You are on page 1of 5

PENUNTUN BELAJAR TILIK APN

Nama mahasiswa :
Tanggal :
Penilai :
1. Klinik
2. Institusi

Nilailah setiap kinerja langkah yang diamati dengan member tanda silang (X) pada
skala dengan criteria :
1. Perlu perbaikan : Langkah atau tugas tidak dikerjakan dengan benar
atau ada yang dihilangkan
2. Mampu : Langkah dikerjakan dengan benar dan berutan tetapi
Kurang tepat dan atau pelatih perlu membantu /
Mengingatkan hal - hal yang tidak terlalu bearti
3. Mahir : Langkah dikerjakan dengan benar sesuai dengan Urutan,
tepat tanpa ragu - ragu atau tidak perlu Bantuan

.

Petunjuk :
Tunjukkan tingkat keterampilan dengan memberi tanda (√) pada kolom yang
sesuai.
1. Langkah kerja / keterampilan tidak dikerjakan/ tidak sesuai dengan prosedur
2. Langkah kerja dikerjakan tepi peserta tidak ada kemajuan secara efisien.
3. Langkah kerja dikerjakan sesuai dengan urutan dengan tepat sesuai dengan
pedoman.

Beritahu pembukaan sudah lengkap dan keadaan janin baik bantu ibu menemukan posisi yang nyaman sesuai dengan keinginannya. 12. Persiapan 2. 3. Anjurkan ibu untuk berjalan. 1. bahan dan obat-obat esensial. untuk mematikn DJJ dalam batas normal. Mempersiapkan alat 3. Mempersiapkan diri Pelaksanaan B. Minta keluarga membantu menyiapkan posisi meneran (bila ada rasa ingin meneran dan kontraksi yang kuat. bantu ibu ke posisi yang diinginkan dan pastikan ibu merasa nyaman). 5. Cuci tangan dengan sabuh dan air bersih yang mengalir. Laksanakan bimbingan meneran pada saat ibu merasa ada dorongan kuat untuk meneran 14. 10. Dekontaminasi sarung tangan ke dalam larutan klorin 0. 13. Masukkan oksitosin dalam tabung suntik. 11. 9.No Kegiatan / Aktivitas Skala 1 2 3 A. Periksa DJJ saat relaksasi uterus. 8. Membersihkan vulva dan perineum. Lakukan periksa dalam untuk mematikan pembukaan lengkap. Pakai celemek plastik 4. Pakai sarung tangan DTT pada tangan yang akan digunakan untuk periksa dalam 6. 7. menyeka dengan hati-hati dari depan ke belakang dengan menggunakan kapas/kasa steril. berjongkok atau . Dengar dan lihat adanya tanda persalinan kala II. Pastikan kelengkapan peralatan. 2.5% selama 10 menit. kemudian keringkan tangan dengan tissue atau handuk pribadi yang bersih dan kering.

jika ibu belum merasa ada dorongan untuk meneran. lengan dan siku sebelah bawah. tungkai dan kaki. 23. Setelah kedua bahu lahir. 25. lindungi perineum dengan satu tangan yang dilapisi dengan kain bersih dan kering. Letakkan handuk bersih di perut ibu. 28. Setelah kepala melakukan putaran paksi luar. 15. 16. Tangan atas menelusuri dan memegang lengan dan siku sebelah atas. Periksa kembali uterus untuk memastikan kehamilan tunggal. Keringkan tubuh bayi. Buka tutup partus set dan perhatikan kembali kelengkapan alat dan bahan. penelusuran tanga atas berlanjut ke punggung. Tangan lain menahan kepala bayi untuk menahan posisi defleksi dan membantu lahirnya kepala. Tunggu kepala bayi melakukan putaran paksi luar secara spontan. geser tangan kebawah kearah perineum untuk menyangga kepala. 20. Periksa kemungkinan adanya lilitan tali pusat ambil tindakan yang sesuai dan segera lanjutkan proses kelahiran bayi 21. Pakai sarung tangan DTT pada ke dua tangan. pegang secara biparental. mengambil posisi yang nyaman. . Letakkan kain bersih yang dilipat 1/3 bagian di bawah bokong ibu 17. 18. 27. 24. Setelah tampak kepala bayi dengan diameter 5-6 cm membuka vulva. bokong. Lakukan penilaian selintas : Apakah bayi menangis kuat? Apakah bayi bergerak dengan aktif ? 26. Anjurkan ibu meneran perlahan atau bernafas cepat dan dangkal. 22. Setelah tubuh dan lengan lahir. Beritahu ibu akan disuntik oksitosin agar uterus berkontraksi baik. ganti handuk basah dengan handuk/kain yang kering biarkan bayi di atas perut ibu. 19.

Setelah uterus berkontraksi. 29. beri tetes mata dan vitamin K1 1mg IM di paha kiri anterolateral. 35. Saat plasenta muncul di introitus vagina lahirkan plasenta dengan kedua tangan. Jepit tali pusat dengan klem 3 cm dari pusat bayi. 41. 42. 37. 40. Segera setelah plasenta dan selaput ketuban lahir lakukan rangsangan taktil (masase) uterus. 38. Masukkan plsenta dalam tempat khusus. 39. tegangkan tali pusat kearah bawah sambil tangan lain mendorong uterus ke arah atas (dorso- kranial). Potong dan ikat tali pusat 32. 43. Evaluasi kemungkinan laserasi pada vagina dan perineum. Periksa kedua sisi plasenta. pastikan selaput ketuban utuh dan lengkap. Lanjutkan pemantauan kontraksi dan . dorong isi tali pusat ke arah ibu jepit kembali tali pusat 2 cm dari klem pertama. Selimutkan ibu dan bayi dengan kain hangat. Pastikan uterus berkontraksi dengan baik dan tidak terjadi perdarahan pervagina. 46. 31. Setelah satu jam pemberian vitamin K1 berikan suntikan imunisasi Hepatiyis B di paha kanan anterolateral. Setelah satu jam lakukan penimbangan / pengukuran bayi. Pegang dan putar plasenta hingga selaput ketuban terpilin. Letakkan satu tangan di atas kain pada perut ibu untuk mendeteksi. 36. Biarkan bayi tetap di dada ibu paling sedikit satu jam. Suntikkan oksitosin 10 unit IM di 1/3 paha atas bagian distal lateral. 33. Letakkan bayi tengkurap di dada ibu. Tangan lain menegangkan tali pusat. 34. 44. Pindahkan klem pada tali pusat hingga berjarak 5-10 cm dari vulva. 45. 30. Jika plasenta terlepas minta ibu meneran sambil menarik tali pusat dengan arah sejajar lantai dan kemudian ke arah atas mengikuti jalan lahir.

Celup sarung tangan kotor kedalam larutan klorin 0. Dekontaminasi temapat bersalin dengan larutan klorin 0. Buang bahan-bahan yang terkontaminasi ke dalam tempat sampah yang sesuai.5% selama 10 menit. 47. 49. 57. Tempatkan semua peralatan bekas pakai dalam larutan klorin 0. Evaluasi dan estimasi jumlah kehilangan darah. 58. Bersihkan ibu dengan mengunakan air DTT.5%. lendir dan darah. 54. 50. Lengkapi partograf. Bantu ibu memberikan ASI. 56. 52. Periksa nadi ibu dan kandung kemih setiap 15 menit selama 1 jam pertama pasca persalinan. 53. dan setiap 30 menit selama jam ke dua pasca persalinan. periksa tanda vital dan asuhan kala IV. 55. Ajarkan ibu dan keluarga melakukan masase uterus dan nilai kontraksi 48. JUMLAH π½π‘’π‘šπ‘™π‘Žβ„Ž π‘›π‘–π‘™π‘Žπ‘– π‘¦π‘Žπ‘›π‘” π‘‘π‘–π‘‘π‘Žπ‘π‘Žπ‘‘ Nilai = π‘₯ 100 % π½π‘’π‘šπ‘™π‘Žβ„Ž π‘Žπ‘ π‘π‘’π‘˜ π‘¦π‘Žπ‘›π‘” π‘‘π‘–π‘›π‘–π‘™π‘Žπ‘– . Cuci dan bilas semua peralatan setelah dekontaminasi. 51. Bersihkan sisa cairan ketuban. Periksa kembali bayi untuk pastikan bayi bernafas dengan baik serta suhu tubuh normal.5 %. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Bantu ibu memakai pakaian yang bersih dan kering. Pastikan ibu merasa nyaman. mencegah perdarahan pervagina.