You are on page 1of 18

LAPORAN STUDY TOUR

“MUSEUM LAMPUNG, PANTAI PASIR PUTIH
& RAMAYANA”

KARYA TULIS

Disusun Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Pada
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

DISUSUN OLEH :

NAMA : RICKY EKSANDIO
KELAS : IX.7

SMP NEGERI 1 PEKALONGAN
LAMPUNG TIMUR
TP. 2017/2018

7 Sekolah : SMPN 1 PEKALONGAN Karya tulis ini telah disetujui dan disahkan pada : Hari : Tanggal : Tempat : SMPN 1 Pekalongan Lampung Timur Menyetujui Pendamping I Pembimbing II TITIN WINARNI. AIDA AINI.Pd. Kepala Sekolah Hj.. HALAMAN PENGESAHAN Judul : “MUSEUM LAMPUNG. NIP. 19630714 198412 2 002 ii . S.I NIP.MM NIP. S.Pd LASMINI. S. PANTAI PASIR PUTIH & RAMAYANA” Nama : RICKY EKSANDIO Kelas : IX.Pd.

KATA PENGANTAR Puji dan syukur penulis ucapkan ke hadirat Allah SWT yang telah begitu banyak melimpahkan rahmat. Pada kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada guru pembimbing. Untuk itu sumbang kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan guna perbaikan dalam penulisan laporan perjalanan dimasa mendatang. Tak ada gading yang tak retak. April 2018 Penulis iii . Laporan ini disusun sedemikian rupa dengan sistematika susunan yang sederhana dengan harapan agar mudah dipahami oleh para pembacanya. PANTAI PASIR PUTIH & RAMAYANA”dengan baik. teman-teman serta semua pihak yang telah membantu hingga terselesaikannya laporan ini. hidayah dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Perjalanan “MUSEUM LAMPUNG. Akhirnya Penulisberharap semoga laporan perjalanan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin… Pekalongan. penulis menyadari bahwa laporan ini masih memiliki kekurangan-kekurangan baik dari isi maupun penulisan.

.............. 4 1............................... Manfaat ................... Sejarah Museum Lampung Ruwa Jurai..................... 3 2...........................1 Museum Lampung .........................................................................2 Metode Pengumpulan Informasi dan Data ............. 1 A...................................................................................................................................................... 10 DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN GAMBAR iv .... 8 3...................... 3 BAB III HASIL OBSERVASI ...............1 Kesimpulan ................................................................................................................................................................ 5 3................ ... Pengumpulan dan Perawatan Benda-Benda Koleksi Museum Lampung ................... 3 2.......... i HALAMAN PENGESAHAN ...................................................................................... 1 B................................................... 10 4......................................................................... DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL ...2 Saran ........................ 4 3........... 4 2................................ Latar Belakang ......................................................................... Benda-Benda yang Ada Di Museum Lampung ................................................................................................... 6 3...................................................1 Waktu dan Tempat Penelitian ............... iv BAB I PENDAHULUAN ............... Tujuan Penelitian .............. ii KATA PENGANTAR ....................... 10 4......................................................................................................... 8 BAB IV PENUTUP .............2 Pantai Pasir Putih ..................................................................................................................3 Mal Ramayana ................................................4 Manfaat Obyek .................... 4 3............................... iii DAFTAR ISI .......... 1 C............................ 2 BAB II METODOLOGI PENELITIAN ...........................

