You are on page 1of 10

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah : SILN (Sekolah Indonesia Luar Negeri) Jeddah
Mata Pelajaran : IPA - Kimia
Kelas/Semester : VII/Gasal
Materi Pokok : Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia
Sub Materi : Ciri-ciri Perubahan Kimia
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 kali tatap muka)

A. Kompetensi Dasar
1. KD pada KI pengetahuan (KI-3)
Menjelaskan konsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan
kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari.

2. KD pada KI keterampilan (KI-4)
Menyajikan hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan
perubahan kimia, atau pemisahan campuran.

B. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Indikator KD pada KI pengetahuan (KI-3)
 Menjelaskan ciri-ciri terjadinya perubahan kimia.
2. Indikator KD pada KI keterampilan (KI-4)
 Mengkomunikasikan ciri terjadinya perubahan kimia berdasarkan hasil pengamatan
demonstrasi.

C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan memperhatikan demonstrasi yang dilakukan oleh guru, siswa dapat
menjelaskan ciri-ciri terjadinya perubahan kimia.
2. Melalui diskusi siswa terampil mengkomunikasikan hasil analisis ciri-ciri terjadinya
perubahan kimia berdasarkan hasil pengamatan demonstrasi.

D. Materi Pembelajaran
Dalam kehidupan sehari-hari banyak peristiwa perubahan materi yang dapat kita
amati yang menunjukkan terjadinya reaksi kimia. Ada beberapa hal yang menandai
terjadinya reaksi kimia, di antaranya terjadi perubahan warna, endapan, timbulnya gas, dan

 Ciri-ciri yang Menyertai Perubahan Kimia 1. Betapa indahnya kembang api yang dinyalakan di malam hari. Urea (CO(NH2)2) ketika dimasukkan ke dalam air. perhatikan gambar berikut. Beberapa contoh reaksi kimia yang mengalami perubahan suhu/temperatur: a. Pembakaran menyebabkan terjadinya perubahan kimia/reaksi kimia atau reaksi saja. . berwarna-warni dan bermacam-macam bentuk. Terjadinya Perubahan Suhu Banyak reaksi kimia yang diikuti dengan keluar atau diserapnya panas. CO (NH2)2(s) + H2O (l)  CO (NH2)2(aq) + H2O (l) 2. Reaksi kimia adalah suatu reaksi antar senyawa kimia atau unsur kimia yang melibatkan perubahan struktur dari molekul. CaO (s) + 2H2O (aq)  Ca(OH)2(aq) + H2O(l) + kalor b.terjadinya perubahan suhu. maka air tersebut menjadi dingin (endoterm). Terbentuknya Endapan Jika dua macam larutan dicampurkan kemudian muncul endapan berarti telah terjadi reaksi di antara kedua larutan tersebut. Terjadinya reaksi kimia berkaitan dengan pembentukan dan pemutusan ikatan kimia. Ada pula reaksi yang menyerap energi panas. Banyak contoh reaksi kimia lain yang terjadi dalam kehidupan sehati-hari seperti perkaratan dan korosi. misalnya bongkahan batu gamping atau kapur tohor jika dimasukkan ke dalam air dalam beberapa saat air seperti mendidih. campuran terasa panas karena reaksi menghasilkan energi dalam bentuk panas dan reaksi ini disebut reaksi eksoterm. Sebagai contoh. Terjadinya kembang api akibat pembakaran berbagai senyawa kimia yang menghasilkan warna nyala yang berbeda. Kapur tulis/kapur tohor (CaO) yang dimasukkan ke dalam air akan menimbulkan panas (eksoterm). reaksi ini disebut reaksi endoterm.

beberapa saat kemudian akan terlihat menjadi coklat. Persamaan reaksi: Pb(NO3)2 (aq) + 2KI (aq)  PbI (s) + 2KNO3 (aq) 3. Reaksi yang terjadi adalah: NaHCO3(s) + CH3COOH(aq)  CH3COONa(aq) + CO2(g) + H2O 4. Larutan kalium iodida (KI) yang tidak berwarna jika direaksikan dengan larutan timbal(II)nitrat (Pb(NO3)2) yang juga tidak berwarna. Bagian potongan buah tersebut terkena oksigen . seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut. maka akan terjadi perubahan komposisi dan terbentuk zat baru yang mungkin memiliki warna yang berbeda. Terbentuknya Gas Secara sederhana. Contoh reaksi kimia yang membentuk gas ialah reaksi soda kue dengan cuka. dalam reaksi kimia adanya gas yang terbentuk ditunjukkan dengan adanya gelembung-gelembung dalam larutan yang direaksikan. Sepotong buah apel atau kentang atau pisang yang telah dikupas dan dibiarkan di udara terbuka. akan dihasilkan PbI2 yang berwujud padat berwarna kuning dan mengendap perlahan-lahan pada dasar gelas kimia. Terjadinya Perubahan Warna Ketika suatu reaksi kimia berlangsung.

. dari udara. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Alat :  Termometer  Balon  Gelas plastik  Batang pengaduk  Pipet 3. Alat/Bahan. (2017). Ilmu pengetahuan alam SMP/MTs kelas VII semester 1. Pendekatan. Model dan Metode 1. Sumber Belajar  Widodo.N. S. Enzim dalam buah bertindak sebagai katalis. Rachmadiarti. Metode : Demonstrasi dan Diskusi F. Model : Discovery Learning 3. Media : Komputer dan Proyektor 2. Media. & Hidayati.. E.. F. Senyawa dalam buah bereaksi dengan oksigen menghasilkan senyawa yang berwarna coklat. Pendekatan : Scientific 2. mempercepat reaksi. W. Bahan  Air  Fenolftalein  Kapur tohor  Soda kue  Urea  cuka  Tawas 4. dan Sumber Belajar 1.

 Siswa menerima informasi tentang tujuan pembelajaran dan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan. Langkah-Langkah Pembelajaran Alokasi Tahapan Kegiatan Deskripsi Kegiatan Waktu Kegiatan Pendahuluan 1. dalam hal ini guru menunjuk salah satu siswa untuk memimpin doa.  Siswa diminta untuk menyiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan untuk mengikuti pembelajaran. Apersepsi  Siswa menjawab pertanyaan tentang 5 menit apa yang dapat diamatai pada saat terjadi reaksi kimia dalam kehidupan sehari- hari. .G. Menciptakan situasi  Siswa menjawab salam yang 5 menit diucapkan oleh guru  Siswa diminta berdoa terlebih dahulu sebelum kegiatan pembelajaran dimulai. 2.

Menanya  Siswa bertanya setelah mengamati 15 menit demostrasi yang telah ditampilkan oleh guru di depan kelas: 1) Apa gejala yang dapat diamati saat perubahan kimia berlangsung? 2) Dari beberapa perubahan kimia yang ditampilkan. Mengamati  Siswa mengamati demonstrasi 15 menit tentang ciri-ciri perubahan kimia yang ditampilkan oleh guru.  Selama siswa berdiskusi. ada berapakah ciri-ciri terjadinya perubahan kimia yang dapat digunakan untuk menentukan bahwa suatu perubahan merupakan perubahan kimia? 3. guru membimbing dan memfasilitasi mereka melakukan tugasnya dengan memberikan pertanyaan yang menuntun dan menggali kemampuan siswa untuk menyelesaikan masalahnya. Alokasi Tahapan Kegiatan Deskripsi Kegiatan Waktu Kegiatan Inti 1.  Siswa mencatat data dari hasil pengamatan yang diperoleh. 2. . Mengumpulkan Data  Siswa mengamati demonstrasi 15 menit tentang ciri-ciri terjadinya perubahan kimia oleh guru di depan kelas kemudian mendiskusikannya.

. Kegiatan Penutup  Guru memberikan penguatan 10 menit terhadap hasil diskusi yang dilakukan oleh siswa agar tidak terjadi miskonsepsi dan melengkapi jawaban yang kurang tepat. boleh bertanya.  Siswa bersama guru melakukan 5. Mengkomunikasikan 5 menit diskusi mengenai ciri-ciri terjadinya perubahan kimia berdasarkan demostrasi yang telah dilakukan. Alokasi Tahapan Kegiatan Deskripsi Kegiatan Waktu  Siswa menganalisis dan membuat kesimpulan tentang hasil diskusi dari data yang diperoleh dari demonstrasi yang dilakukan guru. Sementara siswa lain. menanggapi dan menyempurnakan apa yang dipresentasikan. 4. Mengasosiasi  Siswa menyampaikan kesimpulan 10 menit hasil diskusinya di depan kelas.  Secara bersama-sama siswa diminta untuk menyimpulkan hasil pembelajaran tentang ciri-ciri terjadinya perubahan kimia.

. a. penggembungan kardus yang berisi makanan d 10 b. a.H.... warna pelangi di langit 6 Berikut ini beberapa peristiwa yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. 1. Pagar besi berkarat 2.. Pengayaan.. Pembuatan tapai dari ketela pohon d.. balon meletus c 10 3. sampah di tempat sampah berbau busuk Perubahan kimia terjadi pada. Instrumen Penilaian Nomor Kunci Soal Skor Soal jawaban 1 Dari contoh kejadian di alam berikut yang tidak menunjukkan gejala perubahan kimia adalah.. a.. 1.. warna buah apel menjadi cokelat setelah di kupas b 10 c. Iodin menyublim 4... jeruk peras menghasil kan air jeruk ber warna kuning d. perubahan warna d. Daun-daunan menguning 5 Perubahan kimia yang di tandai dengan perubahan warna terdapat pada. baju basah dijemur menjadi kering 4. terbentuk gas 3 Perhatikan beberapa contoh perubahan kimia berikut.. a. dan 4 4 Berikut ini yang bukan merupakan perubahan kimia adalah. Nasi menjadi basi Perubahan materi yang merupakan perubahan kimia a 10 ditunjukkan oleh nomor.. warna besi menjadi merah setelah di lapisi zat b.. a. proses terjadinya bau tengik pada minyak d. 2 dan 4 c. proses pembekuanes pada dalam kulkas 2 Berikut ini yang bukan merupakan ciri terjadinya perubahan kimia adalah. 2. Kertas dibakar 2. pencampuran bahan-bahan pada pembuatan roti c. .. terbentuk endapan c. Teknik Penilaian : Tes Tertulis (Pilihan Majemuk) 2. Lilin terbakar b 10 b.. 1 dan 4 b. 2 dan 3 d. 1. perubahan wujud a 10 b. Bensin menguap c. Air membeku 3.. dan Remedial 1. Penilaian Pembelajaran.

besi berkarat 10 Tindakan manusia sehari-hari dapat mennyebabkan terjadinya perubahan. Hal ini menunjukkan terjadinya perubahan…. kimia a 10 b. 2 dan 3 c. proses pengeringan b 10 b. Senyawa yang terkandung dalam dedaunan atau akar-akaran dikeluarkan menggunakan pelarut tertentu dalam alat khusus. memisahkan bensin dan minyak bumi Total Skor 100 3. wujud d. a. perubahan fisika 9 Perubahan kimia yang mendatangkan kerugian adalah. a) Industri es batu. a. perubahan bentuk d. a. 2 dan 4 b. penggunaan pupuk dan pestisida d. beras ketan menjadi tapai d. rasa 8 Jika sepotong besi dibiarkan di udara terbuka sehingga menjadi karat besi maka besi mengalami…. Contoh dari tindakan manusia yang menyebabkan perubahan kimia adalah…. Zat- zat aktif ini berguna untuk bahan baku obat.. Menyeduh kopi dengan air panas merupakan ekstraksi kafein dan kopi agar larut dalam air. . 1 dan 4 d. yaitu air yang berwujud cair berubah menjadi es yang berwujud padat. beras di masak menjadi bubur b. antara lain sebagai berikut. 3 dan 4 7 Makanan dalam kaleng yang sudah kedaluwarsa akan terlihat mencembung permukaannya. a. menyalakan lilin saat lampu mati d 10 c. Beberapa contoh penggunaan perubahan fisika. fisika c. a. penggundulan hutan c 10 b. Kafein bersifat larut dalam air panas.. perubahan kimia c. sistem pertanian terasering c.. Pengayaan Berdasarkan hasil analisis tes siswa yang sudah memenuhi KKM diberi program pengayaan.  Manfaat perubahan Materi Perubahan fisika berperan penting dalam industri obat-obatan atau farmasi. yaitu dalam proses ekstraksi zat-zat aktif yang terkandung dalam bahan alami.

Dalam industri plastik. Cirebon. b) Industri susu dalam kaleng. Misalnya polietilen (PE). yaitu hasil perubahn kimia suatu zat yang mempunyai warna tertentu. zat-zat organik yang bersumber dari gas alam dan minyak bumi diubah melalui reaksi dan proses kimia menjadi plastik. lilin. yaitu minyak kelapa ditambah dengan larutan soda api berubah menjadi sabun yang berguna untuk kehidupan sehari-hari. c) Industri gula pasir. dan sebagainya. yaitu gula yang berwujud cair (dalam batang tebu) diubah menjadi gula yang berwujud padat Selain perubahan fisika. b) Industri sabun. 30 April 2018 Guru Mata Pelajaran Tegar Qodaruddin. aspal. Beberapa contoh pemanfaatan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut. bensin. polypropilen (PP) dan poliviniklorida (PVC). Remedial Berdasarkan hasil analisis tes Peserta Didik yang belum memenuhi KKM. perubahan kimiapun banyak manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. solar. gas. yaitu pada penyulingan minyak bumi yang menghasilkan minyak. c) Industri cat.Pd . diberi program remedial. 4. Minyak gas yang dibakar dapat digunakan untuk memasak. M. a) Industri minyak bumi. yaitu wujud susu yang cair diubah menjadi susu yang berupa serbuk. Hampir semua industri memproduksi bahan baku menggunakan prinsip-prinsip perubahan kimia atau reaksi kimia.