You are on page 1of 17

ACARA II

BIOLOGI BUNGA

A. Hasil Pengamatan
1. Tanaman Padi (Oryza sativa L.)
A. Bunga

Keterangan gambar:
1. Putik
2. Kepala sari
3. Benang sari
4. Ekor gabah
5. Lemma
6. Pedicel
7. Ovary
8. Nerver

Gambar 1. Bunga Padi (Anonim, 2015)

Deskripsi:
Berdasarkan struktur organ
reproduksi, padi termasuk tanaman
autogami, sehingga pada kondisi bunga
normal tidak mendukung terjadinya
serbuk silang. Oleh karena itu, morfologi
dan perilaku pembungaan galur mandul
jantan dan tetua jantannya (pelestari dan
pemulih kesuburan) akan menentukan
tingkat terjadinya serbuk silang pada saat
produksi benih GMJ dan hibrida
(Rumanti et al., 2014)

Tanaman Tomat (Solanum lycopersicum L) a. Jika suhu tersebut tidak terpenuhi maka akan menyebabkan penurunan hasil yang signifikan. Petal 2. Ovary 7. Stigma 5. Anther Gambar 2 Bunga Tomat (Tyang. Bunga Keterangan gambar: 1. . 2014) Deskripsi : Pada bunga tomat sangat sensitif terhadap suhu lingkungan sehingga memerlukan suhu 25 – 29oC.. Pistil 8. Style 6. Stamen 4.2. 2014). Penurunan hasil disebabkan oleh serbuk sari yang rusak dan pengembangan anther yang mengurangi visiabilitas serbuk sari (Danny et al. Sepal 3.

3. Mahkota bunga 5. Gambar 3 Bunga Sepatu (Putri.) a. Bakal biji 6. Tanaman Bunga Sepatu (Hibicus rosa-sinensis L. 8. 2017) Deskripsi : . Putik 4. Serbuk sari 3. Bunga Keterangan gambar: 1. Benang sari 2. Kelopak bunga 7.

2013). Kelompok kedua adalah Forastero.) a. 2016). Petal 3. Bunga Kakao (Anonim. . 6. Deskripsi : Saat ini. Kelompok ketiga adalah Trinitario yang merupakan kelompok hibrid dari Criollo dan Forastero. meskipun aroma kacang lemah. 8. 7.4.. Tanaman Kakao (Theobroma cacao L. Kelompok mayoritas pertama adalah Criollo. sehingga mewarisi sifat-sifat berkualitas tinggi dari kedua kelompok (Viet Ha et al. yang memiliki kacang dengan rasa yang baik tetapi rentan terhadap penyakit. Gambar 4. pohon kakao yang dibudidayakan telah dikategorikan ke dalam tiga kelompok utama. Bunga Keterangan gambar: 1. 5. Staminodes 4. Pistil 2. yang memiliki hasil tinggi dan sangat toleran terhadap penyakit.

5. Bunga Betina Keterangan gambar: 1. 3. 2013). 4. Gambar 6 Bunga Betina Kelapa (Sorohmutaya. Gambar 5 Bunga Jantan Kelapa (Anonim. 2014) Deskripsi : . Putik 2. 8. 3. Tanaman Kelapa (Cocos nucifera L. 8. 6. 7. 7. 4. 6. Benang sari 2. 5. 5. b. Bunga Jantan Keterangan gambar: 1.) a.

7. Benang sari 3. 6. 2014). 8. c. Sepal 3. Sepal 3. b. 6. 5. Tangkai bunga 5. Putik 2. 6.6. 4. 7. . Gambar 9 Bunga Betina Pepaya (Eldikara. 8. Bunga Jantan Keterangan gambar: 1. Putik 4. Serbuk sari 2. 2014). Bunga Betina Keterangan gambar: 1. 8. 5. Tanaman Pepaya (nama latin) a. Bunga Hermafrodit Keterangan gambar: 1. 7. Gambar 7 Bunga Jantan Pepaya (Eldikara. 2014). Petal 2. 4. Gambar 8 Bunga Betina Pepaya (Eldikara.

Deskripsi : .

