You are on page 1of 18

PROPOSAL IKLAS POTENSI WISATA

DAERAH ”

LEMBAR PENGESAHAN Pemain 1 Pemain 2 Putri Adelia Aditia Arie Mengetahui.Si Rakhmat Fauzi . M. Kepala Sekolah Kaprodi Multimedia Gito Suroso.

. tentang macam-macam teknik kamera... Akhir kata.. editing.….. pengertian iklan serta pembuatan proposal ini untuk mendapatkan persetujuan dari Semua belah pihak yang bersangkutan..........1 Latar Belakang………………………. saya sangat berharap proposal ini secepatnya disetujui agar saya dapat segera melaksanakan proses produksi...……………..Iklan ini saya buat untuk memenuhi nilai tugas produktif Multimedia SMK Antartika 2 Sidoarjo pada semester 6 Tahun Ajaran 2012/2013...………………. 01 2. iii DAFTAR ISI………………………………………..... Kamera Angle……………………………........ proses produksi. .... KATA PENGANTAR………………………………. 04 1.....…………..……………………. Pengertian Iklan …………………………. 03 5. Praktek pembuatan iklan ini saya lakukan berdasarkan teori dan praktek yang selama ini saya pelajari... iv BAB I 01 PENDAHULUAN…………………………..... i Lembar ii Pengesahan………………………………………………….... Teknik Kamera…………………………....……………………..Semua ilmu yang Bapak/Ibu guru ajarkan kepada saya selama ini sangat bermanfaat bagi saya....……………. pasca produksi dan mengumpulkan tugas produktif pada semester 6 Tahun Ajaran 2012/2013 ini.... teknik mengambilan gambar. 02 4....…. DAFTAR ISI Hal JUDUL………..... KATA PENGANTAR Segala puji dan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat..…………... Tak lupa saya ucapkan banyak terima kasih kepada Bapak/Ibu guru yang telah membimbing saya selama bersekolah di SMK Antartika 2 Sidoarjo dan memberikan pengarahan kepada saya sehingga saya dapat mengerjakan tugas Pembuatan iklan ini dengan baik.…………………….. karunia serta hidayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan Proposal pembuatan iklan sebuah produk makanan ini.. 01 1........ 04 6.....………………….……………….... Pengertian Editing…………………………. Tahapan Editing…………………... Tahapan Produksi………………….........2 Tujuan Pembuatan Iklan……………………………….………………………………………………………….... 01 3... 01 1.

. 12 Scene 2…………………………………………………..........3 Gambar Alur Kerja………………………………………….............……. 13 13 3...2 Saran………………………………………………….. 07  Scene 1…………………………………………..........….…………….1 Waktu dan Tempat 05 Pelaksanaan…………………………….. 13  Waktu………………………………………………….. 13  Lokasi pelaksanaan……………………......................4 Crew dan Pemain………………………………………. 10  Gambar Alur Storyboard……………………………….......….....….. 17 Tentang 18 Penulis…………..... ..... 3....……………. 2.. 11 Scene 1…………………………………………………...........  Bahan yang diperlukan…………………………………........ 05  Tempat Pelaksanaan…………………………….…………………………………...... 08  Scene 3…………………………………………………...... Lampiran…………………………………………………………………. 15 4.. 13  Crew……………………………………………………... BAB III DIRECTOR 07 TREATMENT……………………………………...... 07 3.. 15 4..…….……......... 16 DAFTAR PUSTAKA…………………………………………...……….. 14  Pemain…………………………………………………........ 05 2....... 06  Alat-alat yang digunakan………………………………... 05 2.... 13 Scene 3………………………………………………….................5 Biaya/Anggaran……………………………………………................2 Alat dan 06 Bahan………………………………………………...3 Waktu dan Lokasi Pelaksanaan Proses Produksi……………..... 07  Scene 2………………………………………………….... 10  Penjelasan Alur Storyboard……………………………. 13 3...1 15 Kesimpulan…………………………………………….... 09 3.. 05  Waktu…………………………………….... BAB II PROSES 05 PRODUKSI/JASA……………………………............1 Naskah………………………………………………………..2 Visualisasi 09 Script/Storyboard………………………………. BAB IV PENUTUP…………………………………………………...

