You are on page 1of 7

Pada liburan akhir tahun ini saya dan keluarga berlibur selama 5 hari.

Dengan kondisi istri
yang hamil 12 minggu, dengan 2 balita (3,5 tahun dan 2 tahun), kami berlibur dari padang,
menginap 2 hari di Jakarta, bandung 3 hari (lembang 1 hari). Tentu sangat berbeda ketika
travel bersama keluarga jika dibandingkan seorang diri. Alhamdulillah perjalanan kali ini
lancar dan tidak mengalami kesulitan yang berarti. Dalam artikel ini saya ingin berbagi tips
dan trik liburan bersama balita dan ibu hamil, tentu saja diantara pembaca memiliki
pengalaman berbeda dan lebih banyak. Mudah-mudah beberapa tips berikut yang
merupakan rangkuman dari berbagai perjalanan dapat menjadi referensi para pembaca.

1. Pilihlah waktu berlibur yang tepat, berlibur tidak harus saat peak season
Anak balita tentu masuk dalam kategori belum sekolah. Jadi tidak harus pergi pada saat
liburan sekolah. Pada saat liburan sekolah, semua tempat wisata tanpa terkecuali pasti
dipadati pengunjung. Ramainya pengunjung dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada
anak-anak. Belum lagi tempat wisata yang mengharuskan anda antri atau macet di jalan.
Biaya pun akan meningkat, harga tiket pesawat, hotel melonjak naik. Saat liburan natal yang
lalu, untuk beli tiket masuk Seaworld saja, harus antri selama 1 jam lebih. Dalam Seaworld
sendiri, pengunjung penuh sesak. Untuk masuk terowongan aquarium di seaworld anda pun
harus antri, penuh sesak, sangat tidak nyaman buat anak-anak.
Bandung yang biasanya juga macet, kali ini jauh lebih macet. Belum lagi perjalanan ke
lembang. Tempat wisata seperti floating market, de Ranch atau kampung daun tak kalah
ramai. Macet menghabiskan waktu 2-3 jam dalam satu hari di jalan raya, selama berkeliling
di lembang. Belum lagi jika ada pengalihan jalur. Anak harus berlama-lama dalam mobil.
Tentu saja anda harus mempertimbangkan hal ini.

2. Pilihlah maskapai penerbangan yang nyaman buat anak-anak
Kami sering bertemu dengan ayah dan ibu yang kapok untuk berpergian bersama
anak/balita, karena selalu rewel selama di pesawat. Garuda Indonesia adalah pilihan
maskapai utama, hal ini tidak dapat dibantah. Memang harga tiket lebih mahal, namun
kenyamanan keluarga terutama anak-anak adalah yang terpenting. Garuda memberikan
layanan yang terbaik sejauh ini, awak kabin yang care, adanya kit untuk bayi, anak-anak bisa
menonton film, dan tentu saja kenyamanan lainnya. Hal ini perlu diperhatikan terutama jika
penerbangan tersebut merupakan penerbangan yang pertama bagi anak-anak anda.
Pengalaman terbang yang buruk dapat membuat anak-anak trauma dan merasa takut ketika
harus bepergian dengan pesawat.
Agar harga tiket yang mahal, usahakan pesan tiket sejak jauh-jauh hari. Pengalaman saya
tiap hari mengecek harga tiket pesawat online, harga tiket pesawat Garuda akan makin
meningkat dari hari ke hari mendekati tanggal keberangkatan anda. Sementara maskapai
lain, harga tiket pesawat dapat saja kembali turun mendekati hari keberangkatan, terutama
1-2 hari menjelang keberangkatan.

