Tugas Mata Kuliah Dosen

:

: MSDM

Waktu : Sabtu, April 2010 Ruangan : HPT Besar

DAMPAK KENAIKAN HARAGA BBM TERHADAP UPAH KARAYAWAN

Oleh: AGUS SULAIMAN H24087020

PROGRAM SARJANA MANAJEMEN PENYELENGGARAAN KHUSUS DEPARTEMEN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN MANAJEMEN INSTITUT PERTANIAN BOGOR BOGOR 2010

Imbalan Ekstrinsik adalah imbalan yang berbentuk uang atau ada juga yang berbentuk tunjangan pelengkap. Bagian atau unit yang biasanya mengurusi SDM adalah departemen sumber daya manusia atau dalam bahasa inggris disebut HRD atau human resource department. adalah orang/karyawan di belakangnya yang paling penting. Departemen personalia biasanya merancang dan mengadministrasikan kompensasi karyawan Salah satu hal yang dapat meningkatkan kompetensi dan kinerja SDM adalah kompensasi. Tujuannya adalah memberikan kepada organisasi satuan kerja yang efektif. HRD harus bertransformasi menjadi mitra bisnis strategis dari top management untuk memastikan strategi SDM yang sesuai. Kompensasi yang tepat sangat penting dan disesuaikan dengan kondisi pasar tenaga kerja yang ada pada lingkungan eksternal. Berarti dibalik semua infrastruktur dan kelengkapan organisasi. karena oranglah yang menjalankan semuanya itu. Kompensasi atau imbalan yang diberikan bermacam-macam jenisnya. teknologi. Kompensasi yang tidak sesuai dengan kondisi yang ada dapat menyebabkan masalah ketenaga kerjaan di kemudian hari atau pun dapat menimbulkan kerugian pada organisasi atau perusahaan. produk. Untuk menarik dan mendapatkan SDM yang sesuai dengan kebutuhan atau tujuan perusahaan maka diperlukan manajemen sumber daya manusia. dengan tujuan memberikan kontribusi yang optimal dalam meningkatkan kualitas. sehingga dapat mencapai tujuan perusahaaan.Karyawan adalah aset terpenting dalam sebuah organisasi. guna mendukung pencapaian tujuan perusahaan. proses. disingkat MSDM. antara lain misalnya : . sistem. Jenis-jenis kompensasi yang diberikan pada karyawan ada 2 yaitu : 1. Dengan demikian. Kompensasi adalah imbalan atas kontribusi kerja pegawai secara teratur dari organisasi atau perusahaan.karyawan dan masyarakat menjadi maksimal. HRD memainkan peran penting dalam mendukung pelaksanaan strategi perusahaan mencapai tujuannya melalui penyediaan. Fungsi HRD memang tidak bisa terlepas dari ³mengurusi karyawan´. Manajemen sumber daya manusia adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal) bersama perusahaan. tapi mengurusi dalam perspektif yang lebih strategis. pemeliharaan dan pengembangan SDM yang memiliki kompetensi yang diperlukan. kompetensi dan kinerja SDM yang ada. MSDM diperlukan untuk meningkatkan efektivitas sumber daya manusia dalam organisasi.

kondisi lingkungan kerja.Uang Gaji Honor Bonus Komisi Insentif Tunjangan Pelengkap Uang Cuti Uang Makan Uang transportasi / antar jemput Asuransi Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja) 2. perusahaan perlu menyediakan kebijakan yang meliputi: y y y Tingkat kompensasi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup layak karyawan Keadilan dengan pasar kerja eksternal Keadilan internal sesuai dengan kondisi perusahaan . jenjang karir yang jelas. pekerjaan yang menarik. Imbalan Intrinsik adalah imbalan yang tidak berbentuk fisik dan hanya dapat dirasakan berupa kelangsungan pekerjaan. Agar tujuan perusahaan dan harapan serta aspirasi individual terujud sesuai harapan maka dalam sistem penghargaan atau kompensasi. yang idealnya merupakan kesepakatan pihak manajemen dan karyawan. Sedangkan tujuan organisasi atau perushaan memberikan kompensasi pada karyawannya adalah: y y y y y y Mendapatkan karyawan yang berkualitas Mempertahankan karyawan yang sudah ada Menjamin keadilan Perubahan sikap dan perilaku Efisiensi biaya Administrasi legalitas Dalam penerapannya maka manajemen kompensasi memiliki prinsip-prinsip: y y Terdapatnya rasa keadilan dan pemerataan pendapatan dalam perusahaan Setiap pekerjaan karyawan dinilai melalui proses evaluasi pekerjaan dan kinerja mempertimbangkan kondisi kesehatan keuangan perusahaan y Sistem kompensasi yang baru harus dapat membedakan karyawan yang berprestasi baik dan tidak dalam golongan gaji yang sama. dan lain-lain.

