You are on page 1of 6

UTS BHMP 2015

1. suatu penelit ingin melakukan penelitian tentang pengaruh obat terhadap kanker, maka
disarankan oleh sejawatnya untuk menggunakan hewan transgenic sebagai bahan percobaan ,
peneliti tersebut menolak dan dia lebih memilih untuk menggunakan sediaan tumor di
laboratorium PA tempat ia bekerja sebagai bahan percobaan, tindakan peneliti ini termasuk
sebagai apa?
a. Refinement
b. Replacement
c. Reduction
d. Ekonomis
e. Berkeadilan
2. Dilakukan percobaan pelatihan jasmani terhadap penderita asma. Namun dilakukan pada
hewan coba krn penelitian tsb blm pernah dilakukan pada manusia. Tindakan tersebut
dikarenakan
A. Krn tidak pernah dilakukan percobaan pd manusia jadi melanggar etika
C. Krn tidak ada yg sukarela melakukan penelitian
D. Percobaan pada hewan lebih mudah dilakukan
E. Kurang terjadi efek bias pada hewan percobaan
6. Seorang pasien ibu hamil dia menderita dm, beliau sudah 2 kali aborsi dan dmnya terlalu
banyak komplikasi, fungsi ginjalnya juga ud buruk, dokter menyarankan untuk melakukan
aborsi. Suaminya setuju untuk dilakukan aborsi. Tapi istrinya menolak karena takut suaminya
akan meninggalkannya kalau tidak bisa punya anak. Pasien lebih memilih membahayakan
hidupnya demi mendapatkan bayi itu. Akhirnya ia memilih mempertahankan kehamilannya
dengan kontrol ketat dari dokter.
Keputusan dokter menghargai keputusan pasien berdasarkan kaedah dasar
A. Autonomy
B. Beneficience
C. Non maleficience
D. Justice
E. Maleficience

Dikonsul ke spog. tapi keluarga setuju untuk dilakukan amputasi..Pasien A datang ke rumah sakit sudah DM sgt lama dan dijumpai ulkus pada kakinya.7. Contextual features . A.Keluarga pasien bermaksud untuk pindah ke RS yang menerima pasien JAMSOSTEK. Ketika seorang dokter menyarankan untuk dilakukan aborsi. Pasien dirawat di ICU dan 5 hari kemudian keadaan pasien membaik. Prinsip kaidah dasar moral yang dikakukan adalah.non maleficence+justice 10.Keputusan dokter menyarankan amputasi berdasarkan asas: A. Maka tindakan dokter sesuai dengan moral etik -beneficence -nonmaleficence -autonomy -justice 12.non maleficence+autonomy E.Dokter menyarankan untuk melakukan amputasi dan 1 jam kemudian pasien tak sadarkan diri. DitNgani dr ugd. Seorang wanita datang dgn pph. Jika pasiennya koma. hal yang di abaikan dr tsb adalah : benefiecen + autonom 9. Autonomy B. Maleficience 8.beneficence+non maleficence D. Sambungan soal d atas. Justice E. Dokter mengizinkan pemindahan oleh karena pasien layak ditransportasi.. Non maleficience D. Medical indications B. Beneficience C. Keputusan dokter mengizinkan pemindahan pasien tersebut berdasarkan : A.beneficence+autonomy C.beneficence+maleficence B. Tetapi spog menolak dgn alasan " akan ke rs lain karna sudah waktunya dan sudah di telfon" . Patient preferences C.

