You are on page 1of 17

TUGAS METODE PELAKSANAAN KONSTRUKSI

PENGERTIAN, FUNGSI , DAN METODE PELAKSANAAN
GEOMEMBRAN

RYAN SATRIA SANJAYA PUTRA
NRP. 03111645000041

DOSEN PENGAJAR
Mustain Arif,ST. MT.
NIP 19600105 198603 1 003

DEPARTEMEN LINTAS JALUR S1 TEKNIK SIPIL
Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Surabaya
2017

NIP 19600105 198603 1 003 DEPARTEMEN LINTAS JALUR S1 TEKNIK SIPIL Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya 2017 . MT.TUGAS METODE PELAKSANAAN KONSTRUKSI PENGERTIAN. FUNGSI . 03111645000041 DOSEN PENGAJAR Mustain Arif.ST. DAN METODE PELAKSANAAN GEOMEMBRAN RYAN SATRIA SANJAYA PUTRA NRP.

MT sebagai dosen pengajar yang membantu dalam penyelesaian tugas ini. Dalam penyelesaian laporan ini masih terdapat kekurangan dan masih kurang sempurna sehingga diharapkan adanya kritik dan saran dari pembaca agar tugas akhir ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi para pembaca. Tuhan YME yang telah memberikan penulis kesempatan untuk menempuh pendidikan sehingga dapat menyusun laporan tugas ini. Surabaya. Dalam kesempatan ini penulis ingin mengucapakan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu dalam penyelesaian laporan ini antara lain: 1. KATA PENGANTAR Segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam atas segala rahmat dan karunia-Nya lah sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas mata kuliah Metode Pelaksanaan Konsruksi dengan tema “Geomembran”. 2. ST. Kedua orang tua penulis yang selalu mendukung dalam penyelesaian laporan tugas ini. 3. 12 Maret 2018 (penulis) i . Pak Mustain.

ii .

...........................................................4 Peralatan geomembran ...................................................................................................................................................................................................................1 Latar Belakang ......................................... 2 1............3 Kegunanaan dan fungsi geomembran ......................................................................... 1 1..................................... 1................................................................................ Error! Bookmark not defined........................... DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ..........4 Manfaat ................ 1 1..................................................................................5 Metode Pelaksanaan Geomembran ....................................................................... 3 1.........................................3 Tujuan ............ 3 1..................... 8 iii ..................................................................................................................... i DAFTAR ISI .2 Jenis jenis geomembran .................................................................................................................................. 2 BAB II ....................................................................................................................................... 5 DAFTAR PUSTAKA ................ 1 PENDAHULUAN ......................................................................................... 1 1.....2 Rumusan Masalah ........................................................................... 3 1............................ 4 1........................................................................................................................................................iii BAB I............................1 Pengertian geomembran ....... 3 PEMBAHASAN..............................................................

......…………………………………………………3 Gambar 2.............. 7 Gambar 2........................................... 6 Gambar 2. 5 Gambar 2.......................... DAFTAR GAMBAR Gambar 1.......... 5 Proses Pengelasan geomembrane ................ 2 Proses pemerataan tanah untuk persiapan instalasi geomembrane............................. 7 iv .. 3 Proses pembuatan parit angkur untuk geomembrane .............................. 4 Proses penggelaran geomembrane.............. 1 Lembaran geomembrane.... 1 Gambar 2.......... 1 Contoh penggunaan geomembrane pada bidang konstruksi ...............................

permeabilitas. seperti kolam renang.2 Rumusan Masalah a. Melihat kondisi tanah di Indonesia yang lunak. penggunaan geomembrane menjadi kebutuhan dalam pembangunan di Indonesia. 1 Contoh penggunaan geomembrane pada bidang konstruksi 1. Penggunaan geomembrane tidak hanya untuk perbaikan tanaha saja melainkan dapat digunkan alternative saat pembangunan membutuhkan bahan yang kedap air. Untuk merubah sifat sifat teknis tanah seperti daya dukung. Apa yang dimaksud dengan geomembran ? 1 . Gambar 1. Berbagai upaya dilakukan guna memperbaiki sifat sifat teknis tanah agar memenuhi syarat teknis tertentu. tempat pembunagan akhir. kemudahan oengerjaan. Penggunaan geomembrane untuk stabilisasi tanah sangat membantu. sensitivitas terhadap perubahan kadar air maka dapat dilakukan dengan cara penanganan dari yang paling mudah seperti pemadatan sampai teknik yang lebih mahal seperti mencampur tanah dengan berbagai bahan kimia. BAB I PENDAHULUAN 1. Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dibidiang geoteknik banyak inovasi yang dilakukan salah satunya adalah geomembrane. Kedepan nya penggunaaan geomembrane menjadi faktor penting dalam hal perbaikan tanah serta bahan yang kedap air.1 Latar Belakang Stabilisasi tanah menjadi hal yang sangat penting dalam dunia konstruksi.

