You are on page 1of 16

BAB II

STUDI LITERATUR

2.1 Perencanaan Transportasi
Perencanaan transportasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari
perencanaan kota atau perencanaan daerah. Rencana kota atau rencana daerah tanpa
mempertimbangkan keadaan dan pola transportasi yang akan terjadi sebagai akibat
rencana itu sendiri akan menghasilkan kesemrawutan lalu lintas dikemudian hari.
Keadaan ini akan membawa akibat berantai cukup panjang dengan meningkatnya
jumlah kecelakaan, pelanggaran lalu lintas, menurunnya sopan santun berlalu
lintas, dan lain-lain (Tamin, 2000).
Dalam kaitan antara perencanaan transportasi dan perencanaan kota, maka
menetapkan suatu bagian kawasan kota menjadi tempat kegiatan tertentu (misalnya
kawasan perumahan mewah Pondok Indah atau kawasan industri Pulo Gadung di
DKI-Jakarta) bukan sekedar memilih lokasi. Pada akhirnya, dalam perencanaan tata
guna lahan untuk perkotaan harus diperhitungkan lalu lintas yang akan terjadi
akibat penetapan lokasi itu sendiri, lalu lintas di kawasan itu sendiri, serta lalu lintas
antara kawasan itu dengan kawasan lain yang sudah ada lebih dahulu (Tamin,
2000).
Perencanaan transportasi dapat didefinisikan sebagai suatu proses yang
tujuannya mengembangkan sistem transportasi yang memungkinkan manusia dan
barang bergerak atau berpindah tempat dengan aman dan murah (Pignataro, 1973).
Selain itu, sebenarnya masih ada unsur cepat jadi selain aman dan murah,
transportasi juga harus cepat. Bahkan untuk memindahkan manusia, selain cepat,
aman, dan murah, sistem transportasi harus pula nyaman (Tamin, 2000).
Perencanaan transportasi merupakan proses yang dinamis dan harus tanggap
terhadap perubahan tata guna lahan, keadaan ekonomi, dan pola arus lalu lintas.
Modal yang dikeluarkan untuk menerapkan sistem transportasi sangat besar
sehingga mungkin saja terjadi perubahan yang radikal atas tata guna lahan tempat
sistem prasarana transportasi dibangun karena pemakai lahan mengharapkan
mendapatkan keuntungan atas pembangunan prasarana tesebut (Tamin, 2000).

3 Universitas Kristen Maranatha

Fungsi tiap moda pada umumnya dapat berbeda. Misalnya. misalnya: 1. 3. sepeda. Moda air terdiri atas sub moda jalan air pedalaman dan sub moda laut. maka jaringan transportasi dengan sendirinya akan menjadi penentu yang kuat bagi peruntukan tata guna lahan tersebut. Proses perencanaan transportasi dipengaruhi secara langsung oleh ada tidaknya pengawas atas pola dan sistem kegiatan manusia. 2. Oleh karena itu perencanaan transportasi harus direncanakan dengan memperhatikan dampaknya. Moda darat terdiri atas sub moda jalan rel dan sub moda jalan yang juga terdiri atas transportasi mobil. 2000).2 Moda Transportasi Moda transportasi secara sederhana adalah kelompok jenis prasarana. pita berjalan. Penyeberangan ini dapat dianggap sebagai bagian dari moda darat karena berfungsi sebagai jembatan apung (floating bridge) antara tepian sungai. 2010). 2. Moda udara terdiri atas transportasi udara domestik dan penerbangan luar negeri serta kombinasinya. pelayanan antarpantai. pada keadaan tanpa pengawasan tata guna lahan. Hal seperti ini akan terjadi di negara sedang berkembang yang pertumbuhannya berjalan cepat dan tidak terpengaruh oleh kurangnya sarana pelayanan umum yang lain (Tamin. pelayanan danau. 4. bis. selat atau laut dari dua buah kota yang dihubungkan secara tetap dan teratur. sarana. pelayanan antarpulau. yang biasanya dicerminkan dengan pola tata guna lahan. dan kabel. Moda laut terdiri atas transportasi pelayanan samudera. dan jalan kaki. dan penyeberangan (ferry). 4 Universitas Kristen Maranatha . truk. dapat bersama-sama sesuai dengan jenis yang diangkut barang atau orang dan jarak yang ditempuh serta waktu tempuh yang diharapkan (Susilo. Sub moda jalan air pedalaman digunakan untuk pelayaran sungai. Moda menerus terdiri atas transportasi aliran dalam pipa. dan atau media transportasi yang sama.

