You are on page 1of 6

Metode, Sumber Data, dan Hasil

Keterampilan grafik yang dipilih untuk penilaian adalah hubungan yang terkait
dengan mengkonstruksi dan menafsirkan garis grafik. Sembilan tujuan subskill
mencakup di dalamnya dua area luas yang ditulis dan disempurnakan (gambar 1).
Isi dari tujuan yaitu memilih sumbu yang tepat, menemukan titik pada grafik, dan
menggambar garis yang baik.

Test Of Graphing In Science

1. Memberikan deskripsi hasil penyelidikan atau data/tabel yang lengkap,
kemudian peserta didik akan memilih sumbu yang tepat.

2. Memberikan satu set koordinat (titik pada grafik), kemudian peserta didik
diarahkan menemukan point yang sesuai pada grafik (himpunan
koordinat).

3. Memberikan deskripsi hasil penyelidikan atau data/tabel yang lengkap,
peserta didik kemudian mengidentifikasi grafik dengan menentukan mana
variabel manipulasi dan mana variabel respon dengan tepat.

4. Memberikan berbagai macam grafik, peserta didik memilih grafik mana
yang paling sesuai.

5. Memberikan deskripsi hasil penyelidikan atau data/tabel yang lengkap,
peserta didik memilih grafik yang menyajikan data dengan benar.

6. Memberikan grafik dan nilai pada sumbu X (atau Y), peserta didik nilai
yang sesuai pada sumbu X (atau Y) tersebut.

7. Memberikan grafik yang menunjukkan interpolasi dan/atau ekstrapolasi,
peserta didik mengidentifikasi kecenderungan dari grafik tersebut.

8. Memberikan gambar grafik hubungan (berbentuk linear atau kurva),
peserta didik memilih/menentukan gambaran grafik yang sesuai dengan
hubungan tersebut.

9. Memberikan dua grafik hubungan terkait, peserta didik mengidentifikasi
generalisasi hubungan yang tepat dari hasil dua grafik tersebut.

komentar pada kejelasan item dan kejelasan objektif dan kesesuaian diminta untuk memungkinkan modifikasi. tidak ada konsep ilmiah yang rumit yang disertakan. Panel juga menyelesaikan tes sehingga kunci penilaian bisa diverifikasi. Soal konten dipilih agar sesuai untuk siswa menengah dan menengah. Mereka setuju 98% dari waktu pada jawaban yang benar untuk setiap item. dan kesebelas dari dua distrik sekolah diberi bentuk TOGS pertama yang direvisi.fit. Empat belas item pilihan ganda (empat alternatif) ditulis untuk lima tujuan yang berhubungan dengan konstruksi grafik (Gambar 2) dan 12 item ditulis untuk empat tujuan yang terkait dengan interpretasi grafik (Gambar 3). ekstrapolasi. menggambarkan hubungan antar variabel. McKenzie dan PADILLA Lisa mengukur ketinggian bola yang melambung saat terjatuh. dan objektivitas penilaian. Hasil ini diambil sebagai bukti kuat kesesuaian tujuan. Tujuan dari administrasi ini adalah untuk menetapkan reliabilitas uji dan untuk menghitung kesulitan item dan indeks diskriminasi untuk membantu dalam pengujian. Uji 26 item yang dihasilkan Graphing in Science (TOGS) diajukan ke panel tujuh pendidik sains untuk menetapkan validitas konten. dan keseluruhan kejelasan item uji. Dengan demikian. Item ditangani dengan variabel seperti jumlah bensin yang digunakan pada perjalanan otomatis dan jumlah detak jantung yang dialami setelah joging. para ahli sepakat dengan para pengembang uji pada penugasan item uji sampai tujuan 94% dari waktu. sembilan. objektivitas dari kunci penilaian. Selain itu. Dari total 182 tanggapan (7 penilai X 26 item). Lapangan Percobaan I Seratus sembilan belas siswa kelas tujuh. Bounce adalah 56 cm untuk drop 70 cm. Sebuah drop 10 memantul 8 cm. Penguasaan tujuan ini akan menunjukkan pemahaman yang substansial tentang grafik garis. Siswa di setiap tingkat kelas dipilih dari kelas sains atau bahasa inggris wajib. dan keterkaitan data yang ditampilkan pada dua grafik. validitas isi. Bola melambung 24 cm saat jatuh 30 cm. Saat jatuh 50 cm bola melambung 40 cm. Panel diberi satu set tujuan dan salinan tes. interpolating. Penurunan 100 cm . Sampel termasuk campuran subyek pedesaan dan perkotaan. Untuk mengetahui validitas isi masing-masing member cocokkan item uji dengan tujuan yang sesuai.

