You are on page 1of 19

JESTT Vol. 1 No.

12 Desember 2014

PERILAKU INVESTOR MUSLIM DALAM BERTRANSAKSI SAHAM DI PASAR MODAL

Pramita Agustin
Mahasiwa Program Studi S1 Ekonomi Islam – Fakultas Ekonomi dan Bisnis – Universitas
Airlangga
Email : pramita.agustin@gmail.com

Imron Mawardi
Departemen Ekonomi Syariah-Fakultas Ekonomi dan Bisnis-Universitas Airlangga
Email : ronmawardi@gmail.com

ABSTRACT
This research aims to know the muslim investor behavior in a stock transaction in
capital market. This research used the qualitative approach, using the case study method by
basing on the theory of behavioral finance.Data collection using a purposive sampling
technique to determine informants amounted to five muslim investors who at least has a two-
year stock transaction to be interviewed in depth, observed and evaluated the data by
performing a triangulation.
The results of this research have findings that muslim investor behavior in a stock
transaction is divided into two point of view that is, investors who consider religion in their
investment decisions and the invetor did not consider religion in their investment decisions.
Investors who consider religion in their investment decisions preferring stock composition of
the incoming Sharia index list and nature of investments tend to be long term. Investors who
do not consider religion in choosing his investment decision stock blends well in the Shariah-
compliant index or not. The nature of investment investors who did not consider the short
term nature of the religion.
Keywords :Muslim Investors Behavior, Rational Behavior, Psychological factors, Religiuos
Behaior, Stock Trading Decisions.

I. PENDAHULUAN
Investasi adalah pengorbanan nilai tidaknya suatu investasi di masa depan,
tertentu yang berlaku saat ini untuk yaitu ketentuan dan kehendak Allah SWT
mendapatkan nilai di masa depan yang (Ryandono, 2009:68). Islam memandang
belum dapat dipastikan besarnya semua perbuatan manusia dalam
(Alexander dan Sharpe, 1997:1). Dalam kehidupan sehari-hari, sebagai investasi
ekonomi konvensional, motif seseorang yang akan mendapatkan hasil (return).
melakukan investasi berbeda-beda, Hasil investasi yang didapat dalam Islam
diantaranya untuk menabung untuk besarnya sesuai dengan besarnya
mendapat pengembalian yang lebih sumberdaya yang dikorbankan. Islam juga
besar, merencanakan pensiun, spekulasi, mengajarkan semua perbuatan yang
dan lain-lain. Investasi syariah tidak hanya bersifat vertikal (hubungan manusia
meliputi persoalan duniawi seperti yang dengan Allah) maupun horisontal
disebutkan oleh ekonom sekuler, namun (dengan sesama manusia) merupakan
ada unsur lain yang menentukan berhasil investasi yang akan dinikmati di dunia dan

874

Hal ini disebabkan karena investor. Bahkan Dalam rangka menjaga eksistensi hampir di seluruh penjuru dunia manapun. Faisal Islamic Bank di Maśalu‘l-lażīna yunfiqūna amwalahum fī Sudan dan Kuwait Finance House pada sabīli L-lāhi kamaśali ḥabbatin anbatat tahun 1977. Faisal        Islamic Bank di Mesir. JESTT Vol. Allah melipat gandakan meluncurkan Jakarta Islamic Indeks (JII) (ganjaran) bagi siapa yang Dia yng berisi 30 saham yang memenuhi kehendaki. 12 Desember 2014 di akhirat. panjang. dan menumbuh kembangkan pasar sudah terdapat pasar modal sebagai modal. sab‘a sanābila fī kulli sunbulatin mi‘atu Langkah awal perkembangan habbatin wa‘L-lāhu yuḍā‘ifu liman yasyā pasar modal syariah di Indonesia dimulai wa‘L-lāhu wāsi‘un ālīmun.          Kemudian diikuti dengan didirikannya Islamic Development Bank (IDB) dan The            Dubai Islamic pada tahun 1975. Kemudian Bursa oleh) orang-orang yang menafkahkan Efek Jakarta (kini bergabung dengan hartanya di jalan Allah adalah serupa Bursa Efek Surabaya. Sampai tahun 1970. diperlukan adanya kekuatan basis instrument penting dalam perekonomian investor dan ketersediaan investasi jangka suatu negara. pada tiap-tiap Danareksa Invesment Management bulir seratus biji.(Departemen Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Agama Republik Indonesia. 1 No. hal ini tercantum dalam yang ditandai dengan didirikannya Nasser Surat Al-Baqarah ayat 261 yang berbunyi: Sosial Bank pada tahun 1971 di Kairo. prinsip syariah sudah terlebih kesuksesan dan berupaya meningkatkan dulu diterapkan pada industri perbankan hasil investasi. menjadi Bursa Efek dengan sebutir benih yang Indonesia) bekerja sama dengan PT menumbuhkan tujuh bulir. umat manusia di abad modern ini. Nilai investasi yang besar sejumlah besar masyarakat muslim dunia apabila hanya dimiliki oleh sedikit pihak tidak dapat terlibat dalam investasi di kurang mendukung peningkatan basis pasar modal. Allah SWT memerintahkan Sebelum prinsip syariah diterapkan di kepada setiap umat untuk meraih pasar modal. dan Allah Maha Luas (karunia- kriteria syariah yang telah ditetapkan oleh Nya) lagi Maha mengetahui. 2010-2014 bahwa kekuatan basis investor 875 . Terbentuk pada Pasar modal berbasis syariah kini tanggal 3 Juli tahun 2000 JII bertujuan merupakan suatu realita dan menjadi untuk memandu investor yang ingin fenomena terkini di tengah kehidupan menanamkan dananya secara syariah. sebagaimana dinyatakan dalam larangan Islam pada segala aktivitas bisnis Master Plan Pasar Modal Indonesia tahun yang tidak sesuai dengan prinsip syariah. 2011: 45) Indonesia (DSN-MUI). dengan diterbitkannya reksadana syariah pada 25 Juni 1997 oleh PT Danareksa Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan Invesment Management.

JESTT Vol. Selain itu investor Hal yang lebih tidak masuk akal yang berpikir rasional akan melakukan terjadi pada peristiwa kedua yaitu harga analisis dalam pengambilan keputusan saham di NYSE dalam saat yang dengan mempelajari laporan keuangan bersamaan mengalami penurunan yang perusahaan serta mengevaluasi kinerja sangat tajam. Oktober 1987 (Black Monday). histeria investor yang berlebihan. juga mengalami hal yang serupa akibat Kasus yang terjadi pada tahun adanya penularan tersebut. menejelaskan secara rasional latar Contohnya kasus market crash. Beberapa bursa di dunia bisnis perusahaan tersebut. meskipun tidak serius bila terjadi pada tahun 1987. crash pada pasar balasan yang diterima. Dua peristiwa secara acak di Amerika Serikat. dari 113 besar yang terjadi yaitu. Untuk melaksanakan kegiatan semacam ada invisible hands yang investasi tersebut. kuisoner yang disebar lebih dari dua per rata selama sepekan terakhir. hanya 3 modal Amerika Serikat pada 11 responden yang mengacu pada September 1986 (Black Thursday) dan 19 economic and financial news and rumors. (Puspitaningtyas. yang belakang kedua peristiwa tersebut. yaitu investor. kepanikan luar biasa dikalangan investor jatuhnya harga saham terjadi karena sehingga pasar menjadi tidak terkendali.2012). kepemilikan saham. 1 No. mejual atau mempertahankan selling dan harga saham mulai bejatuhan. dari banyak dibandingkan dengan penurunan rata. tindakan yang dipilih adalah induatrial jatuh 87 poin di hari pertama tindakan yang menghasilkan utulitas dan kemudian berlanjut dengan 34 poin tertinggi yang diharapkan di hari berikutnya. keuangan. 876 . Peristiwa sedangkan selebihnya mengatakan pertama dipicu oleh pembicaraan bahwa mereka menjual sahamnya karena berbagai kalangan mengenai inflasi yang orang lain juga menjual dan pasar mengakibatkan harga future contracts mengalami kajatuhan. Terjadi 1986 di pasar modal Amerika Serikat yaitu. seorang investor perlu mendorong investor untuk menjual saham pengambilan keputusan investasi untuk dengan segera. Shiller menemukan atas obligasi pemerintah mengalami hal serupa berkenaan dengan crash yang penurunan. Namun tiga memberikan jawaban yang tidak ada ketika New York Stock Exchange (NYSE) kaitannya dengan ekonomi. yang Tidak seorangpun yang dapat tidak dapat dijelaskan dengan logika. maka terjadilah panic membeli. Investor yang rasional Karena harga underlying stock jatuh maka dalam teori pengambilan keputusan harga derivative securities pun mengalami bermakna bahwa dalam pengambilan kehancuran dalam waktu dua hari indeks keputusan. 12 Desember 2014 ditentukan oleh nilai investasi dan jumlah dibuka justru muncul badai besar. memperlihatkan semakin jelas betapa Segera setelah kejadian pertama Shiller emosi dapat mengalahkan rasio para mengirimkan kuisoner kepada 300 investor pelaku pasar pada saat itu.

berkaitan dengan efek. didzalimi. dan profesi (boleh). dan gharar serta lembaga. JESTT Vol. ketamakan (greed). dan mekanisme Undang-Undang Pasar Modal No. dan tidak ada unsur riba. Kemudian Shiller Indonesia dapat dilakukan sesuai dengan menyimpulkan bahwa tindakan investor prinsip syariah maupun secara yang tidak terkendali dilatarbelakangi konvensional. Kegiatan melarangnya. seperti modal adalah salah satu sarana. maysir (perjudian. jenis efek yang Definisi pasar modal menurut diperdagangkan. keadilan dalam distribusi perusahaan publik yang berkaitan pendapatan. Dengan kegiatan pasar modal Indonesia dapat demkian.40/ DSN-MUI/ X/ 2003 lain yang tidak kalah pentingnya yaitu Tentang Pasar Modal dan Pedoman moral spiritual yang akan memfilter Umum Penerapan Prinsip Syariah di kegiatan yang dilarang dalam investasi. 12 Desember 2014 atau politik. 8 Tahun 1995 tidak pasar modal tidak membedakan apakah membedakan apakah kegiatan pasar kegiatan pasar modal tersebut dilakukan modal tersebut dilakukan dengan prinsip- dengan prinsip syariah atau tidak. dan atau kegiatan muamalah. Pasar modal beserta seluruh II. Pasar Modal mengenai emiten. dengan efek yang diterbitkannya. hukum asal publik yang berkaitan dengan efek yang dari kegiatan muamalah adalah mubah diterbitkannya. serta lembaga. Sutedi (2011:23) pasar modal di Indonesia diatur dalam menjelaskan bahwa Undang-Undang Undang-Undang No. muamalah adalah suatu kegiatan yang Bagi seorang investor muslim. tidak mendzalimi dan tidak umum dan perdagangan efek. spekulasi). Dilihat dari sisi syariah. produk ketakutan (fear). pasar oleh aspek psikologis investor. b.8 tahun perdagangannya dipandang telah 1995 adalah sebagai kegiatan yang sesuai dengan syariah apabila telah bersangkutan dengan penawaran umum memenuhi prinsip-prinsip syariah. kecuali ada dalil yang jelas yang berkaitan dengan efek. perusahaan Menurut kaidah fiqih. 1 No. TINJAUAN PUSTAKA mekanisme kegiatannya terutama A. Ada aspek Nasional (DSN) No. Namun prinsip syariah atau tidak. mengatur hubungan perniagaan. bidang Pasar Modal adalah sebagai Prinsip Islam dalam kegiatan investasi berikut : setidaknya mencakup lima aspek. Kegiatan kepanikan (madness). aspek rasionalitas bukan hanya aspek Prinsip syariah di pasar modal satu-satunya yang harus dipertimbangkan berdasarkan atas Fatwa Dewan Syariah dalam keputusan investasinya. dan profesi yang (ketidakjelasan). Pasar modal adalah kegiatan yang tidak mencari rezeki pada hal yang bersasngkutan dengan penawaran haram. dan perdagangan efek. kegiatan pasar modal di dilakukan sesuai prinsip-prinsip syariah dan 877 . yaitu: a.

Selain para kepada pemilik modal untuk pemegang saham mendapatkan berpartisipasi meraih keuntungan keuntungan dari deviden. asuransi konvensional. pasal 1. Menurut Undang. 2000:115). bunga. Memenuhi rasio-rasio keuangan yang dikeluarkan oleh sebuah sebagai berikut: 878 .1 tentang Kriteria dan “peran serta dalam berserikat”.b. dan Undang Perseroan yang berlaku di sebagainya. 1 No. Indonesia saham adalah surat berharga 2. jasa keuangan berbasis sebuah perusahaan. Pemilik saham juga merupakan intermediasi antara berbagai pelaku pemilik sebagian dari perusahaan sesuai pasar memiliki beberapa peranan penting dengan porsi saham yang dimiliki dalam kegiatan perekonomian suatu (Sunariyah. Para pemegang negara. selisih nilai beli 2. Pada umumnya perusahaan untuk meningkatkan saham yang diterbitkan oleh sebuah kemampuan keuangan perusahaan perusahaan (emiten) yang melakukan dalam ekspansi usaha penawaran umum (Initial Public Offering) 4.7. Sedangkan menurut istilah saham adalah Persyaratan emiten yang sahamnya satuan nilai atau pembukuan dalam termasuk saham syariah: berbagai instrument keuangan yang 1. JESTT Vol. 12 Desember 2014 dapat pula dilakukan tidak sesuai dengan perusahaan yang berbentuk Perseroan prinsip-prinsip syariah. Tidak melakukan kegiatan usaha mengacu pada bagian kepemilikan seperti judi. II. likuiditas perusahaannya dengan Disamping memperoleh manfaat finansial menjual kepemilikan saham atau para pemegang saham juga memiliki obligasi perusahaan keuntungan lain yaitu hak suara dalam 3. yaitu saham biasa membagi pengelolaan keuangan (common stock) dan saham istimewa internal perusahaan dengan kegiatan (preferred stock). Mempermudah perusahaandalam ada dua macam. keuangan eksternal perusahaan Saham syariah adalah saham B.K. Penerbitan Daftar Efek syariah. Saham yang memenuhi kriteria pemilihan saham Istilah saham berasal dari bahasa syariah berdasarkan Peraturan Bapepam arab sahmun yang artinya “andil” atau & LK No. Memfasilitasi berbagai upaya aktivitas perusahaan. Terbatas (PT) atau yang biasa disebut Pasar modal sebagai lembaga Emiten. Memberikan fasilitas kepada saham dengan nilai jual saham (capital pengusaha untuk mendapatkan gain) juga merupakan keuntungan yang tambahan modal guna menstabilkan bisa diperoleh oleh pemegang saham. Aziz (2010:68) dalam saham (stock holder) merupakan pemilik pandangannya menyatakan bahwa perusahaan yang dapat menikmati peran fundamental pasar modal adalah: keuntungan perusahaan sebesar dengan 1. Memberikan fasilitas secara langsung modal yang disetorkan.

Total utang yang berbasis bunga motif yang mendasari seseorang dibandingkan dengan total ekuitas melakukan investasi. b. tabungan dalam bentuk aset tanpa Tandelilin (2010:11) berproduksi. 1 No. Untuk mendapatkan kehidupan yang b. Total pendapatan bunga dan lebih layak di masa yang akan datang. Investasi untuk mencapainya di masa yang Para ekonom dunia akan datang. untuk dollar di masa depan. pada saat ini dengan tujuan memperoleh Dengan seseorang melakukan investasi sejumlah keuntungan di masa yang akan dalam kepemilikan perushaan atau datang. sehingga pendapatan lain-lain tidak lebih dari untuk mendapatkannya diperlukan 10%. Mengurangi tekanan inflasi beda mengenai investasi. atau menginvestasikannya mengemukakan bahwa ada beberapa dalam kegiatan produktif seperti 879 . Selain itu menurut pandangan pada bidang usaha tertentu. pendapatan tidak halal lainnya Kebutuhan untuk mendapatkan dibandingkan dengan total kehidupan yang layak merupakan pendapatan usaha (revenue) dan harapan dari setiap manusia. Tandelilin dalam Faktor inflasi tidak pernah dapat Huda (2007:5) mengartikan investasi terhindarkan dari perekonomian. 12 Desember 2014 a. Sharpe dalam Huda (2007:8) investasi Seorang muslim boleh memilih tiga berarti mengorbankan dollar sekarang alternatif atas dana yang dimilikinya. a. Sementara itu Puspitaningtyas suatu obyek maka seseorang tersebut dan Kurniawan (2012) mengemukakan dapat terhindar dari resiko penurunan bahwa investasi dapat diartikan sebagai nilai kekayaan atau hak miliknya yang suatu kegiatan untuk menempatkan diakibatkan oleh inflasi. yang sebagai komitmen atas sejumlah dana dapat dilakukan adala meminimalisir atau sumber daya lainnya yang dilakukan resiko dengan adanya inflasi tersebut. Hal ini berarti yaitu: memegang kekayaan dalam penanaman modal saat ini untuk bentuk uang kas (idle cash). memegang diperoleh manfaatnya di masa depan. mengemukakan definisi yang berbeda. antara lain: tidak lebih dari 82%. sejumlah dana pada satu atau lebih pada c. Sebagai usaha untuk menghemat suatu aset selama periode tertentu pajak dengan harapan memperoleh Untuk mendorong tumbuhnya investasi penghasilan atau peningkatan nilai beberapa negara di dunia melakukan investasi. Tujuan investor melakukan kebijakan yang dapat menumbuhkan kegiatan investasi ini adalah untuk investasi dengan cara memberikan memperoleh pendapatan atau tingkat fasilitas perpajakan kepada pengembalian investasi (return) di masa masyarakat yang melakukan investasi depan. JESTT Vol. pengorbanan dan kerja keras saat ini C.

ribawi. Hal ini mendefinisikan riba sebagai dijelaskan dalam Al-Qur’an surat sebagai penambahan atas harta pokok tanpa berikut: adanya transaksi bisnis riil. dan kurma bahwa Allah AWT memerintahkan kepada (bahan makanan pokok). Kemudian jenis barang yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat). dan bertakwalah kepada Allah. Dalam ayat tersebut menerangkan garam. Riba atas Yā-ayyuhā‘l-lażīna āmanū‘t-taqū L-lāha utang piutang terbagi menjadi riba waltanẒur nafsun mā qaddamat ligadin wāttaqū L-lāha inna L-lāha khabīrun qardh dan riba jahiliyah. 12 Desember 2014 kepemilikan proyek-proyek. Jual beli gharar 880 . kerugian. seluruh hamba-Nya untuk beriman dan b. yang termasuk dalam kelompok riba Hai orang-orang yang beriman.2011: 549). kepada setiap manusia untuk melakukan Imam Badrudin Al ‘Aini dalam kegiatan investasi pada kehidupannya kitabnya ‘Umdatu al-Qari baik di dunia sampai di akhirat. dan bertambah. mengendalikan dan banyak memberikan definisi mengorganisasikan usaha ini perlu diantaranya sebagai kelebihan yang kesunguhan dan diniatkan sbagai bentuk tidak ada padanan pengganti ibadah kepada Allah SWT. 1 No. (Departemen Agama RI. gandum. terminologi syariah para ulama merencanakan. Terhindar dari unsur gharar melakukan investasi akhirat dengan Secara etimologi gharar bermakna melakukan amal shaleh sejak dini sebagai kekhawatiran atau resiko. Ryandono berinvestasi berdasarkan prinsip syariah (2008:23) menyatakan bahwa investasi harus menjauhi hal-hal berikut ini: syariah adalah investasi yang didasarkan a. riba utang            piutang dan riba jual beli. kecelakaan. dan atau Satrio dalam Huda (2007:24-30) kebinasaan. (‘iwadh) yang tidak dibenarkan Dalam Al-Qur’an surat Al-Hasyr syariah yang disyaratkan oleh salah ayat 18. perak. dan dalam Oleh karena itu dalam mengelola. JESTT Vol. Secara          garis besar riba terbagi menjadi dua kelompok besar yaitu. tepung. baik investasi Riba secara etimologi berarti tumbuh pada sektor riil maupun sektor keuangan. mayoritas ulama bersepakat Sesungguhnya Allah Maha mengetahui bahwa yang termasuk dalam barang apa yang kamu kerjakan. ribawi ada enam yaitu. Sedangkan bimā ta'malūna. dan gharar bekal untuk mengahdapi hari berarti juga menghadapi suatu perhitungan. bertakwalah kepada Allah dan jual beli adalah riba fadhl dan riba hendaklah Setiap diri memperhatikan apa nasi’ah. Allah telah meberikan gambaran satu dari dua orang yang berakad. Terbebas dari unsur riba atas prinsip-prinsip syariah. Gharar juga dikatakan menjelaskan bahwa dalam melakukan sebagai sesuatu yang bersifat tidak transaksi keuangan termasuk juga dalam pasti (uncertainty). emas.

Secara etimologi bermakna mudah. syariat Allah SWT. pahala bagi yang meninggalkannya dan motivasi yang setiap saat dapat karena diniatkan untuk menjalankan berubah. 1 No. sekarang. Pendekatan psikologi melakukannya dan disediakan berkaitan dengan feeling. kedua belah pihak yang bertransaksi. dan lainnya) menjadi atau aktivitas jual beli yang obyek tidak halal hukumnya. behavioral finance muncul ke yaitu haram secara zatnya dan permukaan sejalan dengan tuntutan haram karena proses yang ditempuh perkembangan dunia bisnis dan 881 . Makanan mengandung unsur ketidakpastian atau barang halal yang diperoleh (jahalah) atau ketidaktahuan antara dengan cara bathil (mencuri. Terhindar dari unsur haram diartikan sebagai aplikasi ilmu psikologi Investasi yang dilakukan oleh investor dalam disiplin ilmu keuangan. merampok. akadnya tidak diyakini dapat e. JESTT Vol. Kata syubhat mempunyai arti mirip. (behavioral finance theory) dapat d. jelas bagaimana manusia (investor) Kata haram secara etimologi melakukan investasi atau yang bermakna melarang. Secara garis besar Selama tahun 1990-an sampai haram diketegorikan menjadi dua. c. Sesuatu yang haram menggunakan ilmu psikologi dalam ilmu merupakan segala yang dilarang keuangan. Dalam terminologi syariah syubhat sehingga maysir merupakan bentuk diartikan sebagai sesuatu perkara obyek yang diartikan sebagai yempat yang tercampur (antara halal dan untuk memudahkan sesuatu. Terhindar dari unsur judi (maysir) serupa. semisal dan bercampur. Dalam kaidah ushul fiqh (1998) mengungkapkan bahwa faktor haram didefinisikan sebagai sesuatu psikologi mempengaruhi perilaku investor yang disediakan hukuman bagi yang dan harga saham. akan tetapi tidak diketahui Dikatakan memudahkan sesuatu secara pasti apakah ia sesuatu yang karena seseorang yang seharusnya halal atau sesuatu yang haram. Perilaku Keuangan tercapai walaupun bertentangan Teori perilaku keuangan dengan prinsip syariah. Daniel dilakukan. 12 Desember 2014 berarti sebuah jual beli yang untuk mendapatkannya. dan berusaha dengan bersusah payah. apa yang dikehendaki dapat D. temperamen. haram). Terhindar dari unsur syubhat diserahkan. Perilaku muslim harus terhindar dari unsur keuangan merupakan analisis berinvestasi haram. Sesuatu yang berhubungan dengan keuangan haram berarti dilarang untuk dipengaruhi oleh faktor psikologi. apakah ia merupakan hak atau mencari jalan pintas dengan harapan bathil. yaitu suatu pendekatan yang oleh Allah AWT dan Rasulullah SAW.

di pasar. 882 .including memperhatikan bagaimana investor the emotional processes involved and the membuat keputusan investasi. salah satu asumsi utamanya keuangan mencoba menjelaskan dan adalah bahwa manusia selalu berfikir meningkatkan pemahaman tentang pola rasional dalam setiap proses pengambilan dari alasan investor termasuk didalamnya keputusannya. melakukan investasi yaitu neutral information. 2009). why. Menurut Ricciardi (2000) perilaku investor. namun investor akan menerima Litner (1998) menjelaskan bahwa dan menganalisis informasi yang tersedia behavioral finance merupakan suatu ilmu dengan cara beragam. Secara lebih mengevaluasinya dan mampu untuk spesifik perilaku keuangan mencoba memcari jawaban berdasarkan hasil untuk mencari jawaban atas pertanyaan analisis rasional atas hasil tersebut. 12 Desember 2014 akademik yang mulai menyikapi adanya E. Nagy dengan memperhatikan resiko yang dan Obenberger (1994) dalam melekat di dalamnya. Teori –teori degree to which they influence the investasi dibangun atas dasar berbagai decision-making process”. 1 No. Perilaku Rasional Investor keputusan keuangan atau investasi. dan how keuangan dan dasarnya semua informasi sudah tersedia investasi dari sudut pandang manusia. Tujuan dari perilaku penelitiannya mengklasifikasikan keuangan adalah memahami dan beberapa faktor lain selain accounting memprediksi implikasi-implikasi sistematis information dan self image coincidence pasar keuangan dari sudut pandang yang juga mempengaruhi investor dalam psikologi. JESTT Vol. Investor juga diasumsikan aspek emosional dan derajat dari aspek selalu mau memperhatikan semua tersebut dalam mempengaruhi proses informasi yang tersedia. Perilaku Investor aspek perilaku dalam proses pengambilan 1. Kemunculannya “behavioral finance attempts to explain didorong oleh dugaan bahwa teori and increase understanding of the keuangan konvensional kurang reasoning patterns of investors. dan social relevanve. Sebagian besar yang mempelajari bagaimana manusia teori yang berkaitan dengan pasar modal menyingkapi dan bereaksi atas informasi didasarkan pada asumsi bahwa setiap yang ada dalam upaya untuk mengambil investor memperhatikan seluruh informasi keputusan yang tepat dan yang ada di pasar dan berperilaku mengoptimalkan tingkat pengembalian dengan rasionalitas (Singh. Perilaku asumsi. classic. Hal ini Menurut Hayes (2010) perilaku banyak diinspirasi oleh meningkatnya keuangan merupakan sebuah model peran perilaku sebagai salah satu yang menekankan implikasi potensial dari penentu dalam pembelian dan penjualan faktor psikologis yang mempengaruhi sekuritas. Pada what. mampu untuk pengambilan keputusan.

tingkat suku bunga. dll) dan indicator kerapkali menunjukan perilaku irasional ekonomi (inflasi. Self Image/Firm Image Coincidence lainnya yang justru lebih dominan merupakan informasi yang mempengaruhi perilaku investor. Ritter (2003) investor menentukan kriteria pada menemukan bukti bahwa investor di dasar ekonomis dari perilaku investor. produk dan pelayanan psikologis berkaitan dengan feeling. posisi perusahaan (market dan harga saham. dan mempengaruhi perilaku investor dalam kemampuan untuk memperkecil resiko. melakukan tindakan berdasarkan 2. Kent berhubngan dengan penilaian Daniel (1998) mengungkapkan bahwa terhadap perusahaan meliputi. terhadap pengetahuan dan dapat dan tanggung jawab sosial membuat investor menjadi underestimate terhadap prediksi yang 883 . Kent leader. emosi dan beberapa faktor psikologis 3. harga besar dalam trading karena perilaku yang saham pada pembukaan. JESTT Vol. Faktor-Faktor Psikologi Investor sebelah. IRR dan lain-lain. Overconfident adalah perasaan saham perusahaan dalam saham yang percaya kepada dirinya sendiri secara terdaftar di bursa (termasuk blue chip berlebihan sehingga dapat membuat atau second linier). menghitung NPV. Classic merupakan kemampuan saat dapat berubah. Beberapa faktor psikologi yang pajak yang harus dibayarkan. Lebih jauh lagi. da Amerika Serikat telah yang meliputiinformasi tentang kehilangan uang dalah jumlah cukup deviden yang diharapkan. (irrational behavior) di samping sering dll). reputasi psikologi mempengaruhi perilaku investor perusahaan. terhadap informasi. keputusan investasinya adalah sebagai 5. konsekuensi rasional. Social Relevance menyangkut berikut: informasi tentang posisi keberadaan 1. temperamen dan motivasi yang setiap 4. perusahaan. Investor mungkin keuangan perusahaan. market follower atau new menjelaskan bahwa pendekatan concern). jangkauan operasi investor menjadi overestimate perusahaan (lokal atau internasional). Accounting Information yaitu informasi pertimbangan yang jauh menyimpang yang berhubungan dengan laporan dari asumsi rasionalitas. namun tidak menutup penilaian terhadap saham dengan kemungkinan adanya unsur subyektifitas. Jepang. 12 Desember 2014 1. yang meliputi saja memberikan reaksi yang cepat data pada laporan dan prospectus. Neutral Information adalah dimana perusahaan dalam bentuk kepedulian informasi berasal dari luar yang terhadap lingkungan (CSR). menunjukan informasi yang tidak berat 2. Taiwan. informasi ini mencakup Invanova dalam Puspitaningtyas perkembangan investasi (perubahan (2013) para investor di pasar modal harga saham. 1 No.

Ibnu 7.2005:64). Data Maining.2005:86). Adalah penilaian Khaldun dalam Asytuti (2010:3) berdasarkan stereotypes yakni dua hal menjelaskan syariah mempunyai peranan yang memiliki kualitas yang sama yang penting dalam membentuk perilaku masyarakat dalam pembangunan 884 . Islam merupakan ajaran yang 6. dan menggunakannya sebagai 9. Perilaku Religius Investor (Nofsinger. Herd-Like Behavior. 8.2007). kini(Roth. Dengan kata lain seorang aspek kehidupan manusia termasuk investor enggan keluar dari zona dalam hal muamalah. Fear and Greed adalah rasa ketakutan alat ukur untuk meprediksi kejadian di dan keserakahan yang merupakan masa yang akan datang. Pride and Regret.2005:68). merupakan perilaku lari dari sesuatu yang membahayakan investor untuk melakuka transaksi jual. Investor menemukan investor untuk berinvestasi pada pola diluar random dengan membaca.2007) naluri manusia dimana seseorang akan 3. Status Quo. Investor merasa lebih 4.2005) 10. 11. (Nofsinger.(Tilson. Investor lebih merasa mengatur kehidupan dalam semua nyaman pada style atau gaya yang dimensi baik. (Nofsinger. JESTT Vol. 12 Desember 2014 dilakukan karena investor melebih.2005:22). Emosi merupakan bagian penyesalan ketika keputusan yang terpenting dalam pengambilan dibuat tidak berjalan dengan keputusan karena memiliki tingkat baik(Nofsinger. perusahaan yang sudah dikenalnya meneliti data di masa lalu (historical (Nofsinger. beli saham dengan motif untuk (Roth. Anchoring.2007) hal yang berkaitan dengan ekonomi. ibadah. Emotion berkaitan dengan adaya 12. misalnya good lebihkan kemampuannya company pasti good stock. Familiarity adalah kecenderungan 2. Lost Aversion. perilaku investor dalam Interaksi sosial dengan pelaku bursa melakukan perdagangan saham yang dan investor lain dapat mempengaruhi hanya terkunci pada harga.2007) meramaikan bursa. Social Interaction adalah interaksi terluka jika mengalami loss daripada antara investor dengan broker atau mengalami gain meskipun dalam antara satu investor dengan investor jumlah yang sama. dan semua dimiliki. 1 No. khususnya pada nyaman mereka.2005:75). dan menghampiri dalam hidupnya. akidah.(Roth.(Roth.2007) lain yang berkaitan dengan investasi.(Roth. baik harga keputusan investor dalam investasi pada masalalu maupun masa (Nofsinger. data).2005:10). 5. adalah perasaan badmood atau goodmood investor gembira pada saat keputusan yang yang dapat mempengaruhi keputusan dibuat berjalan dengan baik dan investor. ketidakpastian yang tinggi 3. Representativeness.

