You are on page 1of 4

A.

Judul
Evaluasi Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan SMK Negeri 1 Mempawah
Hilir

B. Identifikasi Masalah dan Pembatasan Masalah
Beberapa masalah yang meuncul terkait dengan pelaksanaan PKL
sebagai berikut:
1. Pelaksanaan program PKL belum sesuai harapan dan kebutuhan siswa.
2. Belum semua guru siap dalam pelaksanaan bimbingan PKL siswa.
3. Masih rendahnya kualitas pelaksanaan program PKL oleh sekolah.
4. Belum adanya buku pedoman pelaksanaan PKL yang jelas.
5. Perlunya kesiapan yang cukup bagi siswa untuk mengikuti program PKL.
6. Minimnya informasi tentang pelaksanaan PKL yang diketahui siswa.
7. PKL belum mampu memberikan pengalaman yang cukup bagi siswa untuk
memasuki dinia kerja.
8. Pelaksanaan PKL belum mampumemberikan dasar kompetensi yang
cukup bagi siswa.
9. Terbatasnya jumlah instansi yang relevan dengan 4 bidang jurusan di
SMK N 1 Mempawah Hilir.
10. Materi pembelajaran di tempat PKL yang kurang sesuai dengan keahlian
siswa.
11. Terdapat perbedaan persepsi diantara guru pembimbing tentang tujuan PKL
12. Waktu pelaksanaan PKL yang terlalu pendek.
13. Belum optimalnya pengelolaan sarana dan prasarana penunjang yang
mendukung peproses pembelajaran disekolah.

Berdasarkan identifikasi masalah tersebut, maka evaluasi ini difokuskan
pada proses perencanaan, pelaksanaan, serta tujuan PKL siswa SMKN 1
Mempawah Hilir:
1. Pelaksanaan program PKL belum sesuai dengan kebutuhan siswa.
2. Siswa belum memiliki kesiapan yang cukup untuk mengikuti program PKL
3. Guru kurang siap dalam pelaksanaan bimbingan PKL.
4. Masih rendahnya kualitas pelaksanaan PKL oleh sekolah.

c. b. 5. E. Untuk mengetahui kesesuaian pelaksanaan program PKL dengan kebutuhan siswa. Apakah pelaksanaan PKL dapat memberikan manfaat bagi siwa maupun sekolah? D. Untuk mengetahui seberapa besar tingkat kemanfaatan program PKL yang diselenggarakan sekolah. Memberikan gambaran kepada sekolah tentang keksesuaian pelaksanaan program PKL dengan kebutuhan siswa dan tuntutan kurikulum. dan pembatasan masalah yang dikemukakan diatas. Sejauh mana kesiapan siswa untuk mengikuti program PKL? c. Tujuan Evaluasi Berdasarkan rumusan masalah diatas. Sejauh mana kesiapan guru dalam pelaksanaan bimbingan PKL siswa? d. PKL belum mampu memberikan pengalaman yang cukup bagi siswa untuk memasuki dunia kerja C. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah identifikasi masalah. Sejauh mana kualitas pelaksanaan program PKL yang dilakukan oleh sekolah? e. Apakah pelaksanaan PKL sudah sesuai dengan kebutuhan siswa? b. Manfaat Evaluasi a. Untuk mengetahui sejauh mana kesiapan siswa dalam mengikuti program PKL. Untuk mengetahui seberapa besar tingkat kualitas pelaksanaan PKL yang diselenggarakan sekolah. Hal ini . Memberikan gambaran tentang cakupan materi PKl kesesuainnya dengan industry. maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: a. e. dapat dirumuskan sebagai berikut: a. Untuk mengetahui seberapa jauh kesiapan yang dilakukan oleh guru pembimbing dalam dalam pelaksanaan bimbingan PKL siswa d. b. maka masalah dalam penelitian pada pelaksanaan PKL di SMKN 1 Mempawah Hilir 4 jurusan. sehingga pohak sekoalh memahami secara seksama tentang bentuk praktik yang akan dilakukan oleh siwa selama kegiatan berlangsung.

Keempat evaluasi ini merupakan satu kesatuan yang utuh. dapat dijadikan bahan pertimbangan serta evaluasi materi pembelajaran dan kuriulum yang sesuai. d. sebaiknya menggabungkan dua atau lebih jenis yang ada. Memberikan informasi tentang kemampuan siswa dalam penguasaan pengetahuan pasca pelaksanaan PKL f. namun dalam pelaksanaannya dapat saja seorang peneliti hanya melakukan satu jenis evaluasi dan tidak menggunakan jenis evaluaasi tersebut. Sebagai bahan evaluasi terhadap penyelenggaraan PKL yang telah diprogramkan oleh sekolah. untuk mempersiapkan siswasebelum melaksanakan PKL dimasa yang akan dating. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dan kualitatif. Dipilihnya SMK N 1 Mempawah Hilir dengan pertimbangan bahwa SMK N 1 Mempawah Hilir merupakan satu-satunya sekolah menengah kejuruan yang konsen di bidang multimedia dan ekonomi. input. Memberikan informasi tentang sejauh mana kesesuaian antara tempat praktik yang ada dengan program keahlian yang dimiliki siswa. Memberikan informasi tentang keterampilan yang diperoleh siswa setelah melaksanakan PKL g. sesuai dengan namanya model ini menyoroti empat aspek sekaligus yaitu: konteks. Jika dilaksanakan secara terpisah. sehingga pelaksanaan keempat elemen tersebut dalam satu dimensi yang utuh sangat diharapkan. c. Jenis dan Pendekatan Penelitian Adapun jenis evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model CIPP. 2. Memberikan informasi tentang sikap siswa selama melaksanakan PKL F. Tempat dan Waktu Penelitian Penelitian ini mengambil setting lokasi di SMK N 1 Mempawah Hilir. Metode Penelitian 1. dan produk yang melibatkan keempatnya secara bertahap. Evaluasi yang menggunakan model ini harus mempeertimbangkan dua hal: 1. Bahwa kekuatan model ini terdapat pada rangkaian keempatnya. data penelitian diperoleh melalui angket . e. 2. proses.

disamping menggunakan angket. input. Dalam penelitian ini sumber data dimaksud meliputi pengelola sekolah. Berdasarkan klasifikasi tersebut. maka sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis person dan paper serta place. Sumber data dan Sample Yang dimaksud dengan sumber data di sini adalah subjek dari rnana data diperolch. guru. place. tenaga kependidikan. Penentuan subjek penelitian berupa person dilakukan dengan teknik purposif. dan c. dan produk (CIPP). untuk melengkapi data penelitian juga dilakukan observasi. paper. proses. Objek sasaran yang dicermati dalam penelitian ini mengarah pada evaluasi kontek. yaitu sumber data berupa orang. dan siswa . yaitu sumber data berupa simbol. yang diberikan kepada siswa dan guru pembimbing yang telah melaksanakan PKL. ditetapkan kriteria-kriteria sesuai dengan tujuan penelitian. 3. person. Subjek berupa paper digunakan sebagai sumber data-data sekunder sesuai dengan tujuan penelitian. Sedangkan sumber data berupa place dibutuhkan untuk memperkaya data penelitian melalui observasi. a. Suharsimi Ariktmto (2002 : 107) mengklasifikasi sumber data menjadi tiga jenis . yaitu sumber data berupa ternpat. dokumentasi dan wawancara yang mendalam. Dengan teknik ini. b.