You are on page 1of 6

LAPORAN PENDAHULUAN

ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA Tn S
PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG STROKE

Kunjungan ke : 3 Tanggal : 29 Agustus 2017
1. Latar Belakang
Keluarga Tn S adalah keluarga yang tinggal di RT 2 RW 10 desa Tanjungrejo. Keluarga
Tn S adalah keluarga inti yang terdisi dari Tn S (kepala keluarga), Ny S (istri), dan Tn I
(anak ke lima).
Tn S mengatakan bahwa menderita hipertensi dengan tekanan darah maksimal saat
periksa 190/90. Tahun 1998 Tn S terserang penyakit stroke sampai sekarang. Saat itu
keluarga membawa ke rumah sakit terdekat dan rajin konsumsi obat, namun sekarang
sudah tidak mengonsumsi obat. Tiga tahun terakhir Tn S mengatakan terjadi penurunan
kekuatan pada kaki dan tangan bagian kiri sehingga untuk berjalan membutuhkan
tongkat dan penurunan fungsi verbal mengakibatkan Tn S saat berbicara sedikit tidak
jelas namun masih bisa dipahami. Tn S mengatakan tidak mengetahui penyebab
terserang stroke pada tahun 1998, sampai sekarang Tn S masih belum memahami
tentang penyakit yang dideritanya dan mengatakan bersedia jika mendapatkan informasi
tentang penyakit stroke.
Saat kunjungan kedua Tn S mengatakan tinggal dirumah dengan anak ke lima namun
setiap hari ditinggal bekerja dari pagi sampai malam, sedangkan Ny S selama 3 minggu
berkunjung ke rumah anaknya. Memenuhi kebutuhan makanan Tn S beli ke warung
yang harus berjalan melewati jalan naik.

2. Proses keperawatan
a. Diagnosis keperawatan keluarga : Defisiensi Pengetahuan
b. Tujuan Umum
Setelah dilakukan intervensi keperawatan selama 1x30 menit keluarga mampu
memahami tentang penyakit stroke
c. Tujuan khusus
1. Mampu menjelaskan kembali tentang pengertian, penyebab, gejala, pencegahan
dan penanganan stroke
2. Mengetahui makanan yang baik dan yang harus dihindari pada penderita stroke

Kriteria Evaluasi a. B. Waktu dan tempat : Tempat : Rumah keluaraga Tn. tanda gejala. Stroke Iskhemik Stroke yang terjadi sebagai akibat dari adanya sumbatan pada arteri sehingga menyebabkan penurunan suplay oksigen pada jaringan otak ( iskhemik ) hingga menimbulkan nekrosis. Penyebab 1. Implementasi dan Tindakan Keperawatan a. dan penatalaksanaan stroke dan memahami makanan yang baik dan yang harus dihindari bagi penderita stroke Materi A.00 wib 4. Metode : Metode yang digunakan adalah ceramah. Stroke merupakan salah satu masalah kesehatan yang serius karena ditandai dengan tingginya morbiditas dan mortalitasnya. Selain itu. Kriteria hasil :  Keluarga dapat memahami pengertian penyebab. Definisi Stroke adalah suatu penyakit defisit neurologis akut yang disebabkan oleh gangguan pembuluh darah otak yang terjadi secara mendadak dan menimbulkan gejala dan tanda yang sesuai dengan daerah otak yang terganggu. Alat : Leaflet c. Kriteria proses :  Kegiatan sesuai jadwal  Keluarga antusias selama proses kegiatan diskusi c. 3. Kriteria struktur :  Ketersedian media  Persiapan materi b. 2007). diskusi dan tanya jawab b. Sekitar 87 % kasus stroke disebabkan kerena adanya . S Waktu : pukul 16. tampak adanya kecenderungan peningkatan insidennya (Bustan.

