You are on page 1of 8

SATUAN OPERASIONAL PROSEDUR (SOP

)

SENAM REMATIK

DISUSUN OLEH :

Indah aninda p 211115041

Mega karmelia 211115042

Irma srinurwenda 211115043

Dyah rizqi a 211115044

Laelasari 211115045

Roni firdaus 211115046

Intan juwita 211115047

PRODI DII KEPERAWATAN

STIKES JENDERAL ACHMAD YANI CIMAHI

melancarkan peredaran pembuluh darah ekstremitas. Mengumpulkan data tentang klien 2. Klien dengan riwayat arthritis rheumatoid D. Klien dengan keluhan nyeri sendi 2. B. KONTRA INDIKASI 1. PERSIAPAN ALAT Persiapan Alat : 1. Menjelaskan tujuan dan prosedur pelaksanaan 3. Membuat rencana pertemuan tindakan keperawatan 4. Mengukur tekanan darah klien F. Memberikan senyum dan salam pada klien dan sapa nama klien 2. Ibu yang menderita anemia 2. Ibu yang mempunyai penyakit jantung dan paru-paru E. PERSIAPAN KLIEN Tahap Orientasi : 1. INDIKASI 1. SOP SENAM REMATIK UNTUK LANSIA Kompeten Indikator unjuk kerja (IUK) Keterangan Ya Tidak A. Kursi G. Menanyakan persetujuan atau kesiapan klien . PERSIAPAN Tahap pre interaksi : Persiapan Perawat : 1. TUJUAN : Mengurangi nyeri sendi. PENGERTIAN : Merupakan latihan rentang gerak dengan teknik relaksasi nafas dalam sebelum dan sesudah latihan untuk mengurangi nyeri pada sendi. Menciptakan lingkungan yang nyaman 3. merilekskan ekstremitas C.

Ruangan yang tenang dan kondusif 2. Klien di beritahu tindakan yang akan di lakukan 2. dengan 5 kali ulang. Angkatkeduatangan kedepanlalumenghitungjaridariarahibujarisampaikelikingking. Persiapan a) Persiapan klien 1. c. d.Ruangan yang cukup luas 2. Angkat kedua tangan lalu regangkan jari-jari tangan. Angkat kedua tangan kedepan dengan membuka kepalkan tangan lalu telpak tangan. Pelaksanaan Simulasi senam rematik dengan tahapan : a.H. Klien dalam posisi duduk b) Persiapan lingkungan 1. . STRATEGI PELAKSANAAN 1. dansebaliknyamenghitungjaridariarahkelingkingkeibujari. b. dengan 5 kali hitungan. Angkat kedua tangan kedepan lalu dekatkan ibujari dengan jari telunjuk. dengan 5 kali hitungan.

g. dengan 5 kali hitungan. Angkatdan luruskan kedua tanganlaludiayunkankeataskebawah. Dengan 5 kali hitungan. h. i. Lentangkan kedua tangan dengan telapak tangan terbuka lalu tekuk kedua tangan ke atas dengan dikepal. f. Angkat keduatanganlalutekukkan kedua telapaktangan kebawah dan keatas. Lentangkan keduatanganlalutekuk tangan hingga membentuk lingkaran. lakukan dengan 5 kali hitungan. Angkat kedua tangan kedepan dengan telapak tangan menghadap ke atas lalu balikan.e. . lakukan dengan 5 kali hitungan.sebanyak 5 kali hitungan.

dengan 5 kali hitungan. lakukan dengan 5 kali hitungan. j. Angkatkedua tangan kedepan lalugerakan kedua tanganmemutar kedepan dan kebelakang. . dengan 5 kali hitungan. Angkatkedua bahukeatasdankebawah. l. Angkat keduabahulaluarahkan kebelakangdankedepan. 1 2 3 4 4 3 2 1 k.

Simpankedua tangandipingganglalumenggoyangkanbadankearahkanan dan kiri.m. dengan 5 kali hitungan. dengan 5 kali hitungan . p. Simpantangandipingganglalutengokanbadankearahkiridankanan. dengan 5 kali hitungan. n. o.dengan 5 kali hitungan. Simpankedua tangandipingganglaluTarikdadakedepan. Tekuk keduajari-jari kaki keatasdankebawah.

lakukan dengan 5 kali hitungan s. Angkat kaki kananlaluputarkebagiandalamlalukeluar. r. lakukan secara bergantian dengan kaki kiri dengan 5 kali hitungan. . Angkat kaki kananlalugerakan telapak kakikeatas dan kebawah. 5 kali hitungan.q. lakukan secara bergantian dengan kaki kiri. t. sebanyak 5 kali hitungan. Menutupkedua kaki danmenekukdibagianlutut lalu membuka kedua kaki dan lutut. lakukan secara bergantian dengan kaki kiri. Angkat kaki kanankedepan lalunaikan kaki bagianlututkeatasdankebawah.

Catat tindakan yang telah dilakukan 2. DAFTAR PUSTAKA https://www. Mencatat kegiatan dalam lembar catatan perawatan J. Waktu dan tanggal tindakan 3. Membereskan alat 5. I. TAHAP TERMINASI : 1. HASIL Dokumentasi : 1.scribd. Respon klien terhadap tindakan yang dilakukan 5. Mengukur tekanan darah setelah latihan 3.com/doc/270256205/4-SOP-Senam-Rematik (PUSKESMAS AIKMEL SENAM REMATIK) . Berpamitan dengan klien 4. Melakukan evaluasi tindakan yang dilakukan 2. usia 4. Nama perawat dan tanda tangan perawat K. Nama klien.