You are on page 1of 7

Kesehatan Jiwa Daerah Pedesaan: antara Tantangan dan Peluang

dr.Mahar Agusno , Sp.KJ
Selasa , 17 April 2018

Noters : Itotitoti , Grace Editor : Hancocs

Apa yang anda pikirkan tentang hal di bawah ini?

 Gambaran di atas merupakan gambaran yang akan kita temukan
selama KKN atau kegiatan di desa.

 Kalau ada orang yang sakit jiwa, tidak bisa langsung dibawa ke RS
dan harus mendatangkan relawan karena layanan keswa yang jauh
dari desa

 Anak FK di kota, waktu dibawa ke desa biasanya mengalami syok

Pemutaran Film Dokumenter “Standing On The Edge of Thorn”

 Cerita singkat: seorang bapak 53 tahun, seorang PNS, yang
mendapati istri lamanya selingkuh membuat bapak ini sakit hati
hingga sakit jiwa. Kemudian bapak ini ditemukan dengan seorang
gadis desa yang pada waktu itu gadis ini sedang hamil diluar nikah
tanpa ada seorang suami yang kemudian gadis ini dijodohkan
dengan bapak 53 tahun tersebut dengan gambaran bahwa
menikah dengan seorang PNS dapat menjamin hidupnya. Gadis ini
merasa terpaksa menikahi bapak tersebut dan setelah menikah,
gadis ini baru menyadari bahwa hidupnya semakin susah setelah
menikah dengan seorang PNS sehingga tidak pernah terjadi
suasama rumah tangga yang damai. Hal ini berdampak pada
kesehatan jiwa bapak 53 tahun, gadis, serta anak-anak mereka.

Pasien ini adalah seorangPSK karena desakan ekonomi. Mahar mempunyai pasien yang tidak diijinkan bertemu dengan keluarganya dan menjadi depresi. style modernnya akan menularkan ke anak-anak di desa  Adanya 1 minimarket di desa dapat mematikan 21 warung. Beberapa gambaran permasalahan kesehatan jiwa daerah pedesaan  Depresi karena kesulitan hidup se-hari2 Dr. sedangkan di desa membawa dampak (-) misal anak minta HP tapi keluarga tidak punya uang  Gap layanan kesehatan jiwa. menurut penelitian. jadi masyarakat akan merasa sangat membutuhkan minimarket tersebut padahal sebelumnya tidak . terlebih membutuhkan biaya yang cukup banyak  Datangnya pendatang dg beragam latar belakang sosial budaya  Contohnya mahasiswa KKN. hanya 1 dari 10 orang yang bisa ditangani  Harus menempuh jarak jauh untuk mendapatkan layanan kesehatan jiwa  Seperti penjelasan di awal. contohnya masyarakat di daerah Gunung Kidul atau daerah lainnya harus menempuh jarak yang jauh untuk pergi ke layanan keswa yang ada di Pakem.  Dari video tersebut menggambarkan keadaan psikososial desa dengan masalah kejiwaan yaitu depresi.  Permasalahan sosial ekonomi yang kompleks  Stress karena terpapar kemajuan lingkungan kemajuan lingkungan di kota membawa dampak (+).

tidak memusat di kota saja  Treatment gap 90 %  tidak mampu berbuat sesuatu  Layanan keswa yg ada buruk. a.000) orang dengan ganguan jiwa (ODGJ) rentan mendapatkan layanan keswa yang buruk termasuk dikurung dan dipasung.Fakta permasalahan kesehatan jiwa yang ada  Banyak (19.  Sedikit saja yang direhabilitasi dan dikembalikan ke masyarakat. krn ketakutan masyarakat  Kendala ekonomi untuk mendapatkan perawatan keswa yg layak  Kebodohan masyarakat untuk mencari layanan keswa  Desentralisasi mempengaruhi tersedianya prasarana.l. perbaikan sistem layanan yg sangat lambat bahkan mundur Apakah ada perbedaan antar negara?  Permasalahan layanan keswa  Accessibility  Availability  Acceptability . kekerasan & pelanggaran HAM. terstigma.000 – 58. sarana serta sumber daya lainnya  Distribusi sumber daya manusia yang tidak merata  sehingga sekarang banyak dokter yang diminta untuk layanan ke desa-desa.

