You are on page 1of 12

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN RENDAHNYA

PEMAKAIAN AKDR DI WILIYAH KERJA
PUSKESMAS IPUH TAHUN 2018

DIANA NURUL FADILLA
NPM. 1726040295

PROGRAM STUDI DIPLOMA IV KEBIDANAN
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES)
TRI MANDIRI SAKTI
BENGKULU
2018

4. Netty Herawati.Kes Selaku pembimbing II yang telah memberikan bimbingan. Dr. maka penulis dapat menyelesaikan proposal skripsi yang berjudul “Faktor – faktor yang mempengaruhi rendahnya pemakaian kontrasepsi AKDR di wilayah kerja Puskesmas Ipuh. 5. MS selaku Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tri Mandiri Sakti. Yuni Ramadhaniati. 6. Kepala Puskesmas Ipuh dan staf yang telah banyak membantu dalam proses pra penelitian. dan dukungan dalam penyusunan skripsi ini. kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan guna perbaikan dimasa yang akan datang. arahan. Skripsi ini masih banyak terdapat kekurangan. Kecamatan Ipuh. oleh karena itu melalui kesempatan ini perkenankan penulis untuk mengucapkan terima kasih kepada : 1. Bapak Drs. dalam penyusunan skripsi ini mendapatkan bantuan bimbingan dari berbagai pihak. M. arahan. dan dukungan dalam penyusunan skripsi ini.Si Selaku Ketua Jurusan Kebidanan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tri Mandiri Sakti. Hj. M. M. H. ii . 2. Seluruh Dosen dan Staf Jurusan DIV Prodi Kebidanan STIKES Tri Mandiri Sakti Bengkulu. Kanupaten Mukomuko”. 3. Effendi. S. Yulita Elvira Silviani. KATA PENGANTAR Alhamdulillah syukur atas kekuatan dan karunia dari Allah SWT. DHSM. SST.Kes Selaku pembimbing I yang telah memberikan bimbingan. SST.

12 Januari 2018 Diana Nurul Fadilla iii . Demikian skripsi ini penulis buat dengan harapan semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Bengkulu. terima kasih atas bantuannya. Teman – teman seperjuangan. yang tidak bisa disebutkan satu persatu. baik yang terlibat secara alangsung maupun tidak dalam proses penyusunan skripsi ini.7. 8. Atas segala bantuan dan partisipasi dari semua pihak dalam penyusunan skripsi ini. penulis sampaikan ucapan terima kasih dan mohon maaf atas segala kekurangan.

....................... dan Dukungan Suami . Keluarga Berencana ...................... Rumusan Masalah ........................................... 30 B.............................................................................................................. 15 D....................................... 20 F..................................................................... 27 I.......... 30 D.................. Populasi dan Sampel ..................... 9 C................................... Definisi Operasional......................................... Desain Penelitian ............................................................................ ii DAFTAR ISI .............................................................................................. Latar Belakang .............................................. 5 C......................................... 7 BAB II TINJAUAN PUSTAKA A.................... 32 DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN iv ................ 5 D....................... iii BAB I PENDAHULUAN A.................................... Analisis Data ........ 28 BAB III METODE PENELITIAN A.................................................................................................... Hubungan Paritas.......... Faktor – faktor yang mempengaruhi pemakaian AKDR ................................ 17 E...... DAFTAR ISI LEMBARAN JUDUL .......................... Kerangka Teori......... Dukungan Suami dengan Pemilihan AKDR ...................................................................................................................... 8 B............................................................. Alat Kontrasepsi Dalam Rahim ............................................................ i KATA PENGANTAR .................. Pengolahan......... Manfaat Penelitian ..................................... 21 G..... Konseling KB.......................................................................................... Hipotesis Penelitian............... Tempat dan Waktu Penelitian ................................ Konseling KB................................................................. Hubungan Antara Paritas............... 27 H.......................... 30 C. 1 B.. Kerangka Konsep ... Pengumpulan....................................... Tujuan Penelitian .......