2).2. Keandalan keseluruhan (KR-20) dari versi ini adalah 0. Analisis serupa untuk setiap tingkat kelas memberi informasi tambahan pada setiap item. berkisar antara 0. Indeks keterbacaan FOG (Gunning.77. Grafik mana yang paling tepat digambarkan oleh masing-masing pernyataan berikut. tinggi tanaman menurun. Item kesulitan dan titik korelasi biserial (indeks diskriminasi) untuk setiap alternatif dari setiap persamaan uji yang dihasilkan untuk uji total. 1968 digunakan untuk memperkirakan tingkat membaca dari versi teks ini pada 6. Dua item dari Uji Graphing dalam Ilmu yang berhubungan dengan .8 SD = 5. dan sebelas. Reliabilitas untuk setiap tingkat kelas adalah 0. tinggi tanaman tetap sama. Versi revisi dari tes tersebut kemudian diberikan ke 377 ketujuh melalui.81. Karena ukuran pot meningkatkan tinggi tanaman meningkat sampai ukuran pot tertentu. dan 0. Gunakan informasi berikut untuk menjawab pertanyaan 16 dan 17. Manakah dari grafik berikut yang paling tepat menggambarkan penyelidikan ini? revisi. Skor berkisar antara 3 sampai 24 benar (X = 13. Maksud rata-rata biserial untuk alternatif yang benar adalah 0. Dick berencana untuk mempelajari efek bunga matahari yang tumbuh dalam berbagai ukuran pot.42 dengan alternatif yang salah biasanya pada rentang nol dan negatif. kata-kata yang beragam dapat dihindari dan kalimat sederhana digunakan bila memungkinkan. Saat ukuran pot meningkat. 16. Uji Coba Revisi dan Lapangan 2 Berdasarkan hasil uji coba lapangan 1.76 untuk kelas tujuh. 0. Dengan pot yang lebih besar. Gambar 3. Kesulitan item rata-rata adalah 0. Grafik di bawah ini menunjukkan empat kemungkinan hasil eksperimennya.melonjak 80 cm. beberapa item telah direvisi. 17. Dalam upaya untuk menjaga keterbacaan pada tingkat rendah. sembilan.55.76.27 sampai 0.72. masing-masing. Indeks ini mewakili tingkat kelas membaca yang diperlukan untuk pemahaman 90% sampai 100% dari pengujian.

Tabel I memberikan data deskriptif. Keandalan (KR-20) adalah 0. untuk subjek konstruksi dan interpretasi. Tabel I1 memberikan data deskriptif.23 menjadi 0. Item data digunakan untuk melengkapi analisis faktor utama dengan beberapa korelasi kuadrat yang digunakan sebagai perkiraan komunal sebelumnya. Sekali lagi siswa dipilih dari sains wajib atau kelas bahasa Inggris sehingga memastikan spektrum kemampuan siswa yang luas.88 dengan siswa kelas 9. Hasil ini menunjukkan bahwa hampir semua item tes sangat membeda-bedakan antara pencetak skor tinggi dan rendah. berdasarkan tingkat kelas. Titik korelasi biserial (indeks diskriminasi) menunjukkan 24 dari 26 item di atas 0.30 mendekati nilai tersebut.30 sampai 0.51 dan korelasi biserial berkisar antara 0.74. 1982). kesulitan item berkisar antara 0.71 dengan siswa kelas 8 sampai 0. Murid kelas dua belas dari sistem Georgia tengah khas populasi pedesaan dan perkotaan campuran.5 1. Subyek interpretasi 12 item menampilkan reliabilitas 0. Korelasi dengan satu faktor bervariasi dari 0. Hasilnya adalah bahwa hanya satu faktor (terhitung 27. Skor keseluruhan berkisar antara 2 sampai 26 benar (X = 13. Indeks diskriminasi berkisar antara 0. versi terakhir ini diserahkan ke analisis faktor pnncipal (SAS. Salah satu subtest terdiri dari item yang berhubungan dengan konstruksi grafik sementara yang lain membahas interpretasi grafik.43.68 (KR-20).41). Keandalan untuk subtitusi konstruksi empat belas item grafik adalah 0. Semua alternatif yang salah memiliki korelasi biserial pada kisaran nol atau negatif. SD = 5.39 sampai 0.30 dan nilai rata-rata 0. Analisis tambahan dilakukan di mana total tes dipecah menjadi dua subtests.0. dari versi akhir tes.grafik interpretasi (Tujuan 8). Kesulitan item rata-rata adalah 0. Gambar 4 merangkum karakteristik TOGS. berdasarkan tingkat kelas.3). Dua item di bawah 0. Ukuran Validitas Sebagai indikasi lebih lanjut tentang validitas uji.21-0.65 dengan nilai rata-rata 0. Item yang terkait dengan penafsiran .73 (KR-20) dengan rata-rata kesulitan 0.54 (rata-rata = 0.43. 1974).3. rata-rata 0.50. Karena item diskriminasi dan indeks kesulitan berada dalam kisaran yang dapat diterima untuk tes yang dapat diandalkan (Payne.83 untuk semua mata pelajaran dan berkisar antara 0.84. oleh karena itu diputuskan bahwa tidak ada revisi uji lebih lanjut yang akan dilakukan. I% dari varians) memiliki nilai eigen di atas 1.

