You are on page 1of 15

PANDUAN TUGAS BESAR

STUPA 5

PROGRAM STUDI
TEKNIK ARSITEKTUR
Fakultas Teknik
Universitas 17 Agustus 1945,
Samarinda
Jalan Ir.H.Juanda No.80
Samarinda 75124
Telp : (0541) 743 390
Fax: (0541) 741 997

Tim Penyusun :

Arman Efendi, ST.MT
Mahdalena Risnawaty, ST.MT
Faizal Baharuddin, ST.MT
Prasetyo, Ir.,MT
Lisa Astria Milasari,ST.MT

3 FEBRUARI 2017

Panduan ini dapat diperbanyak dan dipergunakan untuk kalangan sendiri
@Copyright Jurusan Arsitektur FT UNTAG Samarinda, 2018

PANDUAN TUGAS STUPA 5 | 1

............................... 11 15......................... Alokasi ruang untuk bekerja ……......................... 12 17..... Lampiran Lampiran 1........................................................................................................... Standar minimal jam bekerja …………………………………………………..................…............. Format Keluaran Tiap Tahap ......... ……………………………………………………………….................................. Format penulisan dokumen-dokumen ………………………………………... 2 3....... 12 18.................…....... Contoh sampul …………………………………………………….................................……………..…......................... Architectural Presentation Board (Apreb)............... 14 Lampiran 3.........…………………………………............................…….................................................................. 12 16.....…........................................... 8 12............ 6 10.. Persyaratan ............... 4 5...................................................................................... Materi Pokok ................... 4 7........................................ 8 13...... 1 2............................ 3 4....................... 9....... Kata Pengantar ........................... Alokasi Ruang untuk bekerja ................ 9 14..................... 13 Lampiran 2........ Halaman Judul ………………………………………............................................... 4 8................................................................... Dokumentasi ................... Halaman pernyataan …………………………………………….......................................................... Tujuan ..............................…………………...... 4 6.............................................................DAFTAR ISI 1...................................................….........………………………........................ 15 PANDUAN TUGAS STUPA 5 | 2 .. 6 ................ Sistematika Penulisan ....................... Daftar Isi ………………………………………….................. 7 11................................. Penilaian ................................ Skema tahap Pengerjaan Tugas …………………………………………...........……………………………………………....................... Keluaran Tugas ............................................. Lembar Asistensi ......

oleh karena itu saran dan kritik yang sifatnya memperbaiki masih kami harapkan. berbasis pada akumulasi nilai tahap dan sumber penilaian. sehingga sempurnanya panduan ini. berdasar peminatan untuk mengkonstruksi keunggulan kompetitif diri mahasiswa. Dengan demikian. proses tugas akhir akan lebih terkalibrasi secara inter-subjektif dan mencerminkan kualitas capaian keunggulan yang diraih oleh mahasiswa. yang berbasis pada kemampuan diri.KATA PENGANTAR Tugas Stupa 5 (Tugas Besar) di Jurusan Teknik Arsitektur Untag Samarinda ber SKS 5 yang dikemas dalam sebuah proses untuk menciptakan keunggulan kompetensi spesifik. unik yang sesuai dengan kaidah arsitektur. Kultur ini diciptakan dengan memberi dukungan yang kuat pada proses pembimbingan melalui kelompok bidang keahlian dan peminatan dosen yang tergabung dalam bentuk pusat studi. Tim Penyusun Tujuan PANDUAN TUGAS STUPA 5 | 3 . Mampu menggambar perencanaan didasari kebutuhan ruang yang diperlukan dengan analisa dan konsep yang tepat sehingga menghasilkan karya arsitektur yang baik. Kasus yang diusulkan setiap peserta bersifat unik. Dalam hal penilaian. Kami menyadari bahwa penyusunan panduan ini masih banyak kekurangan.

