KERANGKA ACUAN KERJA

PELAYANAN POLI UMUM

I. PENDAHULUAN
Pusat Kesehatan Masyarakat yang selanjutnya disebut Puskesmas adalah
fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan
upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya
promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-
tingginya di wilayah kerjanya.
Puskesmas Dara Juanti yang memiliki wilayah kerja terdiri dari 8 kelurahan/
desa bertanggung jawab untuk menyelenggarakan upaya kesehatan perseorangan tingkat
pertama pada seluruh lapisan masyarakat diwilayah kerja Puskesmas Dara Juanti. Salah
satu bentuk dari upaya kesehatan perseorangan tersebut maka diadakan pelayanan poli
umum yang kegiatan utamanya adalah pengobatan pasien yang berkunjung ke Puskesmas
Dara Juanti.

II. LATAR BELAKANG
Pengobatan merupakan suatu proses ilmiah yang dilakukan oleh dokter
berdasarkan temuan-temuan yang diperoleh selama anamnesis dan pemeriksaan fisik.
Dalam proses tersebut terkandung keputusan ilmiah yang dilandasi oleh pengetahuan dan
keterampilan untuk melaksanakan intervensi pengobatan yang memberikan manfaat dan
resiko sekecil mungkin bagi pasien. Hal tersebut hanya dapat tercapai dengan
pengobatan yang rasional.
Pengobatan rasional menurut WHO yaitu pengobatan yang sesuai indikasi,
diagnosis, tepat dosis obat, cara dan waktu pemberian, tersedia setiap saat dan harga
terjangkau. Salah satu perangkat untuk tercapainya penggunaan obat rasional adalah
tersedianya suatu pedoman atau standar pengobatan yang dipergunakan secara seragam
pada pelayanan kesehatan dasar atau puskesmas.
Poli umum merupakan salah satu jenis pelayanan di Puskesmas Dara Juanti
yang memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan oleh dokter dan paramedis. Selain
itu Poli Umum Puskesmas Dara Juanti juga memberikan pelayanan pembuat surat
keterangan sehat, surat keterangan sakit, serta rujukan balik dan surat rujukan ke fasilitas
yang lebih tinggi jika diperlukan untuk pasien BPJS.

ruang PTM/ Lansia)  Mencegah bertambahnya keparahan penyakit pada anak dengan optimalisasi pelayanan kesehatan yang berjenjang (rujukan spesialis) IV. diantaranya dengan ruang PTM/ Lansia. 4. 4. ruang IVA/Kespro dan unit terkait lainnya. 3. 4.2 TUJUAN KHUSUS  Memberikan penyuluhan (KIE) kepada pasien yang berkunjung  Mengobati masyarakat umum (usia dewasa dan lansia) yang sakit di wilayah kerja Puskesmas Dara Juanti secara optimal dengan koordinasi antar profesi serta pemanfaatan fasilitas penunjang yang tersedia di Puskesmas Dara Juanti (Laboratorium.1 Kegiatan Promotif Melakukan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) pada keluarga pasien tentang penyakit yang diderita. ruang gizi. ruang gizi. poli umum juga melaksanankan kegiatan lainnya diantaranya: .2 Kegiatan Preventif Melakukan koordinasi dengan unit pelayanan lainnya untuk memberikan konseling bagi pasien-pasien yang beresiko tinggi. dan berkesinambungan dengan tujuan utama menyembuhkan penyakit dan pemulihan kesehatan perorangan. Serta koordinasi dengan fasilitas kesehatan yang lebih tinggi dalam proses rujukan bila diperlukan (fisioterapi ). tanpa mengabaikan pemeliharaan kesehatan dan pencegahan penyakit. ruang akupresur. Selain 4 kegiatan inti tersebut.III.3 Kegiatan Kuratif Melakukan pengobatan pada pasien sesuai dengan pedoman yang ada.1 TUJUAN UMUM Memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakatdi wilayah kerja Puskesmas Dara Juanti dengan memberikan pelayanan kesehatan tingkat pertama secara menyeluruh. ruang KIA/KB. diantaranya akupresur. akupresur. dan hal-hal yang harus dihindari unuk mencegah kambuhnya atau bertambahnya keparahan penyakit. TUJUAN 3.4 Kegiatan Rehabilitatif Melakukan koordinasi dengan unit lainnya untuk rehabilitasi pasien. terpadu. KEGIATAN POKOK 4. mengacu pada Panduan Praktik Klinis ( Permenkes 514 tahun 2015).