. tetap melaksanakan profesi sesuai standar tertinggi d. Dokter A sudah berpraktek slaama 5 tahun. peneliti harus memperoleh ethical clearance dengan cara. Walau sudah dijelaskan keuntungan dan kerugian dari spontan dan Caesar. Saat proses persalinan terjadi fetal distress karena ny f tidak pintar mengedan. Untuk melakukan penelitian effikasi thd obat A. Reduction C. Ny f menunggu kelahiran anak pertamanya. ia perlu mengumpulkan250 SKP. honour and integrity . altruism b. duty d. Repetition E..dengan memperoleh persetujuan relawan 15. Tindakan dokter tersebut termasuk profesionalisme… a. excellence e. Akhir bulan oktober izin surat prakteknya habis. Untuk melanjutkan surat izinnya. menyalahkan orang tua pasien b. Bagaimana seharusnya dokter berskap? a. Aspek etika penelitian pada hewan coba tersebut yaitu A. lepas tanggung jawab karena di awal sudah dijelaskan e. meminta pasien membuat surat pernyataan tidak akan menuntut 17. Rearrangement 16. accountability c.. ternyata sungsan. Pada lab farmasi.D. membantu biaya perawatan c. peneliti memakai perhitungan secara statistik. uji coba obat x pada mencit utk menentukan julah mencit yang akan dipakai. Replacement B. Quality of life 14. Refinement D. ny f memilih spontan. Ia kemudian mengumpulkan dan memperoleh surat izin baru.

altruism b. Seorang anak perempuan 13 tahun mengalami luka bakar. melakukan sesuatu yang seharusnya tidka dilakukan oleh orang-orang yang sekualifikasi pada situasi dan kondisi yang identic dapat digolongkan sebagai: a. honour and integrity e. Akibat luka bakar tersebut. pelanggaran hokum kedokteran 22. penelitian sel punca sebagai terapi terkini d. dan etik medis adalah spesiesnya 21. Berikut ini bukan merupakan masalah bioetik adalah… a. penelitian morfologi sel darah G6PD 24. malpraktek/ kelalaian medis b. human error c. penelitian khasiat daun jambu b. dokter tetap berupaya sebaik mungkin… a.18. duty d.minimalisasi akibat buruk . accountability c. plagiarism dalam pembuatan artikel kedokteran b. Bekerja dengan hati” dan komitmen untuk sungguh” melaksanankan tugas sesuai tanggung jawab… a. excellence 23. penelitian reporduksi ikan e.operasi untuk memulihkan keadaan fisik selama 3x. tidak melakukan sesuatu yang seharusnya dilakukan. perbedaan sederhana antara etika dan etik medis: [etika adalah genus. contohnya adalah… a. permasalahan hak-hak kesehatan pasien 20. penelitian efek monosodium glutamate c. perkawinan dokter dengan dokter d. walau pasien menggunakan jamkesmas. Penelitian menggunakan bahan biologic tersimpan. pemalsuan rekam medis untuk keperluan tertentu c. pelanggaran kode etik kedokteran d.

Mereka akan membayar berapa pun yang diminta dokter tersebut ataupun keluarga ny asalkan ginjal tersebut diberikan kepada tuan w. Kebetulan sudah ada orang yang mau mendonorkan ginjal ny untuk anak tersebut. menjamin nilai pokok d. Autonomy D. Seorang wanita 30 th mengalami kecelakaan dan kedua kakinya patah dan harus diamputasi. Respect for others C. keluarga tuan w meminta kepada dokter agar ginjal dari donor tersebut diberikan saja kepada tn w. kewajiban menolong pasien 25. pilihan terapi untuk W adalah cuci darah. Menurut dokter. Justice 30. Contextual features D. apa dasar tindakan dokter melakukan tindakan tersebut A. W. Namun dokter tersebut tidak menerima tawaran itu dengan alasan bahwa nyawa anak tersebut saat ini sangat tergantung pada ginjal yang akan didonorkan. Medical Indication B. Quality of life . Dirumah sakit tersebut juga terdapat pasien anak-anak yg juga sedang menunggu donor ginjal. Penyebab medical error pada masalah komunikasi dokter pasien : Kurangnya informasi yang disampaikan dokter kepada pasien 27. Anak tersebut mengalami trauma abdomen sehingga ginjal sebelah kanan ny hancur. b. dokter menyarankan pasien menggunakan kaki palsu dan keluarga pasien menyetujuinya. maksimalisasi c. Namun yang paling bagus adalah transplantasi ginjal. Hla tuan w dan anak tersebut sama. Non maleficience C. seorang pengusaha kaya didiagnosa gagal ginjal. Beneficence B. laki-laki 50 tahun. Keputusan dokter tersebut berdasarkan pada : A. menghargai hak-hak e. Mengetahui hal tersebut.