You are on page 1of 6

I

OPTIMALISASI IPTEK UNTUK MENCAPAI GENERASI EMAS
2045

Ringkasan
Penggunaan IPTEK di Indonesia saat ini sangat berkembang pesat tetapi masih banyak
masalah dalam penggunaannya di Indonesia. Pengembangan Iptek di Indonesia dapat dilakukan
dengan sinergi antara pemerintah, mahasiswa, dan masyarakat untuk mencapai generasi emas
pada tahun 2045.

apalagi dengan tidak ada lagi batas antar negara globalisasi telah membuat antar negara bebas berinteraksi. dan penerapannya sudah mencakup berbagai aspek di kehidupan baik dari aspek pendidikan. Pembangunan yang terus dilakukan. Pada saat ini pendidikan di Indonesia sudah sangat maju dengan berkembangnya Iptek di Indonesia yang menjadikan pembelajaran di Indonesia sudah berbasis IT. aspek pemerintahan. teknologi farmasi yang sudah sangat maju. Permasalahan sosial dan pemecahan masalahnya sangat berhubungan dengan Iptek. Kita masih menggunakan produk teknologi buatan negara asing dan belum bisa membuat produk yang dapat bersaing . Saat ini pemerintah memiliki tujuan untuk mengembangkan Iptek di segala aspek terutama pada pendidikan. Kemajuan teknologi yang sangat pesat mempermudah untuk mencari informasi dan berinteraksi. dan juga aspek sosial. pengembangan sistem pendidikan. serta fasilitas kesehatan berbasis IT pun sudah sangat berkembang. dan semacamnya.. Perkembangan Iptek di Indonesia saat ini berkembang sangat pesat. Pada tahun ini adalah tepat 71 tahun Indonesia merdeka dan telah banyak sekali perubahan di negeri ini. dan kerja sama dengan banyak negara menyebabkan banyak kemajuan di negara kita pada saat ini. Banyak sekali metode pembelajaran berbasis IT di Indonesia seperti e-book. tetapi sebenarnya Iptek adalah segala ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada di kehidupan sehari-hari. Perkembangan Iptek di bidang kesehatan juga berkembang pesat dari teknologi untuk mendeteksi suatu penyakit. Optimalisasi Iptek adalah peningkatan dan pengembangan mutu Iptek dan perluasan penggunaannya dalam kehidupan. Interaksi antar masyrakat dan informasi mengenai kehidupan membutuhkan teknologi dan saat ini teknologi di Indonesia sudah berkembang pesat. Tetapi permasalahnnya adalah apakah pengembangan dan penggunaan Iptek di Indonesia sudah maksimal? Tentu kita tau sampai saat ini negara kita masih tertinggal jauh dari negara maju di bidang Iptek. e-learning. aspek kesehatan. Sebenarnya apa yang kita ketahui tentang Iptek? Sebagian besar orang berpikir Iptek berhubungan dengan internet dan aplikasi-aplikasi yang ada di dunia maya seperti sosial media dan sebagainya. sosialisasi kebijakan dari pemerintah saat ini bergantung dengan Iptek. Pemerintah membutuhkan Iptek dan berbagai teknologi untuk membangun pemerintahan. Realisasi pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah juga sangat membutuhkan teknologi.I Setiap kita merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia kita seperti mengingat kembali bagaimana sejarah perjuangan kemerdekaan pada tahun 1945 yang sangat hebat dan penuh dengan pengorbanan. teknologi yang ada di Indonesia ini sudah maju. Setiap tahun adalah evalusi diri untuk Indonesia dan membayangkan kembali apa saja yang telah kita lakukan untuk Indonesia dan bagaimana perkembangan Indonesia.