3. Persiapkan kebutuhan anak selama di pesawat (makanan, susu, dan mainan favorit)

dan dapat membawa banyak barang. akibat perubahan tekanan dan ketinggian yang terjadi secara cepat. ada juga yang gampang menangis. Ada anak yang mudah bosan selama di pesawat. Tas kecil itu bisa saja diisi dengan perlengkapan anak. tidak terlalu besar dan mudah pada saat buka tutup. Usahakan pergi ke kamar mandi bersama anak-anak sebelum pesawat boarding. Jika anda sering mendengar ada balita atau batita yang menangis kuat pada saat take off bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh gangguan di telinganya. mereka tidur atau mereka disibukkan dengan aktivitasnya. makanan. Semua rencana anda akan berantakan. Rencanakan sejak awal tujuan liburan Saat liburan bersama anak tentu berbeda dengan saat anda berlibur seorang diri. Ukuran tas tidak harus besar tapi bisa dibawa anak. termasuk ke tempat wisata. Selain itu anak bisa bosan. atau bahkan menangis. 5. Anak sebaiknya makan atau minum selama pesawat take off dan terbang naik. Hal ini dapat mengurangi gangguan yang dapat timbul pada telinga. Apalagi saat peak season atau masa libur panjang. Siapkan juga mainan favorit anak. 4. Buat anak-anak nyaman selama penerbangan.5 tahun sudah bisa diandalkan untuk membawa tas kecilnya sendiri. atau susu. mainan. Gunakanlah kotak makanan atau susu yang simpel. Libatkan anak untuk membantu membawa barang bawaan/tas Anak pertama kami yang 3. Tas bisa dibawa kemana saja. sehingga tas dapat diletakkan di dekat kursi anda. Berlibur di satu tempat dan anak menikmatinya jauh lebih baik dibandingkan anda harus berpindah- . atau mungkin film yang anak sukai di Hp anda. Tidak dianjurkan menggunakan penutup telinga atau ear plug karena justru akan meningkatkan tekanan dalam liang telinga. Selama di pesawat hanya ada dua pilihan bagi anak- anak. Siapkan tas kecil sebagai tempat makanan kecil atau susu.Siapkan makanan kecil atau susu selama perjalanan di pesawat. Tidak perlu pasang target muluk-muluk untuk mengunjungi banyak tempat wisata.

Perkirakan dengan pasti jumlah pakaian anda dan anak-anak selama perjalanan . Pasti suatu hal yang menyenangkan satu hari penuh anda yang mengurusi kebutuhan anak anda. Mulai dari kondisi berbaurnya anak dengan anak-anak lain yang tidak bisa kita kendalikan. Jika anda adalah seorang ibu maka andapun juga harus banyak bersabar dan senantiasa mendengar apa yang ayah anak- anak sebutkan. Jika anda telah mempersiapkan liburan anak anda dengan baik. tapi dengan itu kami dapat menikmati kebersamaan. maka waktu berlibur adalah waktunya bagi anda untuk berinteraksi secara penuh. Seorang ayah adalah pimpinan dalam perjalan dalam keluarganya. biasanya tingkat rewel anak akan sangat berkurang. tidak cocok dalam memilih tampat wisata dan lain-lain.pindah tempat karena kejar target mengunjungi semua tujuan wisata anda. karena tujuan utama anda adalah berlibur. pilek) maka perjalanan anda terutama jika menggunakan pesawat menjadi berisiko. anak sakit. Intinya anda harus tetap berpikir positif apapun situasinya. Pastikan kesehatan buah hati Anda menjelang hari keberangkatan Jika kondisi si buah hati dalam kondisi sakit. Makanan pun akan mempengaruhi kesehatan anak. Jika ada yang marah tidak perlu diambil hati. dan istri dalam kondisi hamil. dipundaknya tanggung jawab keselamatan dan kenyaman keluarga. ayah dan ibu cekcok. tapi hal itu dapat membuat anak kelelahan dan tidak menikmati liburannya. dan antihistamin (antialergi). mengalah dan kadang juga harus tegas. 7. seperti anak yang rewel. 8. Bawalah obat-obatan seperti paracetamol buat demam. Banyak hal yang tak terduga dapat terjadi selama perjalanan. terutama penyakit yang berhubungan dengan infeksi saluran napas atas yang terganggu (batuk. Jika anda adalah seorang ayah maka anda harus banyak bersabar. jarang bisa meluangkan waktu untuk anak anda. pembaca bisa bayangkan saya membawa dua balita. Biarkan anak mencoba semua arena bermain di satu tempat wisata. Hal ini akan lebih memberikan kenangan bagi anak-anak. Terkadang dapat timbul situasi yang tidak mengenakkan. Disisi lain tentu saja kita dapat menghemat akomodasi dan biaya penginapan. Harus ektra hati-hati memang. pesawat delay. Jaga kekompakan antara ayah dan ibu selama perjalanan Hal ini berlaku jika ayah dan ibu pergi berlibur. 6. Anak juga dapat terganggu pola tidur atau istirahatnya. Mengingat selama perjalanan anak akan terpapar berbegai resiko untuk terkena atau tertular penyakit. 9. Tidak perlu membawa babysister atau pengasuh anak Jika anda selama ini adalah orang yang sibuk. dan tentu saja jauh lebih irit. yang biasanya tidur siang menjadi tidak tidur siang atau waktu tidur malam hari yang lebih larut. Anak yang rewel selam perjalanan adalah hal yang sangat tidak bisa dihindari. Anda juga patut mempertimbangkan untuk memberikan vitamin immunomodulator untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Anda mungkin saja bersemangat untuk hal itu. Dalam perjalanan berlibur kami terakhir ini.