Dapat mengetahui prosedur pelaksanaan isntalasi geomembran 1. b.3 Tujuan a. Bagaimana pelaksanaan instalasi geomembran 1. Bagaimana kegunaan geombran serta fungsinya sebagai perkuatan tanah? c. Dapat mengetahui peralatan apa saja yang digunakan selama pelaksanaan instalasi geomembran d.4 Manfaat 2 . Peralatan apa saja yang dibutuhkan dalam pelaksanaan geomembran d. b. Dapat mengetahui pengertian dari geomembran. Dapat mengetahui kegunaan dan fungsi dari geomembran c.

5 mm . LLDPE Geomembrane. 2. namun diproduksi juga dengan menggunakan impregnasi geotekstil dengan shower hitam-atas. Geomembrane mempunyai karakteristik yang kedap terhadap cairan. Geomembrane ini berbahan baku LLDPE (Low Density Polyethylene). Geomembrane ini berbahan baku HDPE (High Density Polyethylene). Geomembran diproduksi dengan menggunakan lembaran polimer konsisten tipis umumnya. sampai dengan 2.0 mm .5 mm. LLDPE Geomembrane mempunyai kelebihan karakterisitik 3 . 1. atau sebagai geocomposites aspal berlapis-lapis. 2.0 mm. HDPE Geomembrane.0 mm . 2. Tersedia dalam berapa pilihan ketebalan 0. 1. digabungkan dengan mesin hot wedge maupun extruder. 1.75 mm . elastomer atau polimer.0 mm. Geomembrane juga mudah dan cepat untuk diperbaiki (repair).5 mm .5 mm.75 mm .5 mm .5 mm . sampai dengan 2. 0. Tersedia dalam berapa pilihan ketebalan 0. Geomembrane dapat dengan mudah dibentuk. 0. BAB II PEMBAHASAN 1.2 Jenis jenis geomembran Geomembrane tersedia dalam beberapa jenis. Gambar 2.1 Pengertian geomembran Geomembran adalah salah satu jenis material Geosintetik yang berfungsi sebagai lapis kedap air yang terbuat dari bahan sintetik semacam plastik. 1 Lembaran geomembrane 1. disambung. 1. Biasanya dibedakan dari polymer bahan baku nya yaitu : 1.

bahannya yang lebih lentur. Geomembrane dapat digunakan untuk lapisan tanah dasar yang berair (memiliki mata air) yang sulit kering. 4. Pada konstruksi jalan. Bahannya sangat sedikit bau. EVA adalah kopolimer etilen dan vinil asetat. dapat menahan suhu rendah. Fleksibel Polipropilena (FPP) Geomembran FPP lebih mahal untuk dipasang daripada liner berbasis polietilen. Bahannya adalah resin yang dipolimerisasi bersama dengan karet etilen propilena dan polipropilena.3 Kegunaan dan fungsi geomembran Geomembran dapat diaplikasikan : 1. 1. 2. Geomembrane dapat menjadi lapisan kedap untuk memisahkan material padat maupun cairan yang berupa limbah maupun bukan limbah dengan sifatnya yang kedap membuat tanah dasar dibawahnya tetap terjaga. namun memiliki reputasi yang lebih baik karena lebih fleksibel dan memiliki ketahanan retak yang lebih baik daripada HDPE. 3. Materi yang dikenal sebagai penghalang yang baik. baik dari air kolam terhadap tanah maupun sebaliknya. tidak tercemari. geomembrane sebagai lapis kedap menjaga tanah tetap asli tidak tercemar. Pada Kolam. 4. 3. Lapisan ini lebih mudah dipasang dan diperbaiki setelah penuaan. tahan air dan tahan terhadap radiasi ultraviolet. Tambak Ikan/Udang dll. pemasangan geomembrane lebih cepat bila dibandingkan pemasangan beton maupun batu kali. Geomembrane berfungsi sebagai separator dan juga lapis kedap sehingga timbunan tanah bagus / timbunan perkerasan diatasnya menjadi terjaga dan tidak terganggu dari air maupun tanah lunak yang mendesak ke atas. 4 . Sebagai lapis kedap geomembrane juga mencegah pencemaran. tahan stress yang baik. Pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah dan limbah. lebih tahan terhadap benda tajam (lebih tidak mudah sobek). Ethyl Vinyl Acetate (EVA) EVA tiga kali lebih fleksibel seperti LDPE dan dapat menahan suhu 96 ° C.