Ia juga melengkapi kendaraan buatannya dengan odometer. yang tidak dapat membawa penumpang. Kemudian Tresaguet. dan dari mana-mana dengan konstruksi pasangan batu dan adukan kapur. dari daratan utara atau selatan. biasanya menggunakan bahan bakar minyak (bensin atau solar) untuk menghidupkan mesinnya. beroda empat atau lebih (selalu genap). Masa otomotif mulai mencapai puncaknya setelah jaringan jalan raya dibangun di mana-mana terutama di negara- negara maju (Susilo. seorang berkebangsaan Rusia. Tidak diketahui apakah model kendaraan yang dibuatnya pernah diproduksi atau tidak (Aziz. Leonty Shamshurenkov. Mobil kependekan dari otomobil yang berasal dari bahasa Yunani ‘autos’ (sendiri) dan Latin ‘movere’ (bergerak). Ferdinand Verbiest mendesain mainan kendaraan berukuran 65cm untuk kerajaan Cina. 2010). dan Mac Adam pada akhir Tahun 1700 mengembangkan struktur perkerasan jalan dengan batu-batu pecah yang disusun dan dilabur aspal serta memperhatikan drainasenya. Sementara itu jauh sebelumnya di Asia telah berkembang jalan sutera yang menghubungkan Cina. Kendaraan yang dibuat mirip dengan 5 Universitas Kristen Maranatha . Pada era sebelum abad ke-18.3 Perkembangan Moda Transportasi Sejarah perkembangan transportasi sejalan dengan perubahan peradaban manusia yang saling mempengaruhi satu dengan yang lain dari abad ke abad. Persia sampai ke Mesir dan Eropa (Susilo.3.2. 2016). Telford. 2010). “banyak jalan menuju ke Roma” meruapakan salah satu motto pemberi semangat.1 Mobil Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh tenaga mesin. Pada era abad 18-19 Tahun 1800 merupakan tahun-tahun penemuan mesin-mesin mulai dari mesin uap lokomotif oleh George Stephenson dan motor bensin yang dikembangkan pada akhir abad ke-18 termasuk radio dan telepon. Tahun 1752. 2. Kendaraan pertama yang bekerja dengan uap mungkin pertama kali didesain oleh Ferdinand Verbiest. Memang pada zaman keemasan kekaisaran Romawi Kuno telah dibuat jalan menuju ke Roma sebanyak 23 buah yang dapat didekati dari laut. dari pegunungan. sekitar Tahun 1672. membuat konstruksi sebuah kendaraan bertenaga manusia.

2016). disebabkan oleh jumlah besar (ratusan) pembuatan mobil kecil yang semuanya bersaing untuk meraih perhatian dunia. walaupun sering diciptakan kembali dikemudian hari dan diberikan kredit ke orang lain. Misalnya. dikembangkan di Birmingham. dan di dalam mobil balap oleh Miller (Aziz. Pada Tahun 1930-an. mungkin peningkatan mesin uap yang paling dikenal. meskipun teknologi ini sudah muncul beberapa tahun sebelumnya dalam mobil yang dibuat oleh Alvis dan Cord. Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses mendemonstrasikan kendaraan roda tiga itu pada Tahun 1799. Pada Tahun 1890-an. Kendaraan tenaga uap pertama dibuat pada akhir abad 18. 6 Universitas Kristen Maranatha . 2016). Dikembangkan oleh Bosch. yang masuk pasaran pada 1960-an. jumlah produsen mobil berkurang drastis bersamaan dengan industri saling bergabung dan matang. Dengan pengecualian dalam penemuan manajemen mesin. 2016). etanol digunakan sebagai sumber tenaga di Amerika Serikat (Aziz. ketika barang-barang elektronik menjadi cukup murah untuk produksi massal dan cukup kuat untuk menangani lingkungan yang klasar pada mobil. Setelah Tahun 1930. dan kemudian dikembangkan besar-besaran oleh Henry Ford pada Tahun 1910-an. kebanyakan teknologi dalam permobilan sudah diciptakan. Sejak Tahun 1960. Dalam banyak hal. Dalam periode dari Tahun 1900 ke pertengahan Tahun 1920-an perkembangan teknologi otomotif sangat cepat. teknologi baru hanya perbaikan dari teknologi sebelumnya. jumlah produsen hampir tetap dan inovasi berkurang. Inggris oleh Lunar Society. Kendaraan pertama menggunakan tenaga mesin uap. Di Birmingham juga mobil tenaga bensin pertama kali dibuat di Britania pada Tahun 1896 oleh Frederick William Lanchester yang juga mematenkan rem cakram.sebuah kereta salju. Garis produksi skala besar pembuatan mobil harga terjangkau dilakukan oleh Oldsmobile pada Tahun 1902. pengemudian roda depan diciptakan kembali oleh Andre Citroen dalam peluncuran Traction Avant pada Tahun 1934. alat elektronik ini dapat membuat buangan mobil berkurang secara drastis sambil meningkatkan efisiensi dan tenaga (Aziz.

