You are on page 1of 13

MAKALAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

“ GEOSTRATEGI/ KETAHANAN NASIONAL DAN IMPLEMENTASINYA”

Dosen Pengampu : Alam Budi Kusuma, S. Pd. I., M. Pd. I.

Disusun Oleh :

Nur Rochmah 15812550

Sri Sayekti 15812553

PROGRAM STUDI : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM MASJID SYUHADA

YOGYAKARTA

2015

kami bisa menyelesaikan tugas penyusunan Makalah Pendidikan Kewarganegaraan dengan judul “Geostrategi/ Ketahan Nasional dan Implementasinya.. M. orang tua yang senantiasa berdoa untuk kelancaran tugas kami. Pd. Dengan segala kerendahan hati. Pd. S. hidayah serta inayah-Nya. Yogyakarta. I. selaku dosen mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan yang telah memberikan kepercayaan untuk membuat makalah ini. Karena berkat limpahan rahmat. KATA PENGANTAR Puja dan puji syukur selalu kami haturkan kehadirat Allah SWT.. 08 Desember 2015 Penyusun i . begitulah adanya makalah ini masih jauh dari kata sempurna. saran dan kritik yang membangun sangat kami harapkan. I. Tak ada gading yang tak retak.” Kami selaku penyusun makalah mengucapkan terima kasih kepada Bapak Alam Budi Kusuma. Kami berharap semoga makalah ini bisa memberikan suatu manfaat bagi kami dan para pembaca serta dapat dijadikan referensi untuk penyusunan makalah di waktu yang akan datang. taufik. serta pada teman-teman yang telah memberikan motivasi dalam pembuatan makalah ini.

2 C. Tujuan Penulisan ……………………………………………….…………………………. Pengaruh Aspek Ketahanan Nasional terhadap Kehidupan Berbangsa dan Bernegara ……………... Implementasi Ketahanan Nasional ………………..…………… 5 F.…… 4 C.……….. Latar Belakang………………………….. Rumusan Masalah ……………………………………………. Pengertian Ketahanan Nasional Indonesia …………………. Sifat Ketahanan Nasional Indonesia …………………….……..………… ii BAB I PENDAHULUAN A.. DAFTAR ISI KATA PENGANTAR………………………………………………………. 10 ii .…… i DAFTAR ISI………………………………………………………….……………………..………… 3 B... 4 D. Konsepsi Ketahanan Nasional Indonesia ………………………..... Asas-Asas Ketahanan Nasional Indonesia ………………………….……. 2 BAB II PEMBAHASAN A.… 5 E...……… 1 B.………….……………… 6 G. Hakikat Tannas dan Konsepsi Tannas Indonesia ………………. 7 BAB III PENUTUP Kesimpulan …………………………………………………………… 9 DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………..…………………….

Meskipun dihadapkan pada berbagai tantangan. Indonesia menjadi ajang persaingan kepentingan dan perebutan pengaruh negara-negara besar dan adikuasa. dan landasan visional Wawasan Nusantara. hambatan. Negara Kesatuan Republik Indonesia masih tetap tegak berdiri sebagai satu bangsa dan negara yang merdeka. BAB I PENDAHULUAN A. dan gangguan dari manapun. Kondisi Kehidupan Nasional merupakan pencerminan Ketahanan Nasional yang didasari oleh landasan idiil Pancasila. dan bernegara dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia. serta besarnya jumlah dan kemampuan penduduk yang dimilikinya. landasan konstitusional UUD 1945. Hal tersebut membuktikan bahwa bangsa Indonesia memiliki keuletan dan ketangguhan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam mengatasi setiap bentuk tantangan. ancaman. bangsa Indonesia tidak luput dari berbagai gejolak dan ancaman dari dalam negeri maupun luar negeri yang nyaris membahayakan bangsa Indonesia. Ketahanan Nasional adalah kondisi yang harus dimiliki dalam semua aspek kehidupan bermasyarakat. Latar Belakang Sejak Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. bersatu dan berdaulat. 1 . berbangsa. Dengan posisi geografis. potensi sumber kekayaan alam.

maka rumusan masalah yang dikemukakan dalam makalah ini adalah: a. b. Agar mengetahui hakikat Ketahanan Nasional Indonesia dan Konsepsi Ketahanan Nasional Indonesia. Agar mengetahui pengertian Ketahanan Nasional Indonesia. Apa pengertian Ketahanan Nasional Indonesia? b. Rumusan Masalah Berdasarkan uraian di atas. c. Bagaimana sifat Ketahanan Nasional Indonesia? C.B. Agar mengetahui sifat Ketahanan Nasional Indonesia. Bagaimana hakikat Ketahanan Nasional Indonesia dan Konsepsi Ketahanan Nasional Indonesia? c. 2 . Tujuan Penulisan Tujuan penyusunan makalah yang bertema tentang Ketahanan Nasional dan Implementasinya ini adalah: a.

