You are on page 1of 6

BAB III

METODE PENELITIAN

3.1 Diagram Alir Penelitian
Diagram alir penelitian dapat dilihat pada Gambar 3.1. Penelitian ini akan
dimulai dari mengetahui tujuan penelitian untuk mengetahui karakteristik
pemilihan moda transportasi mahasiswa Universitas Kristen Maranatha. Lalu studi
literatur dengan mencari moda transportasi yang ada di Kota Bandung. Selanjutnya
pencarian data sekunder untuk mengetahui jumlah mahasiswa lalu menghitung
jumlah sampel kuesioner dan melakukan kuesioner menggunakan google form.
Data yang telah dikumpulkan kemudian diolah menggunakan perangkat lunak
SPSS hingga mendapatkan variabel yang paling mempengaruhi responden dalam
pemilihan moda transportasi.

Gambar 3.1 Diagram Alir Penelitian

19 Universitas Kristen Maranatha

Dalam penelitian sebelumnya (Primasari. karakter fasilitas moda transportasi dan karakter wilayah/kawasan studi. Gambar 3. Bahasan selanjutnya. Moda transportasi dalam penelitian ini pun lebih banyak dari penelitian sebelumnya dikarenakan adanya tambahan transportasi online sehingga menambah variasi pilihan moda. namun dalam penelitian ini variabel umur tidak lolos uji validasi dan reliabilitas sehingga variabel umur dihilangkan.1 Diagram Alir Penelitian (Lanjutan) 3.2 Variabel Penelitian Variabel faktor pemilihan moda transportasi yang diamati dalam penelitian ini adalah karakter pengguna moda transportasi. variabel yang perlu diteliti lebih lanjut adalah 20 Universitas Kristen Maranatha . 2013) variabel umur masuk dalam kuesioner.

3 Metode Pengumpulan Data Pada dasarnya pelaksanaan penelitian ini adalah melakukan survei kepada mahasiswa Universitas Kristen Maranatha mengenai moda transportasi yang digunakan dalam perjalanan dari tempat tinggal menuju kampus lalu menghubungkannya dengan jarak tempuh. Data sekunder yang didapatkan dari Biro Administrasi Akademik adalah jumlah mahasiswa aktif hingga semester gasal Tahun Akademik 2017/2018. Jenis kelamin. biaya tempuh. 6. dan alasan memilih moda transportasi. Data primer berasal dari responden yang diberikan kuesioner. Keselamatan. Variabel fasilitas moda transportasi meliputi: 1. jenis kelamin. 3. Kepemilikan SIM.karakteristik fasilitas moda transportasi. 2. Asal fakultas. 2. 9. Fasilitas. kepemilikan kendaraan. Variabel didapat dari penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa jarak tempuh. Biaya. Tahapan awal dalam pengumpulan data adalah menentukan variabel apa saja yang mempengaruhi mahasiswa dalam pemilihan moda transportasi menuju kampus Universitas Kristen Maranatha. intensitas pergantian moda. Variabel karakter pengguna transportasi meliputi: 1. Keamanan. 8. Keteraturan waktu keberangkatan/kedatangan moda transportasi. Waktu. uang saku mahasiswa. 5. uang 21 Universitas Kristen Maranatha . 7. 3. Uang Saku. 5. Privasi.1. kepemilikan kendaraan. Kepemilikan kendaraan. Kuesioner dapat dilihat pada Lampiran L. Kenyamanan. jenis kelamin. 4. 3. 4. biaya tempuh. waktu tempuh. waktu tempuh. kepemilikan SIM. intensitas pergantian moda. umur.

dan kepemilikan kendaraan.saku mahasiswa. Tabel 3.1 Jumlah Mahasiswa di Universitas Kristen Maranatha Total Mahasiswa Program Studi (orang) Kedokteran 787 Profesi Dokter Umum 457 Teknik Sipil 330 Teknik Elektro 199 Teknik Industri 456 Sistem Komputer 75 Psikologi 71 Sastra Inggris 255 Sastra Jepang 120 Sastra Cina 79 Akuntansi 796 Manajemen 1393 Seni Rupa Murni 27 Disain Interior 349 Disain Komunikasi Visual 412 22 Universitas Kristen Maranatha . Untuk mendapatkan porsi dari setiap jurusan maka dilakukan perhitungan sehingga mendapatkan jumlah sampel dari setiap jurusan agar dapat memenuhi kebutuhan studi. Jumlah mahasiswa Universitas Kristen Maranatha setiap Program Studi dapat dilihat pada Tabel 3. Data sekunder adalah data jumlah mahasiswa Universitas Kristen Maranatha yang masih aktif hingga periode semester gasal Tahun Akademik 2017/2018. Setelah mendapatkan jumlah mahasiswa maka dilakukan perhitungan jumlah sampel yang akan diambil untuk studi ini. Namun setelah dilakukan uji validitas dan reliabilitas diperoleh variabel umur tidak mempengaruhi mahasiswa Universitas Kristen Maranatha pada saat memilih moda transportasi dikarenakan adanya sedikit perbedaan umur di kalangan mahasiswa.1.

3.4. Penyebaran kuesioner dilakukan menggunakan google form.1 Penentuan Jumlah Sampel Pengambilan data sekunder dilakukan pada bulan September 2017. Data yang diisi oleh para mahasiswa di google form dapat langsung diunduh dalam bentuk excel sehingga memudahkan dalam pengambilan hasil survei.3 Analisis Karakteristik Pemilihan Moda Hasil analisis data kuesioner digambarkan dalam bentuk diagram pie atau lingkaran dan tabulasi silang antara pemilihan moda dan variabel-variabel yang 23 Universitas Kristen Maranatha . Jumlah sampel yang akan diambil dari setiap program studi dihitung menggunakan Persamaan 2. 3.4 Pengolahan Data Dalam pengolahan data ada beberapa analisis. 2017 3.2 Metode Penyebaran Kuesioner Dalam survei wawancara dilakukan pada perkuliahan semester gasal Tahun Akademik 2017/2018 kepada sejumlah mahasiswa Universitas Kristen Maranatha.4. Beberapa analisis yang diperlukan sebelum dan sesudah survei adalah: 3.4.1 Jumlah Mahasiswa di Universitas Kristen Maranatha (Lanjutan) Total Mahasiswa Program Studi (orang) Teknik Informatika 306 Sistem Informasi 114 Hukum 435 Kedokteran Gigi 259 Profesi Kedokteran Gigi 155 Sumber: Badan Administrasi Pusat. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan data jumlah mahasiswa aktif setiap program studi di Universitas Kristen Maranatha hingga semester gasal Tahun Akademik 2017/2018. Berdasarkan data jumlah mahasiswa setiap program studi di Universitas Kristen Maranatha maka didapatkan persentase setiap program studi.2. Tabel 3.

3. 24 Universitas Kristen Maranatha . Diagram lingkaran tersebut menjelaskan karakteristik pemilihan moda transportasi Dari diagram lingkaran tersebut dapat mengetahui presentase proporsi karakteristik pemilihan moda transportasi menuju kampus Universitas Kristen Maranatha. Kemudian dilakukan analyze lalu pilih correlate dan pilih bivariate.4.mempengaruhinya.4 Analisis Korelasi Analisis korelasi bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat hubungan variabel-variabel terhadap pemilihan moda transportasi menuju kampus Universitas Kristen Maranatha. Metode analisis yang digunakan adalah analisis korelasi bivariate dengan perangkat lunak SPSS 24. Langkah awal adalah mengubah data kuesioner menjadi angka agar dapat dimasukkan ke dalam program SPSS.