sebuah perusahaan pembuat sepeda di Inggris memutuskan untuk membuat sepeda motor. memproduksi sepeda motor di Milwaukee. Kemudian sepeda kayu bermesin itu diberi nama Reitwage (riding car). Triumph. Jerman pada Tahun 1893. Pada waktu itu jenis kendaraan ini belum dikenal masyarakat banyak. Henry Hilderband dari Munich. Tahun 1904. EJ Pennington. Sampai pada Tahun 1892. Mesin diletakkan di tengah (di antara roda depan dan belakang) dan dihubungkan dengan rantai ke roda belakang. 2010). William S Harley dan sahabatnya. tenaga penggerak yang direncanakannya adalah mesin uap namun proyek ini tidak berhasil. mendemonstrasikan sepeda motor yang didesain sendiri.2 Sepeda Motor Sepeda motor pertama kali dirancang pada Tahun 1868 oleh Ernest Michaux berkebangsaan Perancis. Pada Tahun 1895 sepeda motor pertama kali masuk Amerika Serikat. tepatnya ke kota New York. Amerika Serikat.3. Tahun 1902. Pada Tahun 1885 seorang ahli mesin jerman Gottlieb Daimler dan mitranya. perusahaan Amerika Serikat lain.2. Arthur Davidson. Tahun 1903. Roda belakang sepeda motor ini digerakkan langsung oleh kruk as (crankshaft) (Supriatin. seorang penemu Amerika Serikat. dan menamakan sepeda motor itu Harley Davidson. Daimler memasangkan mesin empat langkah berukurang kecil pada sebuah sepeda kayu. Jerman Barat memperkenalkan sepeda motor baru dan disusul lagi oleh Werner Brothers pada tahun 1897. Pada tahun yang sama. 2010). Kemudian pada Tahun 1885 Edward Butler mencoba menyempurnakannya dengan membuat kendaraan lain yang mempergunakan tiga roda dan digerakkan dengan menggunakan motor dari jenis pembakaran dalam (Supriatin. Pada waktu itu. Empat tahun sesudahnya. Pada akhirnya Pennington dianggap sebagai orang pertama yang memperkenalkan istilah sepeda motor. 2010). Kemudian pada Tahun 1905. Triumph memproduksi sepeda motor secara utuh sendiri (Supriatin. Sepeda motor pertama yang dijual umum dibuat oleh pabrik sepeda motor Hilderbrand und Wolfmuller di Muenchen. Wilhelm Maybach menjadi perakit motor pertama kali di dunia. di Milwaukee. Pada tahun yang sama. perusahaan itu memproduksi sepeda motornya yang pertama namun masih menggunakan mesin dari Belgia. 7 Universitas Kristen Maranatha .

Setelah Perang Dunia I sampai Tahun 1928. dan Suzuki meniru model sepeda motor jenis bebek ini (Supriatin. sejak tahun 1970-an hingga kini. Indian Motorcycle Manufacturing Company tutup pada Tahun 1953 dan merek Indian diambil alih oleh Royal Enfield (Supriatin. sangat populer dan sampai kini mendominasi pasar sepeda motor dunia.Indian Motorcycle Manufacturing Company. Tahun 1951. yang berlokasi di Springfield. Seusai Perang Dunia II. Honda. muncul dengan sepeda motor Indian Single. Tahun 1952. Kemudian sampai Perang Dunia I (1914-1918). sepeda motor BMW hadir dengan roda belakang yang digerakkan menggunakan koppel (shaft drive). yakni Honda. seperti New Gerrard. Sosok yang menarik. mesin yang handal dan mudah dirawat. Honda tercatat sebagai produsen sepeda motor terbesar di dunia. 2010). suara mesin dua langkah yang berisik dan asap berbau tajam yang keluar dari knalpot membuat Honda mengembangkan mesin empat langkah. Kemudia kedudukan BSA diambil alih oleh NSU (Jerman) Tahun 1955. NUT. Namun. Honda memproduksi sepeda motor bebek yang dikenal dengan nama cub. memproduksi sepeda motor dengan mesin dua langkah. di mana sepeda motor dibuat untuk keperluan militer. tahun 1946. Yamaha. perusahaan ini menjadi pabrik sepeda motor dengan produksi yang terbesar di dunia. Namun. 8 Universitas Kristen Maranatha . BSA Group (Inggris) membeli Triumph Motorcycles dan menjadi produsen sepeda motor terbesar di dunia. Kepopuleran sepeda motor jenis bebek ini membuat perusahaan sepeda motor asal Jepang lainnya seperti Kawasaki. Chell. dan Whitwood. Suzuki. serta harga yang bersaing membuat sepeda motor asal jepang. nama-nama Harley Davidson tetap menjadi sepeda motor yang populer. Yamaha. Namun. perusahaan yang memproduksi sepeda motor terbesar di dunia adalah Harley Davidson. Piaggio. memperkenalkan skuter Vespa dan langsung menarik perhatian dunia (Supriatin. 2010). AJS. 2010). Triumph. Perkembangan sepeda motor di Eropa juga dipicu oleh Perang Dunia II (1939-1945). Pada Tahun 1921. dan Kawasaki. Massachusetts. desainer Italia. dan merek-merek lainnya yang tidak begitu terkenal. Pada Tahun 1949. Pada Tahun 1930-an ada sekitar 80 merek sepeda motor di Inggris di antaranya Norton. SOS.

khususnya di darat sebenarnya telah dimulai sekitar 300 tahun yang lalu.3 Angkutan Umum Ide awal penyediaan pengangkutan publik. George Stephenson meluncurkan kereta api uap yang pertama di Inggris dengan rute Liverpool-Manchester.terutama di Amerika Serikat. Pada tahun yang sama. Triumph. Model Omni Bus ini kemudia menyebar ke kota besar lain. Perkembangan omni bus berikutnya adalah omni bus susun (double decker). Era bus dan bus troli kembali hadir pada Tahun 1920.3. 2014). dan Ducati (Supriatin. ketika Pascal (Perancis) mulai mengoperasikan gerbong untuk penumpang yang ditarik kuda di Kota Paris pada Tahun 1662. sehingga timbul apa yang disebut dengan fenomena urban sprawl. Pada awalnya. di mana banyak sarana rel yang dialokasikan untuk kebutuhan perang. menjauhi kawasan Central Business District yang terjadi di Inggris pada Tahun 1750 (Lisra. krisis finansial akibat perang. yakni fenomena bergeraknya area permukiman kelas menengah ke atas ke daerah sub urban. Omni Bus adalah kendaraan mirip gerbong beroda besar dengan pintu masuk di belakang. Jumlah kursinya 18 hingga 20 yang ditata sejajar dan berhadap-hadapan. dan timbulnya efek-efek kemacetan publik dan kesemrawutan. 2014). Inggris mulai mengenalkan sistem transportasi masal pertamanya. 2010). Demikian juga dengan BMW. Banyak pertanyaan muncul. Jam puncak (peak hour) juga timbul akibatnya adanya penumpukan arus pagi (berangkat untuk bekerja) dan arus sore (pulang). mengapa bus kembali populer pada awal abad 20. penyediaan kereta ini tidak dipungut biaya. ketika era kereta telah sedemikian hebat. 9 Universitas Kristen Maranatha . Revolusi industri yang berkembang di Eropa (Perancis dan Inggris) telah membuat perkembangan kota yang sedemikian pesat. Fenomena lain adalah adanya arus komuter. namun pada perkembangannya kemudian mulai dikenakan biaya. Hal ini disebabkan adanya Perang Dunia I. yang memunculkan adanya pemisahan zona industri (tempat bekerja) dan zona permukiman (rumah). yakni dengan munculnya Omni Bus oleh George Shillibeer di Kota London pada Tahun 1829. Omni bus inilah embrio pertama lahirnya bus bermotor seperti yang dikenal sekarang (Lisra. 2. seperti New York dan Paris pada Tahun 1830-an.

Umumnya sebuah angkutan kota diisi oleh kurang lebih 10 orang penumpang. yakni kombinasi antara bus dan tram. Jumlah armada yang sangat banyak serta perilaku sopir angkutan kota yang sering berhenti mendadak dan di sembarang tempat. 10 Universitas Kristen Maranatha .serta booming mobil pribadi. Model yang cukup populer pada masa itu (Tahun 1958) adalah Leyland Atlantean. 2014). Tarif angkot bervariasi tergantung jauhnya jarak yang ditempuh (Lisra. bus berkembang sangat pesat (Lisra. lalu berlanjut dengan adanya sistem feeder bus ke tram (1912). 2014). bermesin diesel. Di Indonesia. sehingga mengganggu kelancaran lalu lintas. Tidak seperti bus yang mempunyai halte sebagai tempat perhentian yang sudah ditentukan. Bahkan di Tahun 1939. Angkutan kota mulai diperkenalkan di Jakarta pada akhir Tahun 1970-an dengan nama mikrolet untuk menggantikan oplet yang sudah dianggap terlalu tua dan sering mengalami gangguan mesin. tetapi tidak jarang penumpangnya hingga lebih dari 10 orang. angkutan kota atau biasa disingkat angkot atau angkota adalah sebuah moda transportasi perkotaan yang merujuk kepada kendaraan umum dengan rute yang sudah ditentukan. Hingga Tahun 1930-an. “ngetem” atau berhenti lama menunggu penumpang sering dihubungkan dengan penyebab kemacetan di beberapa kota. Pada awalnya muncul bus bermotor di New York pada Tahun 1905. sehingga angkutan masal dengan rel (yang membutuhkan investasi dan pemeliharaan mahal) menjadi terpuruk. Perkembangan berikutnya adalah bus tingkat dengan konfigurasi mirip bus tidak bertingkat. 2014). hingga persneling otomatis. Inovasi lain adalah trolley bus. angkutan kota dapat berhenti untuk menaikkan atau menurunkan penumpang di mana saja. Disebut trolley karena bus dilengkapi dengan 2 (dua) tiang untuk mengambil listrik dari kabel yang tergantung di atas (Lisra. tipikal bus telah berkembang menjadi lebih kuat. efisien. Jalur operasi suatu angkutan kota dapat diketahui melalui warna atau kode berupa huruf atau angka yang ada di badannya (Lisra. 2014). Tahun berikutnya (1920) hadir armada bus dengan posisi mesin di depan dan dengan pintu yang dapat diatur oleh pengemudi. Angkutan dengan bus kemudian hadir karena dirasa lebih efisien dengan biaya investasi relatif murah.

Pada acara tersebut. 2015). Strategi diversifikasi ini cukup berhasil dalam menarik minat pelanggan. Layanan yang ditawarkan juga semakin beragam dari transportasi (ojek).3. Ojek online pertama kali dipaparkan sebagai ide bisnis kreatif di suatu acara yang diadakan salah satu bank besar di Indonesia pada Tahun 2012. misalnya pengiriman barang paling cepat adalah layanan antar 1 hari untuk paket. gojek mencoba menghubungkan pelanggan dengan tukang ojek baik untuk pengiriman barang maupun untuk jasa transportasi. Inovasi ini cukup menarik mengingat sebelumnya. biasanya pelanggan yang mencari ojek di pangkalan terdekat. Penggunakan mobile application untuk gojek tentunya merubah model bisnis gojek. pengiriman barang hingga pesan antar makanan (go-food). gojek mencoba mengkoordinir para tukang ojek di Jakarta untuk melayani pelanggan pada cakupan area yang lebih luas. Pengembangan demi pengembangan dilakukan hingga saat ini gojek telah memiliki mobile application yang dengan mudah dapat dioperasikan pada ios maupun android. Melalui call center.4 Transportasi Online Tren ojek online mengalami peningkatan beberapa tahun belakangan ini seiring meningkatnya kebutuhan akan moda transportasi yang cepat di Jakarta. Ide untuk menjadi “broker” ojek di Jakarta ini yang membuat gojek menarik untuk dicoba dan dilihat perkembangannya dari waktu ke waktu. kepastian dan murahnya tarif menjadi daya tarik yang mampu memikat ribuan masyarakat untuk beralih ke moda transportasi ini (Henry. namun gojek juga mendapatkan 11 Universitas Kristen Maranatha . 2015). gojek menawarkan suatu layanan pengiriman barang dan transportasi ojek untuk segmen pasar masyarakat Jakarta yang membutuhkan kecepatan (baik pengiriman dokumen maupun transportasi) di tengah kemacetan ibukota. masih terbatas pada layanan melalui telepon maupun sms. Selain itu. maka dengan gojek pelanggan cukup menghubungi gojek dan tukang ojek akan menjemput di tempat pelanggan berada (Henry.2. sementar gojek dapat memenuhinya dalam hitungan jam. Revenue stream gojek tidak lagi hanya berasal dari pelanggan. Begitu juga dengan transportasi. Kemudahan dan kecepatan waktu pesan ojek melalui aplikasi serta kecepatan waktu tempuh (travel time) menjadi faktor kunci banyaknya peminat ojek online. Saat itu gojek belum menyediakan aplikasi untuk melayani pelanggan.