dan karenanya disebut dengan biaya personil atau biaya gaji. Bahan Bakar Minyak (BBM) merupakan komoditas yang memegang peranan sangat vital dalam semua aktifitas ekonomi. Gaji adalah suatu bentuk pembayaran periodik dari seorang majikan pada karyawannya yang dinyatakan dalam suatu kontrak kerja. Hal ini dikarenakan terjadi kenaikan pada pos-pos biaya produksi sehingga meningkatkan biaya secara keseluruhan dan mengakibatkan kenaikan harga pokok produksi yang akhirnya akan menaikkan harga jual produk. Multiple efek dari kenaikan BBM ini antara lain meningkatkan biaya overhead pabrik karena naiknya biaya bahan baku. gaji dapat dianggap sebagai biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan sumber daya manusia untuk menjalankan operasi. Dampak langsung perubahan harga minyak ini adalah perubahan-perubahan biaya operasional yang mengakibatkan tingkat keuntungan kegiatan investasi langsung terkoreksi. Turunnya daya beli masyarakat mengakibatkan tidak terserapnya semua hasil produksi banyak perusahaan sehingga secara keseluruhan akan menurunkan penjualan yang pada akhirnya juga akan menurunkan laba perusahaan. kenaikan gaji menjadi hal yang ditunggu-tunggu setiap karyawan. Di lain pihak dengan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak tersebut akan memperberat beban hidup masyakarat yang pada akhirnya akan menurunkan daya beli masyarakat secara keseluruhan. Namun. Setiap tahun. Kenaikan harga BBM bukan saja memperbesar beban masyarakat kecil pada umumnya tetapi juga bagi dunia usaha pada khususnya.y Perlakuan pada individu karyawan dan perusahaan berada dalam keseimbangan atau win-win result y Sosialisasi dan internalisasi manajemen kompensasi ke seluruh karyawan (manajemen dan non-manajemen) untuk memperkecil konflik. Demikian pula dengan karyawan PT Epson Indonesia. . Dari sudut pandang pelaksanaan bisnis. Secara sederhana tujuan investasi adalah untuk maksimisasi kemakmuran melalui maksimisasi keuntungan. seorang karyawan harus bekerja keras dan memberikan kontribusi yang baik. Para karyawan merasa berhak untuk menuntut kompensasi sesuai dengan jasa yang sudah dikeluarkannya. untuk mendapatkan kenaikan gaji setiap tahun. ongkos angkut ditambah pula tuntutan dari karyawan untuk menaikkan upah yang pada akhirnya keuntungan perusahaan menjadi semakin kecil. Kenaikan gaji karayawan dapat juga dipengaruhi oleh naik turunnya haga BBM. dan investor selalu berusaha mananamkan dana pada investasi portofolio yang efisien dan relatif aman.

bonus insentif jangka pendek dapat mudah menghasilkan penyesuaian plus atau minus dari 25%. Kemungkinan solusi yang mungkin dapat dilaksanakan agar motivasi karyawan tetap terjaga dan tidak merasa dirugikan adalah dengan menaikan tunjangan transportasi dan uang makan karyawan Sedangkan apabila kondisi perusahaan sebaliknya atau laba perusahaan sedang meningkat dan diperkirakan kenaikan tersebut hanya bersifa sementara maka perusahaan dapat melakukan hal sebagai berikut: y INSENTIF JANGKA PENDEK : Bonus Tahunan Bonus tahunan adalah rencana-rencana yang dirancang untuk memotivasi kinerja jangka pendek manajer dan diikatkan pada profitabilitas perusahaan. yang jarang turun dengan menurunya kinerja. determinasi ukuran dana.Pada saat laba perusahaan sedang menurun pihak rusahaan akan sulit untuk menaikkan gaji karyawan. Kebanyakan perusahaan mempunyai Bonus tahunan yang bertujuan untuk memotivasi kinerja jangka pendek dari para manajer dan eksekutif. Jika harus menaikkan gaji mengikuti laju inflasi di Indonesia. karena mereka memberi peluang . Rencana kepemilikan saham mempunyai beberapa keuntungan. dan hadiah y Rencana insentif di Seluruh Organisasi Dalam rencana pembagian laba kebanyakan karyawan menerima bagian dari laba perusahaan. orang yang ditentukan membeli saham dari persediaan perusahaan untuk para karyawan. dengan limit kompensasi sebesar 15%. maka banyak perusahaan yang bakal ambruk. y Rencana kepemilikan saham karyawan (ESOP) Sebuah perusahaan mengkostribusikan persediannya sendiri atau uang tunai untuk digunakan membeli saham tersebut kepada orang kepercayaan. Biasanya 15% sampai 20% didistribusikan setiap tahun berdasarkan tingkat jasa mereka. Sumbngan sumbangan ini biasanya dibuat setiap tahun dalam propsi dengan kompensasi karyawan total. Tidak seperti gaji. Ada hal pokok untuk dipertimbngakan bila mengimabali insentif jangka pendek yaitu : pemenuhan persyratan (Egibilitas). Riset mengemukakan bahwa ESOP mendorong karyawan untuk mengembangkan rasa kepemilikan di dalam komitnen terhada perusahaan. Orang kepercayaan itu memegang saham dalam rekening karyawan individual dan mendistribusikannya kepada karyawan yang pensiun atau pada saat-saat lain lepas dari layanan/jasa. perusahan menerima deduksi pajak yang sama dengan nilai saham yang adil yang diahlihkan ke pengawas.

karyawan menerima cash berdasarkan pelaksanaan kerja mereka. . atau berdasar kesepakatan antara perusahaan dan serikat karyawan. menciptakan rasa kepemilikan baru. dan membantu membangun kerja tim y Bonus tambahan Bonus bukan merupakan bagian dari gaji rutin karyawan.untuk meningkatkan insentif keuangan.

com/majalah/edisisebelumnya/kompensasi/1id67.prodsumen.html http://tcha-performance.wikipedia.com/2008/12/insentif-dan-bonus.org/wiki/Kompensasi_(finansial) http://www.php?sub=journal&awal=40&page=hr&id=206 http://www.wikipedia.blogspot.com/journal.com/majalah/edisisebelumnya/kompensasi/1id255.portalhr.html .org/wiki/Manajemen_sumber_daya_manusia http://id.html http://www.http://id.managementfile.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful