You are on page 1of 12

A.

Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Fiqh Pada MTsN Delima

Tabel 4 Sering tidaknya guru Fiqh menggunakan media dalam proses belajar mengajar Fiqh

No. Alternatif Jawaban F %
a Ya, selalu 18 55%
b kadang-kadang 13 39%
c tidak pernah 2 6%
d ………….. -
Jumlah 33 100%

Berdasarkan tabel diatas dapat dilihat bahwa guru Fiqh selalu menggunakan media

dalam proses belajar mengajar dengan jumlah persentase sebanyak 55%. Hal ini merupakan

kesadaran guru dalam memenuhi kewajiban yang diwajibkan kepada seorang guru dalam

mengajar. Dengan adanya penggunaan metode yang diterapkan guru akan memudahkan guru

dalam mengajar. Ada juga guru Fiqh kadang-kadang menggunakan media dalam proses belajar

mengajar dengan jumlah persentase sebanyak 39%. Maka layaklah yang menjadi sumber data

dalam penelitian ini adalah guru menerapkan metode dalam pembelajaran Fiqh.

Dengan penggunaan media yang digunakan guru, maka perlu diketahui media apa yang

digunakan guru dalam proses belajar mengajar Fiqh, hal ini dapat dilihat pada tabel di bawah

ini:

Tabel 4 Sering tidaknya guru Fiqh menggunakan media cetak dalam proses belajar mengajar
Fiqh

No. Alternatif Jawaban F %
a Ya, selalu 20 61%
b kadang-kadang 4 12%
c tidak pernah 9 27%
d ………….. -
Jumlah 33 100%

Berdasarkan tabel di atas dapat dilihat bahwa mayoritas siswa yang menjawab guru Fiqh

sering menggunakan media cetak dalam proses belajar mengajar dengan jumlah persentase

sebanyak 61%. kemudian ada juga siswa yang menjawab guru Fiqh tidak pernah menggunakan

media cetak dalam pembelajaran Fiqh dengan jumlah persentase sebanyak 27%. selebihnya

siswa yang mengatakan guru kadang-kadang pernah menggunakan media cetak dalam

agar lebih jelas dapat dilihat pada tabel berikut ini: Tabel 4 Media Cetak Yang Sering Digunakan No. Di bawah ini akan digambarkan tentang jumlah siswa yang diteliti berdasarkan pendapat siswa mengenai sering tidaknya guru menggunakan media audio dalam proses pembelajaran Fiqh. dengan demikian maka layak yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah media cetak yang digunakan guru dalam pembelajaran Fiqh adalah buku paket. Alternatif Jawaban F % a Buku paket 31 94% b Majalah .pembelajaran Fiqh dengan jumlah persentase sebanyak 12%. - Jumlah 33 100% Berdasarkan pendapat di atas dapat dilihat bahwa mayoritas siswa yang menjawab guru tidak pernah menggunakan media audio dalam proses belajar Fiqh dengan jumlah persentase . - Jumlah 33 100% Berdasarkan tabel di atas dapat dilihat bahwa media cetak yang sering digunakan guru dalam pembelajaran Fiqh adalah media cetak buku paket dengan jumlah persentase sebanyak 94%. Maka yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah guru sering menggunakan media cetak dalam pembelajaran Fiqh. - c jurnal 2 16% d …………. . tetapi dengan jumlah persentase yang sedikit yaitu 16%. agar lebih jelas dapat dilihat pada tabel berikut ini: Tabel 4 sering tidaknya guru menggunakan media audio dalam proses pembelajaran Fiqh No. Kemudian ada juga siswa yang menjawab media cetak yang digunakan guru dalam pembelajaran Fiqh adalah jurnal. selalu 6 18% b kadang-kadang 1 3% c tidak pernah 26 79% d ………….. Di bawah ini akan digambarkan tentang jumlah siswa yang diteliti berdasarkan pendapat siswa mengenai media cetak yang digunakan guru dalam pembelajaran Fiqh.. Alternatif Jawaban F % a Ya.

agar lebih jelas dapat dilihat pada tabel berikut ini: . dan selebihnya siswa yang menjawab guru menggunakan media audio berupa voice recording dengan jumlah persentase sebanyak 10%. agar lebih jelas dapat dilihat pada tabel berikut ini: Tabel 4 Media audio yang digunakan guru No. ada juga siswa yang menjawab media audio yang digunakan guru adalah radio dengan jumlah persentase sebanyak 14%.sebanyak 79%. Maka layak yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah guru tidak pernah menggunakan media audio dalam pembelajaran Fiqh. Di bawah ini akan digambarkan tentang jumlah siswa yang diteliti berdasarkan pendapat siswa mengenai media audio yang digunakan guru dalam proses pembelajaran Fiqh. Maka layaklah yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah tidak ada media audio yang digunakan guru dalam proses belajara mengajar Fiqh. Namun ada juga siswa yang menjawab guru menggunakan media audio dalam proses belajar mengajar Fiqh dengan jumlah persentase sebanyak 18% dan selebihnya siswa yang menjawab kadang-kadang guru menggunakan media audio dalam pembelajaran Fiqh dengan jumlah persentase sebanyak 3%. Namun ada juga sebagian siswa yang mengatakan bahwa guru menggunakan media audio tape recorder dalam pembelajaran Fiqh dengan jumlah persentase sebanyak 21%. Di bawah ini akan digambarkan tentang jumlah siswa yang diteliti berdasarkan pendapat siswa mengenai sering tidaknya guru menggunakan media visual dalam proses pembelajaran Fiqh. Alternatif Jawaban F % a tape recorder 7 21% b radio 4 14% c voice recording 3 10% d tidak ada 18 55 Jumlah 33 100% Berdasarkan tabel di atas dapat dilihat bahwa mayoritas jawaban siswa mengenai media audio yang digunakan guru adalah guru tidak pernah menggunakan media audio dalam pembelajaran Fiqh dengan jumlah persentase sebanyak 55%.

4%. dan selebihnya siswa yang menjawab guru tidak pernah menggunakan media visual dalam proses pembelajaran Fiqh dengan jumlah persentase sebanyak 30.4% b kadang-kadang 10 30..3% d ………….3%.3% c tidak pernah 10 30. Ada juga jawaban siswa yang menjawab kadang-kadang dengan jumlah persentase sebanyak 30. selalu 13 39. Di bawah ini akan digambarkan tentang jumlah siswa yang diteliti berdasarkan pendapat siswa mengenai jenis media visual yang digunakan guru dalam proses pembelajaran Fiqh. siswa yang menjawab tidak ada jenis media yang guru gunakan dalam pembelajaran Fiqh dengan jumlah persentase sebanyak 15% dan selebihnya siswa yang menjawab guru menggunakan media visual . agar lebih jelas dapat dilihat pada tabel berikut ini: Tabel 4 jenis media visual yang digunakan guru No.Tabel 4 Sering tidaknya guru menggunakan media visual dalam proses pembelajaran Fiqh No.3%. . Alternatif Jawaban F % a Gambar 9 27 b Sketsa 15 45 c LCD 1 3 d Tidak ada 5 15 Jumlah 33 100% Berdasarkan tabel di atas dapat dilihat bahwa mayoritas siswa menjawab jenis media visual yang digunakan guru dalam pembelajaran Fiqh adalah sketsa dengan jumlah persentase sebanyak 45%. maka layaklah yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah guru menggunakan media visual pada pembelajaran Fiqh. ada juga siswa yang menjawab jenis media yang digunakan guru dalam pembelajaran Fiqh adalah gambar dengan jumlah persentase sebanyak 27%. Alternatif Jawaban F % a Ya. - Jumlah 33 100% Berdasarkan tabel di atas dapat dilihat bahwa jawaban siswa yang menjawab guru menggunakan media visual dalam proses belajar Fiqh dengan jumlah persentase sebanyak 39.