000. Padahal jika dilihat dari sisi bisnis. 2015). Jadi jika tukang ojek tradisional mengandalkan value of transaction dengan basis tarif berdasarkan kira-kira. mulai dari angkutan umum hingga taksi. Beberapa waktu belakangan ini muncul berbagai “broker” ojek secara online. Prospek bisnis ojek online ternyata menarik minat beberapa investor untuk mengikuti jejak gojek. Munculnya pesaing bagi gojek tentunya akan memberikan pilihan lebih banyak kepada pelanggan sehingga daya tawar pelanggan (bargainin power of consumer) meningkat. 1 (satu) orang tukang ojek tradisional rata-rata memperoleh penghasilan Rp. kecepatan respon serta keramahan pengemudi juga menjadi faktor kunci yang tak kalah penting untuk mempertahankan pelanggan (Henry. Berdasarkan survei kecil yang pernah dilakukan. 2015).000 dan Grab Bike dengan promo awal Rp.000 kemudian naik menjadi Rp.000 – Rp. 10. Investasi smartphone android yang dilakukan diawal juga dapat kembali dalam waktu 1 bulan.000 sebulan. Pendapatan yang sama didapatkan pengemudi gojek hanya dengan bekerja selama 1 (satu) minggu (Henry. 2. 500. Gojek dengan promo tarif Rp. 2015). Hal ini dapat menjadi solusi dalam meningkatkan pendapatan para tukang ojek. Hal ini ditunjukkan dengan adanya beberapa daerah dengan penggunaan tanda “gojek dilarang masuk”. 5. Permintaan pun terus meningkat ditandai dengan jalanan Jakarta yang dibanjiri oleh armada gojek (Henry. Faktor kunci keberhasilan pun menjadi berubah seiring meningkatnya persaingan di industri ini. 10. Tanpa disadari. 15. maka pengemudi gojek lebih mengandalkan volume of transaction dengan basis tarif per km yang jelas. dengan segmen pasar yang dilayani adalah pelanggan dengan radius 100m hingga 2km dari pangkalan.keuntungan dari provider data. Bahkan tukang ojek pangkalan pun mulai merasa terganggu dengan kehadiran ojek online ini. Sebenarnya strategi ini cukup ampuh untuk digunakan dalam mengatasi masalah kesenjangan ekonomi dan bahkan mampu menekan angka pengangguran. 12 Universitas Kristen Maranatha . seperti Grab Bike dan yang terbaru adalah Uber. bisnis ojek online ini mulai mengancam keberadaan transportasi publik lainnya. Uniknya. Harga menjadi faktor kunci utama dalam memenangkan persaingan dan pelanggan pun menjadi sensitif terhadap harga.000 turun menjadi Rp. menjadi peserta gojek justru berpotensi untuk mendapatkan pendapatan lebih besar. Perang harga pun tak dapat lagi dihindari.000.

becak. Secara sederhana moda berkaitan dengan jenis transportasi yang digunakan. 2000). Orang yang hanya mempunyai satu pilihan moda saja disebut dengan captive terhadap moda tersebut. Jika menggunakan kendaraan.4 Pemilihan Moda Jika interaksi terjadi antara dua tata guna lahan di suatu kota. Jika angkutan umum yang digunakan. Pilihan pertama biasanya berjalan kaki atau menggunakan kendaraan. pilihannya adalah kendaraan pribadi (sepeda. 2000). Namun hal ini tentunya bergantung kepada Pemda setempat. seseorang akan memutuskan bagaimana interaksi tersebut harus dilakukan. 2. tercepat. atau justru dengan bijak melakukan amandemen terhadap undang-undang yang ada dan mendorong agar bisnis serupa dapat semakin meningkat (Henry. 13 Universitas Kristen Maranatha .khususnya di DKI Jakarta. Selanjutnya. Hal seperti ini harus dipertimbangkan dalam pemilihan moda (Tamin. jenisnya bermacam-macam (oplet. sering interaksi mengharuskan terjadinya perjalanan. atau termurah. becak dan lain-lain). sepeda motor. Dalam kebanyakan kasus. 2000). moda yang dipilih biasanya mempunyai rute terpendek. dan lain-lain) (Tamin. Akan tetapi. seandainya keluarga tersebut mempunyai sepeda. mungkin terdapat sedikit pilihan atau tidak ada pilihan sama sekali. Dalam kasus ini keputusan harus ditentukan dalam hal pemilihan moda. Jika terdapat lebih dari satu moda. mobil) atau angkutan umum (bus. apakah tetap menggunakan undang-undang yang ada untuk “membunuh” kreativitas anak bangsa ini. keluarga berpenghasilan kecil yang tidak mempunyai mobil atau sepeda motor biasanya menggunakan angkutan umum. kereta api. Faktor lain yang mempengaruhi adalah ketidaknyamanan dan keselamatan. pilihan pertama adalah dengan menggunakan telepon (atau pos) karena hal ini akan dapat menghindari terjadinya perjalanan. 2015). Sementara itu. jika harus berpergian jauh tentu menggunakan angkutan umum (Tamin. atau kombinasi dari ketiganya. Dalam beberapa kasus. Orang miskin mungkin tidak mampu membeli sepeda atau membayar biaya transportasi sehingga biasanya berjalan kaki.

