You are on page 1of 6

MANAJEMEN NYERI

gemetar panas. kesemutan.Nyeri merupakan sensasi yang tidak menyenangkan yang terjadi jika kita mengalami cedera atau kerusakan pada tubuh kita. Nyeri dapat terasa sakit. seperti tertusuk atau ditikam . seperti terbakar.

 Nyeri kronis. . sumber dan daerah nyeri diketahui dengan jelas. Nyeri kronis ini polanya beragam dan berlangsung berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. yaitu nyeri yang dirasakan lebih dari enam bulan. Nyeri akut. yaitu nyeri yang dirasakan dalam waktu yang singkat dan berakhir kurang dari enam bulan.

menarik/menghembuskan nafas  Ekspresi Wajah. Suara. otot tegang  Interaksi Sosial. menangis merintih. bergerak melindungi tubuh. gelisah. berfokus aktivitas untuk mengurangi nyeri. membuka mata atau mulut  Pergerakan tubuh. disorientasi waktu. . menggit lida. menghindari percakapan dan kontak sosial. mengatupkan gigi. Meringis. mondar-mandir.

contoh :  Membayangkan hal-hal yang menarik dan indah  Membaca buku. mendengarkan musik atau radio  Relaksasi nafas dalam . Distraksi adalah cara untuk mengalihkan perhatian terhadap hal-hal lain sehingga lupa terhadap nyeri yang dirasakan. koran sesuai dengan keinginan  Menonton tv.

Usahakan agar tetap konsentrasi 6. Menarik nafas dalam dengan hitungan 1. Usahakan tetap rileks 3. Anjurkan untuk mengulangi prosedur sampai nyeri terasa berkurang . Pada saat konsentrasi pusatkan pada daerah nyeri 7. Ciptakan lingkungan yang tenang 2.3 4.2. Perlahan-lahan nafas dihembuskan 5.1.