You are on page 1of 9

TUGAS METODOLOGI PENELITIAN

Pengaruh Intensitas Cahaya Terhadap Pertumbuhan Kacang Hijau
(Vigna Radiata)

Disusun Oleh:

Nama : Ika Agusta Br Ketaren

NIM : ACD 115 028

Kelas :B

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI

JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS PALANGKA RAYA

2018

hewan dan tumbuhan cahaya matahari adalah penerang dunia ini. Oleh karena itu. Proses perkecambahan dipengaruhi oleh. lebih hijau. Biji kacang hijau sangat menarik dan praktis untuk menjadi bahan penelitian. baik pada kacang hijau yang berada dalam cahaya terang ataupun gelap. Latar Belakang Di dunia ini terdapat makhluk hidup dan makhluk tak hidup. tipis dan berwarna pucat ( tidak hijau ). karena prosesnya berjalan bersamaan. bagi tumbuhan khususnya yang berklorofil cahaya matahari sangat menentukan proses fotosintesis. B. Makanan yang dihasilkan akan menentukan ketersediaan energi untuk pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang diatas. Kekurangan cahaya matahari akan mengganggu proses fotosintesis dan pertumbuhan. daun berkembang. Semua ini terjadi dikarenakan tidak adanya cahaya sehingga dapat memaksimalkan fungsi auksin untuk penunjang sel – sel tumbuhan sebaliknya. Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua aktifitas kehidupan yang tidak dapat dipisahkan. Misalnya saja pada tanaman kacang hijau. Fotosintesis adalah proses dasar pada tumbuhan untuk menghasilkan makanan. Selain itu. maka permasalahannya adalah sebagai berikut: 1. dan tumbuhan. hewan. Biji kacang hijau memiliki nutrisi yang tinggi dan sangat bermanfaat bagi kehidupan misalnya dalam hal pangan. dan oksigen. lebih lebar. meskipun kebutuhan cahaya tergantung pada jenis tumbuhan. Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan diawali dengan perkecambahan. Apakah perbedaan antara biji kacang hijau yang hidup di tempat yang terang dan biji kacang hijau yang hidup di tempat yang gelap ? . Salah satu ciri makhluk hidup adalah tumbuh dan berkembang. Cahaya matahari adalah sumber energi utama bagi kehidupan seluruh makhluk hidup didunia. cahaya. Apa pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan biji kacang hijau ? 2. PENDAHULUAN A. Bagi manusia . yang cepat mengalami pertumbuhan yaitu biji kacang hijau. Dalam dunia tumbuhan. tampak lebih segar dan batang kecambah lebih kokoh. penulis melakukan penelitian dengan biji kacang hijau untuk mengetahui besarnya pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan pada kacang hijau. Makhluk hidup ada 3 yaitu manusia. tumbuhan yang tumbuh ditempat terang menyebabkan tumbuhan – tumbuhan tumbuh lebih lambat dengan kondisi relative pendek. dimana batang kecambah akan tumbuh lebih cepat namun lemah dan daunnya berukuran kecil. Perkecambahan merupakan proses pertumbuhan dan perkembangan embrio. Bagi orang Indonesia tanaman kacang hijau adalah tanaman yang penting. Selain itu. suhu. karena Indonesia terkenal dengan makanan yang bernama bubur kacang hijau yang biasanya disantap untuk menghangatkan badan. kekurangan cahaya saat perkembangan berlangsung akan menimbulkan gejala etiolasi.