Menurun atau hilangnya rasa 5. Tonus otot lemah atau kaku 4. C. Adanya penimbunan lemak pada pembuluh darah otak (aterosklerosis) akan meningkatkan resiko terjadinya stroke iskhemik. Tanda Gejala Stoke menyebabkan defisit neurologik. misalnya jantung atau arteri besar lainnya. 1. Gangguan persepsi 8. Gangguan lapang pandang “Homonimus Hemianopsia” 6. sumbatan yang berupa thrombus atau embolus. Stroke Hemoragi Stroke yang terjadi sebagai akibat pecahnya pembuluh darah yang rapuh diotak. Lumpuh pada salah satu sisi wajah “Bell’s Palsy” 3. yaitu . Arteriovenous malformations adalah pembuluh darah yang mempunyai bentuk abnormal. Aneurysms adalah pengembangan pembuluh darah otak yang semakin rapuh sehingga data pecah. Gangguan status mental . afhasia atau disfasia: bicara defeksif/kehilangan bicara) 7. Kelumpuhan pada salah satu sisi tubuh (hemiparese atau hemiplegia) 2. Dua tipe pembuluh darah otak yang dapat menyebabkan stroke hemoragi. aneurysms dan arteriovenous malformations (AVMs). ukuran area yang perfusinya tidak adequat dan jumlah aliran darah kolateral. Stroke akan meninggalkan gejala sisa karena fungsi otak tidak akan membaik sepenuhnya. sehingga mudah pecah dan menimbulkan perdarahan otak. Faktor lain yang berpengaruh adalah denyut jantung yang irreguler (atrial fibrillation) yang merupakan tanda adanya sumbatan dijantung yang dapat keluar menuju otak. Gangguan bahasa (Disatria: kesulitan dalam membentuk kata. bergantung pada lokasi lesi (pembuluh darah mana yang tersumbat). Embolus adalah gumpalan/sumbatan yang berasal dari tempat lain. Trombus adalah gumpalan/sumbatan yang berasal dari pembuluh darah otak. 2.

membantu penyerapan vitamin dan memperbaiki jaringan sel dan struktur tubuh. asam folat dan omega 3. vitamin E. Hindari makanan berlemak Makanan berlemak akan sangat berpotensi membuat penyumbatan arteri pada penderita stroke menjadi parah. E. Penatalaksanaan . protein dan lemak. Diet sehat Menjalankan program diet sehat maka kolesterol yang menyumbat aliran darah secara bertahap akan larut bersama dengan darah sehingga aliran darah menjadi lancar ke otak dan sel-sel mati otal dapat beregenerasi dengan baik . . Oatmeal Oatmeal adalah makanan olahan yang berasal dari biji gandum. Hindari merokok Kandungan nikotin yang terdapat pada rokok dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah atau arteri. Nutrisi dari oatmeal berfungsi untuk memasok energi bagi tubuh. cukup dengan melakukan senam aerobik ataupun pelentukan sudah cukup untuk memperlancar peredaran darah . Makanan yang Baik dan yang Harus Dihindari 1. Rutin olahraga Memperlancar sistem peredaran darah yang terjadi di dalam arteri sangat penting bila rutin melakukan olahraga. menjadi persediaan cairan tubuh. . sehingga jika penyempitan terjadi maka akan menimbulkan penyakit semakin parah. protein.D. dengan mengurangi makanan berlemak maka aliran darah pada arteri bisa lebih baik. Kandungan omega 3 memiliki fungsi yang penting untuk tubuh yaitu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. tidak perlu melakukan olahraga yang banya menghabiskan tenaga. Dalam satu cangkir oatmeal bisa menyediakan hingga 6 gram protein. 2. karbohidrat. Selain itu omega 3 juga berperan untuk meningkatkan regenerasi sel-sel pada otak. Kandungan nutrisi dari oatmeal terdiri dari kalori. Roti Gandum Kandungan gizi terbaik dari roti gandum adalah serat. karena lemak akan tertimbun di dalam tubuh terutama dibagian pembuluh darah.