pasien gg jiwa dibawa ke Balian/ dukun terlebih dahulu baru ke psikiater.ACCESSIBILITY  ODGJ harus menempuh perjalanan jauh untuk mendapatkan layanan keswa  Hanya sedikit yg merasakan manfaat asuransi untuk layanan kesehatan jiwa  Sedikit sekali anggota masyarakat yg memahami penyakit jiwa dan pilihan layanan keswa  Contohnya diberikan:  Di Kalimantan Tengah.  Daerah pedesaan mengalami keterbatasan layanan keswa yg berkepanjangan  Penyedia layanan spesialistik tidak tersedia di daerah pedesaan  Layanan keswa yg komprehensif tidak tersedia  Contoh kurangnya avaibilitas. Maka dari itu dokter harus merangkul dukun-dukun tersebut. misal gelandangan psikotik harusnya ditampung pemerintah di sebuah institusi.  Di Bali. Meskipun dengan BPJS jadi gratis namun aksesabilitas yang kurang dapat menyebabkan penurunan ODGJ yang sedikit. jarak untuk menempuh dari kabupaten ke kota sekitar 10 jam – 1 hari. ACCEPTABILTY  Profesional perlu dilatih untuk kompeten bekerja di daerah pedesaan  Penduduk pedesaan sering tidak memiliki pilihan layanan .

kan pada saat terapi lanjutan biasanya dikembalikan ke dokter umum. sulit berbaur dengan masyarakat. Contoh: ketika pasien di Dx/ gg jiwa maka pasien tersebut akan kesulitan mencari pekerjaan.  Layanan keswa yg komprehensif dan berkelanjutan  Akses yg cepat.  Model layanan yang ada lebih banyak model urban yg diasumsikan bisa sesuai untuk daerah pedesaan. sulit nikah. Maksutnya adalah model layanan kes. WHO melarang model ini. . Jiwa kebanyakan model barat/kota. Nah. Sumber stigma terbesar berasal dari dokter. salah satu yang harus dilakukan oleh dokter yaitu mengetahui tanda-tanda untuk mendiagnosis seseorang dengan gangguan jiwa sehingga dapat memberi terapi ataupun support yang membantu pasien tersebut Cara yang dilakukan pada saat ini …  Penduduk pedesaan kekurangan informasi  Masing2 pemberi layanan keswa bekerja sendiri2  Akses untuk layanan membingungkan dan berbelit2 Contohnya itu kalo abis di rujuk ke spesialis. nah disini cukup membuat pasien ataupun keluarga susah karena harus kontrol sekian kali dalam sewaktu dan biaya yang dikeluarkan juga cukup banyak terlebih kalau jaraknya jauh. mudah dan nyaman  Pemberi layanan yg kompeten secara budaya  Pemberi layanan bekerja dalam sistem dan fokus pada tugasnya Jadi. WHO menyarankan disesuaikan dengan local wisdom.  Stigma.

entah kepala.  Kita jangan melarang dukun dan jangan melarang masyarakat ke dukun. Apa yang bisa dikerjakan?  Advocacy. Mengapa hal tsb terjadi?  Stigma/Diskriminasi  Tidak adanya perencanaan untuk keswa pedesaan  Tidak kuatnya upaya untuk menyiapkan dan mendistribusikan professional untuk praktek daerah pedesaan  Pendanaan yang tidak memadai  Layanan keswa merupakan kegiatan pengembangan. kulonprogo punya layanan kesehatan yang lebih baik dari kota madya  Public Education  Peningkatan integrasi layanan kesehatan primer dengan layanan keswa . Kita harus merangkul dukun. bukan kegiatan pokok  Orang yang suka nyeri. punggung. sambil dipijitin sambil curhat lalu setelah pijet enakan. Mereka ke tukang pijet.  Layanan keswa tidak terkoordinir  Pemberi layanan cenderung merencanakan layanan sesuai dengan “pembayaran” daripada “pekerjaan”  Penduduk pedesaan mendapatkan layanan kesehatan terlambat. dkk biasanya karena depresi. bupati Kulonprogo adalah seorang dokter. sudah lebih berat dan perlu biaya tinggi. Contoh: kita jadi bupati.

dan rs komunitas. pusat layanan keswa.  Dalam perencanaan  harus dipertimbangkan juga daerah pedesaan Beberapa contoh upaya yang dilakukan  Pelatihan pekerja hotline ttg kesehatan jiwa  Pelatihan pekerja layanan keswa ttg issue pedesaan  Mengrekruit profesi yg bekerja di pedesaan sbg kader keswa shg bisa memberikan informasi keswa. rumah rawatan. penugasan staf keswa ke layanan primer.  Layanan keswa jarak jauh (teleservice) . dan melakukan rujukan  Layanan transport asi bagi pasien yg perlu layanan keswa di RS. support untuk kasus krisis.  Kerjasama yg baik dengan masyarakat.