Bagi Peneliti: · Dapat mengembangkan sifat ilmiah peneliti. berat.C. Perkembangan adalah bertambah kemampuan (skill) dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola teratur dan dapat diramalkan sebagai hasil proses pematangan. organ-organ dan system organ yang berkembang sedemikian rupa. 2. ukuran atau dimensi tingkat sel organ maupun individu yang bisa diukur dengan berat. (Yahoo Answer) . Bagi Pembaca: · Dapat menambah wawasan khususnya tentang materi Pertumbuhan dan Perkembangan. Landasan Teori 1. dimana suatu organism yang dulunya kecil menjadi lebih besar seiring dengan pertambahan waktu. dan keseimbangan metabolic. menjadi lebih dewasa dan matang dalam sistem reproduksinya sehingga dapat melakukan perkembangbiakan. Untuk mengetahui pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan biji kacang hijau. Perbedaan antara biji kacang hijau yang hidup di tempat yang terang dan biji kacang hijau yang hidup di tempat yang gelap E. Hipotesis Berdasarkan Rumusan Masalah diatas. Menurut dugaan kami bahwa cahaya matahari dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan kacang hijau karena tumbuhan mempunyai klorofil untuk berfotosintesis. Bagi Sekolah/lembaga · Dapat menambah khasanah kepustakaan dan dapat dijadikan bahan kajian lebih lanjut. Manfaat Penelitian 1. ukuran panjang. 2. serta tinggi yang bersifat irreversible (tidak dapat kembali pada keadaan semula). Perkembangan menyangkut adanya proses pematangan sel-sel tubuh. 3. umur. 2. maka dapat ditarik hipotesis sebagai berikut: 1. jaringan tubuh. Tumbuhan kacang hijau yang ditanam tanpa cahaya matahari hasilnya berbeda dengan tumbuhan kacang hijau yang ditanam dengan menggunakan cahaya matahari. sehingga masing-masing dapat memenuhi fungsinya (Soetjiningsih 1988). Pertumbuhan lebih bersifat kuantitatif. F. dimana suatu organisme yang sebelumnya masih belum matang dalam sistem reproduksinya (dewasa). Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan Pertumbuhan adalah berkaitan dengan masalah perubahan dalam besar. Pertumbuhan adalah suatu proses bertambahnya jumlah sel tubuh suatu organisme yang disertai dengan pertambahan ukuran. jumlah. D. Tujuan Penelitian Adapun tujuan dari penelitian ini antara lain: 1. Perkembangan lebih bersifat kualitatif.

yang berbeda untuk tiap jenis tumbuhan. Ø Kelembaban: Tingkat kelembaban udara atau tanah yang dibutuhkan setiap tumbuhan berbeda-beda.2. Terdapat 2 macam pertumbuhan. 2. 4. Faktor Luar Ø Air dan Mineral : berpengaruh pada pertumbuhan. Pertumbuhan Primer Terjadi sebagai hasil pembelahan sel-sel jaringan meristem primer. Secara umum merupakan faktor penghambat. misalnya Aloe vera (Lidah Buaya) dan beberapa jenis tanaman anggrek. Sitokinin. Asam absiat 6. Went (1928) pertama kali menemukan auksin pada ujung koleoptil kecambah gandum Avena sativa. Berlangsung pada embrio. Kurusawa. Gas etilen. Giberelin. ditemukan oleh F. Suhu ideal yang diperlukan untuk pertumbuhan yang paling baik adalah suhu optimum. membentuk organ- organ yang mempunyai struktur dan fungsi yang berbeda. bagian ujung-ujung dari tumbuhan seperti akar dan batang. Asam traumalin atau kambium luka Merangsang pembelahan sel di daerah luka sebagai mekanisme untuk menutupi luka. 5. Ada tumbuhan yang membutuhkan tanah dengan kelembaban tinggi. Hormon ini merangsang pembelahan sel. yaitu: 1. Pertama kali ditemukan pada tembakau. Diferensiasi salah satu unsur hara atau lebih akan menghambat atau menyebabkan pertumbuhan tak normal. 3. 3. Banyak ditemukan pada buah yang sudah tua. Kalin 8. F. Embrio memiliki 3 bagian penting : a. Jenis-Jenis Pertumbuhan Secara umum pertumbuhan dan pekembangan pada tumbuhan diawali untuk stadium zigot yang merupakan hasil pembuahan sel kelamin betina dengan jantan. Pembelahan zigot menghasilkan jaringan meristem yang akan terus membelah dan mengalami diferensiasi. Kotiledon yaitu cadangan makanan . Diferensiasi adalah perubahan yang terjadi dari keadaan sejumlah sel. Florigen 7. Tunas embrionik yaitu calon batang dan daun b. Akar embrionik yaitu calon akar c. b. Sebaliknya ada juga tumbuhan yang tumbuh dengan baik pada habitat tanah dengan kelembaban rendah. misalnya lumut hati.W. Senyawa ini dihasilkan oleh jamur Giberella ujikuroi atauFusarium moniliformae. Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan a. Ø Cahaya : mempengaruhi fotosintesis. Auksin adalah senyawa asam indol asetat (IAA) yang dihasilkan di ujung meristem apikal (ujung akar dan batang). Ø Suhu di antaranya mempengaruhi kerja enzim. Faktor Dalam Ø Hormon 1.

Kambium yang berada di sebelah dalam jaringan kulit yang berfungsi sebagai pelindung. disebut di pasaran sebagai tepung hunkue. bakpau. Daerah pembelahan. setelah kedelai dan kacang tanah. Biji matang yang digerus dan dijadikan sebagai isi onde-onde. Kambium intravasis dan intervasis membentuk lingkaran tahun bentuk konsentris. Daerah pertumbuhan pada akar dan batang berdasar aktivitasnya terbagi menjadi 3 daerah . ke luar membentuk felem sel-sel mati 4. Pertumbuhan ini dijumpai pada tumbuhan dikotil. Pertumbuhan Sekunder Merupakan aktivitas sel-sel meristem sekunder yaitu kambium dan kambium gabus. Kacang hijau bila direbus cukup lama akan pecah dan pati yang terkandung dalam bijinya akan keluar dan mengental. atau gandas turi. Pertumbuhan tanaman dapat diukur dengan alat yang disebutauksanometer. radiate Nama binomial : Vigna radiate Kacang hijau adalah sejenis tanaman budidaya dan palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Daerah diferensiasi. menjadi semacam bubur. Fungsinya adalah membentuk xilem dan floem primer. a. yang disebut kambium vasis atau kambium intravasikuler. Tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan (Fabaceae) ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi. Terbentuk akibat ketidakseimbangan antara permbentukan xilem dan floem yang lebih cepat dari pertumbuhan kulit. ke dalam membentuk feloder sel-sel hidup. Mula-mula kambium hanya terdapat pada ikatan pembuluh. Daerah pemanjangan. Selanjutnya parenkim akar/batang yang terletak di antara ikatan pembuluh. Tepung biji kacang hijau. Bagian paling belakang dari daerah pertumbuhan. Kecambah kacang hijau menjadi sayuran yang umum dimakan di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara dan dikenal sebagai tauge. digunakan dalam pembuatan kue-kue dan cenderung membentuk gel. Biji kacang hijau direbus hingga lunak dan dimakan sebagai bubur atau dimakan langsung. . Tumbuhan Kacang Hijau Klasifikasi Ilmiah Kerajaan : Plantae Divisi : Magnoliophyta Kelas : Magnoliopsida Ordo : Fabales Famili : Fabaceae Genus : Vigna Spesies : V. menjadi kambium yang disebut kambium intervasis. Kacang hijau diIndonesia menempati urutan ketiga terpenting sebagai tanaman pangan legum. gymnospermae dan menyebabkan membesarnya ukuran (diameter) tumubuhan. Sel-sel di daerah ini aktif membelah (meristematik) b. Tepung ini juga dapat diolah menjadi mi yang dikenal sebagai soun. Bagian paling bernilai ekonomi adalah bijinya. Sel-sel mengalami diferensiasi membentuk akar yang sebenarnya serta daun muda dan tunas lateral yang akan menjadi cabang 2. Berada di belakang daerah pembelahan c.

proses perkecambahan yang diletaan di tempat yang gelap akan menyebabkan terjadinya etiolasi. Tanaman Kacang Hijau dipilih sebagai objek kareana tanaman Kacang Hijau mempunyai daur hidup yang pendek. . G. Metode observasi adalah pengamatan secara langsung yang meliputi kegiatan pemuatan perhatianterhadap suatu objek dengan menggunkan seluruh alat indera. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu pertumbuhan dan perkembangan tanaman kacang hijau. Metode Penelitian 1) Jenis pendekatan Jenis Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Studi Eksperimen dan Observasi. Cahaya juga berperan dalam proses pembentukan klorofil. Sehingga. A. 5. Pengaruh Cahaya Cahaya bermanfaat bagi tumbuhan terutama sebagai energi yang nantinya digunakan untuk proses fotosintesis. B. Variabel kontrol dalam penelitian ini yaitu : Air. hal ini terjadi karena cahaya dapat memacu difusi auksin ke bagian yang tidak terkena cahaya. yang diperoleh dari buku. 3) Variabel Penelitian Variabel adalah gejala yang bervariasi dan menjadi objek penelitian.Sumber Data Primer Sumber data primer diperoleh dari penelitian yang dilakukan. Persiapan Alat dan Bahan Alat 1. 6) Teknik Analisis Data Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Teknik Deskripsi. sehingga mudah untuk diteliti. 5) Metode Pengumpulan Data Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan Metode Dokumentasi. Suhu dan Kelembaban 4) Sumber Data . majalah. 2) Objek Penelitian Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalahTumbuhan Kacang Hijau (Vigna radiate). kepustakaan. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu cahaya matahari C. Akan tetapi cahaya dapat bersifat sebagai penghambat (inhibitor) pada proses pertumbuhan.Sumber Data Sekunder Sumber data sekunder atau data pelengkap. Penggaris 3. bulletin. 2 gelas bekas air mineral 2. H. internet dan sebagainya. Alat Tulis .