1 1. objek menjadi titik perhatian utama dalam shot ini. menyajikan bidang pandangan yang lebih luas.Objek manusia ditampilkan dari atas pinggang sampai atas kepala. Pengertian Editing Editing adalah proses penyambungan gambar dari banyak short tunggal sehingga menjadi kesatuan cerita yang utuh. objek diperlihatkan dari bagian dada sampai atas kepala. BAB I PENDAHULUAN 1. • MLS (Medium Long Shot) Shot yang menyajikan bidang pandangan yang lebih dekat dari pada Long Shot. • LS (Long Shot) Shot yang menyajikan bidang pandangan yang lebih dekat dibandingkan dengan ELS objek masih didominasi oleh latar belakang yang lebih luas. Objek mengisi seluruh layar dan lebih jelas sangat detailnya.1 Latar Belakang 1. 4. objek manusia biasanya ditampilkan dari atas lutut sampai diatas kepala. Teknik Kamera Macam bidang pandangan pada perekaman gambar adalah : • ELS (Extreme Long Shot) Shot sangat jauh. kamera mengambil keseluruhan pandangan. Untuk objek manusia biasanya ditampilkan wajah dari bahu sampai ke atas kepala. Pengertian Iklan Kata iklan berasal dari bahasa Yunani.Menurut Para Ahli iklan adalah kenyataan sekaligus kemampuan untuk mengidentifikasi produk yang sah atau resmi. MCU ini yang paling sering dipergunakan dalam Televisi. dan sudah tersedia dipasar atau ditengah masyarakat. 2. .Adapun pengertian secara istilah adalah semua bentuk aktivitas untuk menghadirkan dan mempromosikan ide. • ECU (Extreme Close Up) Shot yang menampilkan bagian tertentu dari tubuh manusia. Kamera Angle Jenis-jenis Camera angle dalam shoting : • High Angle Posisi kamera lebih tinggi dari objek sehingga tampak objek dari atas dengan memiliki sudut kemiringan. yang artinya kurang lebih adalah menggiring orang kepada gagasan. • CU (Close up) Shot dekat. • MS (Medium Shot) Disini objek menjadi lebih besar dan dominan. • MCU (Medium Close Up) Shot amat dekat. Struktur Editing dalam pekerjaannya dapat dibagi menjadi 2 yaitu : • Linear Editing (Dengan menyusun gambar satu persatu secara berurutan) • Non Linear Editing (Menyusun gambar secara acak) 3. barang dan jasa secara Nonpersonal yang dapat dibayar oleh sponsor tertentu. latar belakang nampak sedikit sekali.

penyusunan Crew. Dalam hal ini “bahan masakan” ialah hasil shooting video. penentuan target-target. idealnya dalam bentuk story board yang mencakup banyak informasi termasuk sudut pengambilan gambar (angle). • Mixing Proses penyelarasan seluruh materi audio dalam sebuah proses editing. menjadi tatanan video yang memiliki arti. juga kepastian dari actor itu sendiri yang telah terkoordinir untuk kepastiannya actor tersebut menjadi objek dalam iklan.Pada tahap ini ditentukan tujuan produksi. untuk diolah sesuai resep yang telah ada. • Eye Level Pengambilan dengan ketinggian sedang atau mendatar dengan objek. • Pasca Produksi Pada tahap Pasca Produksi semua bahan mentah produksi dikumpulkan untuk diolah.Kebutuhan shooting video sebelumnya telah dirumuskan pada tahap Pra Produksi. 6. serta “resep” ialah scenario itu sendiri. • Profil Shot Sama dengan eye level akan tetapi dengan posisi kemiringan atau mempunyai sudut. • Over Sholuder Pengambilan gambar dari posisi belakang punggung objek. “bumbu” ialah bahan pendukung lain seperti klip animasi. sound efek dll. yaitu Offline Editing Proses membuang seluruh materi editing yang tidak diperlukan sehingga terkumpullah materi- materi yang memang dibutuhkan dan proses yang kedua adalah Online Editing Proses penyelarasan dari materi- materi offline sesuai script/naskah. Tidak ada rumusan yang benar-benar baku pada tahap Pra Produksi ini. Proses editing dibagi 2. Dan pada tahap ini juga promosi brand di mulai.Analoginya ialah seorang koki yang membawa semua bahan masakan dan bumbu masakan dan bumbu ke dapur. • Editing Proses penyuntingan seluruh materi editing . Tahapan Editing • Capturing Proses pemindahan materi-materi syuting dari kamera video ke dalam computer editing. • Finishing Proses finalisasi seluruh tahapan-tahapan sebelumnya. • Low angle Posisi kamera lebih rendah dari objek dengan mengambil posisi sudut miring. . Tahapan Produksi • Pra Produksi Tahap Pra Produksi ialah tahap yang amat penting. 5. • Frog Eye Posisi kemera ada dibawah paha. • Produksi Pada tahap Produksi pengambilan gambar dilakukan idealnya hingga tuntas. • Bird Eye View Posisi high angle tapi jarak lebih jauh. • Top Angle Posisi kamera ada di atas objek sehingga posisi dari atas kebawah. Schedule dan sebagainya.Pengecekkan alat-alat yang dibutuhkan menjadi hal yang penting juga dalam tahap ini.

