You are on page 1of 5

Perusahaan BREADT TALK memasuki negara FILIPINA

BreadTalk didirikan pada tahun 6 Maret 2003 oleh George Quek, seorang wirausahawan yang
sebelumnya memulai jaringan food court yang sukses di Singapura, Food Junction. Konsepnya
berbeda dibandingkan dengan toko-toko roti lainnya pada umumnya, dengan memperhatikan
penampilan toko yang dirancang agar terlihat eksklusif serta memperlihatkan dapur pembuatan
roti kepada para pengunjungnya melalui kaca transparan. Berkat strategi pemasaran pelanggan
(consumer marketing) yang baik, saat pertama kali dibuka, toko-toko BreadTalk seringkali
dipenuhi pengunjung yang rela antri untuk mencoba produknya.
Dengan menggunakan bahan berkualitas tinggi, kelembutan roti BreadTalk tak diragukan lagi
. Dalam soal cita rasa, BreadTalk terus berinovasi. Sampai saat ini BreadTalk berhasil
menciptakan lebih dari 160 varian produk yang menawarkan gaya hidup baru dalam menyant
ap roti.
Pada tahun 2004, BreadTalk (Indonesia) berhasil meraih Best Seller Product versi
majalah Marketing untuk product signaturenya, yaitu C’s Flosss dan Fire Flosss yang per hari
nya
terjual sekitar 20.000 buah. Di negara asalnya, Singapura, BreadTalk juga mendapatkan peng
hargaan sebagai Singapore Promising Brand Award, Most Popular Brand 2002, Singapore
Promising Brand Award, Most Distinctive Brand 2003-2004 versi Association of Small and
Medium Enterprise (ASME).
BreadTalk membuka outlet di luar Singapura diantaranya di negara-negara: Indonesia, Hong
Kong, Tiongkok, Malaysia, Vietnam, Oman, Kuwait, Thailand, Arab Saudi, India, Korea
Selatan, dan Bahrain.
Hadir di Indonesia pertama kali pada tanggal 28 Maret 2003 dengan membuka gerai pertama
nya di Mal Kelapa Gading 3. Saat ini BreadTalk memiliki 55 outlet. BreadTalk juga telah me
ndapatkan sertifikat halal dari MUI pertanggal 23 September 2005.
Di Indonesia BreadTalk merupakan premium bakery boutique pertama yang menghadirkan
konsep terbuka dengan gaya modern. Konsep ini memungkinkan BreadTalk untuk membuat
roti langsung di tempat sehingga proses pembuatannya dapat dilihat secara langsung oleh para
pelanggan dan roti yang diterima akan selalu dalam keadaan fresh.
BreadTalk di Indonesia dikelola oleh Johnny Andrean. Kini sudah terdapat di beberapakota d
i Indonesiadiantaranya: Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, Makassar , Manado,Pekanbaru, Yo
gyakarta.
Dilihat dari penjelasan mengenai perkembangan Breadtalk sejak mulai berdirinya yaitu di
Singapura hingga saat ini telah berhasil mendirikan di beberapa negara trrmasuk Indonesia,
bahwa BreadTalk ingin mengembangkan usahanya lagi ke suatu negara cakupan asia tenggara
yaitu filipina. Menjadikan Filipina sebagai negara tujuan selanjutnya untuk BreadTalk ialah
dilihat dari keadaan ekonomi di filipina ialah mendominasi perusahaan -perushaan industri
khususnya industri dibidang agrikultur, yang dimana BreadTalk juga merupakan perusahaan
industri sehingga bisa diperkirakan dapat berkembang, selain itu juga produk-produk dari
BreadTalk memiliki varian rasa yang bermacam-macam juga menyesuaikan dengan dimana
perusahaan itu berada sehingga dapat dinikmati oleh siapapun.