Pada lapangan golf. bentuk komposisi atau ukuran yang dapat merusak geomembrane tersebut. tonjolan. 6. 8. operator yang memasang setiap geomembrane di lokasi tersebut tidak dapat diterima. 7. Tidak ada daerah permukaan yang terlalu lembut. atau dengan cara apapun ditentukan yang tidak dapat diterima oleh Pengawas Situs. tanah yang gembur atau perubahan mutu. 5. Jika pada setiap saat selama instalasi sistem lapisan geosintetik lapisan bawah yang telah disiapkan memburuk.1 Pekerjaan Tanah a.4. Dalam situasi ini. 2 Proses pemerataan tanah untuk persiapan instalasi geomembrane Permukaan yang akan dilapisi telah disiapkan sehingga bebas dari penyimpangan. menjadi rusak. 5 . sifat geomembrane yang kedap membuat air tidak terbuang infiltrasi / rembes ke tanah. Permukaan pendukung tidak mengandung batu atau bahan lainnya seperti. 1. Pada kolam air taman rekreasi. vegetasi. Formulir penerimaan area permukaan harus disediakan kepada pelanggan secara khusus yang menunjukkan area yang diterima untuk instalasi geomembrane. Formulir ini diberikan sebelum aktivitas instalasi di area itu. air berlebihan. Pada kolam “heap leach” pada tambang emas. semua pekerjaan instalasi pelapis geomembrane akan berhenti dan kondisi daerah tersebut menjadi perhatian dari pihak yang tepat. Persiapan Lapisan Permukaan Gambar 2.4 Metode Pelaksanaan Geomembran 1. Pada stock pile batu bara dan bahan tambang lainnya. geomembrane dapat diaplikasikan pada kolam / danau buatan.

Penimbunan harus dilakukan saat bahan Geomembrane berada pada keadaan berkerut untuk menghindari kerusakan Geomembrane selama penimbunan. Parit Angkur Gambar 2. Panjang. 3 Proses pembuatan parit angkur untuk geomembrane Parit Angkur harus dilakukan oleh Kontraktor pekerjaan tanah (kecuali dinyatakan khusus dalam kontrak). dll untuk menghindari kerusakan potensial untuk material. lebar dan kedalaman seperti yang ditunjukkan pada gambar dan spesifikasi.b. 6 . Penimbunan dari parit angkur harus menjadi tanggung jawab Kontraktor pekerjaan tanah sesuai dengan spesifikasi. tonjolan. Tugas ini harus dilakukan sebelum digelarnya geomembrane Tepi dimana Geosintetik masuk ke dalam parit harus bebas dari penyimpangan.

3 Pengelasan di Lapangan Gambar 2. arah angin. 5 Proses Pengelasan geomembrane Pengelasan di Lapangan melibatkan ikatan panel yang berdekatan dengan menggunakan metode panas.2 Penggelaran Geomembran Gambar 2. permukaan tanah dasar. 1. Penggelaran panel Geomembrane tidak boleh dilanjutkan ketika kondisi cuaca buruk yang dapat membahayakan instalasi lapisan geomembrane. 4 Proses penggelaran geomembrane Penggelaran membutuhkan peralatan penggelaran yaitu peralatan yang tidak merusak tanah dasar. Panel harus sesegera mungkin di sambung setelah penggelaran dan semua material yang digunakan harus ditandai dengan identifikasi yang sesuai. sambungan harus sejajar berorientasi searah 7 . 1.4. Urutan instalasi penempatan panel harus memperhatikan drainase. dan jadwal produksi proyek. Secara umum.4. akses ke situs.

