MAKALAH JARINGAN

“DESAIN TOPOLOGI DAN SISTEM KEAMANAN JARINGAN DI SMK NEGERI 1 CILACAP”

Disusun Oleh : Reza Rizqia (24) XI TKJ 1

TEHNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

SMK NEGERI 1 CILACAP .

Apa saja Keamanan Jaringan ? c. Saat ini. B. Dalam pekembangan komputer kali ini juga tidak luput dengan adanya jaringan internet. maka kita perlu sebuah keamanan jaringan untuk menyaring dan menentukan user-user yang boleh dan bias masuk dalam jaringan kita. Keamanan jaringan adalah proses untuk melindungi system dalam jaringan dengan mencegah dan mendeteksi penggunaan yang berhak dalam jaringan.BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG Perkembangan zaman yang sangat pesat ternyata memberi pengaruh di berbagai bidang kehidupan. termasuk dalam bidang teknologi informasi. Apa pengertian Keamanan Jaringan pada komputer ? b. Pengelolaan terhadap pengendalian keamanan jaringan dapat dilihat dari sisi pengelolaan resiko (risk management). POKOK PERMASALAHAN Adapun masalah yang dapat dirumuskan dalam makalah ini adalah : a. Berangkat dari begitu mudahnya pengaksesan jaringan ini. Topologi yang pantas di SMK Negeri 1 Cilacap ? . Sehingga datadata serta semua informasi penting yang ada dalam jaringan kita tetap terjaga kerahasiaannya. Seperti halnya penggunaan media komputer dalam kehidupan sehari-hari. komputer tidak hanya digunakan pada kalangan tertentu saja tetapi komputer seakanakan telah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar kalangan.

Apa tipe Sekuriti yang pantas untuk pemasangan Topologi Jaringan di SMK N 1 Cilacap. Untuk mengetahui Tipe Sekuriti yang dipakai di SMK N 1 Cilacap. C. . Untuk mengetahui macam. d.macam Keamanan Jaringan c. TUJUAN PENULISAN Dari permasalahan yang telah dikemukakan dalam makalah ini. Untuk mengetahui Topologi mana yang pantas untuk SMK N 1 Cilacap. b. maka tujuan penulisan makalah ini adalah : a. Untuk mengetahui pengertian sistem Keamanan Jaringan.d.

tetapi secara garis besar mempunyai sifat merusak. Sasaran keamanan komputer antara lain adalah sebagai perlindungan informasi terhadap pencurian atau korupsi. seperti dijabarkan dalam kebijakan keamanan. b. Pengertian Keamanan Jaringan Komputer Keamanan Jaringan adalah suatu cabang yang dikenal dengan nama keamanan informasi yang diterapkan pada komputer. Trojan dalam sistem komputer Adalah bagian dari infeksi digital yang kehadirannya tidak diharapkan oleh pemilik komputer.BAB II PEMBAHASAN A. tetapi potensi bahayanya dapat jauh lebih besar dari virus komputer. Pelakunya disebut hacker. Keamanan Jaringan Meliputi : a. Trojan masuk ke suatu komputer melalui jaringan dengan cara disisipkan pada saat berinternet dengan media fisik Trojan tidak berpengaruh secara langsung seperti halnya virus komputer. Hacking Adalah setiap usaha atau kegiatan di luar izin atau sepengetahuan dan sebagainya. . Hacker adalah sebutan untuk mereka yang memberikan jaringan sumbangan komputer. Trojan terdiri dari fungsi – fungsi yang tidak diketahui tujuannya. yang bermanfaat kepada membuat pemilik jaringan untuk memasuki sebuah jaringan serta mencoba mencuri file password program kecil dan membagikannya dengan orang – orang di internet. atau pemeliharaan ketersediaan. b. Keamanan Jaringan Komputer a.

Threat Merupakan memberikan salah satu dari tiga komponen Risk yang konstribusi kepada Management Model. sehingga user yang berhak / berkepentingan tidak dapat menggunakan layanan tersebut. Serangan DDoS adalah jenis serangan . yaitu versi server akan dikendalikan oleh penyerang lewat versi client-nya. Serangan Denial of Service (DOS) ini terjadi apabila penyerang atau yang sering terdengar dengan istilah hacker ini merusak host atau sevice yang ada sehingga host atau service itu tidak dapat lagi berkomunikasi secara lancar di dalam network neighborhood-nya. atau agar Usaha pengobatan sebelum tidak sistem (recovery). lubang (preventif) pencegahan yaitu usaha keamanan. a. Penanganan Trojan dapat dilakukan dengan dua cara.Trojan dapat diaktifkan dan dikendalikan secara jarak jauh atau menggunakan timer. Port tertentu yang tidak lazim terbuka mengindikasikan adanya kegiatan aktif Trojan. terjadinya mempunyai dilakukan pengobatan dilakukan setelah sistem terinfeksi. b. Perkembangan dari serangan DOS adalah DDOS. yaitu pencegahan Usaha infeksi. Pengendalian jarak jauh seperti halnya Remote Administration Tools. yang digunakan untuk menghadapi ancaman (managing threaths). yaitu usaha untuk menutup lubang keamanan yang telah diekploitasi dan menghilangkan penyebab infeksi. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh penyerang jika komputer korban telah dikendalikan. Denial of Service Adalah aktifitas menghambat kerja sebuah layanan (servis) atau mematikan-nya.

men-defaced (merusak halaman muka web) milik orang lain. c. Ada badan peneliti yang bekerja sama dengan produsen perangkat lunak. d. melawan keamanan komputer. mencuri untuk data dan melakukan cracking keuntungan dapat yang mengambil bertugas tindakan.dengan cara memenuhi trafik server situs tersebut hingga situs menjadi lambat dan susah diakses. exploit kadang menjadi bagian dari suatu menyerang . mereka melaporkan hasil temuan ke produsen agar produsen malware keamanan. Peneliti itu bertugas mencari kerapuhan dari sebuah perangkat lunak dan kalau mereka menemukannya. keamanan namun aksi (security melancarkan keamanan komputer menggunakan exploit untuk mendemonstrasikan bahwa suatu sistem memiliki kerapuhan. Cracker Adalah sebutan untuk mereka yang masuk ke sistem orang atau lain lisensi dan cracker lebih bersifat secara destruktif. bahkan hingga men-delete umumnya data orang lain. Meskipun kerapuhan demikian. Pengertian lain tentang DDOS adalah mengirimkan data secara terus menerus dengan menggunakan satu komputer tidak begitu efektif karena biasanya sumber daya server yang diserang lebih besar dari komputer penyerang. Exploit Adalah sebuah perangkat kerapuhan yang Banyak spesifik peneliti untuk lunak (software) tidak yang yang selalu tidak menyerang vulnerability) bertujuan diinginkan. mem-bypass password program komputer. sengaja biasanya dijaringan komputer.

kegiatan. Pada digital signature suatu data / pesan akan di enkripsi dengan kunci simetris yang diciptakan secara acak (randomly generated symmetric key) yang kemudian akan di enkripsi dengan menggunakan kunci publik dari penerima. Cracker juga mempunyai IP yang tidak bisa dilacak. e. – Enkripsi Adalah teknik pengkodean data yang berguna untuk aplikasi dan identitas user yang terhubung dengan jaringan komputer . Cracker tidak mempunya kode etik ataupun aturan main. yang hanya orang – orang tertentu yang bisa mengaksesnya. Disini pengirim dan penerima menggunakan kunci yang sama sehingga mereka harus menjaga kerahasiaan terhadap kunci tersebut. kemudian pembobolan situs dan mengubah segala isinya menjadi berantakan. Kasus yang paling sering dilakukan oleh cracker ialah Carding yaitu Pencurian Kartu Kredit. karena cracker sifatnya merusak. Digital Signature Merupakan sistem keamanan kriptografi simetris (symmetric crypthography / secret key crypthography) yang menggunakan kunci yang sama dalam melakukan enkripsi dan dekripsi terhadap suatu pesan (message). Hasil dari ekripsi ini kemudian dikenal sebagai digital envelope yang akan dikirimkan bersama pesan / data yang telah di enkripsi. Cracker yang mempunyai situs ataupun cenel dalam IRC tersembunyi. c. Cara Pengamanan Jaringan Komputer : – Autentikasi Adalah proses pengenalan peralatan.sendiri. system operasi.

Topologi G k di Dan Sistem Keamanan Jaringan Yang di una an . dan station. link.menjaga data / file baik di dalam komputer maupun pada jalur komunikasi dari pemakai yang tidak dikehendaki. Teknik Enkripsi : • DES (Data Encription Standard) • RSA (Rivest Shamir Adelman) B. Topologi cincin c. yaitu node. Pengertian Topologi Jaringan Topologi Jaringan adalah bentuk perencanaan khusus baik secara fisik maupun logik untuk membangun sebuah jaringan komputer. Topologi Jaringan a. Topologi Fully Connected C. Atau hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan. Topologi bintang b. Topologi bus d. Topologi pohon f. Topologi jaringan dapat dibagi menjadi 5 kategori utama seperti di bawah ini : a. Topologi mesh e.

Topologi bintang merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. 4. SMK N 1 Cilacap perlu di bangun jaringan yang sesuai dengan lokasinya yaitu jaringan dengan tipe topologi star ( bintang ). Sistem keamanan jaringan yang digunakan : Dengan banyaknya jenis ancaman keamanan jaringan. maka di SMK N 1 Cilacap perlu menerapkan keamanan jaringan. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah. lab komputer. maka dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah. Authentikasi terhadap sistem 2. o Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk.SMK N 1 Cilacap a. internet dan lain sebagainya. Enkripsi terhadap sistem untuk penyimpanan dan pengiriman data penting. Tool-tool jaringan. proxy dan antivirus b. Audit sistem untuk akuntabilitas dan rekonstruksi 3. misalnya firewall.  Kelebihan o Kerusakan pada satu saluran hanya akan mempengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut. o Tingkat keamanan termasuk tinggi. Pilihan-pilihan teknis yang dapat digunakan untuk mendukung keamanan jaringan komputer antara lain: 1.  . o Penambahan Kekurangan o Jika node tengah mengalami kerusakan. Topologi jaringan yang digunakan : Dengan adanya fasilitas yang cukup memadai seperti kantor.

bila pusat mengalami gangguan. Semua link harus berhubungan dengan pusat apabila ingin menyalurkan data kesimpul lainnya yang dituju. beberapa peralatan yang ada akan dihubungkan ke dalam satu pusat komputer. sehingga banyak digunakan oleh pihak per-bank-kan yang biasanya mempunyai banyak kantor cabang yang tersebar dipelbagai lokasi. topologi star juga memiliki berbagai kelebihan yang cocok dengan system jaringan untuk dunia pendidikan karena bersifat memusat. Dalam konfigurasi bintang. Letak server yang berada sebagai pusat jaringan dapat mengkontrol dan memonitor arus jaringan yang digunakan. Kontrol yang ada akan dipusatkan pada satu titik. seperti misalnya mengatur beban kerja serta pengaturan sumber daya yang ada. sehingga para siswa tidak dapat menyalahgunakan pemakaian computer.. Model jaringan bintang ini relative sangat sederhana. Dalam hal ini. maka segala macam kegiatan yang ada di-kantor cabang dapatlah dikontrol dan dikoordinasikan dengan baik. Dengan adanya konfigurasi bintang ini. Berikut adalah gambar / sketsa topologi star : . maka semua terminal juga akan terganggu. Berdasarkan deskripsi diatas maka topolgi star atau topologi bintang yang paling cocok untuk digunakan pada system jaringan di SMK N 1 Cilacap.seluruh jaringan akan terhenti. Disamping biaya pemasangan yang terjangkau.

.