prinsip tertentu yang harus dipatuhi agar 3. disejajarkan dengan syariah ketenangan emosi. menanamkan kualitas ilmu menunjuk pada seberapa tingkat kebaikan seperti. Ancok dan Sudarsono (1994) sebagaimana termuat dalam kitab mnyatakan bahwa rumusan Glock dan sucinya. terutama mengenai mengontrol tingkah lakunya. Dimensi pengetahuan agama dapat namun penilaian sebenarnya yang disejajarkan dengan ilmu 885 . prinsip-prinsip religiusitas dalam penghayatan) atau ihsan menunjuk perspektif Islam adalah : pada seberapa jauh tingkat seorang 1. kesederhanaan. Dimensi praktik agama dapat yang besar terhadap tingkah laku. seorang muslim terhadap ajaran-ajaran kedamaian. kedilan. 1 No. Penilaian religiusitas dapat dibuat. 2. 12 Desember 2014 ekonomi. Dimensi pengalaman dapat pengukuran menjadi tepat dan selaran disejajarkan dengan ihsan dengan ajaran Islam. kebenaran ajaran agamanya. 4. karena religiusitas memberi pengaruh 2. terutama dengan manusia keyakinan seorang muslim terhadap lain. Stark yang membagi religiusitas menjadi 5. namun mempunyai dianjurkan oleh agamanya. keyakinan diri Dimensi peribadatan (praktik agama) manusia. Dimensi keyakinan dapat disejajarkan seorang muslim berperilaku dimotivasi dengan akidah oleh ajaran-ajaran agamanya. Syariah mengutamakan Dimensi pengetahuan agama atau kerjasama. pengetahuan dan pemahaman integritas. dalam mengerjakan kegiatan-kegiatan Pengukuran religiusitas dalam perspektif ritual sebagaimana disuruh dan Islam dapa dibuat. Dimensi pengamalan atau akhlak diantaranya : menunjuk pada seberapa tingkatan 1. Dimensi pengamalan dapat lima dimensi dalam tingkat tertentu disejajarkan dengan akhlak memiliki kesesuaian dengan islam. ketaatan. Religiusitas atau kehidupan berapa terutama terhadap ajaran-ajaran yang penting dalam kehidupan manusia bersifat fundamental dan dogmatik. dan keharmonisan sosial serta agamanya. yaitu Dimensi keyakinan atau akidah Islam bagaimana individu berelasi dengan menunjuk pada seberapa tingkat dunianya. serta kebahagiaan hidup oleh atau syariah menunjuk pada seberapa karena itu pengukuran religiusitas tingkat kepatuhan seorang muslim merupakan perkara yang penting. Peilaian religiusitas dari perpektif muslim dalam merasakan dan individu atau kelompok berdasarkan mengalami perasaanperasaan dan aspek zahir (tampak) saja. pengalaman-pengalaman religius. Menurut Manap dkk Dimensi pengalaman (atau (2007). kejujuran. JESTT Vol. ajaran-ajaran pokok dari agamanya.

Keputusan Investasi juga resiko yang akan dihadapi. Menurut Menurut Shahzad dkk (2013) Sharpe dalam Huda (2007: 9-10). 1 No. islam. serta mengevaluasi kinerja resiko yang berpotensi menyebabkan bisnis perusahaan dengan tujuan untuk kerugian. Tujuan investasi dapat tercapai 7. memgambil keputusan investasi investasi 2. Simbol yang mempunyai kaitan dimaksudkan untuk menilai manfaat dengan religiusitas tidak semestinya angka-angka tersebut dalam penilaian memiliki interpretasi yang sama bagi fundamental perusahaan. 12 Desember 2014 tepat mengenai seseorang atau informasi akuntansi memiliki nilai relevansi kelompok adalah di sisi Allah. dan ihsan. beberapa sekelompok sekuritas. Iman perlu dibuktikan dengan menjelaskan nilai perusahaan yang amalan. melakukan analisis terhadap sekuritas Puspitaningtyas (2012) menjelaskan yang meliputi penilaian terhadap bahwa pada umumnya dalam proses sekuritas baik secara individual maupun pengambilan keputusan investasi. Investor yang tingkat pengembalian dan resiko. Analisis sekuritas yang akan memberikan nilai kepuasan Langkah selanjutnya adalah yang optimal. Pengukuran religiusitas dalam statististik berhubungan dengan nilai perspektif Islam berdasarkan pasar. individu yg berbeda. didefinisikan sebagai kemampuan 4. Pengahayatan syariat Islam yang hubungan empiric antara nilai-nilai pasar sempurna melahirkan akhlaq yang saham (stock market values) dengan mulia berbagai angka informasi akuntansi yang 6. tersebut sudah mempertimbangkan tingkat keuntungan yang diharapkan dan F. Standar pengukuran religiusitas dalam apabila investor tepat dalam mengambil perspektif Islam adalah Al-Qur’an dan keputusan investasi. tindakan yang dipilih adalah 1. rasional akan melakukan analisis dalam maka tujuan investasi dari investor tidak proses pengambilan keputusan investasi. Relevansi nilai informasi akuntansi manifestasi iman. ada konsep mengenai investor yang rasional tahapan dalam pengambilan keputusan dalam teori pengambilan keputusan investasi yang harus dihadapi oleh investor bermakna bahwa dalam mengambil antara lain: keputusan. sehingga keputusan As-Sunnah. karena informasi akuntansi secara 3. Menentukan kebijakan investasi tindakan yang menghasilkan utilitas (utility) Terdapat hubungan posoitif antara tertinggi yang diharapkan. 886 . diarahkan untuk menginvestigasi 5. JESTT Vol. hanya untuk memperoleh kekayaan Analisis yang dilakukan antara lain saja namun investor juga harus dengan mempelajari laporan keuangan memahami bahwa ada kemungkinan perusahaan.

Nilai deviden perilaku rasional investor muslim dalam lebih kecil jika dibandingkan dengan bertransaksi saham di pasar modal. optimal. sehingga dan gambaran yang jelas untuk memahai mitivasi untuk memaksimalkan kekayaan perilaku investor muslim dalam berinvestasi tercapai. PEMBAHASAN informan. ditunjukan oleh indicator classic juga menjadi pertimbangan dari empat IV. ekonomi secara umum menjadi penting investor mungkin akan mengubah bagi investor untuk menjadi pertimbangan tujuan dari investasi awalnya. indicator neutral information dimana masing sekuritas. Indikator yang dipakai mana yang akan menjadi pilihan oleh kelima informan dalam perilaku dalam investasi dan menentukan rasional bertransaksi saham adalah berapa besar investasi pada masing. METODE PENELITIAN ditunjukan oleh laporan keuangan Pendekatan yang digunakan perusahaan saat ini dan pendapatan dalam penelitian ini adalah pendekatan perusahaan yang diharapkan digunakan kualitatif dengan metode studi kasus. Pembentukan portofolio mempertimbangkan indicator-indicator Dalam tahap ini membentuk portofolio yang menunjukan perilaku rasional dalam yang melibatkan identifikasi aset yang bertransaksi saham. hampir semua informan Indikator selanjutnya yang menjadi dalam keputusan transaksinya pertimbangan tiga informan dalam 887 . sebagai alat analisis tradisional yang Peneliti menggunakan pendekatan dianggap mampu mencerminkan tingkat kualitatif karena diperlukan pendekatan keuntungan yang didapat. Deviden yang diharapkan yang di pasar modal dalam perspektif islam. investasinya. Walaupun nilai dari deviden A. Perilaku Rasional Investor diterima oleh informan tidak terlalu besar Setelah dilakukan wawancara namun informan mengangpan ini sebagai mendalam terhadap kelima informan bonus yang diberikan perusahaan untuk diperoleh hasil penelitian terhadap para pemegang sahamnya. Dari capital gain yang didapat oleh informan setiap indicator yang ada pada perilaku yang sifat investasinya jangka pendek. yaitu dalam keputusan investasinya karena membentuk portofolio baru yang lebih informasi ini lebih mudah didapat. Melakukan revisi portofolio di media keuangan dan keadaan Sejalan dengan berjalannya waktu. seorang accounting information dimana empat investor akan melakukan penilaian dari lima informan mempertimbangkan terhadap kinerja portofolionya secara indicator ini dalam keputusan periodic baik return dan resikonya. informasi-informasi dari luar seperti ulasan 4. Indikator kedua yang menjadi 5. Evaluasi kinerja portofolio pertimbangan informan adalah Pada tahapan terakhir ini. 1 No. 12 Desember 2014 3. Accounting information III. rasional investor. JESTT Vol.