1 Waktu dan Tempat Pelaksanaan Waktu: Pra Produksi : 10 Januari 2018 – 12 Januari 2018 Produksi : 24 Januari 2018 Pasca Produksi : 29 Januari 2018 – 2 Februari 2018 Tempat Pelaksanaan : Semua Scene : Halaman Rumah Adit. Televisi 4. Komputer Editing 5. • Rendering Proses merubah seluruh materi editing menjadi video yang bisa dinikmati.1 1.  Membuat konsumen agar selalu ingat kepada produk. 2.  Menyampaikan perubahan harga kepada pelanggan. Perum Griya Candi Asri. BAB II PROSES PRODUKSI/JASA 2. 1. Kabel Output AV 3.2 Tujuan Pembuatan Iklan Adapun tujuan pembuatan iklan ini adalah sebagai berikut:  Mempromosikan produk kepada masyarakat. Tripod .2 Alat dan Bahan Alat-alat yang digunakan : 1. Kamera Video 2.  Mendorong calon pelanggan untuk melakukan pembelian produk makanan.  Memperkenalkan variasi rasa pada produk makanan.

DVD-R 2. Mini DV 2.6. Kabel Rool Bahan yang diperlukan : 1. Converter/Pitting 3.3 Gambar ALUR Kerja Alur kerja yang kami lakukan adalah : Desember Januari Februari KEGI 2017 2018 2018 TEM NO ATAN PAT 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 PRA PRODU 1 KSI • Menentukan Se Produk/J kolah asa • Pembuatan Ru alur ceri mah ta M dan ita naskah • Sek Pembagian olah Tugas • Pencarian Sek Talent olah Iklan • Ru Pembuatan mah Storybo M ard ita Ru • Izin mah lokasi A syuting dit • Se Pembuatan kolah Proposal PRODU 2 KSI .

Scene 2 : Jalan Depan Rumah. Ru • Proses mah Syuting A dit PASCA PRODU 3 KSI Ru mah • Editing Mita Ru • mah Rendering M ita • Se Packaging kolah BAB III DIRECTOR TREATMENT 3. Dia sangat menikmati biskuit tersebut hingga memakannya sambil tersenyum dan berkata “Ueenak rekk” Lalu si gadis melihatkearah bungkus biskuit “GOOD TIME” itu dan dia baru menyadari jika biskuit “GOOD TIME” favoritnya tersebut hanya tersisa 1 biji.1 Naskah Scene 1 : Jalan Depan Rumah. Disebuah jalan ada seorang gadis sedang berjalan sambil menikmati biskuit “GOOD TIME” favoritnya. Dengan wajah sedihnya si gadis mengatakan “yah kok tinggal satu sih?” (lalu memperlihatkan bungkus “GOOD TIME” yang sudah kosong). .

Lalu tanpa pikir panjang si gadis secepat kilat mengambil biskuit “GOOD TIME” itu lalu membuka dan memakannya. arah suara yang memanggil namanya tersebut sambil menunjukkan wajah cemberut. Adel dan Adit tersenyum melihat kearah kamera sambil menunjukkkan biskuit “GOOD TIME” favorit mereka. Saat si gadis sedang menikmati biskuit favoritnya itu Adit berdiri dan bertanya “Jadi kamu terima aku nih?” dan Adel menjawab “iya deh. Hehehe!!” Scene 3 : Jalan Depan Rumah. Anak laki-laki itu tiba-tiba berlutut dan mengatakan “Adel.2 Visualisasi Script/Storyboard . Tiba-tiba ada seorang anak laki-laki mengejar si gadis dan memanggilnya “Adel!!” Lalu si gadis menoleh kearah belakang.Ternyata anak laki-laki tersebut membawa sebungkus biskuit “GOOD TIME” untuk si gadis. soalnya kamu bawain biskuit “GOOD TIME” favoritku sih. maukah kamu jadi pacarku? Kalo’ mau kamu boleh ambil “GOOD TIME”nya!”. 3. bingung dan sedikit heran. Gambar kemasan “GOOD TIME” rasa Chocochips Chocolate Cookies. jadi aku terima kamu ajah.