Skema Tahap Pengerjaan STUPA 5 TAHAP TAHAP Pendahuluan Penentuan Judul Penekanan Judul Latar Belakang (2) minggu Rumusan Masalah Permasalahan Batasan Masalah Sistematika Penulisan Kerangka Pikir TAHAP Analisa PANDUAN TUGAS STUPA 5 | 4 .5 HA yang ditekankan pada aspek teknologi dan lingkungan melalui pelatihan merancang gubahan ruang lantai banyak dan atau gedung berbentang lebar. Menerima sanksi apabila tidak bisa memenuhi aturan diatas dengan mengundurkan diri dari peserta Mata Kuliah ini. Apartemen dan Bandara Persyaratan Mahasiswa peserta Tugas STUPA 5 ini harus membuat Surat Pernyataan yang isinya : 1.Judul Tugas : Memahami dan menguasai perencanaan dan perancangan gedung massa atau majemuk sebagai karya arsitektur fungsi dan kegiatan dengan intensitas tinggi dan kegiatan dengan intensitas tinggi dan kompleks dalam lahan maksimal 1. Sanggup mengikuti sesuai aturan Prodi Teknik Arsitektur 2. Materi Pokok Materi Pokok Studio Perancangan Arsitektur 05 :  Materi tugas perancangan arsitektur 5 yaitu : bangunan massa banyak bentang lebar atau tingkat 5 – 8 lantai  Dapat mempersiapkan data dan referensi berkatian dengan tugas  Contoh : Hotel.

keamanan Gedung TAHAP TAHAP Konsep Luasan Efektif Lahan KONSEP Penggunaan Lahan (KDB dan KDH) Rancangan Jumlah Lantai TAHAP Konsep Sirkulasi (2) minggu TAHAP Konsep (2) Gubahan Massa TAHAP Konsep Bentuk Bangunan TAHAP Konsep Struktur. Sanitasi. Massa TAHAP ANALISA Gubahan Ruang dan Gubahan Massa Struktur. Sanitasi. Kegiatan dan KEBUTUHAN RUANG Rekap Kebutuhan Ruang Hubunga Ruang (matrik). Keamanan TAHAP Konsep Kenyaman. TAHAP ANALISA Pelaku. Material dan Warna PANDUAN TUGAS STUPA 5 | 5 . Pola Hubungan Ruang TAHAP ANALISA Pemilihan lokasi site SITE (3 alternatif) Analisa site terpilih Bentuk dan dimensi site Kontur tanah Arah dan gerak lintasan matahari VIEW / potensi pandanganmatahari TAHAP ANALISA Pola Organisasi Ruang dan Massa Bentuk Ruang.

Setiap gambar yang dikumpulkan mengikuti aturan sebagai berikut : PANDUAN TUGAS STUPA 5 | 6 . 5.Sketsa Skematik 2. Maket . TAHAP TAHAP Pengembangan Pengembangan Rencana Tapak TAHAP Site plan TAHAP Tampak dan Potongan (4) minggu keseluruhan (3) TAHAP Rencana TAHAP Detail Arsitektur dan Perspektif TAHAP Pembuatan MAKET Alokasi Ruang untuk bekerja Prodi menyediakan ruang bagi peserta yang akan mengerjakan Tugas Besar di laboratorium-laboratorium terkait tergantung dengan tema yang diangkat dan rekomendasi pembimbing. Penulisan Laporan Perencanaan .Skala disesuaikan dengan besaran siteplan 4. Gambar Sketsa dan Skematik .Asistensi delapan (8) kali ke pembimbing 1 dan (8) kali ke pembimbing 2.Penyajian dalam kertas ukuran A4 .Penyajian dalam kertas ukuran A1 . Pembimbing akan mengontrol keaktifan kerja di laboratorium.Sistem penulisan 3. Melengkapi lembar asistensi . Keluaran Tugas 1.

