You are on page 1of 7

PROPOSAL SKRIPSI

Rancang Bangun Graphical User Interface (GUI) Berbasis Visual
Basic untuk Kiosk Print

Disusun Oleh:
Nama : Ahmad Taslim
NIM : 332120553

KEMENTERIAN RISET TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
FAKULTAS TEKNIK JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
CILEGON – BANTEN
2017

jam operasional tempat jasa mencetak dokumen yang terbatas (limited time). Salah satu .1 Judul Rancang Bangun Graphical User Interface (GUI) Berbasis Visual Basic untuk Kiosk print 1. Secara umum. tidak adanya kembalian (no change) hingga harga yang tidak sesuai dengan tinta yang digunakan (unreasonable price). User interface yang baik diperlukan agar user dapat terhubung dengan komputer [8]. Solusi permasalahan tersebut adalah Kiosk. yang merupakan sebuah unit komputer workstation yang termasuk dalam kategori Self-Service Technologies (SST) dimana penggunaannya ditujukan kepada publik luas dan bersifat interaktif [3]. membuat masalah mencetak dokumen menjadi tambah besar. membuat kebutuhan mencetak dokumen menjadi sangat penting. sistem dari “Kiosk print” terdiri dari hardware dan software [6]. pada tahun 2014 kebutuhan kertas dunia mencapai 394 juta ton dan diperkirakan akan meningkat menjadi 490 juta ton pada tahun 2020 [1]. dimensinya cukup kecil sehingga dapat ditaruh disudut ruangan. juga pada bidang penerbangan berupa mesin self check-in [4]. Hal ini menunjukan kebutuhan mencetak yang cukup tinggi. User interface adalah titik didalam sistem dimana manusia berinteraksi dengan komputer [7]. Pada bagian software terdapat user interface.1. Keadaan seperti letak tempat jasa mencetak dokumen yang jauh (unreachable) atau tidak diketahui (unknown location). Kiosk merupakan salah satu jenis dari SST dan saat ini telah banyak digunakan di berbagai jenis layanan perusahaan seperti bidang perbankan yaitu mesin ATM. Kiosk memiliki keunggulan seperti.2 Latar Belakang Menurut Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia (APKI). Kebutuhan kertas yang sangat besar ini banyak digunakan di dunia untuk mencetak dokumen. tidak memerlukan operator untuk menjaganya sehingga dapat beroperasi dua puluh empat jam serta pembayaran yang sudah terintegrasi [5]. Pada beberapa keadaan mencetak dokumen dibutuhkan mendadak. Lingkungan kampus adalah salah satu lingkungan yang banyak membutuhkan mencetak dokumen [2].

graphical user interface. Pengujian Pengujian sistem graphical user interface yang dirancang terhadap masalah yang ada di lapangan. 2. Studi Literatur Mempelajari literatur yang digunakan sebagai wawasan dasar mengenai masalah yang akan dihadapi serta jurnal penunjang penelitian. Graphical user interface bertujuan untuk membantu mempermudah pelaksanaan sistem yang umumnya dibuat pada layar sentuh sehingga bisa meminimalkan terjadinya kesalahan serta human error dalam mengolah informasi yang ada [9]. Pengumpulan Bahan Pengumpulan materi dasar untuk merancang sistem seperti user interface. 3. Mengumpulkan data data yang sekiranya akan dibutuhkan dalam merancang sistem dan analisanya. . visual studio.jenis dari user interface yang banyak digunakan karena kemudahan saat digunakan oleh pengguna adalah graphical user interface. dibutuhkan bahasa pemrograman yang sesuai. Untuk membuat program.3 Metodologi Penelitian Metodologi penelitian berfungsi sebagai pedoman dalam melakukan penelitian agar proses penelitian yang dilakukan sesuai dengan langkah-langkah yang telah dirancang. Visual basic adalah salah satu bahasa pemrograman yang menggunakan graphical user interface dalam pembuatan program aplikasinya [10]. 4. Langkah-langkah tersebut adalah: 1. sehingga tidak terjadi penyimpangan dari tujuan penelitian. Perancangan Sistem Merancang graphical user interface yang sesuai dengan kondisi di lapangan sehingga menjadi solusi bagi permasalahan yang ada. 1. Berdasarkan masalah yang ada dan pentingnya sebuah user interface maka dibutuhkan rancang bangun graphical user interface (GUI) berbasis visual basic untuk “Kiosk print”. visual basic.

