralis. Sulkus optikus berkembang bersamaan dengan invaginasi pada permukaan dalam dari lipatan neural anterior. Tahap Vesikel Optik Saat tuba neuralis masih terbuka.3 2. Pada akhir minggu ketiga setelah konsepsi. 3 Ketika lipatan neural mengalami fusi progresif di arah kranial. Fusi dari lipatan neural ini mulai dari daerah leher dan berjalan sepanjang garis tengah di kedua arah kaudal dan kranial.

3 2.(prosenchephalon).1.2. Ektoderm neural yang mengalami invaginasi melipat dirinya sendiri membuat dua lapis ektoderm neural yaitu cawan optik yang akan berdiferensiasi menjadi neurosensori retina (lapisan dalam) dan epitel pigmen retina (lapisan luar).3.3 Gambar 5. Perkembangan sulkus optikus menuju ektoderm permukaan dan fusi dari vesikel otak depan membentuk vesikel optik kira-kira hari ke-25 hingga 26 masa gestasi (ukuran embrio 3 mm). Penutupan tuba neural dan perkembangan dari vesikel optik terjadi melalui pengaruh mekanik dari sitoskeletal dan matriks ekstraseluler dan menjadi tempat proliferasi dan pertumbuhan sel (Gambar 5). otak tengah (mesenchephalon).3. dan otak belakang (rhombencephalon). Tahap Cawan Optik Vesikel optik berperan dalam menginduksi dan menentukan ukuran dari fisura palpebra. Otak depan dan sulkus optikus dari embrio yang berusia 23-26 hari selama periode penutupan tuba neuralis. Perkiraan hari ke-27 masa gestasi. ektoderm permukaan yang berhubungan dengan vesikel optik menebal untuk membentuk lens placode (Gambar 6). Lens placode dan ektoderm neural mengalami invaginasi melalui perkembangan yang berbeda. Ektoderm permukaan menutupi bagian luar otak depan dan ektoderm neural membatasi bagian dalam dari vesikel-vesikel otak depan yang berpasangan dari tempat mata berkembang.5 5 . struktur orbital dan periokular.1. Sulkus optikus berkembang ketika evaginasi bilateral dari ektoderm neural di permukaan vesikel otak depan.

Pada minggu ke-5 masa gestasi.3. Gambar 6. Jaringan mesenkim mengelilingi dan berada di fissura optikum dan cawan optik. sehingga celah vesikel optik ini semakin sempit. lapisan di bagian dalam dan luar mulai semakin mendekat. vesikel lensa berpisah dari ektoderm permukaan bersamaan dengan penutupan fissura optikum (Gambar 8). Celah vesikel ini menetap seumur hidup sebagai suatu ruang potensial yang disebut ruang sub retina (Gambar 7). arteri hyaloid berkembang dari mesenkim di fissura optikum.6 Gambar 7.3 Invaginasi dari cawan optik terjadi secara eksentrik dengan pembentukan lapisan yaitu fissura optikum secara inferior.3 Diantara dua lapisan cawan optik ini mulanya terdapat suatu celah yang disebut vesikel optik. Fissura optikum juga dikenal sebagai fissura embrio atau fissura koroid.1. Arteri ini berjalan dari tangkai optik (precursor nervus optikus) hingga fissura optikum ke lensa yang sedang berkembang. Pada minggu ke-6 masa gestasi. Pembentukan lens placode dan cawan optik.5. 6 . Perkembangan cawan optik. Selama proses invaginasi.

5. terjadi sekresi dari cairan aquos primitif oleh epitelium siliaris primitif yang menjaga tekanan intraokular.1. 3 Pada saat 4 bulan masa gestasi.3. arteri dan vena retina melalui lubang ini.6 7 . Cawan optik dan fissura optikum 5 minggu masa gestasi. Setelah fissura optikum tertutup.1. bentuk umum akhir mata telah ditetapkan. Ketika fissura menutup.Penutupan cawan optik terjadi awalnya pada daerah equator secara anterior dan posterior.6 Gambar 8.5.3. Perkembangan selanjutnya adalah diferensiasi struktur optik individual.