Contoh kop dapat dilihat di Program Studi Teknik Arsitektur. . 7. c. d. b.SKP. . disarankan monokrom dan harus dikerjakan sendiri. Yang dikumpulkan adalah file native (. Setiap gambar mengikuti kaidah manual penggambaran baik manual (dengan tangan) maupun digital (dengan komputer) sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan koordinator studio. Apabila ternyata terbukti bahwa file dikerjakan oleh orang lain maka dapat dianggap sebagai tindakan curang dan diberi nilai NOL pada tugas yang sedang dikerjakan . b. d. . Setiap dosen pembimbing studio harus mengumpulkan setiap hasil tugas dan setiap hasil ujian dalam bentuk hardcopy dan softcopy untuk kepentingan perbaikan dan akreditasi serta dokumentasi. b. Contoh caver dapat dilihat di lampiran.DWG. a. 2. c. Bagi mahasiswa yang mengalami gangguan teknis dengan komputer sehingga tidak dapat menyerahkan tugas tepat waktu maka yang bersangkutan harus melaporkan kepada pembimbing paling lambat SATU HARI setelah kejadian dan menunjukkan file terakhir paling lambar 3 hari sebelum hari pengumpulan tugas untuk dapat dipertimbangkan diberikan kompensasi oleh koordinator. File digital dikumpulkan dalam bentuk CD/ USB dan DICEK oleh asisten studio. Gambar yang terbukti dikerjakan oleh orang lain atau mendapat banyak bantuan dari orang lain dianggap pekerjaan plaigat dan akan dinilai NOL pada tugas yang dikerjakan. Halaman gambar dilengkapi dengan kop standar sesuai dengan yang ditetapkan koordinator studio. atau dengan cara dilaser. Setiap maket yang dikumpulkan mengikuti aturan sebagai berikut: a. Bahan maket menggunakan bahan dengan harga terjangkau. e. 6. Semua gambar harus dikerjakan sendiri. Setiap file digital yang dikumpulkan mengikuti aturan sebagai berikut: a.RVT.3DM atau yang lain sesuai dengan software yang digunakan) dan file image (JPG. Contoh kartu asistensi dapat diambil Program Studi Teknik Arsitektur.RFA. . Skala maket disesuaikan dengan tugas dan arahan pembimbing. PNG) dengan resolusi minimal 200 dpi (dot per inch). Maket yang terbukti dikerjakan oleh orang lain atau sebagian besar dibantu oleh orang lain maka dapat dianggap sebagai tindakan curang dan diberi nilai NOL pada tugas yang sedang dikerjakan. c. Kartu Asistensi yang telah diisi dan diparaf dosen pembimbing dikumpulkan bersama dengan dokumen gambar. Setiap maket dilengkapi dengan kop standar dengan cara di-print dan ditempel pada alas maket. Semua tugas baik A1 dan A4 diberi caver dengan jelas dan dijilid rapi. Dokumentasi 1. Jika ternyata file digital yang dikumpulkan tidak bisa dibaca atau rusak atau karena satu dan lain hal tidak dapat diakses oleh pembimbing atau koordinator PANDUAN TUGAS STUPA 5 | 7 .

sketsa. Architectural Presentation Board (Apreb) 1. dan hal itu terjadi bukan karena faktor kesengajaan. Berjumlah 4-6 lembar. Penilaian Beberapa hal terkait penilaian Tugas Besar adalah sebagai berikut: 1. Hasil tugas yang dikompulkan meliputi gambar-gambar. Sebelum melakukan evaluasi. 2. Pembuktian proses pembimbingan terkait intensitas pembimbingan dan pemenuhan standar kerja peserta. Perbaikan produk setelah ujian presentasi diberi waktu maksimal 7 hari sejak tanggal ujian presentasi dengan mempertimbangkan tingkat intensitas asistensi ke Pembimbing 1 dan Pembimbing 2 Format Keluaran Tiap Tahap PANDUAN TUGAS STUPA 5 | 8 . bila hanya terdapat asistensi hanya ke 1 Pembimbing. Satu hasil tugas atau hasil ujian nilai terbaik. Satu hasil tugas atau hasil ujian nilai sedang. b. dengan rincian sebagai berikut : No Tahap Bobot Pembimbing Penguji 1 Pendahuluan 10% 2 Analisa perencanaan 15% 3 Konsep perencanaan 20% 60% dari nilai 40% dari nilai 4 Gambar perencanaan 15% 5 Presentasi 40% Total 100% 2. 3. studio. c. akan dilihat melalui rekam jejak pada lembar asistensi. buku asistensi/ log-book dan maket/model. Penilaian (lihat lampiran form penilaian 3 tahap) dilakukan per tahap kemudian direkap menjadi nilai akhir. maka dinyatakan tidak dapat mengikuti ujian presentasi. Hasil tugas dan hasil ujian yang dikumpulkan minimal adalah sebagai beriku : a. maka pembimbing berhak menunda nilai akhir (T) hingga file. Mekanisme pengumpulan hasil tugas dan/ atau hasil ujian dilakukan di setiap akhir penilaian setiap tugas atau ujian dan di setiap akhir semester. 4.file tersebut dapat diakses oleh pembimbing. masing-masing berukuran A1 (84 x 59 cm). Dibawa pada hari ujian presentasi dan dipamerkan pada tahap portofolio. peserta akan dinilai kelayakan produknya oleh dosen pembimbing terkait dengan jumlah asistensi ke Pembimbing 1 dan Pembimbing 2. Satu hasil tugas atau hasil ujian nilai paling rendah 5. 3. 4. laporan.