yang masih dialami oleh informan diantaranya adalah status quo dimana C. Faktor lainnya yang muslim dalam bertransakasi saham di kerapkali dialami oleh informan adalah pasar modal. Saham-saham yang tergolong perusahaan. terdapat hal lain yang perlu perusahaan dalam bursa menentukan dipertimbangkan dalam transaksi saham keputusan investasi dari masing-masing diantaranya faktor fundamental informan. pengambilan keputusan jual beli mempertimbangkan posisi saham saham tidak hanya didasarkan pada perusahaan dalam bursa. 12 Desember 2014 keputusan transaksinya adalah social anchoring dimana dalam perdagangan relevance dimana informan di bursa. Selain ketiga faktor dalam keputusan bertransaksi saham di psikologis yang telah dijabarkan masih pasar modal masih dipengaruhi oleh terdapat beberapa fakor psikologis yang faktor-faktor psikologisnya. Dari setiap faktor-faktor tersebut kali lebih besar daripada perasaan ada beberapa informan yang hampir senang saat memperoleh keuntungan. Faktor-faktor dialami oleh beberapa informan. Namun pada saat saham yang informan miliki ada juga informan yang sampai saat ini mengalai kerugian. namun tidak menutup satu informan yang dalam keputusan kemungkinan pula saham-saham yang investasinya masih dipengaruhi oleh faktor berada pada posisi second linier juga psikologis (anchoring). JESTT Vol. Perilaku Religius Investor perasaan nyaman dan aman yang Setelah dilakukan wawancara dirasakan oleh informan ketika melakukan mendalam terhadap kelima informan transaksi jual beli saham sehingga diperoleh hasil penelitian terhadap informan enggan keluar dari zona perilaku religious investor muslim dalam nyaman tersebut dan hal ini keputusannya bertransaksi saham di pasar mencerminkan sifat investasi jangka modal. sehingga informan hanya melihat B. penah mengalami semua faktor-faktor Kelima informan dalam pernyataannya tersebut diawal informan memulai untuk mengungkapkan bahwa itu biasa terjadi investasi saham di pasar modal. Namun ada salah informan. investasi dari informan tersebut jangka pendek. pengetahuan dan aktivitas 888 . Setelah dilakukan wawancara Faktor psikologis lain yang dialami oleh mendalam terhadap kelima informan kebanyakan informan adalah lost aversion diperoleh hasil penelitian terhadap faktor- dimana peraasaan sedih atau terluka faktor psikologi investor muslim dalam yang dialami oleh investor karena keputusannya bertransaksi saham di pasar mengalami kerugian bisa mencapai dua modal. dan berita yang blue chip yang banyak diminati oleh berkembang di pasar. 1 No. hal ini karena sifat diminati oleh masing-masing informan. Berkaitan dengan perilaku investor panjang informan. Posisi saham harga saham. Faktor-Faktor Psikologi Investor trend an harga yang tercermin di pasar.

12 Desember 2014 keagamaan (perilaku religious) investor penilaian investasi untuk memungkinkan tidak mendorong semua informan memilih investor memilih investasi terbaik diantara instrument yang sesuai dengan syariah alternatif investasi yang tersedia. JESTT Vol. Analisis yang alternatif atas dana yang dimilikinya. Investor ekonomi secara umum menjadi memerlukan informasi-informasi yang pertimbangan dalam keputusan merupakan faktor penting sebagai dasar transaksinya karena jenis informasi ini lebih untuk menentukan pilihan investasi. tindakan yang karena keyakinan dan pengetahuan yang dipilih adalah tindakan yang dimiliki oleh informan. dalam keputusan investasi. sebagai pertimbangan produktif seperti kepemilikan proyek. 1 No. investor mempertimbangkan keputusan investasi yang berupa kriteria faktor informasi akuntansi. atau perusahaan. Perilaku Investor Muslim Dalam Investor yang rasional akan melakukan Bertransaksi Saham analisis dalam proses pengambilan Seorang muslim boleh memilih tiga keputusan investasinya. yaitu dilakukan antara lain dengan dalam bentuk uang kas (idle cash). Oleh karena itu dalam mengelola. serta mengevaluasi kinerja menginvestasikannya dalam kegiatan bisnis perusahaan. yang dalam hal ini masuk dalam indeks JII Konsep mengenai investor yang maupun ISSI. D. Dari mudah didapat oleh investor. Informasi 889 . bermakna bahwa dalam instrument yang sesuai dengan syariah mengambil keputusan. menghasilkan utilitas tertinggi yang diharapkan (Puspitaningtyas. Investasi pada hakikatnya merupakan penempatan sejumlah dana pada satu atau lebih dari satu aset selama periode tertentu dengan harapan dapat Informasi-informasi dari luar seperti memperoleh pengahasilan atau ulasan dimedia keuangan dan keadaan peningkatan nilai investasi. merencanakan. dalam mempelajari laporan keuangan bentuk aset tanpa produksi. Investasi syariah merupakan investasi yang didasarkan atas prinsip-prinsip syariah. mengendalikan dan mengorganisasikan diperlukan kesungguhan dan diniatkan sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT. Namun ada dua informan rasional dalam teori pengambilan yang dengan sadar hanya memilih keputusan. Dalam informasi yang ada kemudian terbentuk sebuah proses pengamilan keputusan suatu model perilaku pengambilan investasi. 2013:2). baik investasi pada sektor riil maupun sektor keuangan.

accounting information. Perilaku investor muslim dalam investasi investor muslim adalam neutral bertransaksi saham di pasar modal information. Perilaku investor muslim yang menilai manfaat angka-angka tersebut mempertimbangkan agama dalam dalam penilaian fundamental perilaku bertransaksi saham lebih perusahaan. yang tidak mempertimbangkan yang mana terbentuk dari pengaruh agama dalam perilaku bertransaksi lingkungan dimana investor berada. mempertimbangkan agama dan yang tidak mempertimbangkan agama V. 1 No. SIMPULAN DAN SARAN mempertimbangkan aspek rasional A. yaitu investor yang coindence. Sedangkan perilaku investor muslim oleh kebutuhan-kebutuhan dasarnya. memilih saham yang masuk dalam Dalam teori psikologis dikatakan daftar indek syariah. Relevansi nilai informasi akuntansi 2. dalam keputusan investasinya. JESTT Vol. socia relevance. Perilaku investor muslim yang didefinisikan dengan kemampuan mempertimbangkan agama dan menjelaskan nilai suatu perusahaan perilaku investor muslim yang tidak berdasarkan informasi akuntansi. perilaku investasinya dan investor yang karena informasi akuntansi secara statistik tidak mempertimbangkan agama berhubungan dengan nilai pasar. Berkaitan dengan perilaku investasi investasinya jangka pendek memiliki di pasar modal. praktik dan aktivitas komposisi saham yang tidak masuk keagamaan (religiusitas) investor tidak dalam daftar indeks syariah. sifat hubungan empirik antara nilai pasar investasinya jangka panjang (long saham dengan berbagai angka informasi term) dan jangka pendek (short term). akuntansi yang dimaksudkan untuk 3. mempertimbangkan agama dalam 890 . pembahasan hasil penelitian ini adalah 5. Relevansi mempertimbangkan agama dalam nilai diarahkan untuk menginvestigasi perilakunya bertransaksi saham. baik indek JII dan bahwa seseorang akan selalu didorong ISSI. Aspek Rasional yang masih sebagai berikut : dipertimbangkan dalam perilaku 1. dapat dilihat dalam dua sudut classic. melakukan transaksi jual beli saham di sedangkan untuk investor yang sifat bursa. Baik perilaku investor muslim yang memilih saham syariah. dan self image pandang. 12 Desember 2014 akuntansi diprediksi memiliki relevansi. seratus persen mendorongnya untuk 4. saham memiliki komposisi saham Faktor-faktor psikologi dapat membentuk campuran untuk investor yang sifat perilaku keuangan investor dalam investasinya jangka panjang. Simpulan dan faktor psikologis dalam Simpulan yang dapat diambil dari pengambilan keputusan investasinya.

Muhammad Fuad. interaction. 9 Januari 2013. 2.Fundamental of Koleksi Artikel Ilmiah untuk Investment.2007.(Online). investasi investor muslim adalah social Cetakan Kesatu.2013. Majelis Ulama Indonesia. pada Pasar Modal Syariah.1997. anchoring. Saran Hayes. JESTT Vol. The Kumpulan Hadis Sahih Al-Bukhari Planner 13 (1). Al-Qur’an Indonesia. 2010. Ancok dan Fuad Nashori digunakanlah teknik kuantitatif dengan Suroso. mengetahui faktor apa yang Yogyakarta. Bandung: Alfabeta. Pustaka Pelajar. Dianalisis dan Dibahaskan Englewood. Muslim. Cetakan WIB. 2009.alquran- Nafik Ryandono. Journal of Family and referensi bagi penelitian selanjutnya. Behavioral Finance: Why Abd. 2010. tanpa Huda. New Jersey. 891 .1994. Nurul. sehingga dapat Jamaluddin.1998. 12 Desember 2014 6. disarankan agar penelitian selanjutnya Jakarta: Kencana. PP 1839-1886 B. Bursa indonesia. Muhamad. Terjemahan Arif Rahman Manap. Solo: Insan Kamil. Psikologi Islami. 9/principles-of-islamic-eligiosity http://www. Jakarta: Kamis. 1998. G.The Principles of Islamic Hakim. dkk.52 Serambi Ilmu Semesta. Faktor psikologis yang masih Aziz.Kent. khususnya dalam ruang lingkup perilaku Hal: 56-60. Cetakan dapat memperluas cakupan ataupun Kesatu. DAFTAR PUSTAKA Litner. Solusi menggunakan analisis faktor untuk Atas Problem-problem Psikologi. Hal: 7-8. herd-like Security Market Under and Over. No. Journal of Asset Finance Vol 53. Kesatu. Al-Baqi. Manajemen Investsi dipertimbangkan dalam perilaku Syariah. Tanpa http://jurnalakademik. Religiosity and Religious Personality Alexander.. Reaction”. investor muslim. Daniel. [On-line series]. 2007. representativeness. Gordon J dan William Measurement. Abdul. Jurnal Akademik: Sharpe. 2010. Prentice Hall Inc. Suzanne K. mendominasi investor muslim dalam Kumpulan Fatwa Dewan Syariah Nasional bertransaksi saham di pasar modal. Investor Make Bad Decisions. Dikongsi. Exploring Investor Diharapkan penelitian ini dapat Decision in a Behavioral Finance digunakan sebagai acauan atau bahan Framework. jumlah responden. jam 00. 1 No. behaviour. Investasi mengubah dari tema penelitian ini. data maining.com/2006/0 Judul. Cunsumer Sciences Vol 102.”Investor Psychology and familiarity. Mustafa Edwin.com/) diakses pada Efek & Investasi Syariah. Disamping itu.

1994. Allan S. Akuntansi. Education. Yogyakarta: Unit Investing. 2. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Vol. 4. Portofolio dan 16. JESTT Vol.com pada Senin. pukul 19. 2011. Perilaku Investor dalam Pengambilan Keputusan Investasi. Robert dan Obenberger. 2012. Prediksi Tingkat Finance to Value Investing. Investasi. Artikel Pengembalian Investasi Berupa Partner LLC. Vol. Zarah dan Agung Tilson. 12 Desember 2014 Nagy. Business. Sunariyah. 2007. 2013. Psychologi of Pasar Modal.and Technology Journal. Financial Vol. Jay R. No. 16. Ritter. Jhon R.com Deviden Yield berdasarkan Analisis Finansial Rasio. EKUITAS: Kesatu. “Behavioral Finance”. 10. Hal:1-9. Hal: 605-619. Article Wealth Logic. Yogyakarta: BPFE Puspitaningtyas. No. pp 429-437. Cetakan Manfaatnya bagi Investor. 2013. Eduardus. Nilai Informasi Akuntansi dan Jakarta: Sinar Grafika. Pasar Modal Syariah. Behavioral Finance. (Diakses dari www.1. 2005. Majalah Ekonomi: Telaah Manajemen. LLC. 26 Januari 2014. 2000. 2012. Hal: 89-98. Tandelilin. Pasific-Basin Finance Journal Vol 11. Hal: 164-183. Puspitaningtyas. 2010. Adrian. No. Precentice-Hall Inc. Fall. Secon Edition. Interdisciplinary Journal of Factors Influencing Individual Contemporary Research In Business Investors Behaviour. 1 No. 892 . Relevansi Sutedi. Applying Behavioral Kurniawan. What is Behaviour in Finance?. Zarah. Stock Market Efficiency: Behavioral or Traditional Paradigm? Evidence From Kawachi Stock Exchange and Investor Community of Pakistan.researchgate. dan Bisnis. Analysts Journal. Shahzad.48) Ricciardi. 2003. Pengantar Pengetahuan Nofsinger. Syed J. Roth. 2000. Zarah. New Penerbit dan Percetakan Akademi Jersey.H. dkk. Puspitaningtyas. hal 63-68. 2005. V dan Simon. Whitney. Manajemen Preusan YKPN.