Putik 5. mudah berbunga. petal (daun mahkota). Gambar 10 Bunga Anggrek (Anonim. Mahkota 2. yaitu sepal (daun kelopak). Bunga Keterangan gambar: 1. Bunga anggrek memiliki lima bagian utama. Kelopak 7. Tangkai bunga 8. dan beberapa jenis hibrida yang bunganya tetap harumBagian terpenting dari anggrek adalah bunga (Suradinata et al. Tanaman Anggrek (nama latin) a. Benang sari 4. memiliki banyak variasi bunga. Dari bunga inilah anggrek dapat dikenali dan dibedakan dengan tanaman lain yang bukan anggrek. pistil (putik) dan ovari (bakal buah). 2017). 2016). Deskripsi : Dendrobium adalah salah satu anggrek yang memiliki banyak peminat karena relatif mudah beradaptasi di dataran rendah. Kepala sari 3. tidak terlalu memerlukan perawatan khusus..8. Bakal biji 6. stamen (benang sari). Sepal anggrek berjumlah tiga buah sepal bagian atas disebut sepal .

petal kesatu dan kedua letaknya berseling dengan sepal. Satu ciri lain dari anggrek adalah resupinasi atau perpuntiran . Petal ketiga mengalami modifikasi menjadi labellum (bibir). Anggrek memiliki tiga buah petal.dorsal sedangkan dua lainnya disebut sepal lateral.

yaitu tumbuhan- tumbuhan dalam divisi Magnoliophyta. dasar bunga (receptacle). Selepas persenyawaan. kelopak (calyx). daun tangkai (bracteola). daun pelindung (bract). Bagian- bagian bunga majemuk terdiri atas ibu tangkai bunga (peduncle). bunga dibedakan menjadi bunga terminal bila letaknya di ujung cabang atau ujung batang. tangkai daun dan bunga. Bunga mengandung organ-organ tumbuhan. Bagian dari sumbu yang merupakan ruas yang berakhir dengan tangkai bunga (pedisel). dan bertindak sebagai cara yang utama untuk penyebaran individu- individu spesies secara luas.Pembahasan Bunga adalah struktur pembiakan pada tumbuhan berbunga.Berdasarkan letaknya. Bagian utama bunga terdiri dari kelopak (calix) tajuk/ mahkota (corolla). bunga dapat dibedakan menjadi 2 macam yakni bunga tunggal dan bunga majemuk (tumbuhan berbunga lebih dari satu). Bunga terdiri dari beberapa daun yang . Organ-organ bunga melekat pada reseptakel. mahkota (corolla). Untuk tumbuhan-tumbuhan yang bertaraf lebih tinggi. dan fungsinya ialah untuk menghasilkan biji-biji melalui pembiakan. Sebuah bunga yang khas mempunyai empat macam organ. yang sebelah luar disebut stamen yang bersma-sama membentuk androsium. benang sari (stamen). pada umumnya berwarna yang membentuk perhiasan bunga. dan bunga aksiler apabila bunga terletak di ketiak daun (Sulasmi. mereka disebut tepal. Disebelah dalam sepal adalah corolla yang terdiri atas petal. benang sari (stamen) dan putik (pistilum). Di dalam perhiasan bunga dijumpai dua macam organ reproduksi. Berdasarkan jumlahnya. 2005). 1980). dan putik (pistil). Organ-organ yang paling luar adalah sepal yang secara bersama-sama membentuk kaliks yang biasanya berwaran hijau dan ditemukan paling rendah kedudukannya pada reseptakel. dan sebelah dalam di sebut karpel yang membentuk ginesiumngandung biji-biji (Stace. Ujung distal pedisel ini mengembang dengan panjang yang beragam dan bagian ini disebut reseptakael bunga (talamus). Bagian- bagian bunga tunggal terdiri atas tangkai bunga (pedicel). biji-biji merupakan generasi berikutnya. Bila semua perhiasan bunga itu sama. sebagian dari bunga itu akan berkembang menjadi buah yang meBunga terdiri atas sebuah sumbu yang padanya organ-organ bunga yang lain tumbuh.

