You are on page 1of 9

SATUAN ACARA PENYULUHAN

DEMAM BERDARAH DENGUE

Topik : Demam Berdarah Dengue

Hari/Tanggal : Jum’at, 24 Desember 2017

Waktu : Jam 10.00 WIB (30 menit)

Penyaji : Mahasiswi Akper pemkab Buton

Tempat : Ruang kelas

1. Latar Belakang
Berdasarkan data yang diperoleh, diketahui bahwa penyakit yang sering muncul pada
musim hujan adalah Demam Berdarah Dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk
Aegypti.
2. Tujuan
Tujuan Umum
Setelah dilakukan tindakan keperawatan / pendidikan kesehatan klien diharapkan
mampu mengetahui dan memahami tentang Demam Berdarah Dengue

a. Tujuan Khusus
Setelah dilakukan tindakan keperawatan / pendidikan kesehatan selama 1 x 30 menit
klien diharapkan mampu:

1. Mengetahui tentang pengertian DBD
2. Mengetahui tentang penyebab DBD
3. Mengetahui tentang pencegahan DBD
4. Cara Penanganan Demam Berdarah Pre Hospital
3. Sasaran
Sasaran ditujukan pada klien diruang Interne C (Wanita)RSMH Palembang

4. Strategi Pelaksanaan
a. Metode : Ceramah,diskusi
b. Media : Leaflet, Poster

Salam Pembuka  Menjawab salam 5 menit an  Mendengarkan .Menyampaikan topik & tujuan penyuluhan 2 Kerja 1.Memperkenalkan diri . Seting Peserta penyuluhan duduk berhadapan dengan penyaji Keterangan : : Penyaji : Moderator : Fasilitator : Observer : Peserta penyuluhan 6. Pengertian DBD b. Tanda dan gejala . Pelaksanaan Kegiatan No Kegiatan Penyuluh Peserta Waktu Media 1 Pendahulu . Penyampaian Materi  Mendengarkan 10  Leaflet dengan penuh menit Menjelaskan tentang: perhatian a. 5.

Evaluasi a. Penyebab DBD d. Tanda dan gejala 7 menit DBD c. Penyebab DBD d. Evaluasi Memberikan pentanyaan tentang: a. Evaluasi Proses . Cara Penanganan Demam Berdarah Pre Hospital 3 Penutup  Menyimpulkan  Mendengarkan 3 menit  Salam Penutup  Menjawab salam 7. Cara Penanganan Demam Berdarah Pre Hospital 2. Evaluasi Struktural  Kesepakatan pertemuan dengan peserta didik  Kesiapan penyuluh dari mahasiswa Akper Pemkab Buton b. DBD c. Pengertian DBD b. Tanya Jawab  Menjawab pertanyaan Memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya 5 menit  Bertanya 3. Pencegahan DBD e. Pencegahan DBD e.

Bisa memfasilitasi jalannya penyuluhan. Evaluasi Hasil  Tes lisan : di akhir ceramah  Penilaian . Bisa menjalankan perannya sesuai tugas dan tanggungjawab. c.  Peserta . .  Penyuluh . Pertemuan berjalan dengan lancar. Peserta didik mengikuti kegiatan sampai selesai. .

bratachem. http://www.id/maskes/052004/demamberdarah1. Membasmi Jentik Nyamuk. .litbang. Mencegah Demam Berdarah.go.depkes. DAFTAR PUSTAKA http://www.htm. 2004.htm.com/abate/siklus.

Penularan DBD umumya melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti.LAMPIRAN MATERI DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) A. 2. B. Meskipun dapat juga ditularkan oleh Aedes Albopictus yang biasanya hidup di kebun-kebun. Ciri-ciri nyamuk tersebut adalah : 1. Pengertian DBD Demam Berdarah Dengue merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang dapat menyerang pada anak dan dewasa dengan gejala utama demam. Penyebab DBD Penyakit DBD disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti pada pembuluh darah. Tubuhnya belang hitam putih. Penularan DBD umumya melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Meskipun dapat juga ditularkan oleh Aedes Albopictus yang biasanya hidup di kebun-kebun. Berkembangbiak pada air bersih dan jernih yang tidak mengalir . nyeri otot dan sendi yang biasanya memburuk setelah dua hari pertama. Menggigit pada siang hari 3.

C. Bila sudah parah. Berikan kompres air hangat 3. Seringkali uluhati terasa nyeri 3. Tanda dan Gejala GEJALA/TANDA DBD 1. penderita gelisah. Untuk membedakannya. Berikan obat penurun panas GEJALA/TANDA LANJUTAN 1. PERTOLONGAN PERTAMA DBD 1. Beri minum sebannyak-bannyaknya denganair yang sudah di masak 2. Munkin terjadi muntah atau berak bercampur darah 3. tampak lemah dan lesuh 2. ujung tangan dan kaki dingin berkeringat. Mendadak panas tinggi selama 2-7 hari. Apabila bintik merah hilang bukan tanda DBD. Tampak bintik merah pada kulit seperti bekas gigitan nyamuk disebabkan pecahnya pembuluh darah kapiler 4. kulit diregangkan. Bila tidaksegera ditolong dapat meninggal dunia . Kadang-kadang terjadi pendarahan di hidung/mimisan 2.

Cara Penanganan Demam Berdarah Pre Hospital Ada cara yang bisa ditempuh sebelum harus diopname di rumah sakit. D. cara itu adalah sbb: 1. 4. Kubur atau buanglah sampah pada tempatnya. c. atau pemberian antipiretika Jika anda mengalami panas tinggi yang berkepanjangan (lebih dari 1 hari) dan tidak sembuh dengan meminum obat. Bukan di got/comberan. Tutuplah kembali tempayan rapat-rapat setelah mengambil airnya. Cobalah menurunkan panas/demam dengan minum obat penurun panas Demam diusahakan diturunkan dengan kompres dingin. Gantilah air di vas bunga dan pot tanaman air setiap hari d. Cara Mencegah Demam Berdarah Demam berdarah hanya ditularkan melalui nyamuk Demam berdarah (Aedes-aegypti) yang berkembang biak didalam genangan air jernih di dalam maupun di sekitar rumah. agar nyamuk Demam berdarah tidak dapat masuk dan bertelur disitu. cobalah mendatangi rumah sakit terdekat dan cek darah. Bersihkan ( kuras ) tempat penyimpanan air (seperti bak mandi/WC. dsb).Membunuh nyamuknya saja belumlah cukup selama jentik-jentiknya masih dibiarkan hidup. . 3. Karena itu upaya yang paling tepat untuk mencegah demam berdarah adalah membasmi jentik-jentiknya ini dengan cara sebagai berikut : a. drum dll) seminggu sekali. Makanlah makanan yang bergizi dan usahakan makan dalam kuantitas yang banyak (meskipun biasanya minat makan akan menurun drastis). Minumlah air putih minimal 20 gelas berukuran sedang setiap hari (lebih banyak lebih baik). 2. plastik dan barang-barang bekas yang bisa digenangi air hujan E. b. Minuman lain yang disarankan: Jus jambu merah untuk meningkatkan trombosit (ada juga yang menyarankan: daun jambu.

SATUAN ACARA PENYULUHAN DEMAM BERDARAH DENGUE ANDRYENI SAPUTRI 2015.004 NUSA INDAH AKADEMI KEPERAWATAN PEMERINTAH KABUPATEN BUTON 2017 .