Konsepsi tersebut dinamakan Konsepsi Ketahanan Nasional Indonesia. untuk memajukan kesejahteraan umum. 3 . PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta : PT. Selain itu. Kondisi kehidupan tersebut sejak dini dibina secara terus-menerus dan sinergis.. (2007). Proses berkelanjutan untuk mewujudkan kondisi tersebut dilakukan berdasarkan pemikiran geostrategi berupa konsepsi yang dirancang dan dirumuskan dengan memperhatikan kondisi bangsa dan konstelasi geografi Indonesia. Ketahanan Nasional juga disebut kondisi kehidupan yang harus diwujudkan. dkk. S. hambatan.. hlm. 1 Sumarsono. 106. ancaman. 1 Pembukaan UUD 1945 memberikan amanat kepada para penyelenggara negara agar dalam hidup berbangsa dan negara dalam lingkup nasional diarahkan untuk mewujudkan upaya melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. Pengertian Ketahanan Nasional Indonesia Ketahanan Nasional (Tannas) Indonesia adalah kondisi dinamis bangsa Indonesia yang meliputi segenap aspek kehidupan nasional yang terintegritas. dan gangguan baik yang datang dari luar maupun dari dalam negeri. Tannas berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan. BAB II PEMBAHASAN A.

UUD 1945. dan selaras dalam seluruh aspek kehidupan secara utuh dan menyeluruh dan terpadu berlandaskan Pancasila. dan keadilan sosial. dan Wawasan Nusantara. perdamaian abadi. Sedangkan keamanan adalah kemampuan bangsa untuk melindungi nilai-nilai nasionalnya terhadap ancaman dari luar maupun dari dalam negeri.mencerdaskan kehidupan bangsa. serasi. 2 B. Konsepsi Ketahanan Nasional Indonesia Konsepsi Ketahanan Nasional (Tannas) Indonesia adalah konsepsi pengembangan kekuatan nasional melalui pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan yang seimbang. Hakikat Ketahanan Nasional Indonesia adalah keuletan dan ketangguhan bangsa yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional 2 Pembukaan UUD 1945 alenia ke-4 4 . C. Hakikat Tannas dan Konsepsi Tannas Indonesia 1. dan ikut serta melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan. Konsepsi Ketahanan Nasional Indonesia merupakan pedoman (sarana) untuk meningkatkan (metode) keuletan dan ketangguhan bangsa yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dengan pendekatan kesejahteraan dan keamanan. Dengan kata lain. Kesejahteraan dapat digambarkan sebagai kemampuan bangsa dalam menumbuhkan dan mengembangkan nilai-nilai nasionalnya demi sebesar- besarnya kemakmuran rakyat secara adil dan merata.

Asas Kesejahteraan dan Keamanan 2. Hakikat konsepsi Ketahanan Nasional Indonesia adalah pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan secara seimbang. Asas. D.Asas Ketahanan Nasional Indonesia Asas-asas Ketahanan Nasional Indonesia adalah tata laku yang didasari nilai- nilai yang tersusun berlandaskan Pancasila. Asas Kekeluargaan E. Asas Mawas ke Dalam dan Mawas ke Luar 4. 5 . Asas Komprehensif Integral atau Menyeluruh Terpadu 3. dan selaras dalam seluruh aspek kehidupan nasional. yaitu : 1. Sifat Ketahanan Nasional Indonesia Ketahanan Nasional memiliki sifat yang terbentuk dari nilai-nilai yang terkandung dalam landasan dan asas-asasnya. Mandiri Ketahanan nasional percaya pada kemampuan dan kekutan sendiri. 2. untuk dapat menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara dalam mencapai tujuan nasional. UUD 1945 dan Wawasan Nusantara yang terdiri dari : 1. serasi.

terutama aspek-aspek dinamis. Ia dapat meningkat dan menurun. tergantung pada situasi dan kondisi bangsa. Wibawa Makin tinggi tingkat ketahan nasional Indonesia. 3. Tannas sesungguhnya merupakan gambaran dari kondisi system (tata) kehidupan nasional dalam berbagai aspek pada saat tertentu. F. serta lingkungan strategisnya. tetapi lebih mengutamakan sikap konsultatif. serta saling menghargai dengan mengandalkan kekuatan moral dan kepribadian bangsa. negara. tidak mengandalkan kekuasaan dan kekuatan fisik semata. 6 . di dalam tata kehidupan nasional relatif berubah menurut waktu. Dinamis Ketahanan nasional tidaklah tetap. Konsultasi dan Kerjasama Konsep Ketahanan Nasional Indonesia tidak mengutamakan sifat konfrontatif dan antagonistis. 4. makin tinggi pula nilai kewibawaan dan tingkat daya tangkal yang dimiliki oleh bangsa dan negara Indonesia. dan lingkungan sehingga interaksinya menciptakan kondisi umum yang sangat kompleks dan amat sulit dipantau. Tiap-tiap aspek. kerjasama. Pengaruh Aspek Ketahanan Nasional terhadap Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Berdasarkan rumusan pengertian Tannas dan kondisi kehidupan nasional Indonesia. 2. ruang.

