You are on page 1of 30

FORMAT EVALUASI SEKSI P2PTM

TAHUN 2017
TARGET CAPAIAN
NO. STRATEGI KEBIJAKAN PROGRAM INDIKATOR PROGRAM VOLUME
ABSOLUT % ABSOLUT %
1 Peningkatan 1. Meningkatkan 1.Pengendalian 1. Puskesmas yang
kemampuan teknis kegiatan penyakit tidak melaksanakan Jumlah Laporan bulanan
dan manajemen di keperawatan menular pengendalian PTM kasus baru, lama dan
fasyankes primer kesehatan terpadu 12 KALI / TAHUN 100% 10 83%
kematian PTM di
masyarakat di wilayah kerja
seluruh
wilayah
2. Cakupan kasus
diabetes melitus jumlah penduduk di
wilayah kerja pada 835 100% 86 10.29%
kurun waktu tertentu x
prevalensi DM (2,7%)

3. Cakupan kasus
Hipertensi jumlah penduduk usia
≥ 15 tahun di wilayah
kerja pada kurun 9,153 100% 158 1.73%
waktu tertentu x
prevalensi Hipertensi
(29,6%)

2. Implemtasi 1. Penilaian implementasi
KTR di wilayah KTR di SD/sederajat di
kerja Puskesmas wilayah kerja pada Seluruh SD/sederajat di
kurun waktu tertentu Kota Samarinda 7 100% 0% 0%

2. Penilaian implementasi
KTR di SMP/sederajat di
wilayah kerja pada Seluruh SMP/sederajat
kurun waktu tertentu di wilayah Kota 1 100% 0% 0%
Samarinda

3. Penilaian implementasi
KTR di SMA/sederajat di
wilayah kerja pada Seluruh SMA/sederajat
kurun waktu tertentu di wilayah Kota 1 100% 0% 0%
Samarinda

4. Penilaian implementasi
KTR di tempat kerja di
wilayah kerja pada Seluruh tempat kerja di Jumlah tempat
kurun waktu tertentu wilayah Kota Samarinda kerja di wilayah 100% 0% 0%
kerja Puskesmas

3.Meningkatnya 1. Pembinaan dan
Posbindu Aktif Pertemuan / Bintek Jumlah
petugas dan kader pembinaan/pertemuan/
posyandu bimtek kader posbindu 12 kali/ Tahun 100% 0 0%
di wilayah kerja
puskesmas

2. Capaian Posbindu dasar jumlah laporan bulanan
Aktif e-posbindu dasar 12 kali/ Tahun 100% 0 0%
melalui email
3. Capaian Posbindu jumlah laporan bulanan
utama Aktif e-posbindu utama 12 kali/ Tahun 100% 0 0%
melalui email
2 Mengembangkan 1 Melaksanakan Program 1. Persentase fasyankes
program kesehatan program pelayanan institusi penerima wajib Laporan bulanan
yang berwawasan kesehatan kesehatan jiwa lapor ( IPWL ) pecandu pelayanan IPWL bagi
lingkungan berwawasan narkoba yang aktif 12 kali/ Tahun 100% 0 0%
Puskesmas yang telah
lingkungan dilatih sebagai IPWL

2. Cakupan pelayanan
kesehatan orang 1. Seluruh ODGJ Berat
dengan gangguan jiwa yang telah Jumlah ODGJ
(ODGJ Berat ) mendapatkan Edukasi Berat ( 831 100% 14 100%
dan Evaluasi pelayanan kasus )
kesehatan jiwa

dengan gangguan jiwa
(ODGJ Berat )

2. Seluruh ODGJ Berat
yang telah
mendapatkan Edukasi Jumlah ODGJ
Berat ( 831 100% 14 100%
dan Evaluasi mengenai kasus )
tindakan kebersihan
diri

