LAPORAN PRAKTIKUM GIZI KULINER

“Table Manner Di Hotel Pangeran”

OLEH:

MAHASISWA GIZI SEMESTER 7

JURUSAN GIZI

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT

UNIVERSITAS ANDALAS

DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN LATAR BELAKANG………………………………………………………………………..5 . 1 TUJUAN………………………………………………………………………………………2 BAB II PEMBAHASAN………………………………………………………………………………3 BAB III PENUTUP…………………………………………………………………………………….

kita mencoba untuk belajar dan mengenal table manner. intelektualitas dan etika pergaulan seseorang. 1. Dengan kebiasaan sehari-hari dengan melakukan etika makan yang baik maka merupakan proses pembelajaran yang sangat baik. dll. Etika ini mungkin lebih sering dikenal orang-orang yang mempunyai kepentingan dalam hal ini.2 TUJUAN . perguruan tinggi diharapkan dapat menghasilkan sarjana-sarjana yang berkualitas. Etika makan ini tidak ada salah nya jika Kita mengetahuinya. juru masak. jika tidak dapat bermanfaat bagi Kita. keterampilan dan sikap yang bersifat konstan/menetap. sebenarnya secara tidak langsung menunjukkan kualitas pergaulan. Dengan kata lain. Table manners secara sederhana adalah aturan yang harus dilakukan saat bersantap bersama di meja makan. Dalam makan kita mengenal adanya Etika makan atau Table Manners. Kualitas etika makan harus dilakukan sejak usia anak dan remaja. Jika mampu menunjukkan sopan santun di meja makan. Lembaga pendidikan Perguruan Tinggi bertugas membekali para mahasiswa dengan ilmu pengetahuan keahlian yang utuh dan bulat sehingga akan menghasilkan keluaran sarjana yang cakap dan ahli dalam bidang studi kejuruannya dan siap. tentu bisa dapat bermanfaat bagi orang lain. Etika makan diperkenalkan oleh bangsa Eropa yang merupakan aturan sekitar utama saat bersantap bersama-sama di sebuah acara resmi atau acara makan bersama di keluarga besar. Perubahan- perubahan itu dapat berupa sesuatu yang baru yang segera tampak dalam perilaku nyata. Meskipun sebebarnya Etika tersebut telah ada jauh sebelum peradaban Eropa menyebar ke seluruh dunia. Bila seseorang diundang di sebuah restoran terkenal atau jamuan makan malam resmi dengan meja makan yang sudah di setting sedemikian rupa harus mengikuti aturan etika makan yang baik. Etika makan tidak dibentuk secara tiba-tiba. pejabat. bagaimanakah tata cara makan yang baik dan benar saat mendapat jamuan makan dari instansi-instansi atau partner-partner kerja. khususnya bagi mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Jurusan Gizi semester 7 pada mata kuliah Praktek Gizi Kuliner.1 LATAR BELAKANG Pembelajaran bagi manusia merupakan suatu proses psikologis yang berlangsung dalam interaksi antara subjek dengan lingkungan. serta mampu mengabdikan keahliannya untuk kepentingan masyarakat. apapun itu demi kemajuan dirinya sendiri. Praktek table manner dirasa penting karena bagi mahasiswa khususnya dalam menghadapi lingkup dunia kerja perlu mengenal table manner. orang penting. Selain teori diharapkan mahasiswa dapat memperoleh bekal praktek. Bila etika makan dibentuk secara instan maka akan menghasilkan kualitas etika makan yang canggung dan tidak luwes. dan menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan. BAB I PENDAHULUAN 1. bisa pengusaha-pengusaha. Jadi manusia mutlak perlu belajar sesuatu . disinilah peran table manner diperlukan. atau yang lebih kita kenal dengan etika makan. Dalam hal ini kaitannya dengan praktek table manner di Hotel Pangeran beberapa waktu yang lalu.

2. Dapat meningkatkan kepercayaan diri dihadapan orang lain. 3.1. Dengan mempelajari table manner diharapkan perilaku kita yang sopan dan ber-etika akan mencerminkan diri kita dihadapan orang lain. Sebagai pengetahuan tambahan lingkungan keluarga .

