You are on page 1of 8

TEKNIK PENGUMPULAN DATA

1. OBSERVASI

a. Pengertian dan jenis observasi

Observasi adalah cara dan teknik pengumpulan data dengan melakukan pengamatan dan
pencatatan secara sistematis terhadap gejala atau fenomena yang ada pada objek penelitian.

Observasi dapat di bagi dua yaitu:

1) Observasi langsung,yaitu observasi yang di lakukan di mana observdr berada bersama
objek yang di teliti.
2) Observasi tidak langsung, yaitu observasi atau pengamatan yang di lakukan tidak pada
saat berlangsungnya suatu psristiwa yang akan di teliti.

b. Petunjuk dalam melakukan observasi

Petunjuk dalam melakukan observasi adalah:

1) Peroleh terlebih dahulu pengetahuan tentang objek atau fenomena yang akan di observasi
2) Arahkan pengamatan kepada pencapaian tujuan penelitian dan pembuktian hipotesis.
3) Gunakan ceklist untuk hal hal yang akan di observasi.
4) Adakan observasi secermat dan sekritis mungkin.
5) Tentukan kategori pencataan gejala atau fenomena yang di amati,misalnya dengan kategori
penilaian sangat baik,baik,sedang,jelek,dan jelek sekali.
6) Catat setiap gejala secara terpisah. Observer harus menghindari pencatatan suatu gejala
secara tidak tepat karena pengaruh gejala yang lain. Hindari unsure subjektif yang bisa
mempengaruhi pencatatan observer.
7) Gunakan teknik observasi yang terkontrol dengan menggunakan standar tertentu,seperti
ukuran waktu,panjang,frekuensi,diagram,tabulasi,peta,alat ukur, dan sebagainya.alat
pencatat atau alat perekam seperti tustel,tape recorder,dan sebagainya.
8) Buat dokumentasi dengan menggunakan alat pencatat atau alat perekam seperti tustel,tape
recorder,dan sebagainya.
9) Catat semua gejala,fenomena,maupun fakta yang di observasi.

tape recorder. Dalam observasi ini di lakukan usaha mengendalikan unsure unsure tertentu dalam dalam situasi yang akan di amati. Pencatatan gejala hanya di lakukan pada waktu tertentu yang telah di tetapkan. 2) Catatan berkala Pencatatan di perlukan untuk untuk mengetahui munculnya suatu peristiwa atau gejala.waterpas. Pencatan harus di lakukan di luar pengetahuan orang orang yang sedang di amati. . b. d. Cara melakukan observasi Ada tiga cara untuk melakukan observasi yaitu: 1) Observasi partisipan adalah suatu proses pengamatan bagian dalam yang di lakukan oleh observer dengan ikut mengambil bagian dalam kehidupan orang orang atau objek yang akan di observasi. c. Observer harus membina hubungan yang baik(good rapport) 2) Observasi Nonpartisipan Observasi nonpartisipan adalah adalah suatu proses pengamatan yang di lakukan oleh observer dengan tidak ikut dalam kehidupan orang atau objek yang di observasi. Alat observasi 1) Catatan anekdot Adalah catatan suatu gejala atau peristiwa sesuai dengan urutan kejadiannya. 3) Checklist Adalah suatu daftar berisi nama objek atau fenomena fenomena yang akan di teliti atau di amati.situasi tersebut di atur sesuai dengan tujuan penelitian. Hal yang perlu di perhatikan dalam observasi partisipan a.dan sebagainya. 4) Peralatn mekanik Peralatan yang di gunakan antara lain tustel.peralatan survey untuk penelitan geografi fisik seperti current meter.teodolit.hal ini dapat di lakukan untuk menghindar bias data. Observasi eksperimen Observasi eksperimen adalah pengamatan yang dapat mengungkapkan pengaruh kondisi atau factor tertentu terhadap gejala yang relative murni.