Suatu pembinaan yang menekankan pada pribahasa . (2007).. aspek Politik. PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. daerah sampai pada tingkat nasional. Aspek yang berkaitan dengan alam bersifat statis. lingkungan. aspek Ekonomi. manusia dan manusia atau masyarakat. Pembinaan Tannas secara buttom up dilaksanakan sejak dini. baik secara ”Buttom Up” maupun secara ”Top Down”. S. dan aspek Sumber Kekayaan Alam. Aspek yang berkaitan dengan sosial bersifat dinamis. Dalam rangka pemahaman dan pembinaan tata kehidupan nasional tersebut. diperlukan penyederhanaan tertentu dari berbagai aspek kehidupan nasional.. 3 Sumarsono. hlm. Jakarta : PT. 2. 7 . yaitu : 1. dkk. 110. . yang meliputi aspek Geografi. 3 G. yang meliputi aspek Ideologi. Dari pemahaman tentang hubungan tersebut timbul gambaran bahwa Konsepsi Ketahanan Nasional akan menyangkut hubungan antaraspek yang mendukung kehidupan. pada hakekatnya terletak pada pembinaan Tannas. mulai dari pribadi. a. Gramedia Pustaka Utama. keluarga. aspek Kependudukan. Penyerderhanaan tersebut berbentuk model dari hasil pemetaan keadaan nyata melalui analisis mendalam yang dilandasi oleh teori hubungan antara manusia dan Tuhan. aspek Sosial Budaya dan aspek Pertahanan dan Keamanan. Implementasi Ketahanan Nasional/ Tannas Implementasi Konsepsi Tannas. dan antara manusia dan lingkungan.

emosional dan kematangan sosial. serasi dan selaras. diharapkan dapat dilaksanakan oleh Pemerintahan Negara yang bersih (Clean Government). Diharapkan melalui pembinaan ini. 2. Dari keluarga kita berasal. berakhlak. 1. dan bermoral. Kondisi kehidupan Ekonomi yang kuat. 5. Tanpa budi dan akal. 8 . Terutama bagi pemimpin yang diberi kewenangan dalam melaksanakan “Pemerintahan Negara” yang dapat mewujudkan tercapainya Tujuan Nasional. b. 4 4 Jusuf. 3. Kondisi kehidupan Idiologi yang mantap. Gani. intelektual. 4. A. (2011). Ketahanan diri tidak akan kekal. Kondisi kehidupan Politik yang siap. IMPLEMENTASI KETAHANAN NASIONAL DAN PERKEMBANGANNYA. jujur. sehingga tercipta suatu kondisi kehidupan nasional yang berisikan keuletan dan ketangguhan dalam bentuk . Kondisi kehidupan Hankam yang siaga. Kondisi kehidupan Sosbud yang maju. yang mampu mengatur dan menyelenggarakan keamanan dan kesejahteraan secara seimbang. beriman. Diiringi kasih sayang kita berawal. Pembinaan Tannas secara top down. berani dan berwibawa. tercipta pemimpin-pemimpin Bangsa yang memiliki kematangan moral. bertaqwa.

BAB III PENUTUP Kesimpulan Ketahanan Nasional Indonesia merupakan kondisi dinamis bangsa Indonesia yang meliputi segenap aspek kehidupan nasional yang terintegritas. 9 . Ketahanan Nasional sesungguhnya merupakan gambaran dari kondisi system (tata) kehidupan nasional dalam berbagai aspek pada saat tertentu. dan lingkungan sehingga interaksinya menciptakan kondisi umum yang sangat kompleks dan amat sulit dipantau. di dalam tata kehidupan nasional relatif berubah menurut waktu. ruang. Tiap-tiap aspek. terutama aspek-aspek dinamis.

lemhannas. Sumarsono. 2007. Gani. Jakarta : PT. 29 10 . PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Gramedia Pustaka Utama. http://www.id/portal/daftar-artikel/1630-implementasi-konsepsi- ketahanan-nasional-dan-perkembangannya. dkk. DAFTAR PUSTAKA Jusuf. A.html (Online) diakses 2 November 2015 jam : 19. 2011. S.go. IMPLEMENTASI KONSEPSI KETAHANAN NASIONAL DAN PERKEMBANGANNYA.