You are on page 1of 7

MAKALAH

“KARAKTERISTIK MAHLUK HIDUP”

Untuk Memenuhi Tugas Biologi Umum Kelas C

Dosen Pengampu:

Dr. Dwi Wahyuni, M.Kes

MAKALAH “KARAKTERISTIK MAHLUK HIDUP” Untuk Memenuhi Tugas Biologi Umum Kelas C Dosen Pengampu: Dr. Dwi Wahyuni,

Oleh :

MOH. ANDRIYAN

(170210102093)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA JURUSAN PENDIDIKAN MIPA

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER

2018

PEMBAHASAN Biologi adalah ilmu tentang kehidupan. Biologi sebagai bagian dari ilmu pengetahuan alam (sains) mempelajari materi dan energi yang berhubungan dengan makhluk hidup dan proses-proses kehidupan. Pengetahuan pada manusia, sejak zaman purba sampai sekarang, diperoleh melalui berbagai cara, misalnya melalui pengalaman sendiri atau orang lain, melalui prasangka, mitos, intuisi, ataukah hasil trial and error. Biologi mepunyai setiap struktur yang bersiafat baru dan pengembangan dari tingkat di bawahnya. Dengan kata lain, biologi menghubungkan mahkluk hidup yang saling berkaitan di dalam proses kehidupan.

  • A. Karakteristik Makhluk Hidup

    • a) Bernafas Pada manuasia oksigen dibutuhkan untuk bernafas. Oksigen ini akan enjadi bahan untuk dilakukannya proses respirasi untuk menghasilkan ATP. Sedangkan pada tumbuhan, karbon dioksida dibutuhkan untuk melakukan proses respirasi. Sistem pernafasan pada manusia, hewan, tubuhan adalah berbeda-beda.

    • b) Metabolisme Setiap makhluk hidup pasti akan mengalami metabolisme di dalam kehidupannya. Seperti melindungi tubuh dari virus. metabolisme ini menjadi sebuah kegian secara penuh di dalam tubuh makhluk hidup untuk bertahan di kehidupannya.

    • c) Bergerak Bukan dikatakan benda hidup kalau tidak bisa bergerak. Namun terdapat pada beberapa mahkluk hidup yang mengalai gerakan semu atau sedikit bergerak. Seperti pada Cilia yaitu rambut getar. Bergerak bagi akhluk hidup multiseluler (manusia atau hewan) dilakukan pada siste gerak aktif (otot) aupun pasif (tulang).

    • d) Tumbuh dan Berkembang Tubuh adalah proses bertambahnya ukuran tubuh yang bersifat irreversible dan kuantitatif atau dapat diukur. Sedangkan berkembang adalah proses pematangan menuju sel dewasa yang bersifat reversible dan kualitatif atau tidak dapat diukur.

  • e) Hereditas Hereditas adalah penurunan sifat. Hereditas meberikan pengaruh penting bagi makhluk hidup, yaitu mewariskan siafat pada keturunannya, pewarisan sifat ini terbentuk dari materi genetik seperti kodon, kode genetik, DNA, Kromosom dll.

  • f) Iritabilitas Iritabilitas adalah peka terhadap rangsang. Maksudnya sistem tubuh makhluk hidup akan memberikan kode bahaya ketika terdapat musuh atau keadaan lingkungan yang tidak sama sesuia keadaan tubuhnya. Seperti: tumbuhan putri malu yang akan menguncup ketika dipegang.

Hirarki organisasi Biologis:

  • a) Atom Atom adalah unit paling kecil. Atom atau unsur yang sama akan membentuk molekul.

Molekul adalah bahan kimia dasar penyusun kehidupan. Molekul mengalami kondensasi sehingga membentuk asam amino, substansi kehidupan yang akan membentuk menjadi sel. Contoh: asam nukleat berupa DNA/RNA. Perkembangan teknologi mikroskop yang cukup pesat sangat membantu penelitian dalam

bidang biologi. Mikroskop elektron yang telah ditemukan mampu memperbesar objek pengamatan hingga 500.000 kali lipat, dengan peralatan ini, ahli biologi mampu menyingkap kerumitan organisasi kehidupan hingga pada tingkat molekuler.

  • b) Organel sel

e) Hereditas Hereditas adalah penurunan sifat. Hereditas meberikan pengaruh penting bagi makhluk hidup, yaitu mewariskan siafat

Organel adalah bagian-bagian pada sel dalam satu kesatuan. Organel-organel ini akan membentuk sel seperti mitokondria (respirasi seluler), DNA, RNA, Lisosom, dll. Tentunya pada tumbuhan dan hewan memiliki organel yang berbeda. Organel-organel ini mempunyai fungsi- fungsi berbeda yang membentuk adanya sel.

  • c) Sel

Berbagai jenis molekul saling berikatan dan membentuk organel. Organel adalah subunit sel dengan fungsi spesifik, contohnya ribosom sebagai tempat sintesis protein. Sintesis protein merupakan proses penyusunan protein. Berbagai senyawa serta organel berinteraksi satu sama lain membentuk suatu kesatuan yang disebut sel. Suatu sel tunggal memiliki karakteristik makhluk hidup. Setiap sel memiliki materi hereditas, melakukan aktivitas metabolisme, mampu tumbuh serta berkembang. Karena memiliki karakteristik yang dibutuhkan sebagai makhluk hidup, sel disebut sebagai satuan unit terkecil kehidupan.Ukuran sel sangat kecil sehingga untuk melihatnya dibutuhkan mikroskop. Sel terbagi 2, yaitu: Sel Prokariotik (tidak memiliki membran inti) dan Sel Eukariotik (memiliki mebran inti)

c) Sel Berbagai jenis molekul saling berikatan dan membentuk organel. Organel adalah subunit sel dengan fungsi
  • d) Jaringan

Jaringan ditemukan pada organisme multiseluler (bersel banyak). Jaringan adalah kumpulan sel yang memiliki bentuk serta fungsi yang sama. Kelompok sel ini memiliki fungsi yang spesifik.Berikut ini contoh-contoh jaringan pada makhluk hidup.

Jaringan pada Hewan

Jaringan pada hewan terdiri atas beberapa jenis.Jaringan-jaringan tersebut di antaranya adalah jaringan epitel, jaringan saraf, jaringan otot, dan jaringan darah.Jaringan epitel terdiri atas sel-sel epitel yang saling berhubungan.Jaringan saraf terdiri atas sel saraf yang berfungsi menerima serta merespons rangsangan.Jaringan otot merupakan serat panjang yang memiliki fungsi sebagai alat gerak aktif.Adapun jaringan darah terdiri atas sel-sel darah.Sel-sel darah ini memiliki fungsi yang berbeda.Ada yang mengedarkan oksigen, zat-zat makanan, ada pula yang berfungsi sebagai antibodi atau sistem kekebalan tubuh.

Jaringan pada Tumbuhan

Seperti jaringan pada hewan, jaringan pada tumbuhan (Gambar 1.10b) juga terdiri atas berbagai jenis.Jaringan yang terdapat pada tumbuhan di antaranya jaringan epidermis, jaringan pembuluh, jaringan penguat, dan jaringan meristem.Jaringan epidermis merupakan jaringan yang melapisi permukaan tumbuhan.Jaringan pembuluh terdiri atas xilem dan floem.Xilem berfungsi mengangkut air dan zat hara tanah dari akar ke daun, sedangkan floem berfungsi mengangkut hasil foto- sintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan.Jaringan penguat pada tumbuhan terdiri atas sel-sel yang tebal dan kuat.Jaringan penguat ini berfungsi menyokong tubuh tumbuhan.Adapun jaringan meristem merupakan jaringan yang aktif membelah untuk meng- hasilkan sel-sel baru.

  • e) Organ

Organ adalah kelompok jaringan yang bersatu dan bekerja sama yang menjalankan fungsi tertentu. Contoh: usus, lambung, paru-paru, jantung, dan lain-lain. Sistem organ adalah gabungan dari organ-organ yang bekerja sama untuk membentuk suatu sistem dalam kehidupan. Contoh:

sistem pencernaan disusun oleh lambung, usus halus, usus besar, dan usus 12 jari; sistem koordinasi dan indera disusun oleh otak, sumsum tulang belakang, serabut saraf, dan panca indera.

  • f) Organisme/Individu Istilah individu berasal dari bahasa latin yaitu in yang berarti tidak dan dividus yang berarti

dapat dibagi. Jadi individu adalah makhluk hidup yang berdiri sendiri yang secara fisiologis bersifat bebas atau tidak mempunyai hubungan dengan sesamanya.Individu juga disebut satuan makhluk hidup tunggal.Misalnya, seorang manusia, seekor hewan atau sebatang pohon.