Bagian konsep pemecahan persoalan-persoalan disain C. Daftar Pustaka. Daftar-daftar. dilampiri gambar konsep dan skematik pada kertas A1 Tahap Gambar Perencanaan Produk Format A1 landscape A. Gambar tampak dan potongan secara keseluruhan site pada 4 sisi. rumusan masalah dan Permasalahan. Daftar Pustaka. rumusan masalah dan Permasalahan. Pendahuluan (latar belakang. 4. tampak potongan dan perspektif detail arsitektur. Judul. Gambar detail arsitektur yang lengkap denah. Daftar-daftar. 3. sasaran. 2. keaslian).Tahap Pendahuluan Produk Format Buku Laporan dan Judul. Pendahuluan. 2. Metoda dan Sistematika penulisan Tahap Analisa Produk Format Buku laporan dan 1. memuat: latar belakang. Halaman Judul 2. Analisa Site 3. Daftar Tabel B. Bagian Utama 1. tujuan perancangan dan sasaran perancangan. Bagian penelusuran dan pemecahan persoalan disain (termasuk hasil pengujian disain). Model eksplorasi massa bangunan Produk Format Model eksplorasi Model maket maupun model visualisasi menggunakan software komputer massa bangunan Architectural Presentation Board (Apreb) PANDUAN TUGAS STUPA 5 | 9 . Daftar Gambar. Pendekatan Konsep Perancangan. Kajian Pustaka. Daftar-daftar: Daftar Isi. Pendahuluan. Konsep Perancangan. 3. Bagian Akhir 1. Bagian penelusuran dan pemecahan A1 landscape persoalan disain (termasuk hasil pengujian disain). 3. Analisa Kebutuhan Ruang A1 landscape 2. A1 landscape tujuan. Bagian pendahuluan. Bagian awal 1. Halaman catatan pembimbing (dimasukkan setelah revisi pasca ujian presentasi). Gambar perspektif eksterior dan interior. Bagian analisa dan penelusuran persoalan-persoalan analisa disain. Gambar Siteplan dan situasi. kajian state of the art. dilampiri gambar konsep dan skematik pada kertas A1 Tahap Konsep Produk Format Buku laporan dan Judul.