dan lain-lain). 2. yaitu: 1. Tujuan pergerakan. Dengan lebih dari dua moda (misalnya bus. b. pergerakan ke tempat kerja di negara maju biasanya lebih mudah dengan memakai angkutan umum karena ketepatan waktu dan tingkat pelayanannya sangat baik dan ongkosnya relatif lebih murah dibandingkan dengan angkutan pribadi (mobil). Struktur rumah tangga (pasangan muda. Ini disebabkan karena banyak faktor yang sulit dikuantifikasi misal kenyamanan. hal yang 14 Universitas Kristen Maranatha . bujangan. Untuk angkutan barang. kereta api). semakin tinggi pendapatan akan semakin besar peluang menggunakan kendaraan pribadi. Ketersediaan atau kepemilikan kendaraan pribadi. Jadi. pemilihan biasanya antara kereta api atau truk (Tamin. Pendapatan. Pemilihan moda juga mempertimbangkan pergerakan yang menggunakan lebih dari satu moda dalam perjalanan (multimoda). oplet. Contohnya. walaupun hanya dua buah moda yang akan digunakan (umum atau pribadi). semakin tinggi kepemilikan kendaraan pribadi akan semakin kecil pula ketergantungan pada angkutan umum. Faktor lain misalnya keharusan menggunakan mobil ke tempat bekerja dan keperluan mengantar anak sekolah. Pemilihan moda juga akan sangat dipengaruhi oleh: a. Ciri pengguna jalan. atau ketersediaan mobil pada saat diperlukan. 2000). Akan tetapi. Beberapa faktor berikut ini diyakini sangat mempengaruhi pemilihan moda: a. keamanan. Faktor yang dapat mempengaruhi pemilihan moda ini dapat dikelompokkan menjadi tiga. keandalan. d. c. sepeda motor. maka proses pemodelan menjadi semakin sulit. pensiun. e. Pemilikan Surat Izin Mengemudi (SIM). Jenis pergerakan seperti ini yang sangat umum dijumpai di Indonesia karena geografi Indonesia yang terdiri atas banyak pulau sehingga persentase pergerakan multimoda cukup tinggi. Pemilihan moda sangat sulit dimodelkan. Ciri pergerakan. keluarga dengan anak. dapat dikatakan bahwa pemodelan pemilihan moda merupakan bagian yang terlemah dan tersulit dimodelkan dari keempat tahapan model perencanaan transportasi.

15 Universitas Kristen Maranatha . Mudah dilihat bagaimana konsep biaya gabungan dapat juga digunakan untuk menyatakan beberapa faktor kuantitatif. Pertama. b. dan lain-lain (Tamin. Ketersediaan ruang dan tarif parkir. (b) tujuan pergerakan. Biaya transportasi (tarif. Model pemilihan moda dapat dianggap sebagai model agregat jika menggunakan informasi yang berbasis zona serta dapat dianggap sebagai model tidak agregat jika memakai data berbasis rumah tangga dan/atau data individu (Tamin. waktu berjalan kaki ke tempat pemberhentian bus. meskipun lebih mahal. Waktu terjadinya pergerakan. 3. Waktu perjalanan. orang cenderung menggunakan angkutan umum (pesawat. karena ketepatan waktu. biaya bahan bakar. waktu menunggu di tempat pemberhentian bus. Contohnya. Model pemilihan moda yang baik harus mempertimbangkan semua faktor tersebut. dan lain- lain. orang semakin cenderung memilih angkutan umum dibandingkan dengan angkutan pribadi. untuk bepergian dari Jakarta ke Surabaya. c. waktu selama bergerak. Dari semua model pemilihan moda. Jarak perjalanan. 2000). dan lain-lain). c. b. orang masih tetap menggunakan mobil pribadi ke tempat kerja. 2000). keandalan dan keteraturan. kenyamanan dan lain-lainnya tidak dapat dipenuhi oleh angkutan umum. Ciri fasilitas moda transportasi. Semakin jauh perjalanan. pemilihan peubah bebas yang digunakan sangat tergantung pada: (a) orang yang memilih model tersebut. maka pasti membutuhkan kendaraan pribadi karena pada saat itu angkutan umum tidak atau jarang beroperasi. dan (c) jenis model yang digunakan. Hal ini dapat dikelompokkan menjadi 2 kategori. meliputi: keamanan dan keamanan. sebaliknya terjadi di negara sedang berkembang. Kalau ingin bergerak pada tengah malam. meskipun mempunyai mobil pribadi. Faktor kedua bersifat kualitatif yang cukup sukar menghitungnya. atau bus) karena jaraknya yang sangat jauh. faktor kuantitatif. seperti: a. kereta api.