. Mengapa berkarakter? Karena karakter menentukan kulitas moral dan arah dari setiap generasi muda dalam mengambil keputusan dan tingkah laku.yaitu hasil pemilahan/pemisahan atas bagian-bagian dari suatu kesatuan tertentu. Karena pada periode tahun 2010 sampai 2045 bangsa kita dikaruniai oleh Tuhan Yang Maha Kuasa potensi sumber daya manusia berupa populasi usia produktif yang jumlahnya luar biasa. serta menjadi bonus demografi. Karena karakter merupakan bagian integral yang harus dibangun. Manipulasi. Mengapa dikatakan Generasi Emas Indonesia? Karena merupakan generasi penerus bangsa yang pada periode tersebut adalah sangat produktif.sangat berharga dan sangat bernilai. Kemampuan.I dengan negara asing.agar generasi muda sebagai harapan bangsa.Rabu. insan yang cerdas. populasi usia produktif yang jumlahnya luar biasa tersebut insya Allah akan menjadi bonus demografi (demographic dividend) yang sangat berharga.akan mampu memanipulasi unsur-unsur kondisi yang dihadapi untuk sukses mencapai tujuan. Kita sering mendengar tentang Generasi Emas Indonesia sebenarnya apa yang disebut dengan generasi emas? Generasi Emas adalah generasi penerus bangsa yang memiliki karakter kuat yang dapat bersaing dengan bangsa lain dan dapat membantu Indonesia mewujudkan cita- cita negaranya menjadi negara yang maju dan memilki rakyat yang sejahtera. “Bangkitnya Generasi Emas Indonesia”. Saat ini teknologi yang ada di Indonesia masih dikuasai negara lain.yaitu karakteristik diri individu yang ditampilkan dalam bentuk perilaku untuk memenuhi kebutuhan/tuntutan tertentu. (Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan:Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2012. Hal ini harus ditanggapi dengan serius karena jika Indonesia ingin menjadi negara maju maka bangsa Indonesia harus menguasai Iptek.2 Mei 2012). Jika kesempatan emas yang baru pertama kalinya terjadi sejak Indonesia merdeka tersebut dapat kita kelola dan manfaatkan dengan baik. Unsur-unsur. dan insan yang kompetitif.yaitu perilaku aktif dan disengaja untuk melihat dan mengorganisasikan dalam membentuk hubungan antar unsur yang ada dalam suatu kondisi. Di sinilah peran strategis pembangunan bidang pendidikan untuk mewujudkan hal itu menjadi sangat penting. Peralatan teknologi yang ada di Indonesia masih impor dari negara lain dari peralatan untuk kehidupan sehari-hari hingga teknologi yang ada di pemerintahan dibuat oleh bangsa asing. sehingga perlu dikelola dan dimanfaatkan dengan baik agar berkualitas menjadi insan yang berkarakter.sebagai penerus bangsa yang akan menentukan masa depan harus memiliki sikap dan pola pikir yang berlandaskan moral yang kokoh dan benar dalam upaya membangun bangsa Mengapa Cerdas? Karena dengan kecerdasan yang tinggi.