Dikutip secara online dari http://rentalhikari. (2001). .com. Niken S. James. Yogyakarta: Pustaka Rihama Hartanto. 2005. 2006. Hadriah Oesman (2009). 2010. Keluarga Berencana dan Kontrasepsi. 2010. Hasil Pelaksanaan Sub Sistem Pencacatan dan Pelaporan Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan. DAFTAR PUSTAKA Arikunto. 2015. Soekidjo Notoadmojo. Jakarta: Salemba Medika. Usia dan Pengalaman KB Berhubungan Dengan Pemilihan Metode Kontrasepsi. Konsep Diri. Sri. Asih. Jakarta. Hidayati. Dinkes Provinsi (2017) Profil Kesehatan Provinsi Bengkulu.wordpress. Konsep Remaja. Rini F. Bengkulu Dinkes Kabupaten Mukomuko (2017) Profil Kesehatan Kabupaten Mukomuko. H. High Risk Pregnancy. 2017. Dr. Jakarta.Kep. Handayani. 16 Jacinta. PT Rineka Cipta. Jurnal Of Issues In Midwifery. L. 2011. http://www. BKKBN. 2017. Buku Ajar Pelayanan Keluarga Berencana. Jakarta: EGC Jayanthi. Bengkulu. R.com/2010/04/16/konsep-remaja/. PT Rineka Cipta. Profil Kesehatan Indonesia tahun 2016. Jakarta. Jakarta : Kemenkes RI. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Asuhan Keperawatan pada Kehamilan Fisiologis dan Patologis. Direktorat Pelaporan dan Statistik. Leli. Analisis Lanjut SKDI 2007 Faktor yang Mempengaruhi Pemakaian Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP). 2010. 2009.e-psikologi. [20 Desember 2011]. diakses 25 November 2010 Kemenkes RI. Metedologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : BKKBN. Indahwati.

2017. 2017. Rosni. Peran Suami Dalam Pengambilan Keputusan Keluarga Berencana Di Puskesmas Gatak Sukoharjo. 2016. 89-90 Wiknjosastro H. Jurnal Kebidanan. 51-52 Maryani. Jurnal Kebidanan Saifudin A. Cara tepat memilih alat kontrasepsi keluarga berencana bagi wanita. H. Sri Hadi. 2012. S.529. Hubungan Dukungan Suami Dengan Pemilihan Metode Kontrasespsi IUD Di Bidan Praktik Mandiri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. . Jakarta: Rineka Cipta. Sa’adah. Septiana Dwi. Jurnal Kebidanan. Affandi B dan Enriquito R. Edisi ke-4 Cetakan ke-2.Lubis. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. 2016. S. Sari. Jurnal Kedokteran. Notoatmodjo. Asa Mutia. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. 335 Sulistiyaningsih. Jakarta: Yayaan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo. 112. dan Peran Petugas Kesehatan Terhadap Pemakaian Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) Di Wilayah Kerja Puskesmas Langsa Tahun 2016. 1 Rahmisyah. Jakarta: Rineka Cipta. 2005. 2007. Pengaruh Konseling Bidan Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Minat Menjadi Akseptor IUD Post Plasenta Di Kecamatan Ungaran Barat Tahun 2016. (2008). Hubungan Faktor Pelayanan Keluarga Berencana Dengan Pemilihan Alat Kontrasepsi Di Dalam Rahim. Jurnal Kebidanan. Bengkulu Rahmawati. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Aniswatin. Hubungan Paritas. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.B. Jurnal Kebidanan. 2016. Dukungan Suami. 2003. Puskesmas Ipuh (2017) Profil Puskesmas Ipuh. hal 523 . Puslitbang Pelayanan dan Teknologi Kesehatan : Depkes RI Notoatmodjo. 2013. Efektifitas Konseling KB terhadap Pengetahuan Dan Sikap PUS dalam Pemilihan Kontrasepsi Intra Uterine Devide (IUD). Ilmu Kebidanan.

Pertanyaan I. Nama : 2. beri tanda silang (X) pada kolom jawaban yang telah disediakan dan beri jawaban dengan benar / jujur. Konseling KB Petunjuk Pengisian : Perhatikan setiap pertanyaan dengan jelas. apakah bidan atau petugas KB menyapa dan memberi salam kepada ibu? 2 Apakah bidan atau petugas KB menanyakan tujuan ibu datang setiap ke praktiknya? 3 Apakah bidan atau petugas KB menanyakan informasi tentang diri ibu? 4 Apakah bidan atau petugas KB memberikan . Umur : 3. Alamat : 8. Pendidikan Terakhir : 6. Pekerjaan : 7. Data Responden 1. LEMBAR KUISONER A. NO Pertanyaan Tidak Kadang Selalu Sering Pernah Kadang Kali 1 Setiap ibu pergi kerumah bidan atau tempat pelayanan kesehatan untuk mendapatkan pelayanan KB. Alat Kontrasepsi Yang digunakan sekarang : B. Paritas Berapa jumlah anak yang telah dilahirkan baik dalam keadaan hidup ataupun meninggal. Jumlah Anak Seluruhnya : Orang Jumlah Anak Hidup : Orang Jumlah Anak Meninggal : Orang II. Tempat Tanggal Lahir : 5. Agama : 4.

