You are on page 1of 30

PENYIMPANAN OBAT

Ganet E
Farmasi Klinik dan Komunitas – FF USB

Pengertian

Penyimpanan Obat

GEP-PYO

TUJUAN PENYIMPANAN

Memelihara Menjaga
mutu ketersediaan
persediaan setiap
farmasi diperlukan

Menghindari Memudahkan
penggunaan pencarian dan
yang tidak pengawasan
bertanggung –
jawab

GEP-PYO

GUDANG FARMASI Pelayanan Cepat Pencatatan Obat Pengamatan GEP-PYO .

AC. Gudang Farmasi Accessibility mudah dan cepat diakses Utilities memiliki sumber listrik. dan fasilitas lain Communication memiliki alat komunikasi Drainage berada di lingkungan baik. air. sistem pengairan yang baik Size memiliki ukuran yang cukup untuk menampung barang Security aman dari resiko pencurian dan penyalahgunaan serta hewan pengganggu GEP-PYO .

pada kadaluarsanya. kadaluarsanya pendek ampul retak. yang tanggal menggelembung. tutup segel sebaiknya digunakan botol rusak. warna terlebih dahulu cairan keruh. dan (TERUTAMA VAKSIN) sebagainya) GEP-PYO . Hal-hal yang harus diperhatikan pada saat akan menyimpan sediaan farmasi Periksa apakah ada Periksa tanggal kerusakan. tutup vial rusak. Obat kemasan (strip sobek.

Jangan meninggalkan obat di dalam mobil untuk jangka waktu lama. Simpan obat pada suhu kamar dan hindari sinar matahari langsung. Jauhkan obat dari jangkauan anak-anak. GEP-PYO . Jangan menyimpan obat yang telah kadaluarsa atau rusak. kecuali jika tertulis pada etiket obat. Jangan menyimpan obat bentuk cair dalam lemari pendingin agar tidak beku. Jangan menyimpan obat di tempat panas atau lembab. PENYIMPANAN OBAT UMUM Ikuti petunjuk penyimpanan pada label/ kemasan Simpan obat dalam kemasan asli dan dalam wadah tertutup rapat.

PENYIMPANAN KHUSUS Narkotika & Psikotropika Vaksin. eter dan alkohol) GEP-PYO . Injeksi & Suppositoria Mudah Terbakar (aseton.

LEMARI NARKOTIKA GEP-PYO .

LEMARI NARKOTIKA GEP-PYO .

ETALASE APOTEK GEP-PYO .

WADAH OBAT Wadah Tidak Kemasan Tembus Tahan Rusak Cahaya Wadah Tertutup Wadah Kedap Baik & Rapat GEP-PYO .

MAKA DALAM DUS HARUS TERTERA : JUMLAH ISI. TGL DITERIMA. peringatan.D. dll • BILA ADA OBAT DALAM WADAH TANPA KODE. JANGAN DIGUNAKANI • BILA OBAT DISIMPAN DALAM DUS BESAR. NAMA OBAT DAN PABRIK GEP-PYO . Khasiat. MEMBERI TANDA /KODE PADA WADAH OBAT • BERI TANDA SEMUA WADAH OBAT • Nama. Golongan. High Alert. TGL E.

GEP-PYO .

Suhu kamar Suhu kamar terkendali adalah suhu yang diatur 15 o . Sejuk Kecuali dinyatakan lain harus disimpan pada suhu sejuk dapat disimpan di dalam lemari pendingin Suhu pada ruang kerja.8o lemari pembeku = – 20o dan -10o 8o . SUHU PENYIMPANAN < 8o Dingin Lemari pendingin = 2o .30o Hangat 30o .40 o Panas >40o berlebih GEP-PYO .15o.

METODE PENYIMPANAN Metode 1: Golongan Obat Metode 2: Bentuk Sediaan Padat. FEFO. Dingin. B. D. LIFO GEP-PYO . Batuk Metode 5: Suhu Sejuk. Antihipertensi. C. Cair Metode 3: Alfabetis A. Flu. dst Metode 4: Kelas Terapi Analgetik. Semi Padat. Kamar Metode 6: FIFO.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIFITAS OBAT (DALAM PENYIMPANAN) • KELEMBABAN • SINAR MATAHARI • TEMPERATUR/PANAS • KERUSAKAN FISIK WADAH • KONTAMINASI BAKTERI • PENGOTORAN GEP-PYO .

KELEMBABAN Contoh. tablet rapuh atau pecah Asetosal bau asam jika lembab Cara menghindari. adsorben biarkan tetap dalam wadah GEP-PYO . ventilasi baik.bila mungkin pasang AC. simpan obat ditempat kering Wadah harus selalu tertutup rapat. kapsul basah.

injeksi. SINAR MATAHARI Cairan. salep maupun krim mudah rusak oleh sinar matahari Perhatikan warna. GEP-PYO . bau dan konsistensi sebelum obat diserahkan pada pasien.

beberapa obat kanker dll). suhu kamar. insulin. serum. suhu sejuk (vaksin. GEP-PYO . salep dan supositoria dapat meleleh oleh panas ORS mudah meleleh. menjadi coklat dan lengket bila panas Simpan obat menurut aturan penyimpanan. TEMPERATUR/ PANAS Krim.

KERUSAKAN FISIK Dus jangan ditumpuk terlalu tinggi Hindari kontak dengan ujung-ujung yang tajam Obat jangan diletakkan langsung di atas lantai Hindari kebocoran GEP-PYO .

SUHU PENYIMPANAN GEP-PYO .

Eur. - climatic conditions GEP-PYO . - Refrigerator 2°C – 8°C . WHO USP JP Frozen/ deep-freeze >-15°C -20°C . depending on . SUHU PENYIMPANAN Pharm. - Cold 8°C – 15°C 2°C – 8°C <8°C 1°C – 15°C Cool 8°C – 15°C 8°C – 15°C 8°C – 15°C - temperature Room temperature 15°C – 25°C 15°C – 25°C prevailing in a work 1°C – 30°C area 20°C – 25°C Controlled room excursions between . . - temperature 15°C and 30°C are allowed 15°C – 25°C or 30°C Ambient temperature . .

Simpan obat dengan benar Konsultasi dengan APOTEKER Kondisi penyimpanan obat berbeda-beda .

Jauhkan dari jangkauan anak 3. Jauhkan dari sinar matahari langsung/lembab/suhu tinggi dsb. Periksa tanggal kadaluarsadan kondisi obat 6. 4. Simpan dalam kemasan asli dan dengan etiket yang masih lengkap 5.Simpan obat dengan benar 1. Baca aturan penyimpanan obat 2. Kunci tempat penyimpanan obat .

Simpan obat dengan benar .

● Simpan obat dalam kemasan asli dan dalam wadah tertutup rapat. Simpan Obat Dengan Benar ● Jauhkan obat dari jangkauan anak. ● Simpan obat di tempat yang sejuk. . Label jangan dilepas karena berisi aturan pemakaian. kering. ● Jangan tinggalkan obat di mobil dalam jangka waktu panjang karena suhu tidak stabil. ● Jangan simpan obat yang telah kadaluarsa. dan terhindar dari sinar matahari langsung atau sesuai petunjuk yang tertera dalam kemasan.

kecuali disebutkan pada etiket atau kemasan. Simpan Obat Dengan Benar (lanjutan) ● Obat dalam bentuk cair jangan disimpan dalam lemari pendingin (freezer) agar tidak membeku. ● Sediaan suppositoria harus disimpan di lemari es supaya tidak meleleh. ● Sediaan aerosol/spray harus dijauhkan dari panas/suhu tinggi karena dapat meledak. ● Bila ragu/tidak mengerti. . tanyakan kepada apoteker atau tenaga kesehatan terdekat.

4. BACA ATURAN PENYIMPANAN OBAT PADA KEMASAN 2. JAUHKAN DARI JANGKAUAN ANAK 3. KUNCI ALMARI PENYIMPANAN OBAT . TIPS MENYIMPAN OBAT DENGAN BENAR 1. PERIKSA TANGGAL KADALUARSA DAN KONDISI OBAT 6. JAUHKAN DARI SINAR MATAHARI LANGSUNG/EMBAB/SUHU TINGGI DSB. SIMPAN DALAM KEMASAN ASLI DAN DENGAN ETIKET YANG MASIH LENGKAP 5.