Helaiannya disebut sepal.tersusun berkarang. Karangan paling luar adalah kelopak. Tidak hanya demi memenuhi gatra pemuliaan namun dapat juga sebagai pemahaman mengenai bunga dan bagaimana cara membudidayakannya (produksi. Setelah kelopak. 1988). helaiannya disebut petal. Manfaat dari mengenal bagian bagian bunga adalah untuk memenuhi salah satu gatra dari pemuliaan yakni variabilitas. Di dalam ovarium terdapat bakal biji (ovulum) (Gembong. Fungsi kelopak adalah melindungi bunga pada saat masih kuncup. Benang sari adalah alat kelamin jantan terdiri dari tangkai sari (filamen). . Fungsi mahkota adalah untuk menarik polinator dan sebagai pelindung alat kelamin. dapat ditemukan korola. Putik terdiri dari bakal buah (ovarium). penyakit. Putik (pistilum) adalah alat kelamin betina. hama dsb). dan penghubung (conectivum). Dengan mengetahui maka dapat dilakukan persilangan (hibridisasi). Keseluruhan putik disebut ginasium (gynaecium). tangkai putik (stilus) dan kepala putik (stigma). kepala sari (anthera).

. Kesimpulan Bunga merupakan struktur penting dalam tanaman. Fungsi utama dari bunga adalah sebagai reproduksi tanaman.

html. Diakses pada 22 April 2018. A. C . Diakses pada 22 April 2018. Diakses pada 22 April 2018.. S. H. Manfaat Pohon Kelapa untuk Kesehatan.. 1988. Rumanti.id/2013/01/kelapa-gading..html.com/bunga-anggrek/. H.com/cacao-flower/.. Anonim. Gembong. A. Bogor : IPB Press. S.com/klasifikasi-dan-ciri-ciri-morfologi-padi-oryza- sativa/. Purwoko. http://iphotome. Morfologi Bunga dan Korelasinya terhadap Kemampuan Menyerbuk Silang Galur Mandul Jantan Padi.. Diakses pada 22 April 2018.. 2014. T. Diakses pada 22 April 2018.. A. Sela. Jenis Bunga Anggrek beserta Gambar dan Ciri Cirinya..wethepeoplewiki. A. 2014. http://panduanhidupsehat. Suradinata. http://sarungpreneur. Respons bunga anggrek Dendrobium F1 (Dendrobium Malaysian Green) pada berbagai konsentrasi giberelin. 2015..com/obat-dan-penyakit/manfaat-pohon-kelapa-untuk- kesehatan/. Sorohmutaya.co. Shilo. Dewi. I. http://www. Taksonomi Tumbuhan dan Biosistematik. Satoto. Eldikara. S. Diakses pada 22 April 2018.co. Sulasmi. Anonim. 2005. Diakses pada 22 April 2018. Aswidinnoor. http://www. Gantz. Anonim. 2014.. Slepoy. 2013. 2014. Jurnal Pertanian Tanaman Pangan 33 (2) : 109 – 115. https://eldikara. R. Macam – Macam Bunga Dataran Tinggi dan Rendah. Cacao Flower. The Effect of Mean Daily Temperature and Relative Humidity on Pollen. Y.id/2015/09/gambar-bunga- pepaya-gambar-pembanding.materipertanian. Kelapa Gading. B. Yogyakarta. Klasifikasi dan Ciri Morfologi Bunga Padi. Nuraini. Agronomy Journal 4 : 167 – 177. 2015. Daftar Pustaka Anonim. I. 2017. A. H. Morfologi Tumbuhan. . Klasifikasi dan Ciri Morfologi Bunga.com. Anonim. Gambar Bunga Pepaya. 2013. K. Gadjah Mada University Press. Stace. https://www. Jurnal Kultivasi 15 (1) : 1 – 7. Fadida. Bogor: IPB Press. Fruit Set and Yield of Tomato Grown in Commercial Protected Cultivation.materipertanian. 1980. Danny.

2014. and POD Morphology among Vietnamese Cocoa Varieties (Theobroma cacao L.wordpress.. L. T. Diakses pada 22 April 2018. Nhan Dung. H.. Tung Anh.com/2014/06/25/memahami-penyerbukan-pada-tomat/. H. https://tyangluhtu.. Thanh Toan. K. Dewettinck. Characterization of Leaf. T. Flower. P..Tyang. P. P. K.. Duc Phuoc. . Viet Ha. L.. Messens..). Rottiers. Memahami Penyerbukan pada Tomat. Ha. Everaert. 2016. H.. Thi Hang.. Pak J Bot Journal 48 (6) : 2375 – 2383.

LAMPIRAN .