Pendidikan tidak hanya tanggung jawab seorang guru. Setelah karya wisata kami laksanakan. masyarakat maupun orang tua. salah satunya yang sangat menunjang adalah karya wisata. Latar Belakang Karya Wisata adalah kegiatan wisata yang dilakukan dengan tujuan untuk menambah pengetahuan siswa serta menambah pengalaman. Laporan karya tulis ini merupakan tugas bagi semua angkatan kelas IX SMPN 1 Pekalongan. serta merupakan upayauntuk mencerdaskan anak bangsa. Pendidikan sangat penting untuk setiap orang karena pendidikan itu sendiri menyangkut masa depan. Namun semua lapisan masyarakat Indonesia juga ikut bertanggung jawab atas terwujudnya pendidikan nasional. BAB I PENDAHULUAN A. Dalam penyusunan laporan ini. pemerintah. siswa diwajibkan untuk membuat karya tulis. v . Karya tulis adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dilaksanakan. siswa diharapkan dapat melaporkan segala pengetahuan dan pengalamannya yang diperoleh selama menjalankan study tour. Dengan karya wisata. Pengalaman dan pengetahuan selama mengikuti study tour ke Museum Lampung dan Pantai Pasir Putih diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Yakni dengan menjalankan tugas sesuai dengan kemampuan dan tanggung jawab yang merupakan upaya untuk terwujudnya pendidikan nasional yang bermutu tinggi dan berbudi pekerti luhur. Sebab itulah untuk mewujudkannya ada beberapa kegiatan yang menunjang pendidikan. siswa dapat lebih berpengalaman dan lebih berpengetahuan. Dalam laporan ini membahas tentang beberapa objek wisata dan objek study tour yang berada di Museum Lampung dan Pantai Pasir Putih.

2. Mengenal kebudayaan Nusantara. 5. Sebagai latihan untuk memperlancar sastra dan bahasa. Sebagai wawasan tambahan informasi serta menperbanyak pengetahuan. 4.B. 2. Manfaat 1. 6. Tujuan Penelitian 1. Menanamkan rasa Cinta Tanah Air. Ilmu Pengetahuan dan Rekreasi. 4. Penulis ingin memperkenalkan profile objek-objek wisata yang ada di Museum Lampung. 3. Pantai Pasir Putih dan Ramayana kepada pembaca. Teknologi. Meningkatkan rasa cinta tanah air dan budaya bangsa. Untuk berlatih menyusun Laporan secara Sistematis C. Meningkatkan apresiasi dan kreasi siswa. Sejarah. 3. Menambah dan meningkatkan pengetahuan wawasan tentang nilai-nilai Religius. Membangun keakraban antar siswa dan guru vi . 7. 5. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendapatkan pengalaman baru yang bersifat langsung. Sebagai perbandingan antara teori di kelas dan kenyataan di Lapangan.

4. Pantai Pasir Putih dan Ramayana. Metode Wawancara Kami memperoleh penjelasan dari pemandu tentang objek wisata yang kami kunjungi dan kami mewawancarai pemandu wisata tersebut. Metode observasi / pengamatan Metode pengamatan dilakukan dengan melakukan pengamatan secara langsung di lapangan. pada hari Minggu tanggal 11 Desember 2017 pukul 08. Metode dokumentasi Kami mengambil gambar atau foto objek wisata yang kami kunjungi.2 Metode Pengumpulan Informasi dan Data 1. dan membuka situs-situs tentang Museum Lampung yang ada di internet sebagai pelengkap bahan. BAB II METODOLOGI PENELITIAN 2. 2. buku panduan. 3.00 WIB. Metode kaji pustaka Kami juga memanfaatkan brosur-brosur.1Waktu dan Tempat Penelitian Kami melakukan study tour atau penelitian ini bertempat di kawasan Museum Lampung. vii . 2.

untuk mengumpulkan koleksi museum lampung melakukan beberapa cara yaitu: 1. Pengumpulan dan Perawatan Benda-Benda Koleksi Museum Lampung Sebagai museum yang bersifat umum koleksi yang dikumpulkan museum lampung meliputi kebudayaan manusia dan benda-benda tinggalan sejarah alam. Sejarah Museum Lampung Ruwa Jurai. Sitaan 3. zainal abiding pagar Alam no 64 gedung meneng Bandar Lampung. Pertukaran dengan museum lain 5. 64. Peletakan batu pertama pembangunan Museum Lampung dilakukan oleh kepala bidang permuseuman sejarah dan kepurbakalaan kanwil Debdikbud provinsi Lampung yaitu Drs.64 gedung meneng.Dan pada tanggal 30 maret Museum Lampung mengalami perluasan.Bandar Lampung. Dan didirikan di atas tanah seluas 17. BAB III HASIL OBSERVASI 3. Museum lampung diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Prof. Supangat pada tanggal 13 juni 1978 di Jl. Sumbangan atau hibah 6. Replika Adapula perawatan yang dilakukan oleh petugas museum yaitu berupa perbaikan koleksi atau perawatan kuratif. pada tanggal 1 april 1990 Museum Lampung mendapatkan penambahan nama ‘ Ruwa Jurai’ penambahan itu disesuaikan dengan logo provinsi Lampung yaitu sang bumi ruwa Jurai. Imbal jasa atau pembelian 4.010 m2. yang didirikan oleh Kepala kantor pembinaan permuseuman perwakilan departemen pendidikan dan kebudayaan provinsi Lampungyang bertempat di jalan Zainal Abidin Pagar Alam No. Evakuasi 2.Dr. Sementara itu. 2.1 MUSEUM LAMPUNG 1. Upaya ini dilakukan pada koleksi yang memiliki data banding. Museum Lampung mulai didirikan pada tahun 1975. H.Fuad Hasan pada tanggal 24 september 1988. sekarang menjadi jl.tengku Umar no. Sedangkan koleksi dalam keadaan baik diberi viii .

Kain Tapis Tenunan yang terbentuk kain sarong dipakai oleh wanita Lampung pada saat upacara adapt. Rempayan ix . kain tapis ini terbuat dari benang kapas. realif arca. tangan kiri disedakepkan di atas perut. Melakukan pengumpulan. 2. dan benda upacara. 3. Sedangkan fungsi museum yaitu: 1.perawatan preventif yaitu dibersihkan atau dijauhkan dari segala kemungkinan yang dapat mengakibatkan kerusakan dengan menggunakan bahan dari alam maupun dengan zat-zat kimia. Memperkenalkan dan menyebarluaskan hasil penelitian koleksi. Kebudayaan Hindu Budha Masa klasik Hindu Budha di Lampung antara abad ke 7 masehi hingga abad ke 16 masehi. tangan kanan ditekuk melipat di atas dada. Di Lampung ditemukan 8 prasasti. Pada bagian pinggang belakang terselip sebuah keris sebagai ciri arca yang menggambarkan salaah satu tokoh perwujudan seorang panglima. 3 sisi candi (hujung langit. Melakukan urusan perpustakaan dan dokumentasi ilmiah. 3. perawatan dan penyajian benda yang bernilai budaya dan ilmiah. perawatan. Jepara) arca. Benda-Benda yang Ada Di Museum Lampung Adapun benda-benda yang tersimpan di Museum Lampung antara lain : 1. 3. 4. 4. 2. kutural tentang benda berniali budaya dan ilmiah. Arca Megalitik Folonesia Arca ini ditemukan sekitar tahun 1963 disitus Pugung Raharjo Lampung Timur. hidung besar melebar. mata besar melotot. Melakukan bimbingan edukatif. penelitian dan kultural tetang benda bernilai budaya dan ilmiah. mulut persegi terbuka. fungsi dan tugas museum adalah melaksanakan pengumpulan. 5. Arca digambarkan dalam posisi jongkok. Arca Menhir Arca ini ditemukan diperwakilan sukeu Lampung Barat. Arca sejenis ini banyak ditemukan di Jawa Timur periode sebelum zaman Majapahit sekitar abad ke-12 sampai 13 masehi.

Kecamatan Palas. Prasasti Bawang Prasasti ini ditemukan didekat prasasti bujang langit di kampong Hara Kuning. 9. x . Hampir setiap hari libur pantai ini pasti ramai dikunjungi para wisatawan dari daerah Lampung sendiri maupun dari Luar Lampung yang ingin berlibur menikmati indahnya pesona pantai Pasir Putih tersebut. Anda seolah disambut dengan lukisan alam yang luar biasa. Demikian beberapa contoh benda-benda peninggalan sejarah yang dapat kami sebutkan. kecamatan Jabung. Prasasti ini terdiri dari 3 baris. akan membuat siapa pun takjub dan terpana. Prasasti ini terdiri dari 3 baris huruf pailawa bahasa melayu kuno umur akhir abad ke 7 masehi. Perpaduan pasir yang putih dan pepohonan yang melambai dengan laut yang biru.2 Pantai Pasir Putih Salah satu obyek wisata yang terkenal di Lampung adalah Pantai Pasir Putih yang terletak di Jalan Trans Sumatera. 6. 7. Pantai Pasir Putih memang sudah menjadi kebanggaan masyarakat Lampung. Kecamatan Baik Bukit. Lumpang Batu Batu ini berbentuk lesung yang merupakan tanggalan tradisi megalitik muda dari neolitikumn + 1.600 tahun lalu. umur akhir abad ke 7 masehi huruf palawa bahasa melayu kuno. Setibanya di Pantai Pasir Putih. Prasasti Palas Pasembah Prasasti ini ditemukan pada tahun 1958 di tepi way bisang di desa Palas Pasembah. Lampung Barat umur abad ke 10 masehi. Lampung Selatan. Kabupaten Lampung Selatan berjarak 30-45 menit perjalanan dari Kota Bandar Lampung. Paseu digunakan sebagai bak mandi atau tempat berendam oleh gadis (Lampung : mulei) sebelum upacara akad nikah. Prasasti Bungkuk. Lampung Timur. desa Hanakau. Prasati ini ditemukan tahun 1958 di desa Bungkuk. 8. 3. Tarahan. Perlu diketahui sesungguhnya masih banyak yang belum kami sampaikan karena keterbatasannya waktu yang kami punyai untuk lebih dapat mengetahuinya.

Pantai pasir putih mempunyai warna hijau kebiruan yang menambah elok untuk di kunjungi dan di nikmati. setelah beraktivitas seharian di pantai.Maka. tanggerang.000. palembang dan sebagainya. Sepanjang perjalanan ke Pulau Codong. bermain air dan berjemur. tapi juga wisatawan mancanegara. Pulau Codong juga tidak kalah menarik dari Pantai Pasir Putih. Keindahannya tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya di Indonesia. Putih dan bersihnya pantai. kano dan berpetualang dengan perahu nelayan. Menghabiskan waktu untuk sekedar tiduran.000-250. Bagi pecinta olahraga air. Penjual cinderamata khas lampung pun dapat anda jumpai disekitar Pantai Pasir Putih ini sehingga bagi anda yang berkunjung ke Pantai ini tidak perlu bingung lagi harus mencari cinderamata apa yang bagus untuk dibawa pulang dan diberikan sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara yang dirumah. Harga tiket masuk ke Pantai Pasir Putih ini pun relatif sangat murah.anda sudah mendapatkan tiket masuk untuk satu orang. xi . Sunset di Pantai Pasir Putih seolah hidangan penutup yang manis. Anda dapat melihat keramba-keramba yang dipasang nelayan untuk menangkap ikan.000. Wisata pasir putih mempunyai keindahan yang sangat istimewa sehingga tidak heran kalau tempat ini selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan lokal. 20. Pulau Codong terlihat jelas dari pinggir Pantai Pasir Putih. akan membuat Anda betah untuk berlama-lama di pantai ini. Bahkan ada beberapa wisatawan mancanegara lalu lalang di tempat ini untuk menikmati pesona pasir putih. Beberapa kegiatan yang menarik seperti berenang. gugusan pasir putih yang bersih membentang di bibir pantai yang menambah cantik si pantai. seperti Pulau Codong. Sunset di Pantai Pasir Putih sangat cantik. serta Anda juga dapat bermain kano dan snorkling di sekitar Pulau Codong. Anda juga bisa menikmati beberapa pulau kecil di sekitar Pantai Pasir Putih. Pada hari libur tempat ini banyak sekali di kunjungi oleh masyarakat lokal baik dari daerah sekitar atau daerah lain seperti jakarta. ditempat ini anda bisa bermain-main pasir.. ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di pantai ini. Anda dapat menyewa boat seharga Rp 150. Pasirnya juga putih dan bersih. tempat ini tidak hanya digemari wisatawan dalam negeri. hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp. Pemandangan pantai nan indah nampak didepan mata salah satunya adalah adanya beberapa pulau kecil disekitar pantai pasir putih ini yang dapat anda kunjungi dengan menyewa jasa kapal dengan biaya kurang lebih 30 ribu dengan perjalanan antara 10 sampai dengan 15 menit. berjalan-jalan atau pun mencari objek foto dapat Anda lakukan di sekitar pantai.