ekonomi Filipina rupanya masih bergantung pada sektor agrikultur.Singapura . tekstil. ekonomi Filipina berada di peringkat keempat di Asia Tenggara. elektronik dan otomotif. dengan pusat industri yang berada di kawasan Metro Manila dan Metro Cebu. Kemudian keadaan ekonomi FILIPINA Perlu anda ketahui. spare parts. Di sektor ekspor. prefab concrete. ceramic tiles. Filipina memiliki beberapa negara mitra ekspor utama.Hong Kong . "Ini merupakan peluang besar bagi pengusaha Indonesia untuk masuk ke Filipina. resiko-resiko yang dihadapi dalam memulai bisnis disanapun harus kita perhatikan. produk kulit.Jepang . dan produk manufaktur lainnya".Sebelum masuk ke negara Filipina. Pemerintah Filipina membutuhkan investasi asing dan pasokan dari negara- negara lain. kemudian juga melihat bagaimana keadaan ekonomi negara tersebut lebih dalam agar sapat menyesuaikan. sepatu. Adapun sistem ekonomi yang dianut Filipina adalah sistem ekonomi campuran. Build". kemudian budaya bisnis termasuk syarat atau aturan bisnis yang berlaku di negara tersebut. di mana Filipina merupakan salah satu negara penghasil beras terbesar di Asia Tenggara. pakaian.Korea Selatan . Dalam kaitan itu. "Produk Indonesia yang punya peluang masuk Filipina khususnya Mindanao antara lain: semen. khususnya Mindanao. dengan mengandalkan industri di bidang pengolahan makanan.Amerika Serikat . agar perusahaan atau bisnis yang akan dijalankan di negara ini dapat bertahan lama dan mampu bersaing dengan kompetitor yang ada dan dapat memajukan perusahaan. diantaranya: . food and beverages. dan ke- 36 di dunia (berdasarkan PDB). baiknya perhatikan dulu lebih jauh tentang peluang bisnis yang ada di negara tersebut sehingga kita mampu memanfaat keadaan untuk masuk dan mengembangkan bisnis.Jerman . Peluang Bisnis di Filipina Pemerintah Filipina saat ini sedang membangun secara besar-besaran khususnya di Filipina Selatan dengan semboyan "Build. Meskipun fokus pada industri.Tiongkok / China . Build.

aturan pajak diuraikan lebih lanjut di bab <Pajak> Perusahaan besar atau terbuka harus menggunakan Standar Pelaporan Keuangan Filipina (PFRS). UKM diwajibkan menggunakan PFRS untuk UKM.000 selama satu tahun. Resiko pendirian bread talk di FILIPINA Tingginya pertumbuhan ekonomi selama beberapa tahun terakhir tidak membawa dampak signifikan dalam masalah ketenagakerjaan Filipina.Sebagai salah satu negara berkembang. . dan pekerja mandiri. Tahun lalu. peraturan ketenagakerjaan dibahas secara terperinci di bab <Tenaga Kerja> Diperlukan waktu sekitar 21 hari dan biaya PHP43. dan APEC. pengangguran di negara ini mencapai 7%. 40% dari mereka yang bekerja di dalam negeri masuk klasifikasi rentan. sangat penting untuk memahami perbedaan aturan setempat. Asian Development Bank (ADB) dalam laporan bertitle Asian Development Outlook 2013 menyebutkan penyebaran sejumlah besar pekerja ke luar negeri menutup sepenuhnya masalah di pasar tenaga kerja Filipina. setara dengan 17% dari tenaga kerja Filipina telah meninggalkan negara untuk bekerja.043 untuk mengajukan permohonan dan memperoleh izin mendirikan bangunan serta semua izin pendukung di Kantor Tata Ruang (OBO) Perusahaan yang beroperasi di Filipina rata-rata menghabiskan waktu 183 jam per tahun untuk 'Pembayaran Pajak'. terutama di sektor informal. hal ini dibahas lebih lanjut di bab <Keuangan> Daya tarik Filipina sebagai lokasi investasi dapat dikaitkan dengan sejumlah faktor. menambah jumlah warga Filipina di luar negeri menjadi lebih dari 10 juta. Sementara itu. adapun angka setengah pengangguran 20%. Filipina tergabung dalam beberapa forum ekonomi internasional seperti ASEAN. Sebanyak 7 juta. Sekalipun demikian. WTO. termasuk tenaga kerjanya yang terampil dan pasar domestiknya yang besar. untuk mengambil keputusan yang tepat. detail lebih lanjut dapat ditemukan di bab <Audit> Perusahaan yang ingin tercatat di papan utama Bursa Efek Filipina diharuskan memenuhi ketentuan yang antara lain telah mencatatkan laba selama tiga tahun fiskal terakhir. persentase tertinggi sejak 2008. proses ini dijelaskan secara terperinci di bab <Berbisnis di> Pemerolehan Izin Kerja Tenaga Asing memerlukan biaya PHP8. Sebuah survei yang dilakukan Social Weather Stations dengan jajak pendapat organisasi tahun lalu menunjukkan bahwa 52% responden menilai dirinya sebagai orang miskin. Budaya bisnis FILIPINA Fakta utama tentang memulai bisnis di Filipina: Diperlukan 16 prosedur dan waktu sekitar 29 hari untuk memulai bisnis baru di Filipina. yakni pekerja dalam lingkungan keluarga tanpa bayaran.

detail lebih lanjut dapat ditemukan di bab <Audit> Perusahaan yang ingin tercatat di papan utama Bursa Efek Filipina diharuskan memenuhi ketentuan yang antara lain telah mencatatkan laba selama tiga tahun fiskal terakhir. Hal ini mencakup kemudahan dalam memulai bisnis dengan memperpendek jalur komunikasi antara Komisi Sekuritas dan Bursa dengan Sistem Jaminan Sosial. Filipina berada di posisi 103 dalam peringkat Kemudahan Berbisnis tahun 2016 yang dinilai oleh Bank Dunia. Meskipun penurunan dalam posisi keseluruhannya.Ini adalah salah satu dari rangkaian Global Business Guides yang dirancang untuk bisnis yang ingin berekspansi ke negara lain. didasari oleh hukum yang berlaku dan informasi yang tersedia pada saat itu. UKM diwajibkan menggunakan PFRS untuk UKM. Cara yang dilakukan orang dalam menjalankan bisnis di Filipina mungkin berbeda dengan negara asal investor. sehingga mempercepat proses penerbitan nomor pendaftaran pengusaha. Filipina merupakan salah satu dari 10 penerima investasi langsung luar negeri (FDI) terbesar di Asia Timur dan Asia Tenggara. aturan pajak diuraikan lebih lanjut di bab <Pajak> Perusahaan besar atau terbuka harus menggunakan Standar Pelaporan Keuangan Filipina (PFRS). Menurut Laporan Investasi Global tahun 2015 yang diterbitkan oleh UNCTAD.72 miliar pada tahun 2015. turun enam tingkat dari peringkat 97 pada tahun sebelumnya. peraturan ketenagakerjaan dibahas secara terperinci di bab <Tenaga Kerja> Diperlukan waktu sekitar 21 hari dan biaya PHP43. hal ini dibahas lebih lanjut di bab <Keuangan> Daya tarik Filipina sebagai lokasi investasi dapat dikaitkan dengan sejumlah faktor. Sekalipun demikian. . Global Business Guides ini diproduksi pada Januari 2016. Filipina menerima arus masuk FDI sebesar USD5. sangat penting untuk memahami perbedaan aturan setempat. termasuk tenaga kerjanya yang terampil dan pasar domestiknya yang besar. Fakta utama tentang memulai bisnis di Filipina: Diperlukan 16 prosedur dan waktu sekitar 29 hari untuk memulai bisnis baru di Filipina. untuk mengambil keputusan yang tepat. proses ini dijelaskan secara terperinci di bab <Berbisnis di> Pemerolehan Izin Kerja Tenaga Asing memerlukan biaya PHP8. variasi mengenai perbedaan tersebut dapat muncul tergantung pada daerah dan industri tempat perusahaan beroperasi. peringkat tersebut mengakui reformasi yang telah dilakukan Filipina untuk menjadikan berbisnis semakin mudah.043 untuk mengajukan permohonan dan memperoleh izin mendirikan bangunan serta semua izin pendukung di Kantor Tata Ruang (OBO) Perusahaan yang beroperasi di Filipina rata-rata menghabiskan waktu 183 jam per tahun untuk 'Pembayaran Pajak'. Materi-materi dalam dokumen ini memberikan gambaran atas kondisi pada saat produksi. Selain itu.000 selama satu tahun.

Berjabatan tangan merupakan sapaan umum untuk perkenalan baru dan saling bertukar kartu nama biasanya akan dilakukan setelah perkenalan pertama. Namun demikian. Pakaian bisnis bersifat konservatif. Investor yang ingin mendirikan usaha di Filipina mungkin mempertimbangkan Asia Tenggara sebagai pilihan alternatif. Ketepatan waktu dianjurkan ketika menjalankan bisnis di Filipina.Bahasa resmi Filipina adalah Tagalog. Bahasa Inggris pada umumnya digunakan untuk keperluan pendidikan dan komersial. kebijakan perdagangan dibahas lebih lanjut di bab <Perdagangan> Filipina memiliki tenaga kerja yang sangat berpendidikan dan tingkat literasi (melek huruf) mencapai 94. Filipina dapat dibedakan pada beberapa faktor berikut: Filipina merupakan negara terbesar ke-12 di dunia dalam hal jumlah penduduknya Ekonominya bersifat terbuka yang mengizinkan 100 persen kepemilikan asing pada hampir semua sektor Memiliki lokasi strategis sebagai titik masuk utama ke lebih dari 500 juta orang di pasar ASEAN.6 persen. bahasa ini hanya digunakan oleh sekitar 55 persen penduduk. Meskipun demikian. termasuk yang tertinggi di Asia .