4) Memasukan sepotong kapas pada masing-masing gelas plastik tersebut. Dengan cara yang sama. Penyiraman dilakukan satu kali sehari pada tanaman percobaan. 8) Menyiram biji-biji dalam setiap wadah dengan volume air yang sama. Kemudian direndam selama 3 jam. misalnya setiap pagi saat datang sekolah atau setiap sore saat pulang sekolah.kami akan mempersiapkan media tanam dan biji kacang hijau. 3) Memberi tanda Apada dua gelas plastik kemudian tanda B pada dua gelas plastik berikutnya.dan menanggapi tentang pengaruh mdia tanam pada perkecambahan biji kacang hijau. Menyiapkan alat dan bahan Pada sesi ini kami akan menyiapkan peralatan dan bahan-bahan yang akan kami gunakan dalam penelitian ini. selanjutnya adalah pelaksanaan penelitian yang akan dilakukan dalam kurun waktu 10 hari. 3. Kacang hijau yang digunakan adalah kacang hijau yang sudah direndam. 5) Menempatkan 10 butir kacang hijau ke dalam setiap wadah. Biji Kacang Hijau 2. 7) Menempatkan gelas plasik A pada tempat terang dan tempatkan gelas plastik B di tempat gelap. Kapas I. kita juga dapat menentukan posisi biji B1-B10.kami mencatat perkembangan-perkembangan yang terjadi pada biji kacang hijau yang tercantum pada tabel berikut : . 2) Menyediakan 2 gelas bekas air mineral.meneliti. Melaui aturan searah jarum jam. Prosedur Penelitian Prosedur pelaksanaan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. 1) Adapun tata cara penelitian ini adalah sebagai berikut : Mengelompokan 20 butir kacang hijau menjadi dua kelompok sehingga diperoleh kekompok A dan B masing- masing 10 butir kacang hijau. 6) Menandai biji-biji tersebut dengan spidol anti air di bagian luar wadah dengan angka 1-5 di satu gelas plastik dan 6-10 digelas plastik yang lain. Kita cukup memberi tanda posisi untuk satu biji didalam setiap gelas plastik. Misalnya 50 tetes untuk setiap kali penyiraman. Mencatat Setelah dilakukan pengamatan. Pelaksanaan Penelitian Setelah menyiapkan segala sesuatunya. 2. kita dapat menentukan posisi biji A2-A10. Dalam penelitian ini kami menilai. misalnya pada wadah A di gelas plastik pertama kita tinggal menunjuk satu biji dan kemudian beri tanda 1 (A1) di bagian luarnya. Bahan 1. Air 3.

B1 B2 B3 B4 B5 B6 B7 B8 B9 B10 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 .Untuk kacang hijau yang ditempatkan di tempat terang Hari Pertumbuhan Tinggi Biji Kacang Hijau Keterangan ke. A1 A2 A3 A4 A5 A6 A7 A8 A9 A10 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Untuk kacang hijau yang ditempatkan di tempat gelap Hari Pertumbuhan Tinggi Biji Kacang Hijau Keterangan ke.

Went.000. Anggaran Penelitian Anggaran yang digunakan untuk mendukung pelaksanaan penelitian ini adalah sebesar Rp 10. USA Kartini. Pertumbuhan dan Perkembangan. 2007. Bandung. 2006. Bandung : Remaja Rosdakarya Soetjiningsih. Suharsimi. 1997. Surya.J. Rochiati. Jadwal Pelaksanaan Hari ke 1-2 : Mencari alat dan bahan yang dibutuhkan Hari ke 3 : Mempersiapkan alat dan bahan Hari ke 4-13 : Melakukan penelitian Hari ke 14-16: Analisis data Hari ke 17-20: Membuat laporan K. Pendekatan Kontekstual. L. Erlangga.00 (Sepuluh Ribu Rupiah).W. 1928. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Daftar Pustaka Arikunto. STAIN Cirebon. 1988. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Rancangan Penelitian Percobaan. . Moh. Depdiknas. Jakarta.IKIP Bandung Wiriaatmadja. Penelitian Kacang Hijau. 2002. Hormon. 2006. Jakarta : Rineka Cipta. Bandung PPB . Dirjen Penidikan Dasar dan Menengah F.