Dukungan Suami NO Pertanyaan Tidak Kadang Selalu Sering Pernah Kadang Sekali 1 Apakah suami memilihkan kontrasepsi? 2 Apakah suami . apakah bidan atau petugas KB memberitahukan jadwal kapan ibu kembali lagi? (Modifikasi Sukma Amperiana. Setelah ibu memakai alat kontasepsi yang ibu inginkan. 2016) III. 9. efek samping yang mungkin timbul. kesempatan pada ibu menceritakan pengalaman selama memakai kontrasepsi? 5 Apakah bidan atau petugas KB menjelaskan tentang semua alat kontrasepsi 6 Apakah bidan atau petugas KB membantu ibu memilihkan kontrasepsi yang cocok dengan kondisi ibu? 7 Apakah bidan atau petugas KB memberikan ibu kesempatan berpikir sebelum menentukan kontrasepsi? 8 Setelah ibu memilih kontrasepsi yang cocok untuk ibu. dan bagaimana cara ibu mengatasinya). apakah bidan atau petugas KB menjelaskan secara lengkap tentang alat kontrasepsi yang ibu pilih? (tentang cara pemakaiannya.

membantu dalam menggunakan kontrasepsi seperti mengingatkan ibu untuk kontrol ulang? 3 Apakah suami membantu mencari pertolongan bila ibu mengalami efek samping dari pemakaian alat kontrasepsi yang ibu pakai? 4 Apakah suami mengantar ke rumah bidan atau ke puskesmas bila ibu ingin kontrol atau kunjungan ulang? (Modifikasi Yadela Bahar. 2015) .

setelah membaca dan memahami surat pengantar responden. Kesedian saya menjadi responden atas kemauan saya sendiri dan tanpa ada pemaksaan dari pihak manapun karena saya memahami bahwa data informasi yang saya berikan akan saya jaga kerahasiannya dan hanya digunakan untuk keperluan penelitian demi pengembangan Ilmu Kebidanan serta tidak akan merugikan bagi saya. menyatakan bersedia menjadi responden untuk penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Jurusan Kebidanan STIKES Tri Mandiri Sakti dengan Judul : Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Pemakaian AKDR Di Wilayah Puskesmas Ipuh Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko Tahun 2018. LEMBAR PERSETUJUAN MENJADI RESPONDEN Saya yang bertanda tangan dibawah ini. 2018 Diana Nurul Fadilla . Bengkulu.

Kerahasian atas semua informasi yang diberikan akan dijaga dan hanya digunakan untuk penelitian yang tidak akan menimbulkan akibat bagi responden. 2018 Diana Nurul Fadilla . dan kesediannya menjadi responden. Saya yang bertanda tangan dibawah ini : Nama : Diana Nurul Fadilla NPM : 1726040295 Semester : II (Dua) Adalah mahasiswa Jurusan DIV Kebidanan STIKES Tri Mandiri Sakti Bengkulu yang sedang melaksanakan penelitian Skripsi dengan judul : Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Pemakaian AKDR Di Wilayah Puskesmas Ipuh Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko Tahun 2018. Calon responden Di Tempat Dengan Hormat. saya ucapkan terima kasih. Atas perhatian. SURAT PENGANTAR RESPONDEN Kepada Yth. Bengkulu. mak saya mohon kesediannya untuk menandatangani lembar persetujuan yang akan saya bagikan. Sehubungan hal diatas. Apabila ibu menyetujui. saya mohon pada ibu untuk bersedia menjadi responden dalam penelitian tersebut. kerjasama.

SST. M. SST. BERITA ACARA BIMBINGAN SKRIPSI NAMA : DIANA NURUL FADILLA NIM : 1726040295 JURUSAN : DIV KEBIDANAN JUDUL SKRIPSI : FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA PEMAKAIAN AKDR DI WILIYAH KERJA PUSKESMAS IPUH TAHUN 2018 PEMBIMBING I : YUNI RAMADHANIATI. M.KES PEMBIMBING II : YULITA ELVIRA SILVIANI.KES NO TGL MATERI (BAB) KETERANGAN PARAF PEMB I PEMB II .