ANALISIS SEMIOTIKA DALAM BILLBOARD SAMPOERNA

A MILD “NANTI JUGA LO PAHAM”

Dengan telah berlakunya peraturan Komisi Penyiaran Indonesia produsen rokok mencari cara lain yang lebih kreatif untuk mempromosikan produknya salah satunya adalah dengan mengemas pesan moral pada iklannya. Pengiklan bertujuan mengiklankan produknya agar masyarakat dapat membeli produk yang telah di iklankan dan untuk mendapatkan hasil yang efektif. salah satunya dengan beriklan menggunakan media televisi. BAB I PENDAHULUAN 1. kebanyakan pengiklan menampilkan kelebihan dan cara pakai dari produknya. televisi menggunakan kombinasi suara dan gambar dengan kemampuan untuk mendemonstrasikan produkdan luasnya jangkauan televisi yang dapat ditempuh dalam waktu bersamaan secara serentak. namun pada beberapa iklan hal itu tidak dapat dilakukan seperti halnya iklan rokok Sampoerna A Mild yang tidak bisa dengan bebas menampilkan produknya dikarenakan. dan dilarang menyajikan program yang mengandung adegan penggunaan alkohol dan rokok secara dominan dan vulgar. telah berlakunya Peraturan Tentang Standar Program Siaran Nomor 3 Pasal 16 Tahun 2007 dengan ketentuan bahwa dilarang menyiarkan program yang menggambarkan penggunaan alkohol dan rokok sebagai hal yang dapat diterima secara luas oleh masyarakat.dilarang menyiarkan program yang mengandung muatan yang mendorong anak-anak atau remaja untuk menggunakan alkohol dan rokok.1 Latar Belakang Dalam dunia komunikasi banyak cara yang dapat dilakukan untuk menyebarkan informasi kepada khalayak. televisi adalah salah satu media yang paling efektif dan efesien untuk menyebarkan informasi karena. . merayu. Oleh karena keunikan yang dimiliki televisi itulah medium televisi sering dipakai sebagai alat penyampaian pesan (Morissan. 2010). Tema pesan moral sebagai produk jualnya dianggap efektif untuk mampu menarik perhatian.

Umumnya iklan selalu menunjukkan gambaran produk dalam setiap tayangannya. Atau bagaimana jadinya apabila masyarakat salah menafsirkan iklan tersebut sehingga menghasilkan interpretasi yang negatif. kemasan serta iklannya dibuat semenarik mungkin. banyak dari mereka menginginkan produk rokok dengan kadar nikotin rendah serta kemasan menarik tanpa mengurangi rasa kenikmatan. Tetapi bagaimana mungkin masyarakat dapat menyimpan nilai-nilai positif dari iklan tersebut apabila mereka tidak dapat memaknai iklan tersebut. Iklan ini juga memiliki nilai positif bagi masyarakat. itulah kesan yang ingin ditonjolkan dari produk A Mild sehingga menjadi icon rokok mild di Indonesia. maupun berperilaku tertentu sesuai yang dikehendaki oleh produsen. Seperti tradisi A Mild pada umumnya. trend iklan rokok cenderung tidak menampilkan produk. melainkan hanya pencitraan terhadap produk.mengajak. Di Indonesia melalui rokok mild Sampoerna cukup dengan mempertahankan image produk A Mild dalam benak konsumen melalui iklannya. Marlboro menawarkan simbol keperkasaan yang dikenal melalui gaya hidup pria koboi. sedangkan Djarum Super menawarkan simbol pria pemberani yang dikenal melalui gaya hidup bertualang serta menemukan tantangan-tantangan besar. Kompetisi persaingan semakin ketat antara perusahaan rokok dalam berebut pangsa pasar rokok mild dari segi rasa. dan juga menggerakkan masyarakat untuk bersikap. Namun. iklan kali ini juga menampilkan tayangan yang abstrak dan cukup berat untuk di cerna. seperti yang dapat kita lihat iklannya sekarang ini. atau iklan A Mild yang dikenal dengan menyampaikan pesan sosial secara abstrak. iklannya tidak gencar membujuk konsumen untuk membeli produknya tetapi cenderung mengingatkan produknya kepada konsumen melalui iklan yang ditampilkan. Iklan rokok Marlboro misalnya. Atau bagaimana pula jika ternyata A Mild memang memberikan nilai-nilai negatif kepada . Pada akhir belakangan ini muncul tayangan iklan A Mild Go A Head versi “Nanti Juga Lo Paham” di televisi. A Mild merupakan produk rokok yang mempunyai pangsa pasar besar di Indonesia khususnya konsumen para remaja.

1. 2. Secara Teoritis Secara teoritis. . pengetahuan serta menambah wawasan dan informasi mengenai pesan moral dalam iklan Sampoerna A Mild dan Untuk menjadi bahan masukan yang berharga bagi mahasiswa untuk lebih memahami semiotika dan makna tanda dalam suatu iklan. 1. maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana semiotika dalam billboard sampoerna A Mild versi “Nanti Juga Lo Paham”.masyarakat dengan tujuan-tujuan tertentu. Secara Praktis Secara praktis.2 Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang diatas.4 Manfaat Penelitian Adapun kegunaan penelitian ini yaitu: 1. Oleh sebab itu maka penulis memutuskan untuk menginterpreasikan iklan A Mild versi “Nanti Juga Lo Paham” untuk mengetahui interpretasi makna dari iklan tersebut. hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pengembangan ilmu komunikasi dan dapat menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya khususnya yang berkaitan dengan konstuksi pesan moral dan penelitian mengenai semiotika. diharapkan penelitian ini dapat menjadi sumbangan pemikiran dalam memberikan gambaran.3 Tujuan Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pesan moral yang terkandung dalam billboard Sampoerna A Mild “Nanti Juga Lo Paham”. 1.