000 55 PENYAKIT MENULAR 2 Cakupan penderita Cakupan penderita DBD yang Jumlah penderita DBD yang ditangani sesuai standar DBD yang ditangani ditangani di satu wilayah pada kurun operasional prosedur (SOP) di satu wilayah kerja dalam waktu tertentu waktu satu tahun /Jumlah penderita DBD yang ditemukan % di satu wilayah kerja dalam waktu satu tahun yang sama x 100 100% 3 Angka Bebas Jentik Angka bebas jentik dalam satu Jumlah konteiner yang diperiksa dibagi jumlah konteiner % wilayah tertentu negatif jentik dikali seratus persen >95 4 Angka kematian DBD Persentase kematian akibat DBD Jumlah kematian yang disebabkan DBD di suatu wilayah terhadap jumlah penderita DBD yang kerja pada kurun waktu tahun tertentu/Jumlah penderita ditemukan di suatu wilayah tertentu penyakit DBD yang ditemukan di suatu wilayah kerja pada % dalam waktu satu tahun kurun waktu yang sama x 100% 0.000 penduduk diantara 1. yang sama x 100.000 penduduk pada satu wilayah kerja selama satu tahun/ Jumlah penduduk di satu % periode di suatu wilayah tertentu. PENCAPAIAN TARGET KINERJA PROGRAM PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYAKIT MEN JANUARI . wilayah kerja dalam kurun waktu yang sama x 1.000 < 0.000 dalam waktu satu tahun.014 .SEPTEMBER 2017 TARGE PROGRAM INDIKATOR SATUAN DEFINISI OPERASIONAL CARA PERHITUNGAN T 2017 1 2 3 4 5 6 1 PROGRAM 1 Angka kesakitan Angka kesakitan DBD per 100.71 5 Angka kejadian malaria Angka kejadian kasus malaria positif Jumlah kasus malaria positif yang ditemukan di satu per 1.000 Jumlah penderita DBD di suatu wilayah pada kurun waktu PENCEGAHAN DAN Demam Berdarah penduduk di suatu wilayah tertentu tertentu/ Jumlah penduduk di wilayah dalam kurun waktu PENANGGULANGAN Dengue (IR DBD) 0/100.

000 penduduk pada satu periode selama satu tahun/ Jumlah penduduk yang ada dalam satu 150 100. penderitafilariasis yang ditemukan di satu wilayah kerja % 100 dalam waktu satu tahun yang sama x 100% 7 Cakupan penderita flu Cakupan penderita flu burung yang Jumlah penderita flu burung yang ditangani sesuai standar burung yang ditangani ditangani sesuai standar di satu di satu wilayah kerja dalam waktu satu tahun /Jumlah wilayah pada kurun waktu tertentu. .000 penduduk di suatu wilayah tertentu. wilayah kerja pada kurun waktu yang sama x 100. penderita flu burung yang ditemukan di satu wilayah kerja % dalam waktu satu tahun yang sama x 100% 0 8 Cakupan penemuan Cakupan penderita baru TB BTA+ Jumlah penderita baru TB BTA+ yang ditangani (diobati) dan penanganan yang ditangani sesuai standar di sesuai standar di satu wilayah kerja dalam waktu satu penderita penyakit TB % satu wilayah pada kurun waktu tahun /Jumlah penderita baru TB BTA+ yang ditemukan 100 tertentu.1 2 3 4 5 6 6 Cakupan penderita Cakupan penderita filariasis yang Jumlah penderita filariasis ditangani sesuai standar di satu filariasis yang ditangani ditangani sesuai standar di satu wilayah kerja dalam waktu satu tahun /Jumlah wilayah pada kurun waktu tertentu.000 10 Proporsi kasus Proporsi kasus baru TB BTA+ yang Jumlah kasus baru TB BTA+ yang menyelesaikan Tuberkulosis yang menyelesaikan pengobatan lengkap pengobatan dan sembuh dengan strategi Directly berhasil diobati dalam dan sembuh dengan strategi Directly Observed Treatment Short Course (DOTS) di suatu wilayah program DOTS Observed Treatment Short Course pada kurun waktu tertentu/ Jumlah kasus baru TB BTA+ di % 90 (success rate) (DOTS) di suatu wilayah pada kurun satu wilayah pada kurun waktu yang sama 100% waktu tertentu. dalam kurun waktu yang sama x 100% 9 Angka kejadian semua Angka semua kasus TB yang Jumlah penderita TB (semua tipe) yang ditemukan di kasus TB (CNR ditemukan dan tercatat diantara fasilitas pelayanan kesehatan dalam di satu wilayah kerja Seluruh Kasus TB per % 100.