4 Manfaat Obyek Secara teoritis penelitian ini berguna sebagai sumbangsih pemikiran atau input yang dapat memperkaya informasi dalam rangka meningkatkan kesadaran akan pentingnya keberadaan museum di tengah-tengah zaman globalisasi. selain dimanjakan dengan hadirnya tenant-tenant seperti:  Ramayana Department Store  Supermarket Robinson  Shoe Mart (pusat sepatu terlengkap). Mal ini mempunyai penyewa- penyewa baik dari perusahaan nasional maupun internasional. Mall Lampung juga memiliki foodcourt. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. khususnya di Lampung itu sendiri. salah satu pulau yang sering dikunjungi adalah Pulau Tangkil. dan arena bermain Zone 2000. xii .000 meter persegi. Pertokoan ini terletak di Jalan ZA Pagar Alam Rajabasa. Kapasitas Mal Lampung ini memiliki total luas = 14. dan  Office Mart (pusat alat-alat kantor). Indonesia. sehingga anda pun akan dibawa menikmati keindahan pulau tersebut dan melihat keindahan Pantai Pasir putih dari seberang pulau tersebut.3 Ramayana Mal Lampung Mal Lampung atau Ramayana Mal Lampung adalah sebuah pusat perbelanjaan di Bandar Lampung.033 m2  lantai 1 = 4. 3. 3.819 m2  lantai 2 = 4. Di bangunan seluas 15.158 m2 dengan perincian:  lantai dasar = 5. Secara praktis penelitian ini berguna sebagai paparan yang mendiskripsikan betapa besar dan kuatnya pengaruh museum Lampung bagi masyarakat untuk mengetahui benda-benda bersejarah yang pernah ada di muka bumi ini. Demikian sedikit informasi mengenai Pantai Pasir Putih yang ada di Lampung selatan.306 m2 Tenant Mal ini memiliki konsep menjadi pusat perbelanjaan dan pusat hiburan. Bandar Lampung.