Sehingga penggunaan setiap komputer teratur dan terkontrol serta tidak sesuka hati setiap pengguna. Setiap komputer yang digunakan oleh setiap pengguna diberi otentifikasi yaitu berupa penamaan hardware dan pemberian IP Address.D. Pengguna internal adalah pengguna yang berada di dalam LAN suatu instansi. MD5. Luar Untuk setiap password yang digunakan menggunakan jenis Pengguna dalam sistem jaringan terdiri dari 2 (dua) yaitu yang bersifat internal dan eksternal. . • Kebutuhan Keamanan Host Untuk menjaga keamanan setiap komputer pengguna. Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses manajemen setiap perangkat yang ada serta menghindari kebebasan pengguna mengganti perangkat yang telah diberikan dengan perangkat pengguna lainnya. • Kebutuhan Autentik. Tipe Sekuriti Beberapa tipe sekuriti yang digunakan untuk keamanan dalam sistem jaringan di Di SMK N 1 Cilacap sebagai berikut : Untuk layanan email dan web service menggunakan jenis sekuriti sekuriti Kebutuhan Pengaksesan Data dari SSL. pengguna tidak dapat menggunakan komputer tersebut. maka sebelum menggunakan komputer pengguna harus login terlebih dahulu. Dimana tanpa menggunakan account yang telah ditentukan untuk setiap komputer. Sedangkan pengguna eksternal adalah pengguna yang berada diluar suatu instansi yang butuh untuk meng-update data yang ada di dalam sistem jaringan suatu instansi yang terkait tersebut.

f. utilization. Security Management Dapat digunakan untuk mengontrol pengaksesan jaringan dan untuk keperluan auditing. respon time. serta Licensing & billing e. Kebutuhan Aplikasi . Granting and removal of network access. error rate dan c. serta proses backup. Performan Management Untuk mengukur performansi manajemen suatu jaringan seperti throughput. mendiagnosis jaringan. b. Fault Management Untuk menentukan permasalahan yang terjadi pada jaringan.• Kebutuhan Manajemen Kebutuhan manajemen yang diperlukan untuk memanajemen sistem jaringan di suatu instansi adalah sebagai berikut: a. manajemen asset dan kabel. penamaan dan pengalamatan. serta untuk perbaikan atau perbaikan ulang. Accounting Management Untuk mengetahui Track utilisation of network resources. d. Configuration Management Digunakan untuk layanan inventory dan topology. melakukan backup. manajemen perubahan.

perlu disediakan sebuah server khusus untuk server aplikasi yaitu web server. Alasan pemilihan protokol ini adalah karena protokol ini merupakan protokol transportasi yang paling fleksibel dan dapat digunakan pada area yang Pengguna Jumlah pengguna yang akan menggunakan aplikasi yang disediakan dan protokol yang ditentukan luas. Protokol yang digunakan untuk desain jaringan ini adalah protokol yang paling luas penggunaannya. TCP/IP. Jenis aplikasi yang ditempatkan pada web server tersebut adalah aplikasi berbasis web. UDP dan Apple Talk. Dengan demikian semua dari pengguna PC yang ingin dapat apabila menggunakan mengaksesnya aplikasi tersebut masing-masing sudah terhubung ke server. Aplikasi yang dipakai bersama oleh seluruh pengguna komputer di suatu instansi ditempatkan pada web server. Semua aplikasi ini dapat diakses tersebut. dalam lingkungan LAN suatu instansi . Ada empat macam protokol jaringan. yaitu protokol TCP/IP. yaitu IPX/SPX.Aplikasi Pada server sistem jaringan suatu instansi. Protokol Protokol dalam sebuah jaringan komputer adalah kumpulan peraturan yang mendefenisikan bagaimana cara informasi ditransmisikan melalui jaringan.

. Hal ini mempermudah pengguna menggunakan aplikasi kapan saja dibutuhkan.adalah ±100 pengguna. Penggunaan Aplikasi Aplikasi yang tersedia dalam sistem jaringan suatu instansi dapat digunakan setiap saat baik dari web internal dilakukan maupun untuk dari web eksternal.

Simpulan Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penulisan makalah ini adalah : 1. dan station. 2. Sasaran keamanan komputer antara lain adalah sebagai perlindungan informasi terhadap pencurian atau korupsi. Topolologi yang paling cocok untuk digunakan di SMK N 1 Cilacap adalah topologi star ( bintang ) . Topologi Jaringan adalah bentuk perencanaan khusus baik secara fisik maupun logik untuk membangun sebuah jaringan komputer atau hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan. yaitu node. link.BAB III PENUTUP A. seperti dijabarkan dalam kebijakan keamanan. atau pemeliharaan ketersediaan. 3. Keamanan Jaringan adalah suatu cabang yang dikenal dengan nama keamanan informasi yang diterapkan pada komputer.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful