You are on page 1of 15

Suhu Udara

Suhu dan Panas Berbeda ! Suhu lebih mengacu pada energi kinetik suatu benda. ΔT dan perubahan suhu (ΔT) . Energi Panas (Q) dapat pindah dari suatu objek ke objek lain bila suhunya berbeda. Panas Laten Termometer * Panas merupakan bentuk energi. * Energi suatu benda tidak selalu dapat dicerminkan dari suhu benda tersebut.c. Energi Panas tergantung pada massa (m). kapasitas panas spesifik (c) Q = m. misalnya panas laten.

Untuk gas panas jenis dapat dibedakan atas panas jenis pada volume tetap (c v) dan tekanan tetap (cp) cv : 717 J/kg/K cp : 1004 J/kg/K Kapasitas panas (C) ctanah : 800 J/kg/K cair : 4200 J/kg/K Lautan penyimpan panas yang baik sementara udara penyimpan panas yang buruk . Kapasitas panas benda tergantung pada massa (m). jumlah mol (n) dan panas jenis Menunjukkan potensi panas yang dapat dikandung suatu benda (c).

H = .Қ dT/dz .ρ cp/ra dT/dz F = ε σ Ts4 G = .

Sebaran Suhu Secara Vertikal di Atmosfer .

30+T13. Reamur dan Kelvin Suhu udara diukur dengan meletakkan termometer Sangkar Cuaca Contoh Konversi Suhu bola kering dan basah di dalam sangkar cuaca. Farenheit.Suhu Udara Suhu udara merupakan manifestasi dari panas terasa Suhu udara diukur menggunakan termometer dalam skala Celcius. Termometer Bola Kering Rataan suhu harian (Th) diduga dari • Data suhu sangkar Th = (2*T7.30 dan jam 17. Th = (Tmax+Tmin)/2 • Data pias = (T00+T01+T02+…+T23)/24 Aquades .30. jam 13.30. Konversi dari Celcius 0F = 9/5 * 0C + 32 0R = 4/5 * 0C 0K = (0C+273) Di Indonesia pengukuran suhu udara dilakukan tiga kali sehari yaitu jam Termometer Bola Basah 07.30)/4 Sensor Suhu • Data suhu maks dan min.30+T17.

Fluktuasi Suhu Udara Harian Pasir Sarongge-Jawa Barat .

Ql .Jeda waktu suhu maksimum dan minimum harian Qn = Qs (1-α) .

Udara merupakan penyimpan panas yang terburuk. . Penguapan dan Panas Laten mempengaruhi b. 2000 m 270C Keadaan tersebut dikarenakan faktor : a. sehingga pengaruh lautan lebih dominan. Variasi suhu secara vertikal Di Indonesia rata-rata penurunan 170C suhu udara menurut ketinggian sekitar 5-6 0C untuk tiap kenaikan 1000 m. sehingga suhu udara sangat dipengaruhi oleh permukaan bumi. Lautan memiliki luasan dan kapasitas panas yang lebih besar besar suhu terasa daripada daratan.

Variasi Suhu Berdasarkan Letak Lintang .

Faktor Penggerak Variasi Suhu Berdasarkan Letak Lintang Hadley Cell Hadley Cell .

Fluktuasi suhu di daerah Tropis dan SubTropis .

Terimakasih .

kemudian dibagi dengan jumlah hari dalam bulan tersebut. Rataan suhu bulanan diperoleh dengan menjumlahkan rataan suhu harian selama 1 bulan. Rataan suhu tahunan diperoleh dengan menjumlahkan rataan suhu bulanan selama satu tahun dan dibagi dengan 12. Kisaran suhu tahunan diperoleh dari selisih antara rataan suhu bulanan tertinggi dan terendah.Istilah-istilah Rataan suhu harian didefinisikan sebagai rataan suhu maksimum dan minimum selama sehari. . Kisaran suhu harian diperoleh dari selisih suhu minimum dan maksimum.

bulanan. harian.Point penting (slide utama): Suhu dan Panas : tekankan pada kapasitas panas (buat animasi udara. daratan dan lautan terihat dari perbedaan warna) Surface energi budget Pindah panas (tekankan pada panas laten dan panas terasa) Penyebaran suhu menurut waktu dan ruang .animasi (matahri hari cerah dan suhu diurnal) . tahunan (dalam grafik) ada penjelasan mengenai suhu maks dan min dalam diurnal berupa grafik….Diurnal.