You are on page 1of 14

Resensi Film 5cm

Di susun oleh

Windya Yunesti Ernitasari

Kelas/no

XI-TGB1/33

10

Atun  penata busana : Tessa Fedilla Azizah Eca Ucil Yogi  Soundtrack : Di atas awan Rahasia hati Tak akan pernah mati II. Identitas film  Judul : 5 cm  Jenis : Drama  Dirilis : 12 desember 2012  Perusahaan : Soraya Intercine Film  Produser : Sunil Soraya  Co produser : Rocky Soraya  Sutradara : Rizal Mantovani  Skenario : Donny Dhirgantoro  Durasi : 2 jam 05 menit 42 detik  Bahasa : Indonesia  Pemain : Herjunot Ali (Zafran) Raline Shah (Riani) Fedi Nuril (Genta) Igor Saykoji (Ian) Denny Sumargo (Arial) Pevita Pearce (Dinda)  kameramen : Anggi Frisca Rivan Manggara Yohannes Christian  penyunting : Aji Pradityo  penata suara : Yusuf Andi Patawari Michael  penata rias : Fitri Ucri T. pada suatu hari mereka berlima merasa "jenuh" dengan kegiatan yang mereka lakukan 10 . I. sinopsis Bercerita tentang remaja yang telah menjalin persahabatan yang cukup lama.

Namun setelah 3 bulan berpisah.tapi mereka harus membuktikan bahwa mereka bisa. Diawali dengan berkumpulnya mereka lagi di Stasiun Senen. b) tujuan resensator Saya sebagai resensator menjadi lebih sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. III. Bukti : pada adegan mereka berlima akan merencanakan untuk tidak bertemu selama 3bulan untuk menyelesaikan kegiatan mereka masing-masing tanpa harus berkomunikasi antar satu sama lain dalam waktu yang telah ditentukan. IV. penokohan : 10 .mereka merasa keberatan dengan usulan tersebut.ini adalah sebuah perjalanan yang membuat kelima pemuda ini semakin mencintai Indonesia dan semakin merasakan arti persahabatan yang sesungguhnya. Tujuan pengarang dan resensator a) tujuan pengarang Mengajak penikmat film untuk bersemangat melestarikan alam Indonesi. dan mereka memutuskan berpisah untuk sementara dan berjanji tidak saling berhubungan dan berkomunikasi satu dengan yang lainnya selama 3 bulan. tema : jadilah diri sendiri dan jangan melupakan orang- orang disekitar kita.dan saling tolong menolong terhadap sesama.rintangan demi rintangan mereka hadapi bersama karena tujuan mereka sudah ada didepan mata hingga akhirnya tujuan yang mereka harapkan terbayar oleh pemandangan yang menemani mereka. Analisis unsur film a) Isi 1.. mereka memutuskan untuk kembali bertemu dan merayakan kembali pertemuan mereka dengan mendaki puncak tertinggi di Pulau Jawa yaitu Gunung Semeru yang telah direncanakan oleh Arial tanpa sepengetahuan dari sahabat- sahabatnya yang lain.bersama. Perjalanan mereka ke puncak Semeru untuk mengibarkan bendera Merah Putih di puncak tersebut tepat pada tanggal 17 Agustus. Banyak suka duka dalam perjalanan mereka menuju puncak. Dalam perpisahan singkat itu. 2. banyak kerinduan yang mereka rasakan. mereka menemukan "sesuatu" yang merubah mereka untuk menjalani hidup lebih baik.

Dinda Wanita. Riani Cantik. diantara kita berlima. olahraga fitnes Ian Botak.berambut rapi. Semua wanita terpikat.penyabar. 3.berambut Membuat Zafran Adik dari Arial yang terurai.suka makan tapi dia sangat baik” Riani Teman yang luar “Riani ibarat bidadari yang turun biasa.suka “ Ian mempunyai kutukan suka makan. Yang paling keren diantara cowok yang lain. tertarik kepadannya. “pandai membuat puisi” tutupi. “buat para cowok anak ini pasti punya resepsi nih anak pintar banget” “orang yang akan bilang apa saja 10 .ge Selalu membawa Paling gendut karena ndut.berambut Laki-laki yang setia. “Arial itu baik banget” Ian Suka main game.baik. Nama tokoh Ciri fisik Ciri fungsi Bukti dalam film Arial Gede. main game.gagah. Yang selalu setia sama lebat.berkacamata. doyan makan dan juga botak.tidak suka ditutup. cantik. Paling kuat diantara Badan paling gede suka berlima. karakter : Nama tokoh Watak tokoh Bukti dalam film Arial Baik banget. Genta Laki-laki. satu wanita. keadaan temannya. Zafran Keren. menyukainya tapi dia cinta cuma sama satu orang “ Zafran Pandai. makanan. dari langit dia adalah teman yang luar biasa dan penyabar” Genta Laki-laki yang paling setia “meskipun banyak wanita yang sama satu wanita.berambut Selalu mengerti Yang paling cantik panjang terurai.

2. Dalam kereta api Pagi hari Gembira Mereka bertukar pikiran apa yang mereka lakukan selama mereka tidak 10 . Warung makan Sore hari Gembira Sore hari mereka nongkrong di warung makandengan wajah- wajah wereka yang gembira. “semua kagum melihat Dinda” 4. 7. setting : No Tempat Waktu Suasana Peristiwa 1. yang ingin dia bilang” Dinda Cantik. 5. Kantor Malam hari Sedih Riani rindu kenangan bersama teman-temannya dia menangis. Stasiun kereta Pagi hari Gembira Mereka bertemu kembali api bersama-sama di stasiun senen dengan raut wajah yang gembira sekali sudah lama mereka tidak bertemu. 4. Kamar Zafran Malam hari Bersemangat Malam hari Zafran menelfon Dinda dan menuliskan kata-kata di papan tulis yang berada di kamarnya dengan semangat. Universitas Pagi hari Gembira Ian bergembira menerima pemberithuan dari dosennya bahwa dia sudah lulus skripsinya. Rumah Arial Malam hari Menyenangkan Malam hari mereka berkumpul di rumah Arial dengan suasana yang menyenangkan mereka berguraudan bercanda bersama. 3.baik hati. 6.

Ranu kumbolo Siang hari Senang Mereka kekurangan persediaan air tapi akhirnya mereka sudah sampai Ranu kumbolo dan bisa menikmati air dan beristirahat sejenak. 8. 11. 10. 9. Bukit cinta Sore hari Semangat Ian dan Zafran mendaki bukit cinta dengan semangat untuk mendapatkan orang yang dia sayangi. 12. Kali mati Sore hari Cemas Mereka sampai di Kali mati dan ternyata turun hujan abu mereka cemas bahwa ternyata gunung Semeru masih aktif. 14. Ranu pane Siang hari Kawatir Mereka sampai di Ranu pane tetapi kaki Zafran terluka dan harus diobati untuk bias meneruskan perjalanan. 13. Puncak Malam hari Penuh semangat Mereka hamper sampai di Mahameru puncak tertinggi Jawa mereka penuh semangat menghadapi rintangan demi rintangan yang menghadang. Belakang mobil Sore hari Kagum Akhirnya mereka mengetahi akan kemana mereka dan mereka merasa kagum akan keindahan dari gunung Semeru. bertemu dengan bercanda bersama. Negeri diatas Pagi hari Kagum Mereka bertemu surganya awan para pendaki mereka terkesima melihat keindahan Negeri di atas awan membuat mereka 10 .

Puncak tertinggi Pagi hari Kagum.tapi tidak bisa.senang Akhirnya mereka sampai di Jawa puncak tertinggi Jawa mereka mengibarkan bendera merah putih tepat pada tanggal 17 agustus.Ian. Kilas balik Mereka tidak mungkin bisa menerima tantangan tersebutkarena 10tahun mereka selalu bersama menghabiskan waktu bersama- sama.mereka ingin berkomunikasi. Kilas balik Mereka sudah bersahabat sejak lama sekama 10 tahun .mereka harus melakukan aktifitasnya sendiri terutama Ian yang harus menyelesaikan skripsinya. Kronologis  Konflik memuncak Mereka teringat waktu mereka bersama-sama .Arial. semakin bersemangat untuk melanjutkan perjalanan. Kronologis  Awal pengenalan Pada awal Zafran mengenalkan siapa saja sahabatnya dia adalah Riani.mereka harus menunggu sampai batas waktu yang telah disepakati.Genta. alur : Alur campuran artinya dalam cerita terjadi Flashback ke masa lalu dan kejadian kemasa Depan.mereka Selalu bersama-sama.perjalanan mereka terbayarkan sudah dengan keindahan yang memukau. 15. 5. 10 . Kronologis  Mulai timbul konflik Pada malam hari Arial mengusulkan untuk selama 3bln ini mereka tidak boleh bertemu tidak boleh berkomunikasi.

Kronologis  Konflik mulai reda Arial menghubungi mereka untuk member tahu bahwa mereka akan bertemu dan melakukan perjalanan yang tak terlupakan. 6. Bukti : pengarang memberi kesempatan seluas luasnya untuk Menentukan karakter tokoh. Kilas balik Sebelum mereka bertemu Arial menyuruh mereka untuk berolahraga dan menyiapkan peralatan yang harus dibawa.posisi pengarang sebagai pengamat. Bukti : ”pernah nggak kalian sahabatan hampir 10 tahun lamanya” ”kenalin temen gue yang paling gede badannya” ”arial itu cowok banget” “kenalin temen gue yang nggak kalah kerennya” “seorang Zafran adalah seorang yang humoris.idealis” 7. Kronologis  Penyelesaian Mereka akhirnya bertemu lagi dan Ian sudah lulus skripsi akhirnya mereka sadar bahwa teman tidak akan tergantikan. Ketika Genta berbicara bagaimana kalau mereka berlima tidak bertemu dulu dalam waktu 3bulan dan dilarang untuk berkomunikasi satu sama lain. Kilas balik Mereka sadar bahwa tanpa sahabat mereka tidak bisa apa-apa. Kilas balik Mereka teringat kenangan mereka ketika masih bersama-sama mereka rindu masa itu. gaya bercerita : Sudut pandang orang ketiga. pembayangan : i. gaya bahasa : Bahasa yang mengikuti perkembangan zaman sekarang dan sesuai dengan kondisi masyarakat sekarang sehingga filmnya dapat dengan mudah dimengerti dan menggunakan bahasa percakapan anak muda sekarang. 8. padahal mereka berlima tidak 10 .

viii. iii. iv. Arial membeku ditengah-tengah perjalanan mereka semua memeluk dengan erat-erat. ii. Bukti : pembayangan saya Ian tidak mungkin bisa mengejar kereta tersebut. Tanggal 14 agustus mereka berlima bertemu kembali di Stasiun Senen. 10 . Mereka kehabisan air tidak mungkin mereka bias melanjutkan perjalanan. v. Semua sudah naik kedalam kereta dan kereta sudah berjalan tiba- tiba Ian datang dan berlari kencang mengejar aluran tangan dari Zafran. vi. Sesampai di Kali Mati mereka sudah merasakan hujan abu dari gunung Semeru. Bukti : pembayangan saya mereka berhasil menakhlukkan bukit cinta tersebut. Zafran memberi tahu bahwa mereka semua akan menaklukkan Semeru. Bukti : pembayangan saya mereka akan pergi ketempat yang lain karena mereka memakai celana jeans. Bukti : pembayangan saya tidak akan bisa mereka berpisah karena mereka sudah 10 tahun bersama. Bukti: pembayangan saya mereka tidak akan melanjutkan perjalanan dan terjebak disana karena tidak ada persediaan air. Bukti : pembayangan saya mereka diperjalanan terus bertanya tanya kemana mereka akan pergi. Bukti : pembayangan saya mereka akan tetap menunggu di Kali mati hingga tidak turun abu. mereka akan melakukan sebuah perjalanan rahasia hanya Gentalah yang tahu kemana mereka semua akan pergi.mereka bertanya tanya mau kemanakah kita. Ketika di bukit Cinta Zafran dan Ian berjalan memikirkan orang yang dia cintai tetapi tidak boleh menengok kebelakang.gunung Semeru masih aktif dan sangat berbahaya jika mau naik keatas.mereka semua terdiam dan tidak percaya.karena kereta berjalan kencang dan Ian badannya gemuk sulit untuk berlari. vii. mempunyai teman selain mereka dan kesibukan mereka berlima juga selalu bersama sama.