Pelaksaan lebih mudah. 1. c.mungkin dapat menampilkan tingkah laku atau atau member keterangan yang tidak sebenarnya. e. Menurut Prof. Jenis wawancara 1) Wawancara berstruktur Adalah wawancara yang di lakukan dengan terlebih dahulu membuat daftar pertanyaan yang kadang kadang di sertai dengan jawaban alternatifnya dengan maksud agar pengumpulan data dapat lebih terarah kepada tujuan dan pembuktian hipotesis. Jika observe tahu bahwa dia sedang di amati.perubahan fenomena di lokasi peneliian dan sebagainya. f.seperti pengamatan banjir di sungai. Timbulnya suatu kejadian yang tidak dapat di ramalkan secara tepat. Tidak semua kejadian dapat di amati tepat pada waktunya . Keuntungan observasi Keuntungan atau keunggulan observasi adalah: a. .seperti terjadinya banjir. Banyak kejadian yang dapat di amati dengan observasi langsung. Peta dan udara Peta dan foto udara tersebut sangat membantu peneliti untuk mengecek berbagai objek yang bersangkut paut dengan penelitian.S. Jadi wawancara merupakan metode pengumpulan data dengan cara Tanya jawab jawab yang di kerjakan denagan sistematis dan berlandaskan pada tujuan penelitian. b. Memungkunkan pencatatan yang serempak dengan terjadinya sesuatu gejala. e. b. d. g. Tugas observasi terganggu jika sewaktu waktu ada peristiwa yang tidak terduga seperti hujan deras dan sebagainya.M. WAWANCARA a. c.Nasution.penentuan sampel. Kelemahan observasi Kelemahan atau kekurangan observasi adalah: a.Dr.A wawancara adalah suatu bentuk komunikasi verbal. Merupakan alat yan langsung untuk meneliti bermacam macam gejala b.seperti lokasi penelitian.

c. Hubungan antara pewawancara dan responden terlalU formal sehingga memungkinkan data yang di peroleh kurang detail.tetapi pertanyaan pertanyaan tersebut tidak menentu arahnya dan hanya di tuntun dengan garis besar yang perlu di wawancarakan. Wawancara tidak berstruktur Adalah wawancara yang di lakukan dengan tanpa menyusun daftar pertanyaan sebelumnya. Daftar pertanyaan menyerupai kusioner. d.seperti di jalan. Tujuan wawancara lebih jelas sehingga pembuktian hipotesis lebih mudah. Keuntungan wawancara tidak berstruktur: a.atau di tempat kerja.sehingga jalannya interview agak kaku. Cocok untuk penelitian survey pendahuluaan Keahlian yang di perlukan tidak perlu terlalu mendalam b.dalam wawancara ini pewawancara atau peneliti mengajukan berbagai ertanyaan. Tidak member I kesempatan bagi responden untuk menjawab sesuai kemampuan sendiri . . data yang di peroleh sulit di beri kode sehingga suli di olah dan di bandingkan. Tempat dan waktu wawancara Pelakasanaan wawancara dapat di lakukan di berbagai tempat. c.tempat waktu pelaksanaan perlu di bicarakan antara peneliti dan responden dengan maksud agar pelaksanaan di bicarakan antara peneliti dengan responden dengan maksud agar pelaksaan wawancara dapat berjalan dengan lancar. Kelemahan wawancara berstruktur: e. Jawaban jawaban mudah di catat dan di beri kode serta mudah di olah. Keunggulan wawan cara tidak berstruktur: a. g. b.di rumah. Pelaksanaan wawancara 1.tenaga dan biaya.Keuntungan wawancara berstruktur: a. b.kegiatan penelitian menjadi sangat incidental. Karena tidak ada pedoman. f. Memerlukan banyak waktu. Memungkinkan di analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hubungan antara pewawancara dan responden dapat berjalan dengan baik karena wawancara di lakukan dengan bebas.