Mengacu pada ketentuan-ketentuan yang ada di dalam “Pedoman Architectural Presentation Board” NO Gambar Skala* Jumlah minimal Keterangan Sketsa tangan Sketsa Konsep 1 Tanpa 5 dengan warna atau Perancangan komputer 2 Situasi 1:400 1 - 3 Rencana tapak 1:200 1 - 4 Denah-denah 1:100 Sesuai kasus - Dalam format gambar teknik.Produk Format Architectural 1. yang harus mampu 1:50 & menjelaskan 8 Detil rancangan 5 1:20 tentang solusi rancangan. Jumlah 4-6 lembar Presentation Board 2. Ukuran A1 (84 x 59 cm) portrait (Apreb) 3. rencana teknik utilitas (listrik dan yang wajib ada di 7 Rencana-rencana 1:100 Sesuai kasus air) ditambah dalam Apreb rencana yang menjadi konsekuensi disain Detil-detil rancangan. minimal 5 gambar detil Perspektif interior (1 gbr). 4 dan/Sesuai 5 Tampak-tampak 1:100 BUKAN kasus Visualisasi 3(tiga) dimensi yang dibuat 6 Potongan-potongan 1:100 Sesuai kasus - Rencana yang wajib : rencana Gambar-gambar struktur. eksterior 1gbr) dan perspektif 9 Perspektif 3 yang menunjukkan penyelesaian kasus *) skala dapat disesuaikan dengan kasus Sistematika Penulisan PANDUAN TUGAS STUPA 5 | 10 .

Tinjauan RTRW/RDTR . Konsep Struktur 5.7. Terkait dengan Judul 2.4. Kriteria Lokasi . Metodologi 1. ANALISA PERENCANAAN 4.3. Konsep Utilitas Makro dan Mikro 5.3. Gubahan Massa 2.5. PENDAHULUAN 1. Warna dan Material 5.Identifikasi 3 alternatif site IV. Konsep pada Penekanan Judul VI. Konsep Penataan Massa 5. GAMBARAN UMUM LOKASI 3. Tujuan 1. Sistematika Penulisan II.5. Terkait dengan Utilitas Bangunan 2. Analisa Penekanan Judul V. Konsep Sirkulasi Makro dan Mikro 5. Keaslian Judul 1. KESIMPULAN DAN SARAN Daftar Pustaka Lampiran PANDUAN TUGAS STUPA 5 | 11 .1.2.8.7. Terkait dengan peraturan-peraturan bangunan 2.2. Terkait dengan Penekanan Judul III. KDH.7. BAB II. Konsep Disain Fasad.4. BAB III. Bentuk Bangunan. BAB I. Analisa Struktur 4.2. Terkait dengan Analisa Ruang. KDH dan KDL 5.1.8.Kata Pengantar Daftar Isi Daftar Tabel Daftar Gambar I. Analisa Kebutuhan Ruang 4.3.8. BAB VI.6.2. LANDASAN TEORI 2. KONSEP PERENCANAAN 5. Terkait dengan Analisa Bentuk Bangunan atau Selubung Bangunan 2.3.7. Konsep Lansekap 5. Batasan Masalah 1.1.1.1. Analisa Utilitas 4. BAB V. Analisa KDB. BAB IV. Sasaran 1. Analisa Massa dan Gubahan Massa 4.4. Kebutuhan Luasan Site 4. Analisa Site 4. Terkait dengan Struktur Bangunan 2.5. Analisa Bentuk Bangunan 4. Latar Belakang 1. Konsep KDB.6.4.5. Rumusan Masalah 1.6.6.

