You are on page 1of 4

Adin Nurrohman

171212019250806
Teknik Mesin

Tugas Pneumatic

Tugas 1

Dengan menekan push button, piston rod akan mendorong
barang ke depan, jika push button dilepas, maka piston rod
kembali pada posisi awal

Working elemen

Input elemen

Energy supply element

kemudian benda 2 masuk dan menekan LS2 sehingga pison rod akan bergerak ke jalur bawah. piston rod akan mendorong jalur ke atas. Working elemen Control element Processing element Input elemen Energy supply element . benda 1 akan melewati jalur atas. demikian terjadi secara terus menerus. . Jika push botton ditekan kembali. Dengan menekan push button. kemudian masuk benda 1 kembali yang menekan LS1 sehingga piston mendorong jalur ke atas.TUGAS 2 Analisa Problem LS 1 sudah ter enegize oleh benda 1. kemudian benda 2 masuk dan menekan LS2 sehingga piston kembali ke jalur bawah. maka kegiatan akan berhenti.

Silinder akan berada pada posisinya sesuai dengansinyal kontrol yang terakhir diberikan Working elemen Control element Input elemen Energy supply element .TUGAS 3 Analisa Problem Dengan menggunakan double acting silinder. track conveyor dapat diubah arahnyaSinyal kontrol pneumatis yang digunakan menggerakan track diperoleh dari push button yang terpisah.

Piston akan kembali secara otomatis Working elemen Control element Input elemen Energy supply element .TUGAS 4 Analisa Problem Gunakan double action cylinder . benda di pindahkan dari satu jalur ke jalur lainnya. Sinyal pemberitahuan dibutuhkan ketika piston sudah memanjang penuh untuk memastikan benda sudah berpindah. Operasinya menggunakan push botton.