11. Membawa baju dengan bahan kaos buat anak-anak lebih baik. jika mereka tertidur selama perjalanan liburan. Stroller selanjutnya akan dibawa oleh petugas ke bagasi. Catatan lain. Anda juga bisa dengan gampang mencucinya jika memang dibutuhkan. hal ini juga dapat dijadikan alasan mengurangi jumlah pakaian yang harus anda bawa. Waktu menunggu barang selama di bandara menjadi lebih singkat. Saya yang backpacker. Manfaatkan laundry di sekitar tempat anda menginap Bagi saya yang seorang backpacker mencuci baju di laundry saat traveling adalah suatu kebiasaan. Stroller juga dapat digunakan selama menunggu boarding pesawat. Alasan utamanya. Koper yang terlalu banyak. karena kita harus meminimalisir jumlah koper yang harus kita bawa. Jadi begitu tiba pertama kali di penginapan. apalagi jika anak-anak yang kita bawa belum pandai berjalan. lebih baik dibandingkan anda membawa beberapa koper dengan ukuran lebih kecil. bahwa kita masih dapat menggunakan stroller sampai ke pintu pesawat. Semua maskapai penerbangan memberikan layanan. anda dapat meletakkan pakaian anda di laundry. 10. Hal ini tidak menutup kemungkinan jika anda pergi bersama anak-anak. mengapa tidak. Hal ini sangat penting. Bagi kami yang liburan di beberapa kota yang berbeda dan harus pindah di beberapa hotel. jadi tidak perlu repot untuk terus mengendongnya. dan mungkin dapat masuk ke dalam kabin. ada penumpang yang dapat membawa stroller ke kabin. Disamping kegunaannya buat anak kami yang 2 tahun. Tentu anak akan merasakan tidur lebih nyaman di stroller dibandingkan di pundak kita. Saat ini laundry sudah ada dimana-mana. Jika bisa dibeli di supermarket di tempat tujuan anda. Kita tidak diperkenankan untuk membawa stroller ke dalam kabin pesawat. Jika anda sudah punya rencana untuk membeli baju di kota tujuan anda. Anda juga dapat mengurangi jumlah pakaian yang dibawa. Jangan ragu untuk membawa stroller Banyak sekali manfaat stroller selama perjalanan liburan. Mungkin saja ada jenis stroller yang dapat dilipat lebih kecil dan dimasukkan dalam tas. akan menyulitkan selama anda keluar masuk bandara. khusus untuk stroller yang dapat dilipat dan dimasukkan ke dalam tas. Sebelum berangkat anda dapat mencari dimana laundry terdekat dari tempat penginapan anda. jika sudah berniat untuk membeli pakaian di tempat anda berlibur. Satu koper besar anda bersama anak-anak. Dari beberapa pengalaman. Stroller juga bermanfaat buat anak. lebih fleksibel dan nyaman dipakai anak-anak. keluar masuk hotel. Cukup search google. Barang-barang kebutuhan harian pun tidak perlu semua dibawa. Jika tidak dapat . ya untuk meminimalisir baju yang hendak dibawa. terbiasa pergi dan pulang dengan pakaian yang sama. jumlah bawaan minimal sangatlah membantu. karena selain mudah disusun dalam koper. pakaian yang saya gunakan saat pergi langsung di cuci di laundry lokal. ukurannya setelah dilipat tidak melebihi ukuran standar yang ditetapkan oleh masing- masing maskapai untuk barang bawaan yang dapat dibawa ke dalam kabin.Terlalu banyak membawa pakaian justru akan menjadi beban buat anda.