6 maka konstruksi pertanyaan yang merupakan dimensi variabel adalah realibel (Sujarweni. Jika rtabel < rhitung maka valid (Sujarweni. diperlukan suatu pemahaman terhadap validitas dan reliabilitas instrumen penelitian sebagai berikut: 1) Uji Validitas Uji validitas menunjukkan sejauh mana suatu alat pengukur atau mengukur apa yang ingin diukur. Maka dari itu. 2014). Hasil rhitung dibandingkan dengan rtabel dengan df=n-2 dengan tingkat signifikansi 5%. Uji validitas dengan metode corrected-item- total correlation dan membandingkan nilai r yang didapatkan dengan nilai tabel r. Terdapat beberapa hal yang dapat mengurangi validitas suatu data yaitu ketepatan pewawancara atau penanya dalam mengumpulkan data sesuai ketetapan dalam kuesioner dan keadaan narasumber atau responden saat diwawancara. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan menggunakan program Statistical Product and Service Solutions 24.6 Jumlah Sampel Ada berbagai macam metode dalam menentukan jumlah sampel. jika nilai alpha > 0. 16 Universitas Kristen Maranatha . Reliabilitas juga menunjukkan konsistensi suatu instrumen pengukur dalam mengukur gejala atau faktor yang sama. 2014).2.5 Uji Validasi dan Reliabilitas Data penelitian ini tidak akan berguna jika instrumen atau pengukur penelitian yang akan dipakai untuk mengumpulkan data tersebut tidak memiliki validitas dan reliabilitas. 2) Uji Reliabilitas Reliabilitas merupakan indeks yang menunjukkan sejauh mana suatu alat pengukur dapat dipercaya atau dapat diandalkan. Kuesioner yang telah disusun peneliti harus tepat mengukur elemen apa yang ingin diukur. Jumlah sampel yang dihasilkan dari berbagai metode tersebut akan beragam hasilnya. Uji validitas sebaiknya dilakukan pada setiap butir pertanyaan di uji validitasnya. Seringkali peneliti berpikir apakah instrumen yang dipersiapkan untuk mengumpulkan data penelitian benar-benar mengukur apa yang ingin diukur. Uji reliabilitas dapat dilihat pada nilai Cronbach’s Alpha output pada SPSS. 2.

Menurut Slovin.1) S= 2 2 d x (N-1)+ λ x P x Q Keterangan: S = Jumlah Sampel N = Jumlah Populasi λ2 = dk = 1 . besaran korelasi tetap ditampilkan.2) keterangan: n = Jumlah Sampel N = Jumlah Populasi E = Taraf Kesalahan. skala data 17 Universitas Kristen Maranatha .1 P = Q = 0. N n= 1 + N x (e2 ) (2. jumlah sampel dihitung menggunakan Persamaan 2. yaitu: 1. 5%. Korelasi dibagi menjadi 2. Dalam uji Rank Spearman.7 Korelasi Korelasi biasanya dibahas bersama-sama dengan analisis regresi. walaupun dalam pembahasan regresi. b.1. Menurut Issac dan Michael. 2017). Koefisien korelasi bivariate/Product moment Pearson. 10% d = 0. Korelasi peringkat Spearman (Rank-Spearman) dan Kendall Uji Rank Spearman digunakan untuk menguji hipotesis korelasi dengan skala pengukuran variabel minimal ordinal. λ2 x N x P x Q (2.5 2. dengan variabel pertama disebut variabel prediktor atau X sementara variabel kedua dikenal dengan istilah variabel kriteria atau Y. Beberapa penentuan jumlah sampel adalah: 1. Namun SPSS menempatkan korelasi dalam menu tersendiri. pada umumnya diambil 1% hingga 10%.Menurut Steer Davies Gleave jumlah sampling 75 hingga 100 sampel akan lebih baik (Hidayat E. taraf kesalahan 1%..2. jumlah sampel dihitung menggunakan Persamaan 2. Sederhana a. Korelasi bivariate adalah untuk menguji hubungan antara dua variabel. dalam kasus ini idiambil 5% 2.

5 korelasi lemah. dengan mengontrol atau menyesuaikan efek dari satu atau lebih variabel lain. Angka korelasi berkisar pada 0 (tidak ada korelasi sama sekali) dan 1 (korelasi sempurna). Namun. Parsial Korelasi parsial adalah pengukuran hubungan antara dua variabel. Sebenarnya tidak ada ketentuan yang tepat mengenai apakah angka korelasi tertentu menunjukkan tingkat korelasi yang tinggi atau lemah. Jika korelasi parsialnya nol. tanda korelasi juga berpengaruh pada penafsiran hasil. 18 Universitas Kristen Maranatha . dengan mengendalikan variabel 3 dan 4 dengan asumsi variabel 1 dan 2 berhubungan linier terhadap variabel 3 dan 4. 2. Tanda – (negatif) pada output menunjukkan adanya arah yang berlawanan. dapat dijadikan pedoman sederhana. bahwa angka korelasi di atas 0. Korelasi parsial dapat digunakan pada banyak kasus. misalnya: apakah nilai penjualan suatu komoditi terkait kuat dengan pembelanjaan iklan ketika efek harga dikendalikan. sedangkan di bawah 0. sedangkan tanda + (positif) menunjukkan arah yang sama. untuk kedua variabel yang akan dikorelasikan dapat berasal dari skala yang berbeda (skala data ordinal dikorelasikan dengan skala data numerik) atau sama (skala data ordinal dikorelasikan dengan skala data ordinal).5 menunjukkan korelasi yang cukup kuat. Singkatnya r1234 adalah korelasi antara 1 dan 2. Selain besar korelasi. maka dapat disimpulkan bahwa korelasi yang dihitung sebelumnya adalah semu.