  • g) Populasi

Populasi adalah sekelompok mahkluk hidup dengan spesies yang sama, yang hidup di suatu wilayah yang sama dalam kurun waktu yang sama pula. Suatu organisme disebut sejenis bila memenuhi persyaratan sebagai berikut:

Menempati daerah atau habitat yang sama

Mempunyai persamaan bentuk, susunan tubuh, dan aktifitas

 

Mampu

menghasilkan

keturunan

yang

subur,

yaitu

yang

mampu

berkembang biak

Sebagai contoh, pada suatu lahan seluas 200 m² terdapat 500 batang tanaman jagung, 100 ekor belalang, 50 ekor jangkrik, 10 ekor burung, dan 3 batang tanaman turi. Berdasarkan data tersebut maka di dalam lahan atau daerah tersebut terdapat beberapa populasi, yaitu populasi jagung, populasi belalang, populasi jangkrik, populasi burung dan populasi turi.

  • h) Komunitas

Komunitas dapat diartikan sebagai seluruh populasi yang menempati daerah yang sama. Antar jenis makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya akan terjadi interaksi di daerah tersebut, kemudian interaksi itu membentuk suatu kumpulan dimana di dalamnya setiap individu menemukan lingkungan yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Kumpulan tersebut terdapat suatu kerukunan untuk hidup bersama, toleransi kebersamaan, dan hubungan timbal balik yang menguntungkan dan ada pula yang merugikan. Misalnya, dalam suatu komunitas kebun terdapat berbagai macam populasi hewan dan

tumbuhan yang tinggal di kebun tersebut. Anggota komunitas kebun, misalnya populasi pohon kelapa, populasi pohon mangga, populasi romput teki, populasi semut, populasi cacing tanah, dan populasi belalang.

  • i) Ekosistem

 Mempunyai persamaan bentuk, susunan tubuh, dan aktifitas  Mampu menghasilkan keturunan yang subur, yaitu yang

Ekosistem merupakan tatanan secara utuh dari seluruh unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi.Ekosistem juga dapat diartikan sebagai hubungan timbal balik yang kompleks antara organisme dengan lingkungannya. Berdasarkan sejarah terbentuknya, ekosistem dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:

Ekosistem alami

Ekosistem alami yaitu ekosistem yang terbentuk secara alami, tanpa adanya pengaruh atau campur tangan manusia.Misalnya, ekosistem gurun pasir, ekosistem hutan tropis, dan ekosistem hutan gugur.Setiap ekosistem mempunyai ciri khas.Ciri itu sangat ditentukan oleh faktor suhu, curah hujan, iklim, dan lain-lain.

Ekosistem buatan

Ekosistem buatan yaitu ekosistem yang sengaja dibuat oleh manusia.Misalnya, kolam, waduk, sawah, ladang, dan tanam.Pada umumnya, ekosistem buatan mempunyai komponen biotik sesuai dengan yang diinginkan pembuatnya.Pada ekosistem sawah, komponen biotik yang banyak, yaitu padi dan kacang.

Ekosistem suksesi

Ekosistem

suksesi

yaitu

ekosistem

yang

merupakan

hasil

suksesi

lingkungan

yang

sebelumnya didahului oleh kerusakan.Pada lingkungan demikian, jenis tumbuhan yang berkembang ditentukan oleh jenis organisme yang hidup di sekitarnya.

j) Biosfer Sebelum ke biosfer, Bioma merupakan sekelompok ekosistem daratan pada sebuah benua yang mempunyai struktur dan ketampakan atau fisiognomi vegetasi yang sama. Tingkatan yang lebih besar sebagai objek Biologi yang dipelajari adalah bioma atau Bioma merupakan daerah daratan yang cukup luas di bumi bercirikan satu jenis tumbuhan yang dominan. Contohnya bioma gurun, bioma padang rumput, bioma hutan hujan tropis, bioma tundra, dan bioma taiga. Ada pula ahli yang menyatakan bahwa biosfer adalah tempat beroperasinya ekosistem.Bagian bumi yang dihuni organisme hanya beberapa meter di bawah permukaan tanah hingga 9.000 meter di atas permukaan bumi, serta beberapa meter di bawah permukaan laut. Jadi, tidak di seluruh bagian bumi ini terdapat ekosistem sebab hanya daerah yang terdapat kehidupanlah yang dapat disebut ekosistem.