- Jumlah 33 100% Berdasarkan tabel di atas dapat dilihat bahwa mayoritas siswa yang menjawab guru tidak pernah menggunakan media elektronik dalam proses pembelajaran Fiqh dengan jumlah persentase sebanyak 75%. Di bawah ini akan digambarkan tentang jumlah siswa yang diteliti berdasarkan pendapat siswa mengenai sering tidaknya guru menggunakan media elektronik dalam proses pembelajaran Fiqh. Maka layak yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah jenis media Sketsa. - c OHP - d Tidak ada 23 70 Jumlah 33 100% . . Selebihnya siswa yang menjawab guru kadang-kadang menggunakan media elektronik dalam pembelajaran Fiqh dengan jumlah persentase sebanyak 3%. agar lebih jelas dapat dilihat pada tabel berikut ini: Tabel 4 Sering tidaknya guru menggunakan media elektronik dalam proses pembelajaran Fiqh No. Alternatif Jawaban F % a Ya. agar lebih jelas dapat dilihat pada tabel berikut ini: Tabel 4 jenis media elektronik yang digunakan guru No. maka layak yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah guru tidak pernah menggunakan media elektronik dalam pembelajaran Fiqh. selalu 4 12 b kadang-kadang 1 3 c tidak pernah 25 75 d …………. ada juga sebagian siswa yang menjawab guru selalu menggunakan media elektronik dalam proses pembelajaran Fiqh dengan jumlah persentase sebanyak 12%.jenis LCD dengan persentase sebanyak 3%. Di bawah ini akan digambarkan tentang jumlah siswa yang diteliti berdasarkan pendapat siswa mengenai jenis media elektronik yang digunakan guru dalam proses pembelajaran Fiqh.. Alternatif Jawaban F % a Video 10 30 b CD/DVD .

.. ada juga siswa yang menjawab penggunaan media pada pembelajaran Fiqh tidak mendukung terhadap keberhasilan belajar siswa dengan jumlah persentase sebanyak 6%. Alternatif Jawaban F % a Mendukung 27 82 b Tidak mendukung 2 6 c Kadang-kadang mendukung 2 6 d . B.......berdasarkan tabel di atas dapat dilihat bahwa mayoritas siswa yang menjawab jenis media elektronik yang guru gunakan dalam pembelajaran Fiqh adalah tidak ada jenis media elektronik yang guru gunakan dengan jumlah persentase sebanyak 70%... - Jumlah 33 100% Berdasarkan tabel di atas dapat dilihat bahwa mayoritas siswa menjawab penggunaan media pada pembelajaran Fiqh mendukung terhadap keberhasilan belajar siswa dengan jumlah persentase sebanyak 82%. dan selebihnya siswa yang menjawab kadang-kadang penggunaan media yang digunakan guru dalam pembelajaran Fiqh mendukung terhadap hasil belajar siswa. Maka layak yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah siswa yang menjawab guru tidak menggunakan media elektronik dalam pembelajaran Fiqh. Di bawah ini akan digambarkan tentang jumlah siswa yang diteliti berdasarkan pendapat siswa mengenai mendukung tidaknya media pembelajaran Fiqh yang di terapkan oleh guru terhadap keberhasilan siswa... maka layak yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah siswa menjawab penggunaan media pada pembelajaran Fiqh mendukung terhadap keberhasilan belajar siswa. agar lebih jelas dapat dilihat pada tabel berikut ini: Tabel 4 Mendukung tidaknya media pembelajaran Fiqh yang di terapkan oleh guru terhadap keberhasilan siswa No.. Kemampuan Guru Fiqh Dalam Merancang Media di MTsN Delima ..... selebihnya siswa yang menjawab jenis media elektronik yang guru gunakan dalam pembelajaran Fiqh adalah video dengan jumlah persentase sebanyak 30%..

. Alternatif Jawaban F % a Mampu 23 70 b Kurang mampu 10 30 c Tidak mampu .. Alternatif Jawaban F % a Aktif 26 79 b Kurang aktif 3 9 c Biasa saja 4 12 d …………. ada juga siswa yang menjawab keaktifan guru dalam melaksanakan kegiatan belajar biasa saja dengan jumlah persentase sebanyak 12%. . . agar lebih jelas dapat dilihat pada tabel berikut ini: Tabel 4 Mampu tidaknya guru menggunakan media dalam pembelajaran fiqh No. Di bawah ini akan digambarkan tentang jumlah siswa yang diteliti berdasarkan pendapat siswa mengenai aktif tidaknya guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan media.. agar lebih jelas dapat dilihat pada tabel berikut ini: Tabel 4 Aktif tidaknya guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan media No. Di bawah ini akan digambarkan tentang jumlah siswa yang diteliti berdasarkan pendapat siswa mengenai mampu tidaknya guru menggunakan media dalam pembelajaran Fiqh. dan selebihnya siswa yang menjawab guru kurang aktif dalam melaksakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan media dengan jumlah persentase sebanyak 9%. - d …………. - Jumlah 33 100% Berdasarkan tabel di atas dapat dilihat bahwa mayoritas siswa menjawab guru aktif dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan media dengan jumlah persentase sebanyak 79%. - Jumlah 33 100% Berdasarkan tabel di atas dapat dilihat bahwa mayoritas siswa mengatakan guru mampu menggunakan media dalam pembelajaran Fiqh dengan jumlah persentase sebanyak 70%. Maka layak yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah guru aktif dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan media.

. maka layak yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah guru merancang media media sendiri dalam proses pembelajaran Fiqh. - Jumlah 33 100% Berdasarkan tabel di atas dapat dilihat bahwa mayoritas siswa menjawab adanya guru merancang media sendiri dalam pembelajaran Fiqh dengan jumlah persentase sebanyak 61%. ada 20 61 b Kadang-kadang 13 39 c Tidak pernah . Alternatif Jawaban F % a Iya.. Maka layak yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah guru mampu menggunakan media dalam pembelajaran Fiqh. selebihnya siswa yang mengatakan bahwa kadang-kadang guru merancang media sendiri dalam pembelajaran Fiqh. - Jumlah 33 100% . C. Di bawah ini akan digambarkan tentang jumlah siswa yang diteliti berdasarkan pendapat siswa mengenai ada tidaknya guru merancang media sendiri dalam pembelajaran Fiqh.Selebihnya siswa yang mengatakan guru kurang mampu dalam menggunakan media dalam pembelajaran Fiqh. - d …………. agar lebih jelas dapat dilihat pada tabel berikut ini: Tabel 4 Faktor-faktor yang mendukung keberhasilan belajar siswa No. . Alternatif Jawaban F % a Media pembelajaran yang memadai 9 27 b Fasilitas yang memadai 4 12 c Guru yang baik 20 61 d …………. ada tidaknya guru merancang media sendiri dalam pembelajaran Fiqh No. . Pengaruh Kemampuan Guru Dalam Merancang Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Fiqh di MTsN Delima Di bawah ini akan digambarkan tentang jumlah siswa yang diteliti berdasarkan pendapat siswa mengenai Faktor-faktor yang mendukung keberhasilan belajar siswa. agar lebih jelas dapat dilihat pada tabel berikut ini: Tabel 4 Pendapat siswa.

.berdasarkan tabel di atas dapat dilihat bahwa faktor-faktor yang mendukung keberhasilan belajar siswa adalah guru yang baik dengan jumlah persentase sebanyak 61%. - c Tidak baik 1 3 d …………. maka layak yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang mendukung keberhasilan belajar siswa adalah guru yang baik. Alternatif Jawaban F % a Baik 32 97 b Kurang baik . Di bawah ini akan digambarkan tentang jumlah siswa yang diteliti berdasarkan pendapat siswa mengenai peningkatan keberhasilan belajar siswa. maka layak yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran Fiqh yang digunakan guru baik. . dan selebihnya siswa yang menjawab penggunaan media pembelajaran Fiqh yang digunakan guru adalah kurang baik dengan jumlah persentase sebanyak 3%. - Jumlah 33 100% Berdasarkan tabel di atas dapat dilihat bahwa mayoritas jawaban siswa tentang penggunaan media pembelajaran Fiqh yang digunakan guru adalah baik dengan jumlah persentase sebanyak 97%. selain itu ada juga pendapat siswa yang lain mengenai faktor pendukung keberhasilan belajar siswa yaitu media pembelajaran yang memadai dengan jumlah persentase sebanyak 27% dan selebihnya siswa yang menjawab fasilitas yang memadai dengan jumlah persentase sebanyak 12%. agar lebih jelas dapat dilihat pada tabel berikut ini: Tabel 4 Pendapat siswa tentang penggunaan media pembelajaran Fiqh yang digunakan guru No. Di bawah ini akan digambarkan tentang jumlah siswa yang diteliti berdasarkan pendapat siswa mengenai penggunaan media pembelajaran Fiqh yang digunakan guru. agar lebih jelas dapat dilihat pada tabel berikut ini: .