titik perencana. Skor yang cukup tinggi ini merupakan indikasi lebih lanjut tentang keabsahan TOGS.4. gambar garis pas yang terbaik. Menjelang akhir minggu ini masing-masing siswa menyelesaikan sebuah lembar kerja di mana dia menyusun grafik dan menafsirkan grafik itu. interpolasi. Namun sangat sedikit penekanan penelitian yang diberikan pada keterampilan alam ini.65 dihitung untuk lembar kerja ini. dan generalisasi. Karena bereksperimen dan mengumpulkan data lainnya . Lembar ini kemudian ditinjau oleh salah satu pengembang uji yang menemukan kesepakatan yang lebih baik dari 95% antara penilaian pengembang uji dan pencetak gol independen. Tugas individu pada lembar yang diberi poin termasuk menggunakan interval dan skala. Sebanyak 69 siswa kelas delapan diajari unit satu minggu yang menekankan konstruksi dan interpretasi atau grafik. SD = 3. yang menyatakan hubungan yang benar antara variabel.73 tercapai bila korelasi dikoreksi untuk tidak dapat diandalkannya kedua ukuran (yaitu.1. kisaran = 4 sampai 20). Selain itu. Dua ukuran validitas yang dijelaskan di atas. Mereka kemudian menggambarkan dan menafsirkan data yang dikumpulkan dari percobaan ini. Subyek melakukan percobaan sains atau simulasi pensil dan kertas percobaan yang berpengalaman. dikoreksi untuk redaman). pelabelan sumbu. Sebuah kunci penilaian diciptakan oleh penulis untuk digunakan pada lembaran yang memuat maksimal 20 poin. khususnya kriteria validitasnya. Kesimpulan Dengan meningkatnya penekanan pada penggunaan berbagai sumber data untuk pengambilan keputusan serta ketersediaan data dalam jumlah besar.grafik lebih tinggi berkorelasi dengan faktor dibandingkan dengan grafik konstruksi. bila diambil bersamaan dengan validitas konten yang dijelaskan di awal artikel adalah bukti bahwa TOGS adalah ukuran kemampuan grafik yang valid. Seseorang yang independen dari proses pembuatan dan validasi uji mencetak lembaran (mean = 15. Poin ditugaskan ke berbagai bagian lembar kerja dan skor total ditabulasikan dengan menambahkan poin-poin ini. studi validitas kriteria yang terpisah telah dilakukan. Skor lembar kerja kemudian dikorelasikan dengan skor TOGS yang diberikan di ujung unit Nilai r sebesar 0. cara mengkondensasi dan menafsirkan informasi menjadi semakin penting di zaman modern kita. ekstrapolasi. Alfa chronbach dari 0. Solusi satu faktor ini memberi bukti pada gagasan bahwa TOGS secara sah mengukur satu konstruksi luas yang disebut kemampuan grafik.

nampaknya wajar bahwa pengajaran konstruksi grafik garis dan keterampilan interpretasi harus terjadi dalam disiplin sains. Sebagai langkah awal menuju tujuan ini. .berpose untuk mempraktikkan keterampilan semacam itu di kelas sains. penelitian ini membangun dan memvalidasi pengujian konstruksi grafik dan interpretasi.