You are on page 1of 5

Hakikat Audit Internal

Kekuatan atau kelemahan internal, digabungkan dengan peluang atau ancaman
eksternal dan pernyataan misi yang jelas, menjadi dasar untuk penetapan tujuan
dan strategi. Tujuan dan strategi ditetapkan dengan maksud memanfaatkan
kekuatan internal dan mengatasi kelemahan.

Kekuatan Internal Kunci
Kekuatan perusahaan yang tidak dapat dengan mudah disamakan atau ditiru oleh
pesaing disebut kompetensi yang unik. Strategi didesain sebagai bagian dari usaha
memperbaiki kelemahan perusahaan, mengubahnya menjadi kekuatan dan bahkan
menjadi kompetensi yang unik.

Proses Menjalankan Audit Internal
Proses menjalankan audit internal sangatlah seiring dengan proses menjalankan
audit eksternal. Dibandingkan dengan audit eksternal, prosees menjalankan audit
internal memberikan lebih banyak peluang untuk pihak yang berpartisipasi guna
memahami bagaimana pekerjaan departemen dan divisi mereka merupakan bagian
dari perusahaan secara keseluruhan. Menjalankan audit internal membutuhkan
pengumpulan, asimilasi, dan evaluasi informasi tentang operasi perusahaan.
Faktor-faktor penentu keberhasilan atas kekuatan dan kelemahan.

Pandangan Berbasis Sumebr Daya (RBV)
Pendekatan RBV tentang keunggulan kompetitif menyatakan bahwa sumber daya
internal adalah lebih penting untuk perusahaan dibandingkan faktor eksternal
dalam mencapai dan memepertahankan keunggulan kompetitif. Pendukung
pandangan RBV dipelopori oleh Jay Barney menyatakan bahwa kinerja organisasi
pada dasarnya ditentukan oleh sumber daya internal yang dapat dikelompokkan
dalam tiga kategori sumber daya fisik, sumber daya manusia dan sumber daya
organisasi.

Mengintegrasikan Strategi dan Budaya

Fungsi motivasi dalam manajemen mencangkup . Perencanaan adalah proses dimana seseorang menentukan apakah akan menjalankan suatu usaha. menjalankan cara yang paling efektif untuk mencapai tujuan yang diharapkan. mengombinasikan pekerjaan untuk membentuk depatemen. Manajemen Fungsi manajemen terdiri atas lima aktivitas dasar perencanaan. pemberian motivasi. Pengorganisasian Tujuan pengorganisasian adalah untuk mencapai usaha terkoordinasi dengan mendefinisikan hubungan pekerjaan dan otoritas. dan dirasakan. dan menyiapkan bagaimana mengatasi kesulitan yang tidak diharapkan dengan sumber daya yang cukup. Fungsi pengorganisasian dalam manajemen dapat dipandang sebagai sesutau yang terdiri atas tiga aktivitas yang beruntun. Perencanaan Perencanaan adalah jembatan penting antara saat ini dan masa depan yang meningktakan kemungkinan tercapainya hasil yang diharapkan. Budaya perusahaan secara signifikan memengaruhi keputusan bisnis dan dengan demikian harus dievaluasi selama audit manajemen strategi internal. pengelolaan staf dan pengendalian. Pemberian Motivasi Pemberian motivasi dapat didefinisikan sebagai proses mempengaruhi orang untuk mencapai tujuan tertentu.Budaya perusahaan dapat didefinisikan sebagai pola perilaku yang telah dikembangkan oleh suatu organisasi ketika ia belajar untuk menghadapi masalah adaptasi eksternal dan integrasi internal dan yang telah bekerja cukup baik untuk dianggap sah dan akan diajarkan kepada anggota baru sebagai cara yang benar untuk dimengerti. dipikirkan. memecah tugas ke dalam pekerjaan. Perencanaan adalah titik awal proses dimana individu atau bisnis mengubah mimpi kosong menjadi prestasi. dan mendelegasikan otoritas. pengorganisasian.