5. Berikut diagram alir (flowchart) dari metodologi penelitian ini. Mulai Studi Literatur Pengumpulan Bahan Perancangan Sistem Pengujian Berhasil ? Analisa Penulisan Laporan Selesai Gambar 1. 6. Penulisan Laporan Penulisan laporan dilakukan sebagai catatan hasil penelitian sehingga kesimpulan yang didapat dapat dipertanggung jawabkan. Flowchart Penelitian . Analisa Analisa dilakukan untuk menjelaskan sistem bekerja terhadap permasalahan yang dihadapi.

“Business Systems Analysis and Design. [7] W. no.” Int.” [Online]. K. USA. “Kiosks in retailing: the quiet revolution. T. [4] D.” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.” Wadsworth Publishing Company. A.” Universitas Indonesia. pp. 31.. Ahmad.1. 2002. 2006. “Perancangan Grafis Antarmuka Pengguna (Graphical User Interface) pada Sistem Informasi Rawat Jalan RSUD Cengkareng. “Pengujian Usability pada Mesin Kiosk Elektronik. Manag. “APLIKASI MANAJEMEN LAYANAN PERCETAKAN ONLINE BERBASIS WEB MENGGUNAKAN CUPS.” Universitas Indonesia.id/artikel/8422/Kebutuhan- Kertas-Domestik-Meningkat.go. Kuntarto. Kustianto. Retail Distrib. Nugroho. 2003. “Rancang Bangun Prototipe Kiosk PT PLN (Persero) Menggunakan Metode Task. Depok. pp. 2010. and B. “Kemenperin: Kebutuhan Kertas Domestik Meningkat. Depok. J.4 Daftar Pustaka [1] I. “Perancangan Grafis Antar Muka (Graphical User Interface) untuk Layar Sentuh (Touch Screen) pada Panel Kontrol Smart Home di Apartemen.” Institut Teknologi Sepuluh Surabaya. A.” Universitas Indonesia. 329–339.” Ultimatics. [5] Z. 1994. Rowley and F. G. 6. “Rancang Bangun Aplikasi Kios Informasi Berbasis Multimedia pada Taman Mini Indonesia. . A. “Perancangan dan Implementasi Sistem Pencarian Buku pada Perpustakaan Berbasis RFID dengan Antarmuka Visual Basic dan Basis Data MySQL. [Accessed: 07-Sep-2017].. Nugraha.kemenperin. 2015. [6] G. [3] J. Shiddiqi. [10] I. [2] I.” Universitas Indonesia. Slack. [8] A. Pratomo. Davis S. [9] Aditya. Perdana. Action. Susanti. A. vol. M. 2011. dan Objects. 61–71. Available: http://www. P.

Mulai Mulai Pilih tombol “Mulai” Silahkan Tunggu Selama Letakkan RFID 30 detik Tag pada RFID Module Tidak RFID terdeteksi? Iya Menu. total harga A . Profil. dll Buka ‘’File Explore” Hanya pada direktori media penyimpanan yang dimasukan (PDF Only) Pilih file yang ingin anda cetak Buka file yang dipilih Cetak dokumen? Tidak Iya Pilih halaman yang ingin dicetak Hitung harga halaman yang ingin dicetak Konfirmasi nama file. harga. jumlah harga. “name” di KiosK Print Silahkan Sambungkan Media Penyimpanan Anda Flashdisk. Eksternal HDD. jumlah halaman. Saldo Selamat Datang.

harga. dokumen dan media penyimpanan anda Hitung harga halaman yang ingin dicetak Selesai Konfirmasi nama file. jumlah harga. jumlah halaman. A Lanjut pilih dokumen lain yang akan dicetak Lanjut Lanjut cetak Silahkan Apakah saldo deposit di admin mencukupi? Buka ‘’File Explore” Tidak Hanya pada direktori Iya media penyimpanan Cetak file yang dimasukan (PDF Only) Dokumen Pilih file yang ingin anda cetak Tutup file setelah Buka file yang dipilih proses mencetak selesai Safely remove device Cetak dokumen? Tidak Terima Kasih sudah Iya menggunakan KiosK Print Semoga hari Anda Pilih halaman menyenangkan yang ingin dicetak Silahkan ambil RFID Tag. total harga .