12 Cakupan penemuan Cakupan balita dengan pneumonia Jumlah penderita Pneumonia balita yang ditangani di satu dan penanganan balita yang ditemukan dan diberikan wilayah kerja pada kurun waktu tertentu/ Jumlah penderita penderita ISPA tatalaksana sesuai standar di sarana pneumonia balita yang ditemukan di satu wilayah kerja (Pneumonia) % kesehatan di satu wilayah dalam dalam kurun waktu yang sama x 100% 100 kurun waktu satu tahun.000 % 0.1 2 3 4 5 6 11 Angka Kesembuhan TB Persentase pasien TB Paru BTA+ Jumlah pasien TB Paru BTA+ yang sembuh di suatu Paru (CR) yang telah menyelesaikan wilayah selama periode tertentu/ Jumlah pasien TB Paru pengobatan secara lengkap dan hasil BTA yang diobati di wilayah pada kurun waktu yang sama x pemeriksaan apusan dahak ulang 100% (follow-up) dengan hasil negatif pada % akhir pengobatan dan pada satu 80 pemeriksaan sebelumnya di satu wilayah pada kurun waktu tertentu. 13 Angka Prevalensi Kusta Angka kesakitan kusta yang tercatat Jumlah kasus kusta yang tercatat (baru + lama) pada kurun (kasus baru dan kasus lama) per waktu tertentu di suatu wilayah/ Jumlah penduduk di 10.23 kurun waktu tertentu. waktu yang sama . 14 Cakupan penemuan Cakupan penderita baru HIV AIDS Jumlah penderita baru HIV AIDS yang ditangani (diobati) dan penanganan kasus yang ditangani sesuai standar di sesuai standar di satu wilayah kerja dalam waktu satu baru HIV AIDS satu wilayah pada kurun waktu tahun /Jumlah penderita HIV AIDS yang ditemukan dalam % tertentu kurun waktu yang sama x 100% 100 15 Proporsi penduduk yg Persentase orang dengan HIV Persentase ODHA yang saat ini mendapat pengobatan terinfeksi HIV lanjut (ODHA) yang saat ini mendapat ARV sesuai protokol pengobatan di suatu wilayah pada yang memiliki akses pd pengobatan ARV sesuai protokol kurun waktu tertentu/ Jumlah ODHA yang layak obat antiretroviral % pengobatan di suatu wilayah pada mendapatkan pengobatan ARV di satu wilayah pada kurun 100 kurun waktu tertentu.000 dalam satu wilayah pada wilayah dan kurun waktu yang sama x 10.

Pengguna Napza ) yang ditest HIV / Binaan Pemasyarakatan. Pekerja ditest HIV WPS. /Jumlah penderita Hepatitis yang ditemukan dalam kurun % waktu yang sama x 100% 100 19 Cakupan kelompok Cakupan kelompok risiko yang Jumlah kelompok risiko yang diperiksa/ Jumlah seluruh risiko yang dilakukan dilakukan Deteksi Dini Hepatitis B di kelompok risiko yang ada di suatu wilayah tertentu X 100% Deteksi Dini Hepatitis B % satu wilayah pada kurun waktu 100 tertentu . WPS. Bumil. Waria. Waria.1 2 3 4 5 6 16 Jumlah Populasi Kunci Jumlah Populasi Kunci ( LSL. Pelabuhan. Jumlah Populasi Kunci ( LSL. Pekerja Pelabuhan. Pengguna Jumala seluruh populasi kunci yang ada di suatu wilayah orang Napza ) yang ditest HIV dalam suatu tertentu X 100% 100 wilayah dan kurun waktu tertentu 17 Cakupan penemuan Cakupan penemuan dan Jumlah penderita diare yang ditangani di suatu wilayah dan penanganan penanganan penderita diare tertentu dalam waktu satu tahun/ Jumlah penderita diare penderita diare % ditemukan pd satu wilayah tertentu dalam waktu yg sama x 100 100% 18 Cakupan penemuan Cakupan penderita Hepatitis yang Jumlah penderita Hepatitis yang ditangani (diobati) sesuai dan penanganan ditangani sesuai standar di satu standar di satu wilayah kerja dalam waktu satu tahun penderita hepatitis wilayah pada kurun waktu tertentu. Warga Pemasyarakatan. Pasien TB. Warga Binaan Pasien TB. Bumil. Pasien IMS. Pasien IMS.

