You are on page 1of 6

Nama : WILDAH ROMAITO NAPITUPULU

NIM : 8176171036
No. Absen : 14

PENGEMBANGAN SILABUS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA

Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Matematika Wajib MIPA
Kelas :X
Materi Pokok : Geometri Ruang/ Sudut pada bangun ruang (Balok)

Kompetensi Inti:
KI 1 :Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :Menghayati dan mengamalkan perilaku kemandirian belajar dan menunjukkan kemandirian sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahu siswa tentang ilmu pengetahuan, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minat siswa untuk memecahkan masalah.
KI 4 :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar/ Indikator Materi Tujuan Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Sumber/
Pencapaian Kompetensi pembelajaran Pembelajaran waktu Bahan/ Alat
Belajar
3.13. Menentukan besar sudut Sudut pada  Melalui 1. Guru memotivasi siswa untuk 4 x 45 Sumber:
antara garis dan bidang dan bangun ruang pembelajaran berfikir kritis: Teknik penilaian: menit Buku
antara dua bidang dalam (Balok) Problem Based a. siswa diajak untuk Pengamatan (pada Panduan
ruang dimensi tiga. Learning (PBL) memperhatikan benda yang saat diskusi dan Guru

Instrumen Penilaian penggaris. menyampaikan Bentuk instrumen: Indonesia. (balok) secara tepat dan nelayan. Contoh balok ABCD. bidang dalam bangun ruang. busur 4. Pengamatan dengan 2013. unsur bangun ruang contoh: pendapat. observasi. antara dua bidang dalam berkaitan dengan besar sudut bangun ruang (balok) besar sudut antara garis dan Instrumen tes secara tepat dan antara garis dan bidang dalam tertulis sistematis. Media: Slide 2.  Siswa mampu tes sikap: dengan LAS. Menghitung besar sudut Masalah yg menghitung lembar observasi sudut. pada balok melalui menjawab menggunakan lembar pemecahan masalah pertanyaan. ruang. Menghitung besar bangun ruang  Siswa mampu suddut anatra 2 Psikomotor: menghitung garis dalam Terampil menerapkan Contoh: besar sudut bangun ruang prinsip pemecahan masalah panah yang antara dua secara tepat dan yang relevan berkaitan menancap pada bidang dalam sistematis. sistematis. Belajar secara mandiri berkaitan dengan diharapkan benda-benda yang berbentuk penyelesaian tugas Kementrian terhadap proses pemecahan besar sudut siswa mandiri penerapan sudut pada bangun individu dan Pendidikan masalah. memperlihatkan gambar dan tertulis (pada saat Kelas X. Fakta dan kegiatan ada disekitarnya dengan cara persentasi) dan Tes Matematika Afektif: Masalah yg diskusi. antara garis dan bidang dan ditarik kuat antara dua garis Papan tulis. sistematis. Menghitung besar sudut  Siswa mampu antara dua garis dalam menentukan Tes tulis dapat berupa Alat dan bangun ruang (balok) Tiang yang unsur-unsur uraian bahan: secara tepat dan berdiri tegak  Siswa mampu Tes Praktik/ Kinerja Laptop. dengan bantuan menghitung berupa tes tulis kerangka 3. dalam bangun ruang ke perahu dalam bangun Spidol. mengajukan pertanyaan dan dengan besar sudut antara bangun ruang. kelompok) dan dalam bangun bertanggungjaw Kebudayaa Kognitif: ruang ab dalam n Republik 1. Menentukan unsur. . b. 1. Menghitung besar sudut tali yang diikat besar sudut keterampilan balok. antara dua garis dan ruang melalui slide.

garis besar sudut antara dua Apa yang dapat anda amati? AE= T= 15 cm. sudut yang Contoh: mendiskusikan. Berapakah banyak bidang bidang diagonal Prinsip diagonal pada balok? ruang dengan sifat-sifat sudut. b) Tentukanlah bangun ruang bertanya dan menalar banyaknya sudut- dalam kelompok. Dimana letak sudutnya? garis AD = L= 10 cm. Siswa membaca dan mencermati AE dengan AB dua bidang dalam masalah kontektual dalam LAS I. Guru membagi kelompok secara Masalah yg berpasangan dan membagikan a) Hitunglah besar berkaitan dengan LAS I sudut antara garis: besar sudut antara 4. Tentukan rusuk balok dengan bidang lainnya . d) Tentukanlah Konsep Dari gambar (b) banyaknya besar Besar sudut 1.dua garis. prinsip jarak dan besar sudut c) Tentukanlah pada LAS I yang diberikan. Siswa mengeluarkan pendapat tentang gambar yang ditayangkan 3. dan bidang. 2. besar sudut antara sasaran mengarahkan siswa untuk EFGH. menggunakan melalui garis dan kerangka balok serta bidang dalam mengeksplorasi unsur-unsur serta balok. 3. Berapa banyak bidang sudut 450 yang dalam ruang diagonal ruang pada balok ? melalui antara 2. banyaknya besar 1) Amatilah gamabar berikut ini: sudut 900 yang melalui antara bidang dengan bidang lainnya pada gambar balok di atas. diketahui garis garis dengan bidang dan bertanya: AB = P = 20 cm.

dengan menggunakan alat phytagoras. intersep. Dari gambar (b) tentukanlah sudut-sudutnya Prosedur Langkah-langkah Dengan mengamati gambar dan meghitung besar berdiskusi dengan teman sekelompok sudut dalam untuk menyelesaikan LAS dengan bangun ruang: menggunakan kerangka balok: 1. dalil atau dengan kerangka balok balok di atas. Siswa menemukan bidang ran diagonal bidang balok trigonometri 4. Memeriksa perhitungan dan memberi kesimpulan . Gunakan konsep dan prinsip pythagoras/atu 2. Pahami soal 1. Tentukan sisi-sisi balok segmen garis. Siswa dapat menemukan 2.dalil titik tengah menggunakan alat peraga pada gambar segitiga. Interpretasikan bidang diagonal ruang balok ke dalam gambar secara matematika 3. dalil 4. 5. peraga atau dengan kerangka aturan balok trigonometri.

berapakah sudut antara garis BF dengan bidang ABCD ? c. berapakah sudut antara bidang ADEH dengan bidang EFHG ? 5. siswa menemukan rusuk balok dengan menggunakan alat peraga atau dengan kerangka balok 4. berapakah sudut antara garis AH dan garis AD ? b. siswa menemukan sisi-sisi balok dengan menggunakan alat peraga atau dengan kerangka balok 2) amati kerangka balok berikut ini: a. 3. Guru membimbing agar siswa .

7. guru mengarahkan semua siswa untuk mengambil kesimpulan mengenai sudut pada bangun ruang pada balok. kemudian kelompok lain menanggapi. Guru mengumpulkan semua hasil diskusi tiap kelompok. 6. 9. aktif terlibat dalam diskusi serta saling bantu untuk menyelesaikan masalah. Dengan tanya jawab. . Salah satu kelompok diskusi (tidak harus yang terbaik) diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas secara bergantian. Guru memberi penguatan serta mengklarifikasi penjelasan terhadap diskusi dalam pembelajaran dengan meriview materi sudut pada bangun ruang dengan menggunakan alat peraga kerangka balok 8.