Moisture atau kotoran harus dihilangkan dari permukaan geomembrane. Perbaikan tidak dianggap sambungan dalam konteks ini. Jangan menggelar geomembrane di hadapan angin di atas <[20] kph> <mph <[12]>> atau dalam kondisi cuaca yang dapat merugikan fungsi penutup lapisan. jumlah sambungannya harus diminimalkan. Jangan menyambung membran pada saat curah hujan atau pada kelembaban yang berlebihan atau ketika kondisi dapat mempengaruhi keselamatan pada saat instalasi. Pengelasan yang tidak perlu di sudut atau tanah yang tidak rata harus dihindari.4. Pada lereng kurang dari 10% (6L: 1H). Jangan menggunakan pelarut atau perekat untuk membersihkan atau tujuan lainnya. Sambungan silang pada lereng dibolehkan pada ujung panel yang dipotong pada sudut sekitar 45 °. Sistem penomoran menggunakan nomor panel yang berdekatan dan harus mengidentifikasi sambungan masing-masing. penempatan tidak akan preformed kecuali telah diverifikasi bahwa kualitas seaming memenuhi persyaratan spesifikasi. bila suhu di bawah 0°C. Sambungan dianggap sebagai entitas yang terpisah jika itu adalah sambungan dua panel atau lebih. Di sudut- sudut dan lokasi geometris. 3. 2. lereng. Instalasi lapisan geomembrane dapat diproses dalam beberapa kondisi suhu yang kriteria pengelasannya dapat dipenuhi oleh Operator yang berkualifikasi. b. Keriput dan kebocoran akan dipotong dan daerah pengganti akan tumpang tindih dengan berbagai minimal 75mm (3 “). Tumpang tindih seaming harus halus dan bebas dari kerut atau kebocoran. Pelapisan (Seaming) Proses pelapisan harus memperhatikan beberapa faktor berikut: a. Kondisi Cuaca 1. 8 .4. yaitu berorientasi bersama. Penempatan Geomembrane harus memperhatikan temperatur. tidak saling menyimpang arah pada lereng. Tidak boleh ada sambungan lapisan horisontal yang terjadi pada panel kurang dari satu meter dan lima puluh lima sentimeter dari kaki lereng. Material 1. 1. Setidaknya 100mm (4 inci) rentang diperlukan untuk tumpang tindih yang akan seamed. bukan di lereng. aturan ini tidak berlaku. On-site lapisan kemiringan harus paralel dengan arah lereng.

pengaturan mesin las suhu. 4. Hasil Las yang didapat adalah langsung di site dan lasan uji coba juga akan dilakukan dalam kontak dengan tanah. embun. dan kualitas benar-benar dapat memenuhi kebutuhan saat instalasi. c. kelembaban. 3. Percobaan harus dilakukan pada sampel geomembrane untuk memverifikasi bahwa mesin seaming dan kondisi operasi yang memadai. Peralatan tersebut harus dipelihara dalam kondisi yang memadai untuk menghindari pekerjaan yang keliru. Seam sampel untuk uji kuat geser dan kupas tes kekuatan harus diambil di site sebenarnya. d. dan suhu mesin las yang sebenarnya. dan kecepatan pengelasan. 2. pengujian seaming harus dilakukan dalam lingkungan kerja yang sama dan kondisi instalasi seperti di lapangan sebenarnya. Menyetujui mesin seaming. Peralatan dan Aksesoris 1. Wedge welder machine dan extrusion machine harus memiliki alat ukur untuk pengukuran suhu dan pengendalian. installer akan melihat dan mencatat suhu itu. 2. curah hujan. Frekuensi tes seaming harus disepakati oleh kedua belah pihak dari pemilik dan installer. dan kecepatan angin. metode. yang lain selesai di pertengahan pekerjaan. Power supply generator listrik hanya menggunakan yang baik dan listriknya stabil (konstan) e. kondisi. 3. Penempatan Geomembrane harus dihentikan selama setiap kondisi kelembaban yang berlebihan. installer harus mengevaluasi temperatur. Salah satunya adalah dibuat pada awal pekerjaan. suhu lingkungan. Persiapan seaming 1. atau dalam kondisi angin ekstrim. Sebelum penempatan geomembrane. 2. misalnya kabut. Spesimen pengujian seaming (1″ x 6″) disiapkan untuk pengujian kekuatan geser (tarik) 9 . Jika penempatan geomembrane adalah preformed di suhu rendah atau kondisi cuaca buruk. salju. 2. Percobaan hasil Las dan Pengujian 1. Setidaknya dua lasan diuji coba harus dilakukan per hari untuk setiap mesin las. hujan.

10 .1 Kesimpulan  Geomembrane dapat menekan waktu pelaksanaan dan kemudahan pekasanaan konstruksi dikarenakan altrnatif lain nya masih membutuhkan waktu dan material yang banyak jika dibandingkan geomembrane untuk kasus perkuatan tanah. BAB III PENUTUP 3.  Geomembrane memiliki harga yang ekonomis sehingga bisa dijangkau untuk proyek yang tidak terlalu besar.  Geomembrane juga mudah untuk diperbaiki jika terjadi kerusakan.

asia/produk/geomembran http://geomasindo.id/2015/07/penggunaan- geomembrane-untuk-perbaikan.html 11 . DAFTAR PUSTAKA http://geotextile.com/pengertian-geomembrane/ http://geomembrane-hdpe-indramas.co.blogspot.