75 21.75 13.71 0.014 < 0.71 0.014 < 0.71 0% 0% 0% 0% < 0.ARGET KINERJA ANGGULANGAN PENYAKIT MENULAR PTEMBER 2017 TARGET 2017 REALISASI 2017 KET TRIWULAN TRIWULAN TRIWULAN TRIWULAN TRIWULAN TRIWULAN TRIWULAN TRIWULAN 1 2 3 4 1 2 3 4 7 8 9 10 11 12 13 14 15 13.75 13.75 13.6 0% 21.014 0% 0% 0% 0% .014 < 0.71 0.6% 0% 100 100 100 100 100% 100% 100% 100% >95 >95 >95 >95 80% 95% 80% 95% 0.

83% 1% 1. 7 8 9 10 11 12 13 14 15 100 100 100 100 0 0 0 0 100 100 100 100 0.6% 16.1% 35.2% 90 90 90 90 11% 10% 9% 4% .25% 1% 38 38 38 38 35.6% 29.

008% 0.058 0% 0% 0% 0.008% 0.32% 100 100 100 100 0% 0% 0% 0% 100 100 100 100 0% 0% 0% 0% .058 0.058 0.008% 0.008% 0.058 0.6% 0% 0% 100 100 100 100 0. 7 8 9 10 11 12 13 14 15 80 80 80 80 1% 0.

00 Puskesmas Terlampir 100 100 100 100 5.083% Puskesmas Terlampir .22% 0% 100 100 100 100 0 0 0 0 Target 100 100 100 100 0.083% 0. 7 8 9 10 11 12 13 14 15 Target 100 100 100 100 52 94 78 44.85% 6.85% 5.

7 8 9 10 11 12 13 14 15 .

7 8 9 10 11 12 13 14 15 .

7 8 9 10 11 12 13 14 15 .

7 8 9 10 11 12 13 14 15 .

7 8 9 10 11 12 13 14 15 .

7 8 9 10 11 12 13 14 15 a1 .

wilayah dalam kurun waktu yang sama x 100.3 92.51 58.1 100 SD/MI di satu wilayah pada kurun waktu yang sama x 100% .000 51 Cakupan penderita DBD Cakupan penderita DBD Jumlah penderita DBD yang yang ditangani yang ditangani di satu ditangani sesuai standar wilayah pada kurun waktu operasional prosedur (SOP) di tertentu satu wilayah kerja dalam waktu satu tahun /Jumlah penderita % 100 100 100 100 100 100 100 100 DBD yang ditemukan di satu wilayah kerja dalam waktu satu tahun yang sama x 100% 52 Angka kematian DBD Persentase kematian akibat Jumlah kematian yang DBD terhadap jumlah disebabkan DBD di suatu penderita DBD yang wilayah kerja pada kurun waktu ditemukan di suatu wilayah tahun tertentu/Jumlah penderita % tertentu dalam waktu satu penyakit DBD yang ditemukan di 0.71 0.3 95.7 100 wilayah kerja pada kurun waktu tertentu/ Jumlah seluruh anak SD/MI di satu wilayah pada kurun waktu yang sama x 100% Cakupan Imunisasi Td Cakupan pemberian Jumlah anak SD/MI yang Anak Sekolah imunisasi Td pada anak mendapat imunisasi Td di satu SD/MI di satu wilayah kerja wilayah kerja pada kurun waktu % pada kurun waktu tertentu tertentu/ Jumlah seluruh anak 98.3 93.2 34.95 0.59 0.77 101.55 49 tertentu/ Jumlah penduduk di waktu satu tahun.40 0.4 96.3 95.27 0.3 98.3 tahun suatu wilayah kerja pada kurun waktu yang sama x 100% Cakupan Imunisasi DT Cakupan pemberian Anak Sekolah imunisasi DT pada anak SD/MI di satu wilayah kerja Jumlah anak SD/MI yang % pada kurun waktu tertentu mendapat imunisasi DT di satu 98.000 penduduk di suatu wilayah pada kurun waktu Dengue (IR DBD) 0/100.18 102. REALISASI BASELIN PROGRAM INDIKATOR SATUAN DEFINISI OPERASIONAL CARA PERHITUNGAN 2010 2011 2012 2013 2014 2015 E (2016) 2017 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 PROGRAM PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYAKIT MENULAR 50 Angka kesakitan Angka kesakitan DBD per Jumlah penderita DBD di suatu Demam Berdarah 100.000 wilayah tertentu dalam 143.33 0.34 180.92 55.4 96.3 98.

REALISASI BASELIN PROGRAM INDIKATOR SATUAN DEFINISI OPERASIONAL CARA PERHITUNGAN 2010 2011 2012 2013 2014 2015 E (2016) 2017 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 Cakupan Imunisasi Cakupan pemberian Jumlah anak SD/MI yang Campak Anak Sekolah imunisasi Campak pada anak mendapat imunisasi Campak di SD/MI di satu wilayah kerja satu wilayah kerja pada kurun pada kurun waktu tertentu.00 - wilayah kerja dalam waktu satu tahun yang sama x 100% Persentase penderita Persentase Kejadian Ikutan KIPI ditangani Pasca Imunisasi (KIPI) yang ditangani sesuai standar di Jumlah penderita KIPI ditangani satu wilayah pada kurun sesuai standar di satu wilayah % waktu tertentu.00 0.34 92.00 100 tahun /Jumlah penderitafilariasis yang ditemukan di satu wilayah kerja dalam waktu satu tahun yang sama x 100% Cakupan penderita flu Cakupan penderita flu Jumlah penderita flu burung burung yang ditangani burung yang ditangani yang ditangani sesuai standar di sesuai standar di satu satu wilayah kerja dalam waktu wilayah pada kurun waktu satu tahun /Jumlah penderita flu % tertentu.61 89.7 100 pada kurun waktu yang sama x 100% Angka kejadian malaria Angka kejadian kasus Jumlah kasus malaria positif per 1.000 penduduk malaria positif diantara yang ditemukan di satu wilayah 1.000 penduduk pada satu kerja selama satu tahun/ Jumlah % periode di suatu wilayah 0.00 0.00 0.019 0.000 Cakupan penderita Cakupan penderita filariasis filariasis yang ditangani yang ditangani sesuai standar di satu wilayah pada Jumlah penderita filariasis kurun waktu tertentu.006 0.00 100 /Jumlah penderita KIPI yang ditemukan di satu wilayah kerja dalam waktu satu tahun yang sama x 100% Cakupan Desa/ Cakupan desa/kelurahan Jumlah desa ataukelurahan UCI kelurahan Universal yang ≥80% dari jumlah bayi di satu wilayah kerja pada kurun Child Immunization yang ada di desa tersebut waktu tertentu/ Jumlah (UCI) % sudah mendapat imunisasi desaatau kelurahan di suatu 90.014 0. kerja dalam waktu satu tahun 0.00 0.00 0.00 0. waktu tertentu/ Jumlah seluruh % anak SD/MI di satu wilayah 99.6 92.5 98. dalam kurun waktu yang sama x 1. burung yang ditemukan di satu 0.00 penduduk di satu wilayah kerja tertentu.038 0.022 0.00 0.00 0.00 0.018 0.50 89.70 90 dasar lengkap dalam waktu wilayah kerja pada kurun waktu satu tahun yang sama .9 97.00 0.10 82.2 98.00 0. ditangani sesuai standar di satu % wilayah kerja dalam waktu satu 0.00 0.

2 91.3 93.000 Proporsi kasus Proporsi kasus baru TB Tuberkulosis yang BTA+ yang menyelesaikan Jumlah kasus baru TB BTA+ berhasil diobati dalam pengobatan lengkap dan yang menyelesaikan pengobatan dapat dapat program DOTS (success sembuh dengan strategi dan sembuh dengan strategi dihitung dihitung rate) Directly Observed Treatment Directly Observed Treatment % 82 84 76 82 di kahir di kahir 90 90 Short Course (DOTS) di Short Course (DOTS) di suatu tahun tahun suatu wilayah pada kurun wilayah pada kurun waktu 2015 2016 waktu tertentu.7 93 imunisasi polio. yang sama x 100% % HB/DPT-HB-Hib. penderita baru TB BTA+ yang ditemukan dalam kurun waktu yang sama x 100% Angka kejadian semua Angka semua kasus TB yang Jumlah penderita TB (semua kasus TB (CNR Seluruh ditemukan dan tercatat tipe) yang ditemukan di fasilitas Kasus TB per 100.2 76. tiga di wilayah dan pada periode dosis imunisasi DPT.3 68. tertentu/ Jumlah kasus baru TB BTA+ di satu wilayah pada kurun waktu yang sama 100% .2 71. Cakupan Imunisasi Cakupan pemberian Jumlah ibu hamil mendapat TT2+ Ibu Hamil imunisasi TT2+TT5 pada ibu imunisasi (TT2 sampai dengan hamil dengan interval TT5) di satu wilayah kerja pada % tertentu yang berguna bagi kurun waktu tertentu / Jumlah 70. REALISASI BASELIN PROGRAM INDIKATOR SATUAN DEFINISI OPERASIONAL CARA PERHITUNGAN 2010 2011 2012 2013 2014 2015 E (2016) 2017 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 Persentase bayi 0-11 Cakupan bayi yang telah Jumlah bayi yang mendapat bulan yang mendapat mendapatkan imunisasi imunisasi dasar lengkap di satu Imunisasi Dasar dasar lengkap meliputi satu wilayah tertentu selama satu Lengkap dosis imunisasi HB0. 107 108 109 94 87 90 150 150 tahun/ Jumlah penduduk yang ada dalam satu wilayah kerja pada kurun waktu yang sama x 100.9 80 kekebalan seumur hidup di ibu hamil pada wilayah dan satu wilayah kerja pada kurun waktu yang sama x 100% kurun waktu tertentu. empat dosis 90.000 diantara 100.4 80.2 90. satu periode/ Jumlah bayi yang ada dosis imunisasi BCG. dan satu dosis imunisasi campak di satu wilayah kerja pada kurun waktu tertentu.000 penduduk pelayanan kesehatan dalam di penduduk pada satu periode di suatu satu wilayah kerja selama satu % wilayah tertentu.5 98. Cakupan penemuan dan Cakupan penderita baru TB Jumlah penderita baru TB BTA+ penanganan penderita BTA+ yang ditangani yang ditangani (diobati) sesuai penyakit TB sesuai standar di satu standar di satu wilayah kerja % wilayah pada kurun waktu dalam waktu satu tahun /Jumlah 36 40 38 34 30 40 50 50 tertentu.

23 kurun waktu tertentu.000 Cakupan penemuan dan Cakupan penderita baru HIV Jumlah penderita baru HIV AIDS penanganan kasus baru AIDS yang ditangani sesuai yang ditangani (diobati) sesuai HIV AIDS standar di satu wilayah pada standar di satu wilayah kerja % kurun waktu tertentu dalam waktu satu tahun /Jumlah 100 100 100 100 100 100 100 100 penderita HIV AIDS yang ditemukan dalam kurun waktu yang sama x 100% Proporsi penduduk yg Persentase orang dengan terinfeksi HIV lanjut HIV (ODHA) yang saat ini yang memiliki akses pd mendapat pengobatan ARV Persentase ODHA yang saat ini obat antiretroviral sesuai protokol pengobatan mendapat pengobatan ARV di suatu wilayah pada kurun sesuai protokol pengobatan di % suatu wilayah pada kurun waktu .83 71. .78 49. Cakupan penemuan dan Cakupan balita dengan Jumlah penderita Pneumonia penanganan balita pneumonia yang ditemukan balita yang ditangani di satu penderita ISPA dan diberikan tatalaksana wilayah kerja pada kurun waktu (Pneumonia) sesuai standar di sarana tertentu/ Jumlah penderita % kesehatan di satu wilayah pneumonia balita yang 100 100 100 100 100 100 100 100 dalam kurun waktu satu ditemukan di satu wilayah kerja tahun. tertentu/ Jumlah ODHA yang layak mendapatkan pengobatan ARV di satu wilayah pada kurun waktu yang sama . wilayah dan kurun waktu yang sama x 10. REALISASI BASELIN PROGRAM INDIKATOR SATUAN DEFINISI OPERASIONAL CARA PERHITUNGAN 2010 2011 2012 2013 2014 2015 E (2016) 2017 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 Angka Kesembuhan TB Jumlah pasien TB Paru BTA+ Persentase pasien TB Paru Paru (CR) yang sembuh di suatu wilayah BTA+ yang telah selama periode tertentu/ Jumlah menyelesaikan pengobatan pasien TB Paru BTA yang diobati dapat dapat secara lengkap dan hasil di wilayah pada kurun waktu dihitung dihitung pemeriksaan apusan dahak % yang sama x 100% 70 63 65 68 di kahir di kahir 80 85 ulang (follow-up) dengan hasil negatif pada akhir tahun tahun pengobatan dan pada satu 2015 2016 pemeriksaan sebelumnya di satu wilayah pada kurun waktu tertentu. dalam kurun waktu yang sama x 100% Angka Prevalensi Kusta Angka kesakitan kusta yang Jumlah kasus kusta yang tercatat (kasus baru dan tercatat (baru + lama) pada kasus lama) per 10.5 0.96 100 100 waktu tertentu.5 0.29 0.3 0.000 kurun waktu tertentu di suatu % dalam satu wilayah pada wilayah/ Jumlah penduduk di 0.59 0. 39.23 0.23 0.39 41.

Jumlah Cakupan penemuan dan PenggunapenderitaNapza ) diare yang penanganan penderita penanganan penderita diare ditangani di suatu wilayah diare Pengguna Napza ) yang ditest HIV / tertentu dalam waktu satu % yang ditest HIV Jumala seluruh tahun/ Jumlah penderita diare 30 30. Bumil. Warga IMS. Pekerja WPS. Kunci ( LSL.8 45. ditest HIV WPS. 10 Pasien TB. 100 100 100 100 100 100 100 100 dalam waktu satu tahun /Jumlah penderita Hepatitis yang ditemukan dalam kurun waktu yang sama x 100% Cakupan kasus Persentase kasus baru hipertensi di fasilitas hipertensi yang ditangani Jumlah kasus baru hipertensi pelayanan kesehatan oleh fasilitas pelayanan yang tercatat di sarana terhadap kasus hipertensi kesehatan (Pusk dan RS) di satu % yang ada pada wilayah kerja pada kurun waktu 100 100 100 100 100 100 100 100 periode/kurun waktu tertentu / Jumlah kasus tertentu.2 20. Pelabuhan. Cakupan penemuan dan Pemasyarakatan. Pekerja % Pelabuhan. lama+baru hipertensi di satu wilayah pada kurun waktu yang sama x 100% Cakupan kasus diabetus Persentase kasus baru DM Jumlah kasus baru DM yang mellitus di fasilitas yang ditangani oleh fasilitas tercatat di sarana kesehatan pelayanan pelayanan kesehatan (Pusk dan RS) di satu wilayah terhadap kasus DM yang ada kerja pada kurun waktu tertentu % pada periode/kurun waktu / Jumlah kasus lama+baru DM 100 100 100 100 100 100 100 100 tertentu di satu wilayah pada kurun waktu yang sama x 100% Cakupan deteksi dini Persentase perempuan usia Jumlah perempuan usia 30-50 kanker serviks dan 30-50 tahun yang dideteksi tahun yang dideteksi dini kanker payudara % dini kanker serviks dan serviks dan payudara/ Jumlah 0 0 0 0 0 0 payudara perempuan usia 30-50 tahun x 100% . Pasien IMS.6 79.5 dalam suatu populasipdkunci ditemukan yang satu wilayah wilayah dan kurun tertentu ada 100% didalam suatuwaktu yg sama x wilayah Cakupan penemuan dan waktu tertentu Cakupan penderita Hepatitis tertentu X 100% Jumlah penderita Hepatitis yang penanganan penderita yang ditangani sesuai ditangani (diobati) sesuai hepatitis standar di satu wilayah pada standar di satu wilayah kerja % kurun waktu tertentu. REALISASI BASELIN PROGRAM INDIKATOR SATUAN DEFINISI OPERASIONAL CARA PERHITUNGAN 2010 2011 2012 2013 2014 2015 E (2016) 2017 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 Proporsi Jumlah Populasi Jumlah Populasi Populasi Kunci Kunci ( LSL. Warga Binaan Binaan Pemasyarakatan. Waria. Bumil. Waria. Pasien Pasien TB.2 90 90.1 20.