2010. Yogyakarta : Penerbit Ombak. kecuali abstrak dalam bahasa Inggris. FORMAT PENULISAN DOKUMEN-DOKUMEN Buku-buku laporan 1. Buku ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai ejaan yang disempurnakan (EYD).field-journal. Penulisan dari Skripsi/Tesis/Disertasi : Kadir. Kota-kota di Jawa. Pembimbing akan mengontrol keaktifan kerja di laboratorium. Font tulisan menggunakan Times New Roman 12 pt 1. Jarak penulisan atas dan kiri 4 cm. 2009. Nursam. contoh : a. 5.3. Pola Kampung Suku Tolaki sebagai Dasar Perancangan. b. 6..ii... 2. Tugas Akhir. Resort Tanjung Lapadi.) untuk bagian utama. Penomeran halaman untuk bagian awal dan akhir menggunakan angka romawi kecil (i.STANDAR MINIMAL JAM BEKERJA Standar minimal jam bekerja yang harus dipenuhi melalui bukti di LOG BOOK Tugas adalah sebagai berikut : Jam Kerja Minimal jam Total bekerja per tahap Durasi Tahapan per minggu pembimbingan (disertai bukti kerja pada (minggu) (jam kerja) (jam kerja) log book) Pembimbingan Peserta : 10 jam Pendahuluan 2 10 5 Pembimbing : 10 jam Pembimbingan Peserta : 25 jam Analisa dan 5 25 5 Pembimbing : 25 jam Konsep Pembimbingan Peserta TA : 35 jam Pengembangan 7 35 5 Pembimbing : 35 jam Rancangan Mahasiswa : 70 jam Total Pembimbing : 70 jam ALOKASI RUANG UNTUK BEKERJA Tugas besar akan dikerjakan tahap Pendahuluan Analisa & Konsep dan Pengembangan Rancangan di laboratorium terkait tergantung dengan tema yang diangkat dan rekomendasi pembimbing. LAMPIRAN PANDUAN TUGAS STUPA 5 | 12 . Penomeran halaman di sisi kanan bawah. Daftar pustaka menggunakan format pengarang dan tahun dengan pola taat azas.ii.. tidak dipublikasikan..) dan angka arab(1. c. 4. Diunduh pada tanggal 1 Januari 2009. dan permasalahan sosial.2. kanan dan bawah 3 cm.5 spasi pada kertas A4 potrait 3. gaya hidup. Penulisan yang berasal dari buku referensi : Margana. Yogyakarta : Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia. Commercial Building in America. Identitas. 2010.org. Sri dan M. Junita Eka.. Penulisan dari sumber internet : www.

Contoh sampul TUGAS STUPA 5 <JUDUL TUGAS > Disusun Oleh : NIM : <NIM> Nama : <Nama Mahasiswa> Dosen Pembimbing : 1. Nama Dosen Pembimbing II PROGRAM STUDI TEKNIK ARSITEKTUR UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SAMARINDA FAKULTAS TEKNIK 2018 PANDUAN TUGAS STUPA 5 | 13 . Nama Dosen Pembimbing I 2.Lampiran 1.

4. Bersedia untuk mentaati peraturan selama pelaksanaan penyusunan Laporan Tugas ini. PANDUAN TUGAS STUPA 5 | 14 . 3. Demikian surat pernyataan ini dibuat dengan sungguh-sungguh untuk kelancaran pelaksanaan penyusunan tugas ini. 2.75). Apabila saya dinyatakan tidak memenuhi point 1 dan poin 2.Lampiran 2. Pengumpulan tugas ditetapkan sesuai jadwal. bagi yang terlambat nilai akhir hanya 75% (nilai x 0. Form lembar asistensi.5) dan lebih dari 1 hari maka nilai akhir adalah 0 (nol) 5. atau pengkutipan tanpa aturan penulisan yang benar diminta mengundurkan diri pada semester ini dan bisa mengikuti semester depan.Saya mahasiswa yang bekerja. Bersedia mengikuti target jadwal yang telah disepakati selama penyusunan tugas ini. maka saya menyatakan undur diri tidak melanjutkan penyelesaian tugas ini. terlambat 1 hari nilai akhir 50% (nilai x 0. Halaman pernyataan SURAT PERNYATAAN Dengan ini saya menyatakan bahwa dalam tahapan pelaksanaan penyusunan laporan tugas ini : 1. .Absensi minimal 80% kehadiran. Tugas yang merupakan plagiat. Diantaranya : . ________ Materai Wajib ditandatangani (Nama Mahasiswa) Lampiran 3. Samarinda. bersedia mengatur alokasi waktu untuk mengikuti perkulihan.

. Judul Tugas Besar STUPA 5 Nama Mahasiswa No......../........ Mhs Dosen Pembimbing 1 Dosen Pembimbing 2 PARAF No Tanggal URAIAN Asistensi Tuga Besar Dosen Pembimbing 1 2 3 4 5 6 PANDUAN TUGAS STUPA 5 | 15 .. PRODI TEKNIK ARSITEKTUR FT UNTAG – SAMARINDA LEMBAR ASISTENSI Periode Semester Genap/Ganjil TA .....