serta juga pengelolaan hubungan dengan serikat pekerja. Fungsi penegndalian dalam manajemen penting khususnya untuk evalausi strategi yang efektif. wawancara.empat komponen utama. pelatihan. Mengukur kinerja individu dan organisasi 3. Penegndalian terdiri atas empat tahap dasar: 1. . pengembangan. Melakukan tindakan korektif Pemasaran Pemasaran dapat digambarkan sebagai proses mendefinisikan. kepemimpinan. dan perubahan organisasi. pengevaluasian. menciptakan. pemindahan. pemberian perhatian. pengkompensasian. Perencanaan Produk dan Jasa Perencanaan produk dan jasa mencakup aktivitas seperti uji pemasaran. mengantisipasi. komunikasi. Pengelolaan Staf Fungsi manajemen dari pengelolaan staf. dinamika kelompok. pendisiplinan. promosi. Pengujian pasar memungkinkan organisasi untuk menguji alternatif rencana pemasaran dan untuk meramalkan penjualan produk baru di masa depan. Salah satu teknik perencanaan produk dan jasa yang paling efektif adalah uji pemasaran. juga disebut manajemen personel atau manajemen sumber daya manusia. Menetapkan standar kinerja 2. pengorientasian. serta memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan atas barang dan jasa. pengujian. mencakup aktivitas seperti perekrutan. Pengendalian Fungsi pengendalian manajemen mencangkup semua aktivitas yang dijalankan untuk memastikan operasi aktual sesuai dengan operasi yang direncanakan. Membandingkan kinerja aktual dengan standar kinerja yang direncanakan 4. pendemosian. penyeleksian. dan pemecatan karyawan.

cakupan distribusi. tingkat dan lokasi persediaan. Analisis Peluang Fungai ketujuh dari pemasaran adalah analisis peluang yang melibatkan evaluasi terhadap biaya. pemasok. Riset pemasaran dapat mengungkapkan kekuatan dan kelemahan penting.Penetapan Harga Lima pemangku kepentingan utama memengaruhi keputusan penetapan harga. dan risiko yang berhubungan dengan keputusan pemasaran. Penelitian dan Pengembangan Area terpenting kelima dalam operasi internal yang harus dievaluasi untuk kekuatan dan kelemahan spesifik adalah penelitian dan pengembangan litbang. Keputusan dan rencana litbang harus diintegrasikan dan dikoordinasikan . konsep dan teknik untuk mengumpulkan informasi. Manajemen produksi atau operasi berhubungan dengan input. alat transportasi. transformasi. Riset Pemasaran Riset pemasaran adalah pengumpulan. saluran distribusi. dan pesaing. pemerintah. dan peneliti pemasaran menggunakan berbagai skala. manfaat. instrumen. prosedur. teritori penjualan. lokasi toko peritel. konsumen. dan analisis data secara sistematis tentang masalah yang berkaitan dengan pemasaran barang dan jasa. pencatatan. dan peritel. penjual partai besar. Produksi/Operasi Fungsi produksi atau operasi dari suatu bisnis terdiri atas semua aktivitas yang mengubah input menjadi barang atau jasa. Distribusi Distribusi mencakup pergudangan. dan output yang bervariasi antar industri dan pasar. distributor.

. model analisis. dan database komputer. Sistem Informasi Manajemen Kegunaan sistem informasi manajemen adalah untuk memperbaiki kinerja suatu perusahaan dengan memeprbaiki kualitas keputusan manajerial. software.antardepartemen dan divisi dengan membagi pengalaman dan informasi antardepartemen. Sistem informasi manajemen yang efektif memanfaatkan hardware. Penelitian dan Pengembangan Internal dan Eksternal Litbang dalam organisasi dapat memiliki dua bentuk dasar yaitu litbang internal dimana organisasi menjalankan departemen litbangnya sendiri dan kontrak litbang dimana perusahaan merekrut peneliti independen atau agen independen untuk mengembangkan produk spesifik.