REALISASI BASELIN PROGRAM INDIKATOR SATUAN DEFINISI OPERASIONAL CARA PERHITUNGAN 2010 2011 2012 2013 2014 2015 E (2016) 2017 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 Cakupan Jumlah Desa/Kelurahan yang desa/kelurahan yang Persentase desa/kelurahan melaksanakan kegiatan Posbindu melaksanakan Posbindu % yang telah melaksanakan PTM/ Jumlah seluruh 0 0 0 7.79 PTM kegiatan Pos Pembinaan desa/kelurahan yang ada x Terpadu (Posbindu) PTM 100% Persentase penduduk Jumlah penduduk usia 5-18 merokok pada usia ≤ 18 Persentase penurunan tahun yang merokok/ jumlah % tahun prevalensi merokok pada semua penduduk usia 5-18 usia ≤ 18 tahun tahun x 100% .14 42.86 42.5 32.86 51.

TARGET 2018 2019 2020 2021 14 15 16 17 48.6 48.2 0.6 48.2 0.3 0.2 100 100 100 100 100 100 100 100 .5 100 100 100 100 0.9 48.

00 0.00 100 100 100 100 0.00 0.5 95 .00 0.00 100 100 100 100 92 94 94. TARGET 2018 2019 2020 2021 14 15 16 17 100 100 100 100 0.00 0.00 0.00 0.

0 94.5 82 60 70 80 85 200 225 230 235 90 92 92 92 . TARGET 2018 2019 2020 2021 14 15 16 17 93.5 94.5 81 81.5 95 80.

22 0.23 0.21 100 100 100 100 100 100 100 100 . TARGET 2018 2019 2020 2021 14 15 16 17 90 91 92 93 100 100 100 100 0.22 0.

00 100. TARGET 2018 2019 2020 2021 14 15 16 17 100.5 95 97.00 100.00 100 92.5 100 100 100 100 100 100 100 100 100 100 100 100 100 .

43 80.64 .36 94. TARGET 2018 2019 2020 2021 14 15 16 17 64.29 71.

323 48.558 983.707 341 100% 100% 56 23 Sungai Siring 10.191 169 100% 100% 9 19 Makroman 8.822 43.563 25.082 9.492 505 100% 100% 80 2 Bantuas 2.510 88.049 13.227 17.684 100% 100% 1950 .048 987 100% 100% 812 Jumlah 511.621 16.573 42.122 227 100% 100% 11 24 Lempake 11.331 12.985 35.799 520 100% 100% 14 8 Loa Bakung 22.483 40.928 37.035 48.977 20.722 555 100% 100% 31 13 Juanda 18.056 100% 100% 165 18 Sungai kapih 7.514 9.801 425 100% 100% 32 14 Segiri 26.335 348 100% 100% 0 11 Wonorejo 21.051 571 100% 100% 52 26 Temindung 43.119 14.880 16.945 471.950 19.545 446 100% 100% 32 5 Harapan Baru 19.368 6.217 525 100% 100% 18 9 Karang Asam 22.889 498 100% 100% 79 10 Lok Bahu 15.961 237 100% 100% 27 4 Mangkupalas 19.472 34.823 14.188 501 100% 100% 0 17 Sidomulyo 46.181 19.040 19.078 39.227 42.615 20.237 10.970 83.917 21.306 22.612 17.894 308 100% 100% 3 21 Sempaja 24.093 405 100% 100% 124 7 Baka 22.648 2.616 257 100% 100% 90 25 Remaja 25.658 28.475 5.881 1.300 44.617 17.371 42.865 426 100% 100% 78 15 Pasundan 18.284 16.865 426 100% 100% 43 16 Samarinda Kota 21.081 19.379 21.447 19.416 46.123 61 100% 100% 9 3 Bukuan 10.944 23.664 483 100% 100% 86 12 Air Putih 24.985 35. SASARAN DAN TARGET UNTUK SCREENING HEPATITIS B DI WILAYAH KOTA SAMARINDA TAHUN 2017 Target Jumlah Penduduk Peg Mahasiswa Masyarakat No Puskesmas Bumil Puskesma Kesehatan Risti s laki Per jml Target Target Target Target 1 2 3 4 5 6 7 8 13 1 Palaran 22.046 38.016 23.189 35.882 8.265 20.503 11.216 29.996 463 100% 100% 38 6 Trauma Center 17.808 41.109 203 100% 100% 9 20 Sambutan 13.267 573 100% 100% 52 22 Bengkuring 15.