You are on page 1of 50

KOMPONEN STRUKTUR

LENTUR

DESNILA SARI, M.T
MUKHLIS, M.T

Pendahuluan
Balok adalah komponen struktur yang memikul beban-
beban gravitasi, seperti beban mati dan beban hidup.

Lentur Sederhana Profil Simetris

.

Perilaku Balok terkekang Lateral .

.

.

.

Lentur Pada Keadaan Elastis .

Lentur Pada Keadaan Mulai Leleh .

Lentur Pada Keadaan Plastis .

Modulus Penampang Plastis .

.

Contoh 1 : .

.

sebagai berikut. . Komponen yang menerima tekan tersebut diatas dapat mengalami tekuk lokal jika kelangsingan (λ) elemen penampangnya atau ratio antara lebar terhadap tebalnya melebihi batas ratio (λp). Batasan terjadinya tekuk lokal akibat lentur pada masing-masing komponen penampang dapat dilihat pada SNI tabel 7.5-1. Desain Balok Terkekang Lateral Jika balok menerima momen maka bagian pelat sayap atas serta sebagian badan dari balok akan menerima tekan.

.

Desain Balok Terkekang Lateral .

Penampang Kompak Penampang Tak Kompak .

Penampang Langsing .

.

Contoh 2 .

bf = lebar flens r tf = tebal flens h = tinggi badan tw h d Tw = tebal badan .Untuk profil WF kelasingan flens dan web dapat dihitung berdasarkan rasio : dan b tf Dimana .

.

.

.

Lendutan Pada Balok .

.

Contoh 3 .

.

Contoh 4 .

Balok dengan bentang-bentang menengah. Namun pada balok-balok bentang pendek. tahanan geser lebih menentukan dalam memilih profil. . ukuran profil lebih ditentukan akibat lentur pada balok. Geser Pada Penampang Gilas Perencanaan balok yang memiliki bentang panjang biasanya lebih ditentukan oleh syarat lendutan dari pada syarat tahanan.

.

. Dimana : v = tegangan geser V = gaya geser Q = statis momen terhadap garis netral I = Inersia penampang t = tebal badan Untuk menghitung tegangan geser juga digunakan rumus pendekatan yang merupakan harga rata-rata luas penampang web. dengan mengabaikan efek dari lubang alat pengencang.

Contoh 5 .

.

Tahanan Geser Nominal Penampang Gilas .

Contoh 6 .

Gaya tumpu perlu (Ru) pada pelat web harus memenuhi : . leleh lokal akibat tegangan tekan yang tinggi diikuti dengan tekuk inelastis pada daerah web akn terjadi di sekitar lokasi beban terpusat itu. Beban Terpusat Pada Balok Bila balok dikenai beban terpusat.

10 : . Besar Ru ditentukan menurut SBI 03-1729-2002 pada 8. maka tak diperlukan pengaku (stiffener) pada pelat web.Bila persamaan tersebut dipenuhi.

.

.

.

.

Contoh 7 .

.

.

Contoh 8 .