Setelah mengikuti praktek table manner.1 PENERAPAN DAN MANFAAT DARI KEGIATAN TABLE MANNER Aplikasi/penerapan serta peran table manner dalam lingkup dunia kerja  Menunjukkan kemampuan Kita dalam bersosialisasi Kemampuan bersosialisasi salah satunya ditunjukkan melalui etiket kita di meja makan. mulai dari opening hingga closing. mulai dari kedatangan hingga waktunya meninggalkan jamuan makan. baik dalam karier maupun bisnis. mana yang patut dan tidak untuk dilakukan selama jamuan makan berlangsung.30 berjalan lancar. tak berlebihan. Artinya. praktek menyantap jenis hidangan makanan dan minuman berupa hidangan pembuka. dalam . Bagaimana kita bersikap menunjukkan kemampuan bersosialisasi? Disinilah peranan serta aplikasi table manner mulai kita terapkan. BAB II PEMBAHASAN Setelah memperoleh praktek table manner beberapa waktu yang lalu. 2. hidangan utama dan hidangan penutup (dessert). macam-macam table service.30- 12. dengan panduan dari instruktur table manner. Selain belajar table manner. Sikap kita dalam bertegur sapa menunjukkan kemampuan bersosialisasi kita. perlu setidaknya mengetahui table manner. sangat mungkin diminta menggantikan atasan menghadiri undangan penting dalam jamuan makan. kita tentunya akan menjaga sikap. Saat kita tiba di lokasi jamuan makan. Sertifikat tersebut dapat dipergunakan sebagai salah satu nilai plus mereka untuk melamar pekerjaan. Proses praktek table manner berlangsung selama empat jam yang dimulai pukul 08. dengan berbagai profesi.  Meningkatkan kepercayaan diri Dengan belajar table manner akan membantu kita memperkaya kehidupan pribadi dan profesionalisme. Siapa pun kita. para peserta praktek table manner melakukan hotel tour guna menambah sedikit wawasan mengenai perhotelan. Dengan mengetahui manner. dan berbagai aturan tentang etika. para mahasiswa akan mendapatkan sertifikat yang diberikan oleh hotel tersebut. kita tentu akan bertegur sapa dengan tuan rumah dan undangan lain yang tak begitu kita kenal. Dengan berbekal ilmu etiket di meja makan. kita bisa mengubah rasa minder menjadi kepercayaan diri yang tinggi sebab kita tahu bagaimana seharusnya bersikap dan menjaga profesionalisme di segala situasi. Table manner bicara banyak hal. dapat diperoleh beberapa ilmu mengenai tata cara makan yang baik seperti bagaimana menggunakan alat-alat makan. termasuk etiket saat menghadiri jamuan makan. Namun. Menyapa dan berbincang. Misalkan Kita seorang sekretaris.

produk. atau bahkan undangan kenegaraan. Dimana hal ini sangat bermanfaat sekali jikalau benar- benar terjadi nantinya kita tidak akan kaku dan etika Kitapun akan terjaga dengan baik dimata semua orang yang hadir dalam jamuan makan tersebut .kondisi apa pun. Manfaat dari Kegiatan Table Manner: Sangat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Selain itu. orang yang mengundang kita dan klien potensial yang kita temui dalam jamuan makan merasa lebih nyaman dengan sikap kita yang beretika. Memahami table manner membantu kita mendapat kesuksesan atas karier. Kesuksesan pembicaraan bisnis. bisnis. presentasi diri. dengan citra yang Kita tunjukkan selama jamuan makan. kolega. termasuk dalam jamuan makan. Table Manner juga bisa membantu dalam penyesuaian diri saya jika suatu saat mendapat jamuan resmi. bahkan perusahaan ditentukan dari perilaku kita di meja makan. Selain sebagai pengalaman. Selain itu kegiatan Table Manner ini akan membuat kita lebih percaya diri.  Membantu diri kita dan orang lain untuk sukses Citra diri di antaranya tergambar dari kemampuan kita menempatkan diri. Sering kali pertemuan bisnis atau urusan pekerjaan lainnya dilakukan dengan jamuan makan. lebih luwes dalam perjamuan makan yang resmi. klien. jamuan makan bersama teman. sehingga nantinya tidak memalukan dan kikuk untuk dapat bergabung dengan rekan- rekan yang sudah terbiasa lainnya. Mempraktikkan table manner dalam pertemuan di meja makan memperlihatkan profesionalisme kita. kita tetap tampil percaya diri.

Pelayanan/service dari pelayan pihak Hotel Pangeran cukup ramah dan baik. BAB III PENUTUP 3.1 KRITIK DAN SARAN Dari kegiatan table manner kemarin dapat dikatakan bahwa secara keseluruhan semua proses berjalan dengan lancar. Kekurangannya terletak pada makanan yang disajikan saat penyajian sup krim ayam (kental) yang kurang panas dan beef steak nya yang sedikit alot sehingga agak membuat cita rasa sup ayam dan beef steak yang biasanya panas perlahan mulai hilang. saya pribadi mohon maaf yang sebesar-besarnya. seperti halnya membantu penjelasan dari instruktur kepada tiap-tiap meja atau peserta table manner yang kurang paham. . terima kasih. bila ada kesalahan kata-kata dalam penulisan yang menyinggung perasaan. Demikian sekedar kritik dan saran dari saya mengenai praktek table manner kemarin. Mulai dari instruktur dalam menyampaikan materi cukup jelas dan mudah dimengerti.

Lampiran Kegiatan .