You are on page 1of 6

LAPORAN PKP PAUD

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG 1-10 PADA ANAK DIDIK
KELOMPOK A DI TK KULAHI MELALUI PENGGUNAAN METODE
BERMAIN KARTU ANGKA

OLEH :

NAMA : RISNAWATI
NIM : 822830858
PROGRAM STUDI : S1 PG-PAUD
POKJAR : KULISUSU
KABUPATEN : BUTON UTARA

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TERBUKA
UPBJJ - K E N D A R I
2016

i

LUH SUKARIASIH.Pd. Supervisor 1. S.Pd. M.Pd. SD. RISNAWATI NIP. ZULIATI. S. LEMBAR PENGESAHAN JUDUL MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG 1-10 PADA ANAK DIDIK KELOMPOK A DI TK KULAHI MELALUI PENGGUNAAN METODE BERMAIN KARTU ANGKA Kulisusu. 19730326 200012 2 001 NIM.. November 2016 Kepala TK Kulahi Mahasiswa. NIP. 19760323 200012 2 001 ii . 822830858 Menyetujui.

822830858 iii . dan etika penulisan karya ilmiah. LEMBAR PERNYATAAN Saya menyatakan dengan sesungguhnya bahwa laporan praktek Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) yang saya susun sebagai syarat untuk memenuhi mata kuliah PKP pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Universitas Terbuka (UT) seluruhnya merupakan hasil karya saya sendiri. Apabila dikemudian hari ditemukan seluruh atau sebagian laporan PKP ini bukan hasil karya saya sendiri atau adanya plagiasi dalam bagian-bagian tertentu. Kulisusu. saya bersedia menerima sanksi. November 2016 Yang membuat pernyataan Risnawati NIM. kaidah. Adapun bagian-bagian tertentu dalam penulisan laporan PKP yang saya kutip dari hasil karya orang lain telah dituliskan dalam sumbernya secara jelas sesuai norma. termasuk pencabutan gelar akademik yang saya sandang sesuai dengan perundang-udangan yang berlaku.

sekaligus sebagai pengalaman dan tolak ukur kemampuan penulis selama memperoleh pengetahuan di bangku kuliah. penulis sampaikan kepada orang tua dan keluarga yang telah mengasuh dan mendidik dengan penuh kasih sayang. KATA PENGANTAR Puji syukur Alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT. Ucapan terimakasih yang sama penulis sampaikan kepada guru TK Kulahi yang telah memberikan saran dan dukungan pada penulis dalam melaksanakan perbaikan pembelajaran ini. Seiring dengan ucapan terima kasih yang teramat dalam penulis haturkan kepada yang terhormat Ibu Luh Sukariasih. Kulisusu. memberikan doa restu dan doa bagi keberhasilan penulis.Pd. M. oleh karena itu mohon kritik dan saran yang membangun demi penyempurnaan laporan ini.Pd.. Ucapan terima kasih yang tak terhingga. selaku dosen pembimbing yang secara teknik telah memberikan petunjuk dan bimbingan dalam proses penyusunan laporan ini. November 2016 Penulis iv . dan Insya Allah akan dilimpahkan pahala yang berlimpah kepadanya. semoga seluruh amal baik beliau akan diterima Allah SWT sebagai amal sholeh. Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Penulisan laporan ini disusun dengan tujuan untuk memenuhi tugas dalam mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PGPAUD 4501) Program S1 PAUD pada UPBJJ-UT Kendari. yang dengan keagungannya telah memberkahi penulis dengan segala rahmad yang tiada batasnya sehingga penulis mampu menyelesaikan penyusunan Laporan Pemantapan Kemampuan Profesional dalam Penelitian Tindakan Kelas dengan judul “ Meningkatkan Kemampuan Membilang 1-10 Pada Anak Didik Kelompok A Di TK Kulahi Melalui Penggunaan Metode Bermain Kartu Angka”. S..

....... Manfaat Perbaikan ……………………………………………………….…............. Rumusan Masalah …………………………………………………….… 19 BAB IV: HASIL DAN PEMBAHASAN A.... 23 B... Metode Bermain Kartu Angka Pada Anak Usia 4-5 Tahun ... 13 BAB III: RENCANA PERBAIKAN A... Hasil Penelitian ……............ Karakteristik Anak Usia TK ... 19 B..............…... Tujuan Perbaikan …………………………………………….................…..………….….......... Tahapan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia 4-5 Tahun ……….......... 4 D.. 5 BAB II: KAJIAN PUSTAKA A. Deskripsi Rencana Tiap Siklus ……..………………………………………....... DAFTAR ISI Hal... Latar Belakang …………………………………………………........ 1 B. Saran Tindak Lanjut ……………………………………………………. 42 DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN v . HALAMAN JUDUL i LEMBAR PENGESAHAN ii LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT iii KATA PENGANTAR iv DAFTAR ISI v ABSTRAK vi BAB I: PENDAHULUAN A.. Pembahasan ……………………………………………………………… 38 BAB V: KESIMPULAN DAN SARAN TINDAK LANJUT A...... Waktu.. Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini .... Kesimpulan .. 6 B. 9 D........ Tempat Penelitian dan Pihak Yang Membantu ….……………………………….....………………………………………………………… 42 B. 8 C.. Subjek.……. 4 C.....

00%). Subyek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Kulahi yang berjumlah 20 orang siswa. ABSTRAK Risnawati (2016). kemampuan membilang angka 1-5 rata-rata mencapai11 anak (55. Laporan PKP. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi. P Program Studi Pendidikan Guru PAUD UPBJJ-UT Kendari. Pembimbing: Luh Sukariasih.Pd. Permainan Kartu Angka vi .00%).. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kemampuan membilang 1-10 anak kelompok A di TK Kulahi dapat ditingkatkan melalui penggunaan metode bermain kartu angka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membilang angka 1–10 melalui metode bermain kartu angka pada anak kelompok A di TK Kulahi. Pada tindakan siklus 2. Kata Kunci: Kemampuan Membilang 1-10. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode bermain kartu angka dapat meningkatkan kemampuan membilang 1-10 pada anak Kelompok A di TK Kulahi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. dan kemampuan membilang angka 1-10 rata-rata mencapai 6 anak (30. S. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan metode bermain kartu angka dapat meningkatkan kemampuan membilang pada anak didik kelompok A di TK Kulahi. kemampuan membilang angka 1-7 rata-rata mencapai 3 anak (15. Penelitian ini dilakukan untuk menjajagi penggunaan metode bermain kartu angka untuk meningkatkan kemampuan membilang 1-10 anak kelompok A. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru menggunakan metode bermain kartu angka untuk mengatasi masalah kemampuan membilang 1-10 anak kelompok A. dan kemampuan membilang angka 1-10 (skor 3) rata-rata mencapai 18 anak (90.Pd.00%).00%). kemampuan membilang angka 1-7 (skor 2) rata-rata mencapai 2 anak (10. Hal ini ditunjukkan dengan hasil yang dicapai pada tindakan siklus 1. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini tercapai bila minimal 80% siswa yang menjadi subyek penelitian telah mengalami peningkatan kemampuan membilang. Judul Penelitian “Meningkatkan Kemampuan Membilang 1-10 Pada Anak Didik Kelompok A Di TK Kulahi Melalui Penggunaan Metode Bermain Kartu Angka”.00%). Bermain. M.