Proses wawancara Dalam melakukan komunikasi yang baik antara peneliti dan responden. 2) Angket terbuka Adalah.seperti cara berpakaian.jawaban responden dapat berupa uraian yang panjang lebar.kata kata(istilah istilah) yang sulit di mengerti oleh responden hendaknya di hindarkan. d.memungkinkan jawaban responden tidak mengarah kepada pertanyaaan yang sebenarnya. Pengertian Menurut Dr HAdari Nawawi.melalui orang tertentu atau perantara atau peneliti sendiri yang menyampaikan. 2. 2. Gunakan kata kata yang sederhana. c. Pertanyaan pertanyaan harus di jawab oleh semua responden e. ANGKET a.angket adalah usaha untuk mengumpulkan informasi dengan men menyampaikan sejumlah pertanyaan tertulis untuk di jawab secara tertulis oleh responden. b.bahasa yang di gunakan adat istiadat.cara yang di tempuh bisa dengan mengirimkan angket ke alamat responden melalui pos. Hindarkan pertanyaan pertanyaan yang mempunyai arti lebih dari satu pengertian d.jelas.uraian yang panjang lebar ini. Bentuk pertanyaan dalam angket .atau tata karma dari pendududk atau orang yang akan di wawancarai. Jenis angket 1) Angket tertutup Adalah suatu angket di mana pertanyaan pertanyaan dan alternative jawabannya telah di tentukan sehingga responden tinggal memilih jawaban yang di inginkan.dan pembuktian hipotesis.angket dalam proses pengisian angket peneliti tidak tidak lagi berhubungan langsung dengan responden.dan mudah di mengerti oleh semua responden.responden di berikan kesempatan untuk memberikan jawaban secara bebas sesuai dengan pendapatnya sendiri. Petunjuk pembuatan pertanyaan angket Petunjuk dalam pembuatan angket adalah: a.hindarkan pertanyaan yang dapat membangkitkan emosi bagi responden.untuk hal itu penelit harus memperhatikan hal hal yang dapat mempengaruhi proses wawancara.Berbeda dengan wawancara. b. Pertanyaan hendaknya di arahkan pada masalah tujuan penelitian. Sifat pertanyaan harus harus netral dan objektif. c.

c.Berbentuk daftar cek a. Tes pendahuluan(pretest)angket Adalah.salah. Data sekunder dapat di pakai sebagai pelengkap untuk mendukung informasi dari data primer yang di kumpulkan oleh peneliti sendiri. 1) Menghindarkan pertanyaan pertanyaan yang tidak relevan 2) Menambah atau mengurangi kata kata yang di anggap kurang jelas. 3) Mengevaluasi apakah pertanyaan mudah di mengerti oleh responden atau tidak.dan sebagainya. 5) Pertanyaan yang sensitive atau kasar dapat di perlemah.tidak. PENGUMPULAN DATA SEKUNDER Data sekunder adalah data yang di peroleh seseorang peneliti tidak secara langsung dari subjek atau dari objek yang di teliti.sedang buruk. b. Bentuk pengisian Pada kalimat terdapat titik ttitik yang harus di isi oleh responden.angket perlu di uji cobakan kepada beberapa responden sebelum penelitian benar benar di laksanakan. d.atau ragu ragu dapat pula berupa ya. Pertanyaan pertanyan diberi jawaban berdasarkan skala atau urutan tertentu.tetapi melalui pihak pihak lain seperti instansi instansi atau lembaga lembaga yang terkait. Bentuk benar salah setiap pertanyaan yang di ajukan dapat di jawab benar.misalnya dengan member tanda X.dan sebagainya. .dan sebagainya.catatan biografi. 6) Memgetahui lamanya pengisian angket 3.seperti buku harian.responden hanya memberi tanda tertentu sesuai yang di minta dalam petunjuk pengisian angket. Bentuk terbuka Pertanyaan di buat lengkap.Data perpustakaan adalah data yang di peroleh dari perpustakaan atau melalui penerbitan resmi suatu intansi yang bersangkutan. Pertanyaan di buat dalam bentuk daftar.perpustakaan.atau baik. Bentuk pilihan berganda Pertanyaan pertanyaan yang di sertai jawaban yang telah di tentukan dan responden tinggal memilih salah satu atau jawaban yang telah di tentukan e. f.uji coba yang di perlukan guna menyempurnakan angket. Hal ini di maksudkan untuk beberapa hal berikut.arsip perorangan. 4) Menentukan apakah urutan urutan pertanyaan perlu di ubah atau tidak. e.tetapi responden di beri kesempatan untuk menjawab sesui keinginannya.Arsip perorangan adalah data yang di peroleh peneliti dari sumber pribadi.

PENGUMPULAN DATA DENGAN PENGINDRAAN JAUH Data yang bisa di siapkan dalam pemginderaan jauh adalah data citra foto dan data digital atau numeric.4. .

Referensi Tika pabundu.PT Bumi Aksara.Metode Penelitian Geografi.Jakarta Zuriah nurul.2006.2005.Metode Penelitian Sosial dan Pendidikan.Jakarta .PT Bumi Aksara.