serat. Kandungan selenium yang sangat tinggi pada beras merah bisa mencegah serangan stroke ulang. 6. Terong dapat mengatasi masalah tekanan darah tinggi dan sumbatan pada aliran darah. Pisang Pisang adalah buah yang sangat mudah didapatkan. Terong akan memelihara kesehatan jantung karena tidak mengandung lemak dan kolesterol. Potasium dan kalium dalam buah pisang membantu mengatur tekanan darah sehingga sangat bermanfaat untuk penderita stroke. Apel Apel menjadi salah satu buah renyah yang banyak mengandung pito nutrisi dan anti oksidan. Selain itu pepaya memiliki kalori yang cukup rendah yaitu sekitar 38 kalori per 100 gram. 7. Dalam buah pisang banyak ditemukan kalium yang berperan penting untuk menjaga denyut jantung. Buah pisang memang tidak memiliki harga jual tinggi tapi pisang memiliki manfaat yang sangat besar untuk penderita stroke. Tomat . Apel tidak memiliki kandungan kalori yang berlebihan sehingga sangat aman untuk dikonsumsi penderita stroke. Pepaya Buah pepaya tidak mengandung kolesterol sehingga sangat baik untuk penderita stroke. 4. Beras Merah Beras merah menjadi sumber karbohidrat yang sangat baik untuk penderita stroke. Apel juga tidak mengandung lemak dan kolesterol. Selain itu dalam pisang juga banyak mengandung potasium sebagai pengganti cairan tubuh. 5. Terong Terong mengandung serat yang cukup tinggi. Senyawa anthosianin dalam terong juga menjadi sumber anti oksidan yang bisa mencegah kerusakan pembuluh darah pada penderita stroke. Selain itu beras merah juga mengandung mangan.3. 8. Kandungan flavonoid dan polifenol dalam apel juga sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung pada penderita stroke. Selain itu terong tidak mengandung natrium sehingga sangat aman untuk penderita stroke. Mangan berfungsi untuk membantu proses sintesis lemak dalam tubuh dan mengaktifkan sistem syaraf. Dalam satu buah terong berukuran sedang bisa menghasilkan serat hingga 14 gram. dan anti oksidan.

vitamin A. Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Stroke Berbagai jenis makanan yang sehat untuk penderita stroke bisa dimasukkan dalam menu diet harian. kalsium. Selain itu senyawa licopene dalam tomat juga bermanfaat untuk mengendalikan proses peradangan dan kolesterol buruk dalam tubuh. dan potasium. 1. Susu Rendah Lemak Bagi penderita stroke sebaiknya tidak berhenti untuk minum susu Susu rendah lemak memiliki kandungan lemak yang kecil dan bahkan sama sekali tidak mengandung lemak. Tomat menjadi asupan yang paling baik bagi penderita stroke yang disebabkan oleh masalah penggumpalan carah. Susu bisa menjadi sumber nutrisi yang sangat penting seperti magnesium. Jenis kandungan nutrisi ini sangat penting untuk mengendalikan tekanan darah sehingga bisa dikonsumsi bagi penderita stroke yang bermasalah dengan tekanan darah tinggi. Berikut adalah daftar makanan yang harus dihindari penderita stroke. 9. 10. Makanan yang mengandung lemak jahat 5. vitamin B6 dan serat. Brokoli Brokoli adalah sayuran hijau yang sangat baik untuk melindungi jantung. Namun cara pengolahan berbagai jenis makanan ini juga harus diperhatikan. Makanan yang dibakar http://halosehat. Dalam brokoli ditemukan beberapa macam nutrisi antara lain adalah kalium. Tomat mengandung senyawa licopene yang berfungsi untuk mencegah radikal bebas. Vitamin C. Makanan yang digoreng dan penambahan garam menjadi salah satu hal yang paling dilarang bagi penderita stroke.com/makanan/makanan-sehat/15-makanan-sehat-untuk-penderita-stroke . Makanan yang digoreng 2. Makanan yang mengandung mentega 3. Makanan yang mengandung pemanis buatan 4.