Tabel 4 Peningkatan keberhasilan belajar siswa No. . Alternatif Jawaban F % a Ya 30 91 b Tidak . . Maka layak yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah keberhasilan belajar siswa meningkat dengan digunakannya media oleh guru. - Jumlah 33 100% Berdasarkan tabel di atas dapat dilihat bahwa keberhasilan belajar siswa meningkat dengan digunakannya media oleh guru dengan jumlah persentase sebanyak 91%.. agar lebih jelas dapat dilihat pada tabel berikut ini: Tabel 4 hasil belajar siswa ketika guru menggunakan media pembelajaran Fiqh No. Alternatif Jawaban F % a Sangat memuaskan 30 91 b menurun 2 6 c kurang 1 3 d …………. dan selebihnya hasil belajar siswa kurang ketika guru menggunakan media dalam pembelajaran Fiqh dengan jumlah persentase sebanyak 3%. ada juga keberhasilan siswa yang menurun ketika guru menggunakan media dalam pembelajaran Fiqh dengan jumlah persentase sebanyak 6%. . Di bawah ini akan digambarkan tentang jumlah siswa yang diteliti berdasarkan hasil belajar siswa ketika guru menggunakan media pembelajaran. - Jumlah 33 100% Berdasarkan tabel di atas dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa sangat memuaskan ketika guru menggunakan media pembelajaran dengan jumlah persentase sebanyak 91%. Namun ada sebagian siswa kadang-kadang keberhasilan yang dicapai siswa tersebut kadang-kadang meningkat dengan jumlah persentase sebanyak 9%. Maka layak yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa sangat memuaskan. - c Kadang-kadang 3 9 d …………..

Di bawah ini akan digambarkan tentang jumlah siswa yang diteliti berdasarkan mudah tidaknya siswa dalam memahami materi pengajaran Fiqh jika guru menggunakan media. Alternatif Jawaban F % a Sangat memuaskan 13 39 b menurun 2 6 c kurang 18 55 d …………. agar lebih jelas dapat dilihat pada tabel berikut ini: Tabel 4 mudah tidaknya siswa dalam memahami materi pengajaran Fiqh jika guru menggunakan media No. ada juga hasil belajar siswa sangat menurun dengan jumlah persentase sebanyak 39%. Maka layak yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa ketika guru tidak menggunakan media dalam pembelajaran Fiqh adalah kurang. Di bawah ini akan digambarkan tentang jumlah siswa yang diteliti berdasarkan hasil belajar siswa ketika guru tidak menggunakan media pembelajaran Fiqh. . .. Alternatif Jawaban F % a Ya.. - d …………. ada juga siswa yang menjawab hasil belajar yang ia peroleh ketika guru tidak menggunakan media dalam pembelajaran Fiqh menurun dengan jumlah persentase sebanyak 6%.mudah 26 79 b Kadang-kadang 7 21 c Tidak sama sekali . - Jumlah 33 100% Berdasarkan tabel di atas dapat dilihat bahwa siswa mudah memahami materi pelajaran Fiqh jika guru menggunakan media dengan jumlah persentase sebanyak 79%. dan selebihnya siswa kadang-kadang mudah memahami materi pelajaran Fiqh jika guru menggunakan media dengan . - Jumlah 33 100% Berdasarkan tabel di atas dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa ketika guru tidak menggunakan media dalam pembelajaran Fiqh adalah kurang dengan jumlah persentase sebanyak 55%. agar lebih jelas dapat dilihat pada tabel berikut ini: Tabel 4 hasil belajar siswa ketika guru tidak menggunakan media pembelajaran Fiqh No.

selalu 29 88 b Kadang-kadang 4 12 c Tidak pernah . agar lebih jelas dapat dilihat pada tabel berikut ini: Tabel 4 diterima tidaknya pelajaran Fiqh dengan baik ketika guru menggunakan media pembelajaran No.. dan selebihnya siswa yang menjawab kadang-kadang dengan jumlah persentase 12%. Maka layak yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah pelajaran Fiqh diterima dengan baik ketika guru menggunakan media dalam pembelajaran. - Jumlah 33 100% Berdasarkan tabel di atas dapat dilihat bahwa pelajaran Fiqh diterima dengan baik ketika guru menggunakan media dalam pembelajaran dengan jumlah persentase sebanyak 88%. Maka layak yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah siswa mudah memahami materi pelajaran Fiqh jika guru menggunakan media. Alternatif Jawaban F % a Ya. - d ………….jumlah persentase sebanyak 21%. Di bawah ini akan digambarkan tentang jumlah siswa yang diteliti berdasarkan diterima tidaknya pelajaran Fiqh dengan baik ketika guru menggunakan media pembelajaran. . .