serta membuat aplikasi edukatif untuk mempermudah pembelajaran di seluruh Indonesia. Pemerintah diharpakan dapat membangun daerah-daerah terpencil di Indonesia dengan Iptek karena dengan pengembangan Iptek di daerah terpencil dapat membantu masyarakat mendapat akses yang lebih baik dari segi pendidikan. dan pengabdian masyarakat. Membuat teknologi untuk penelitian di bawah laut agar memaksimalkan sumber daya yang ada di laut Indonesia. Akan menjadi bangsa dan negara yang besar.I Tujuan. Masyarakat diharapkan dapat membantu pemerintah dalam . Peran pemerintah dalam mewujudkan generasi emas adalah memajukan pendidikan di Indonesia karena pendidikan sangat penting untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dengan pendidikan maka sumber daya manusia Indonesia mengerti akan teknologi dan dapat mengembangkan teknologi yang ada di Indoesia bahkan menciptakan teknologi baru untuk bersaing dangan negara lain. Mengapa Kompetitif? Karena dengan kemampuan kompetitif.disegani dan dihormati keberadaannya di tengah-tengah bangsa di dunia. Mahasiswa dapat membuat berbagai inovasi dari ilmu yang di pelajarinya seperti mengembangkan teknologi untuk pertanian agar dapat meningkatkan prodktivitas pertanian di Indonesia. dan kesejahteraan sosial. Kesejahteraan masyarakat adalah tujuan negara Indonesia untuk menjadikan negara Indonesia menjadi negara yang maju dengan penguasaan Iptek di seluruh wilayah Indonesia. kesehatan. Ini akan menjadi perwujudan cita- cita bangsa Indonesia setelah 71 tahun merdeka.akan mampu mencapai keunggulan. mahasiswa dan masyarakat. penelitian.yaitu kondisi yang diharapkan terjadi melalui penampilan kemampuan dalam bentuk usaha. Sesuai dengan Tri Dharma perguruan tinggi pendidikan. Mahasiswa dapat berkontribusi dengan melakukan berbagai penelitian dan pengembangan di bidang Iptek agar menghasilkan teknologi yang dapat bermanfaat untuk masyarakat luas. Maka mahasiswa harus berkontribusi aktif membangun bangsa dengan membuat inovasi di bidang Iptek.dan akan menjunjung tinggi harkat dan martabat bangsa Indonesia. Peran masyarakat di bidang Iptek juga sangat penting kontribusi masyarakat dalam penggunaan Iptek sangat diperlukan karena masyarakat adalah penilai langsung perkembangan Iptek di Indonesia maka saran dan inovasi dari masyarakat tentang perkembangan Iptek di Indonesia sangat dibutuhkan. Mahasiswa juga memiliki tanggung jawab mengabdi pada masyarakat dan hal tersebut dapat dilakukan dengan menjadi produktif dan kreatif. Bagaimana untuk mencapai hal tersebut dan menjadikan Indonesia memilki generasi emas pada saat 100 tahun Indonesia yaitu pada tahun 2045 adalah tanggung jawab kita bersama yaitu pemerintah.kuat. Sukses adalah kondisi yang unsur-unsurnya sesuai dengan kriteria yang diharapkan.memiliki daya saing dengan bangsa-bangsa lain.

masyarakat dan pemerintah untuk mengoptimalkan IPTEK di Indonesia diharapkan Indonesia bisa memiliki generasi emas yang bisa membangun Indonesia dan menjadikan Indonesia sebagai negara maju sebelum perayaan 100 tahun kemerdekaan Indonesia.I optimalisasi penggunaan Iptek dengan menggunakan Iptek untuk hal positif dan memanfaatkan Iptek untuk kemajuan bangsa.ac. Semiawan (1999). dan kritis.Dari sinergi antara mahasiswa sebagai agent of change. cerdas. Terutama untuk pemuda/pemudi Indonesia sebagai genrasi emas penerus bangsa diharapkan bisa bersaing dengan bangsa lain dan dapat mewujudkan cita-cita dan tujuan negara Indonesia.html (19 oktober 2016 13. Bandung: Ganesindo.00 WIB) . Pendidikan Nasional Menuju Masyarakat Indonesia Baru. Pendidikan Tinggi: Peningkatan Kemampuan Manusia Sepanjang Hayat Seoptimal Mungkin. Dari optimalisasi Iptek di Indonesia diharapkan sumber daya manusia di Indonesia dapat menjadi sumber daya manusia yang memiliki kompetensi. Daftar Pustaka Ace Suryadi dan Dasim Budimansyah (2004).umk. Conny R.id/2012/09/menyiapkan-bangkitnya-generasi-emas. Jakarta: Grasindo http://bk-fkip.

Email : nahrasyafira@gnail. 04 Oktober 1998 Perguruan Tinggi : Universitas Indonesia Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Jurusan : Geografi Domisili : Jl H Siun Rt 04 Rw 01 No 54 Ceger.com Telepon : 08991491900 . Jakarta Timur.I BIODATA PENULIS Judul Naskah Esai : OPTIMALISASI IPTEK UNTUK MEMBANGUN GENERASI EMAS 2045 Nama : Nahra Syafira Oktaviani TTL : Jakarta.