Tapi tempat dan waktu tidur terbaiknya adalah di kasur dan pada malam hari. Bagaimana anak tidur. Lokasi tempat wisata juga harus menjadi pertimbangan. sarapan pagi. Hotel yang dekat dengan tempat wisata akan mempersingkat waktu perjalanan anda. Pilihlah stroller yang ringan dan mudah dilipat. ketersediaan air hangat untuk mandi. 12. Untuk sarapan pagi. lebih mobile sehingga mudah dikendalikan selama liburan. fasilitas pendukung seperti kolam renang atau kids station. Sarapan pagi di hotel merupakan aktivitas yang menyenangkan bagi anak-anak. adalah salah satu hal yang paling sering dibahas oleh traveler. Baik dipakai di mall atau saat di jalan biasa. Lebih baik membayar sedikit lebih mahal untuk fasilitas pendukung yang disukai anak-anak. Membayar sedikit lebih mahal tidak masalah. Contoh stroller ringan dengan tiga roda beserta tas nya.masuk kabin. Kualitas sarapan pagi sebuah hotel. Bagi saya pribadi menginap di hotel bersama anak-anak harus jadi hiburan tersendiri buat anak-anak. sebagian besar hotel di Indonesia memberikan sarapan cuma-cuma untuk anak dibawah umur 6 tahun dan maksimal anda membawa 2 orang anak saja. Pilihlah hotel yang nyaman untuk anak-anak dan dekat dengan tempat wisata Saat memilih hotel yang harus kita pikirkan adalah apakah hotel tersebut akan memberikan kenyamanan buat anak-anak. Selama perjalanan mungkin anak bisa tidur dimana saja. Stroller dengan satu roda depan (total 3 roda depan belakang) lebih baik. bahkan di atas mobil. jadi bukan hanya buat menginap saja. Juga lebih mudah saat naik turun eskalator. maka kita tak perlu khawatir. Anda dapat melihat review dari TripAdvisor mengenai hal ini. apalagi dengan kolam kecil. karena stroller akan masuk bagasi dan kecil kemungkinan mengalami kerusakan. Lokasi penginapan yang . karena mereka bisa memilih sendiri makanan apa yang mereka suka. tidak perlu terlalu besar dan juga tidak perlu yang mahal. Kolam renang adalah fasilitas wajib buat anak-anak. Anda dapat berangkat lebih pagi ke tempat tujuan wisata. Dengan kisaran harga 1 juta-an anda sudah dapat memilih stroller dengan kualitas yang baik.

dengan kondisi jalan yang macet (2. untuk itulah mengapa waktu sarapan di hotel dibuat hingga jam 10.00 atau 11. jangan ragu untuk memilih taksi lain. atau khawatir taksi gelap.00. Sebagai gambaran. otomatis anda akan “ditunjukkan ke jalan yang benar”. Tipsnya ketika anda tiba di terminal berapa pun di soekarno hatta. . karena banyak pemesan. Akibat sibuk mengurus anak-anaknya. tapi ada banyak. Khawatir dapat rate yang tinggi atau khawatir antri yang lama. Coba bandingkan jika anda dan keluarga naik Damri dengan tujuan yang sama (tiket Damri dengan tujuan mangga dua adalah 40rb per orang). kami naik taksi dari bandara soekarno hatta menuju mangga dua square. Jika taksi tersebut mangkal di kawasan taksi resmi.dekat juga menguntungkan. Manfaatkan sarapan di hotel. bahkan tarifnya bisa lebih murah dibandingkan Bluebird. tanyakan saja pada petugas satpam atau petugas resmi lainnya dimana tempat mangkal taksi resmi bandara. Mungkin masih banyak para pembaca yang masih ragu jika mau naik taksi bandara. walaupun anda merasa tak pernah kenal merek taksi tersebut.5 jam perjalanan soetta-mangga dua) kami hanya membayar 120rb-an. saat itu pukul 5 sore. Untuk jenis taksi dengan merek perusahaan taksi yang sudah terkenal seperti Bluebird atau express biasanya anda harus antri panjang. Bangun lebih siang juga tidak masalah. Jaga kesehatan anda Hal ini yang banyak ayah dan ibu lupakan selama perjalan bersama anak-anaknya. Jadi tidak perlu khawatir untuk mengatur waktu pulang. Jangan ragu untuk menggunakan taksi resmi bandara Naik taksi. Karena anda butuh energi untuk menjaga anak-anak sepanjang hari. selain alasan kenyamanan tentu saja alasan ekonomi juga. jika anda harus berada di tempat wisata hingga malam hari. Anda sakit saat liburan bersama anak-anak adalah hal yang fatal. Maksimalkan waktu istirahat di hotel pada malam hari. yang pasti waktu istirahat anda cukup. 13. tidak lucu dan sangat tidak bisa diterima. maka taksi tersebut pasti terpercaya. para orang tua lupa untuk menjaga kesehatannya. Taksi resmi bandara tidak hanta satu jenis perusahaan. Jika banyak antrian pada taksi tertentu. jangan tidur larut malam. 14.

artikel ini mudah-mudah dapat membantu pembaca mempersiapkan liburan bersama anak-anak.Mungkin banyak diantara para pembaca mempunyai pengalaman yang berbeda. .