.Penjelasan Alur Storyboard: Scene 1 : Jalan Depan Rumah.

 Pemain 1.  Long Shot.  Medium Long Shot.  Eye Level.  Bird eye view. Pemain 1 sangat menikmati biskuit yang sedang dia makan hingga tersenyum. .  Pemain 1. Pemain 1 sedang berjalan sendirian sambil memakan biskuit.

 Pemain 1.  Medium Close Up.  Eye Level. .  Pemain 1. Pemain 1 melihat kearah kemasan biskuit lalu menyadari jika biskuit favoritnya itu hanya tersisa 1 biji.  Eye Level. Pemain 1 menunjukkan wajah cemberutnya karena biskuit favoritnya hanya tersisa 1 biji. Medium Shot.

 Eye Level. Medium Close Up. Menunjukkan kemasan GOOD TIME yang sudah kosong dan hanya tersisa 1 biskuit yang dipegang oleh pemain 1. Scene 2: Jalan Depan Rumah. Pemain 2 tiba-tiba muncul dan memanggil pemain 1 dari arah belakang pemain 1.  Pemain 1 dan 2. .  High Angle.  Long Shot.

 Medium Shot. . Pemain 1 menoleh kearah belakang sambil menunjukkan wajah cemberut.  Pemain 1 dan 2.  Medium Long Shot. Pemain 2 berlutut dan menyodorkan sebungkus “GOOD TIME” kearah pemain 1 yang siap untuk mengambilnya sambil menyatakan perasaannya kepada pemain 1.  Profil Shot.  Pemain 1 dan 2.  Eye Level. Sementara pemain 2 tersenyum sambil menyodorkan sebungkus “GOOD TIME” kearah pemain 10. bingung dan sedikit heran.

 Eye Level.  Medium Shot.  Medium Shot. Pemain 1 dan 2 tersenyum melihat kearah kamera sambil menunjukkan kemasan biskuit “GOOD TIME”. .  Pemain 1 dan 2.  Eye Level.  Pemain 1 dan 2. Scene 3 : Jalan Depan Rumah. Pemain 2 kembali berdiri sementar pemain 1 asyik menikmati biskuit “GOOD TIME”.

Azizah Pemain : Pemain 1/Si Gadis: Putri Adelia Pemain 2/Anak Laki-laki : Aditia Arie .  Long Shot. 3. Azizah Editor: Mita Q.  High Angle. Gambar Kemasan biskuit “GOOD TIME”. Perum Griya Candi Asri.4 Crew dan Pemain Crew : Kameramen : Mita Q. 3.3 Waktu dan Lokasi Pelaksanaan Proses Produksi Waktu: Pra Produksi : 10 januari 2012 – 12 Januari 2013 Produksi : 24 Januari 2013 Pasca Produksi : 29 Januari 2013 – 2 Februari 2013 LokasiPelaksanaan : Semua Scene : Halaman Rumah Adit.

- Rp. 14.000.-  DVD (2) Rp. 4. dikarenakan ilmu dan pengetahuan kami yang juga belum sempurna. Kami memerlukan kerjasama yang baik untuk mengerjakannya. Editing.Maka dari itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami butuhkan untuk pengembangan ilmu kami dikemudian hari. 10. menyelesaikan tugas produktif Multimedia kali ini tidak semudah yang dibayangkan.5 Biaya/Anggaran Pengluaran :  Konsumsi Rp.- Lain-lain Rp. Banyak pengetahuan/pelajaran baru yang kami dapatkan dan tentunya sangat bermanfaat bagi kami.000. 134. teknik mengambil gambar.-  2 bungkus biskuit “GOOD TIME” Rp.3.000. 90.- BAB IV PENUTUP 4. pengertian iklan serta pembuatan proposal ini untuk mendapatkan persetujuan dari Semua belah pihak yang bersangkutan.1 KESIMPULAN Membuat. . 20. memerlukan proses waktu yang panjang dan berbagai tahap dalam pembuatan sebuah Iklan Produk. Tugas kali ini membuat kami jauh lebih mengerti tentang macam-macam teknik kamera. proses produksi.2 SARAN Kami sangat menyadari bahwa dalam pembuatan iklan ini masih jauh dari kesempurnaan.000.000.