kebudayaan mengambil unsur-unsur pembentuknya dari segala ilmu pengetahuan yang dianggap vital dan sangat diperlukan dalam menginterpretasi semua yang ada dalam kehidupannya. Salah satu fungsi dan tugas museum Lampung yaitu memperkenalkan dan menyebarluaskan hasil penelitian. salah satunya yaitu dengan diadakan pameran. Proses pewarisan tersebut dikenal dengan proses sosialisasi atau enkulturasi (proses pembudayaan). dilakukan upaya-upaya yang terencana. Petugas museum memiliki beberapa cara untuk memperkenalkan hasil penelitian. Dikarenakan di dalam museum Lampung tersebut terdapat berbagai cerminan kebudayaan Lampung asli terdahulu melalui benda-benda peninggalan yang ada di dalam museum Lampung. Dan melalui museum itulah kita sebagai masyarakat yang hidup dimasa sekarang haruslah sangat berterimakasih kepada museum yang memang sangat memberikan peranan penting dalam menjaga atau memberi tahu tentang kebudayaan asli yang mencerminkan jati diri masyarakat tertentu disuatu daerah. Proses belajar merupakan cara untuk mewariskan nilai-nilai tersebut dari generasi ke generasi. pemasangan iklan layanan masyarakat melalui media cetak dan sebagainya. terlebih oleh mereka yang mencintai peradaban alam dan memiliki minat untuk menggalinya sebagai sumber pengetahuan. Agar kebudayaan Lampung dapat berkembang sehingga mampu meningkatkan perannya dalam pembangunan sesuai dengan perubahan sosial dan budaya. Sebagai unsur vital. Dalam kaitan ini kebudayaan dipandang sebagai nilai-nilai yang diyakini bersama dan terinternalisasi dalam diri individu sehingga terhayati dalam setiap perilaku. Sehingga diperlukannya perbaikan dari dalam maupun luar museum Lampung itu tersebut.Manfaat museum dirasa betul oleh masyarkat. xiii . Kebudayaan adalah way of life atau pedoman bagi masyarakat. terpadu dan terarah. pelajar. Hal ini diperlukan sebagai modal dasar untuk dapat beradaptasi dan mempertahankan kelangsungan hidup (survive). agar masyarakat dapat mengetahui betapa pentingnya menjaga dan melestarikan kebudayaan dari masyarakat Lampung terdahulu melalui museum Lampung. Nilai-nilai yang dihayati ataupun ide yang diyakini tersebut itu diperoleh melalui proses belajar. Termasuk Lampung sendiri.

karena didalam Museum Lampung siswa dapat mengetahui berbagai jenis koleksi peninggalan dan sejarahnya. dan siswa dapat melihat indahnya pantai pasir putih dapat melihat bentuk sesungguhnya dan lain-lain sehingga pengetahuan siswa akan bertambah dan meningkat.2 Saran Dengan selesainya penulisan karya tulis ini penulis memberikan sedikit saran kepada para siswa agar menjadi penerus bangsa kitapun harus menjaga alam dalam rangka mengisi kemerdekaan.1 Kesimpulan Setelah penulis mengadakan observasi. maka penulis menyimpulkan bahwa Museum Lampung memiliki beberapa bagi siswa yaitu : 1. 2. Dapat meningkatkan minat siswa. xiv . pengumpulan data dan interview tentang bagaimanaperanan museum Lampung bagi siswa tentang ilmu pengetahuan sosial. Dapat menyebarluaskan Ilmu Pengetahuan bagi siswa. BAB IV PENUTUP 4. karena museum Lampung memilki kelengkapan koleksi berupa benda-benda peninggalan dari jaman prasejarah hingga jaman sejarah sehingga siswa tidak merasa jenuh dengasn ilmu pengetahuan social karena dapat mengamati langsung jenis peninggalan peninggalan tersebut tidak hanya sebatas mengamati di dalam buku. 4.

org/wiki/Mal_Lampung xv .html https://id. DAFTAR PUSTAKA Bambang Sigit Winarto.com/2015/08/pantai-pasir-putih-lampung.blogspot.dkk. 2004. 1993 / 1994. Koleksi Pilihan Museum Negeri Provinsi Lampung ( seri katalok buku II ). Museum Negeri Provinsi Lampung http://ragamwisataid. Buku Panduan Museum Negeri Provinsi Lampung Eko wahyuningsih.wikipedia. dkk.

LAMPIRAN GAMBAR MUSEUM LAMPUNG xvi .

PANTAI PASIR PUTIH xvii .

RAMAYANA MAL LAMPUNG xviii .