You are on page 1of 4

PEMERINTAH KABUPATEN TANGERANG

DINAS KESEHATAN
PUSKESMAS BOJONG KAMAL
Kp. Cibinglu Rt 02/ Rw 02, Desa Bojong Kamal, Kec. Legok, Kab. Tangerang Kode Pos 15820
Email: pkm.bojongkamal@gmail.com

KEPUTUSAN
KEPALA PUSKESMAS BOJONG KAMAL
Nomor : 824/ / SK-UKM/PKM CSK/2018

TENTANG

KEWAJIBAN PENANGGUNG JAWAB UKM DAN PELAKSANA UNTUK
MEMFASILITASI PERAN SERTA MASYARAKAT

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA,
KEPALA PUSKESMAS BOJONG KAMAL,

Menimbang : a. bahwa untuk tercapainya peningkatan derajat kesehatan di wilayah kerja
maka diperlukan kewajiban penanggung jawab UKM dan pelaksana untuk
memfasilitasi peran serta masyarakat.;
b. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana di maksud pada huruf a
perlu menetapkan keputusan Kepala Puskesmas Bojong kamal, tentang
kewajiban penanggung jawab UKM dan pelaksana untuk memfasilitasi
peran serta masyarakat;

Mengingat : 1. Undang-ungang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
2. Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah;
3. Undang-undang Nomor 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan;
4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1464 Tahun 2010 tentang Ijin dan
Praktek Bidan;
5. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1796 Tahun 2011 tentang Registrasi
Tenaga Kesehatan;

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 13 Tahun 2015 tentang Pembangunan Berwawasan Kesehatan. Pemberdayaan Masyarakat. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 65 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan. 6. 8. 12. 31 Tahun 2016 tentang Registrasi dan Ijin Praktek Kefarmasian. 9. 10. Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 585 Tahun 2007 tentang tentang Pedoman Penatalaksanaan Promosi Kesehatan Di Puskesmas. 15. Peraturan Bupati Tangerang Nomor 38 Tahun 2010 Tentang Tugas Pokok. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ijin dan Penyelenggaraan Praktek Perawat. 11. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. 7. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 Tahun 2016 tentang Pendekatan Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga ( PIS-PK ). . Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 2052 Tahun 2011 tentang Ijin Praktek dan Pelaksanaan Praktek Kedokteran. 13. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 44 Tahun 2016 tentang Pedoman Manajemen Puskesmas. Fungsi dan Tata Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang. Pembinaan. MEMUTUSKAN Menetapkan : KEPUTUSAN KEPALA PUSKESMAS TENTANG KEWAJIBAN PENANGGUNG JAWAB UKM DAN PELAKSANA UNTUK MEMFALISITASI PERAN SERTA MASYARAKAT DI PUSKESMAS BOJONG KAMAL Kesatu : Kewajiban penanggung jawab UKM dan pelaksana untuk memfalisitasi peran serta masyarakat sebagaimana tercantum dalam lampiran keputusan ini. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 46 Tahun 2016 tentang Akreditasi. 14.

Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dan apabila dikemudian hari Ketiga : ternyata terdapat kekeliruan dalam penetapan ini akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya. EDDY RIRIS ANITA T . Ditetapkan di : Tangerang Pada tanggal : KEPALA PUSKESMAS BOJONG KAMAL. Kewajiban penanggung jawab UKM dan pelaksana untuk memfalisitasi peran Kedua : serta masyarakat sebagaimana dimaksud dalam diktum kesatu agar digunakan sebagai acuan oleh petugas Puskesmas Bojong Kamal untuk menyelenggarakan kegiatan pelaksanaan UKM di wilayah kerjanya.

dan sasaran dalam setiap pelaksanaan program UKM yang dilaksanakan didalam gedung dan luar gedung Puskesmas Bojong Kamal 2. g. Memberikan setiap informasi kesehatan yang melibatkan peran serta masyarakat. c. Merencanakan setiap kegiatan yang dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat f. Melibatkan Lintas Sektor dalam kegiatan mengevaluasi dan membuat rencana tindak lanjut dari setiap kegiatan program UKM. Melakukan survey mawas diri yang dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat d. Melibatkan Lintas Sektor dalam pelaksanaan kegiatan program UKM. Melaksanakan kegiatan yang dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat h. Melibatkan Lintas Sektor. . TOMA. Melibatkan setiap elemen masyarakat dalam kegiatan berbasis kesehatan b. Yang dimaksud memfasilitasi pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan adalah a. Melibatkan Lintas Sektor dalam kegiatan monitoring dan pembinaan program setiap kegiatan program UKM. k. i. e. Melibatkan Lintas Sektor. TOMA dalam kegiatan perumusan perencanaan setiap kegiatan Puskesmas. Sasaran / Masyarakat dalam kegiatan SMD dan MMD. LAMPIRAN KEPUTUSAN KEPALA PUSKESMAS NOMOR : TENTANG : KEWAJIBAN PENANGGUNG JAWAB UKM DAN PELAKSANA UNTUK MEMFASILITASI PERAN SERTA MASYARAKAT KEWAJIBAN PENANGGUNG JAWAB UKM DAN PELAKSANA UNTUK MEMFASILITASI PERAN SERTA MASYARAKAT 1. Penanggung jawab dan pelaksana program UKM wajib memfasilitasi peran serta masyarakat. l. Memonitoring dan membina setiap kegiatan program UKM. Mengevaluasi hasil dan membuat rencana tindak lanjut dari setiap kegiatan program UKM. j.