Menerima status rekam medis pasien yang diantarkan oleh petugas loket b. Memanggil pasien dengan sesuai urutan status rekam medis dengan nama yang tercantum pada rekam medis (menghindari terjadinya insiden salah orang. SASARAN a. analgetik dan obat-obatan yang memiliki kecendrungan menimbulkan alergi wajib ditanyakan sebelumnya terkait riwayat alergi obat) i. Melakukan anamnesa e. l. Konseling medic umum c. serta menuliskan dengan jelas nama petugas yang memberi pelayanan. Pasien usia 18 tahun keatas baik yang merupakan peserta JKN-KIS maupun pasien umum. Menulis resep (untuk pemberian antibiotic. Melakukan rujukan kasus spesialistik e. Menerbitkan surat keterangan sehat. dan rekap dalam register kunjugan poli umum b. Petugas (dokter/perawat) yang melayani pasien wajib menulis dengan lengkap : hasil anamnesa. puskesdes ataupun dari bidan praktek umum dan tenaga kesehatan lainnya di wilayah kerja puskesmas. k. Menerima rujukan dari pustu/polindes. diagnosa ( kode simpus). d. Menentukan diagnosa pasien h. Menuliskan data pasien pada buku register VI. Memberikan resep pada pasien/ keluarga sambil memberikan penyuluhan / KIE tentang penyakit yang diderita serta informasi efek samping obat j. a. Merujuk pasien ke unit pelayanan yang lain jika diperlukan (ruang gizi. akupresur) atau ke fasilitas pelayanan kesehatan yang lebih tinggi (Rumah sakit). Melakukan pemeriksaan fisik sesuai indikasi pasien f. Melakukan pemeriksaan dasar pasien (TTV). pemeriksaan fisik. V. Melakukan pencatatan rekam medis pasien. Memberikan pengantar untuk melakukan pemeriksaan laboratorium (jika diperlukan) g. penyuluhan serta informasi efek samping obat pada status rekam medis. salah pengobatan) c. pemeriksaan penunjang (jika ada). d. . surat keterangan sakit yang dibubuhi tanda tangan dokter (koordinasi dengan bagian tata usaha). PROSEDUR PELAYANAN a.

PELAPORAN. 13. secara periodik sesuai jadwal yang disepakati. Evaluasi terhadap pelayanan poli umum dilakukan berjenjang.00 WIB.00 sd. dan dilakukan pelaporan pada pihak-pihak yang membutuhkan data dari poli umum. JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN Setiap hari kerja ( Senin sampai dengan Jum’at ) pukul 08. Penanggung Jawab Poli Umum UPTD Puskesmas Dara Juanti dr. VIII CATATAN. Kegiatan rekap dilakukan setiap akhir bulan. DAN EVALUASI Kegiatan pencatatan pada poli umum dilakukan setelah selesai pelayanan pada pasien.VII. Juliana Sitepu NIP. 19710731 201001 2 002 .

Jan Feb Mar Apr Mei Juni Juli Agt Sep Okt Nov Des 1. Rekap Register √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ Setiap akhir bulan Penanggung Jawab Poli Umum Mengetahui. UPTD Puskesmas Dara Juanti Kepala UPTD Puskesmas Dara Juanti dr. Pelayanan Pemeriksaan Poli Umum √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ Senin-jum’at (hari kerja) 2. Mengusulkan Alkes (Tahunan) √ Untuk tahun selanjutnya 4. S. JADWAL KEGIATAN POLI UMUM TAHUN 2018 NO.H. JENIS KEGIATAN BULAN KET. M. Permintaan BHP APD (masker) √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ Setiap bulan/ kondisional 3.19690303 199003 2 008 . Juliana Sitepu NIP. 19710731 201001 2 002s Memi Sukaesih.AP NIP.