ketika Ian dan Dinda terkena bongkahan batu yang jatuh dari atas mereka semua bersedih karena Ian belum sadar-sadar. 9. Meraka terus mendaki ritangan demi rintangan mereka hadapi. Bukti : pembayangan saya mereka tidak akan bisa meneruskan perjalanan lagi karena hawa disana sudah membuat Arial membeku. 10. x. ix. pada saat matahari terbit dengan panorama yang mengagumkan tepat saat mereka sampai di Negeri diatas awan. Cemas Mereka kekurangan persediaan minuman. Mengharukan Arial mempunyai ide bagaimana jika mereka tidak boleh bertemu dan berkomunikasi padahal mereka sudah bersama- sama selama 10 tahun lamanya.mereka mengira perjalan mereka cukup sampai disini. Bukti : pembayangan saya mereka tidak akan sampai disana karena mereka menggunakan celana jeans. panorama : Sangat indah karena mengeksplor suasana alam dari gunung Semeru. nada dan suasana : Nada dan suasana Bukti dalam film Menyenangkan Mereka akhirnya bertemu lagi selama 3 bulan selama itu mereka tidak pernah berkomunikasi dan bertemu.mereka tercengang dan tidak percaya sampai sejauh ini. Menegangkan Ketika mereka mulai mendaki puncak tertinggi Jawa walau banyak bebatuan yang menimpa mereka tapi akhirnya mereka berhasil menaklukkan Mahameru. b) Perangkat / kru film 10 . Bukti : pembayangan saya Ian tidak akan selat lagi karena bongkahan batu yang menimpa sangat besar. Meraka semakin naik kepuncak dan sampai di negeri diatas awan.

kameramen 2 mengambil gambar sekeliling puncak. o Penata suara : pemberian efek suara yang pas dengan bunyi mobil besar yang mereka tumpangi sehingga menarik untuk dilihat. o Pemain : adegan yang dilakukan pemain pas dengan wajah yang percaya.1) Ian berlari mengejar kereta di Stasiun Senen.kameramen 3 mengambil gambar di depan pemain yang berada di dalam kereta. 3) Mulai naik kepuncak Semeru.kameramen 3 mengambil gambar didepan para pemain. o Pemain : pemain sangat menjiwai adegan dimana mereka kagum akan alam di Semeru.kameramen 2 mengambil gambar dari depan Ian. o Penata rias : riasan wajah yang cocok tidak berlebihan pas untuk wajah pendaki. o Penata kostum : kostumnya sangat sesuai dengan karakter yang diperankannya sebagai seseorang yang suka makan. 2) Mereka berdiri diatas mobil dan menikmati suasana alam di Semeru. o Penata kostum : kostum tidak sesuai karena pemain memakai celana jeans. o Kameramen : satu kameramen mengambil gambar dari bawah pemain. o Penata rias : riasan wajah yang mendukung orang sedang berlari-lari. o Penata kostum : kostum tidak sesuai karena mereka menggunakan celana yang tidak cocok. o Editor : proses editing yang memukau sekali hingga layak dilihat.kameramen 2 mengambil gambar dari belakang pemain. o Penata suara : suara dan lagu sangat pas di adegan ini kereta mulai jalan suaranya sangat jelas. o Editor : proses editing menampilkan Ian sangat gemuk dan harus berlari mengejar kereta. 10 . o Pemain : Ian beradegan penuh semangat. o Editor : proses editing sangat memukau dan pas menyatukan semua gambar. o Kameramen : satu kameramen mengambil gambar dari belakang Ian. o Kameramen : kameramen mengambil gambar dari bawah .

o Penata suara : efek suara sangat pas ketika pemain mengetahui bahwa mereka sudah sampai di Negeri diatas awan dengan suara angin yang berhembus. 6) Sampai di puncak tertinggi Semeru.kameramen 2 mengambil gambar didepan pemain. 4) Berdiri di Negeri diatas awan. o Penata kostum : kostum tidak sesuai karena mereka menggunakan celana yang tidak cocok. o Penata rias : pembuatan luka di pemain yang terkena batu seperti nyata. 10 .dan riasan sangat cocok seperti nyata.kameramen 3 mengambal gambir dari sisi bawah pemain.kameramen 2 mengambil gambar dari sebelah pemain. 5) Tertimpa reruntuhan bebatuan. o Editor : proses editing yang memukau membuat kagum. o Penata rias : riasan wajah yang cocok dengan keadaan yang pemain rasakan. o Penata suara : efek suara dari angin yang berhembus di pagi hari sangat pas. o Editor : proses editing yang pas pada batu yang jatuh tepat di pemain tidak melenceng. o Pemain : adegan yang diperankan pemain sangat mengagumkan dan penuh perasaan. o Penata rias : riasan wajah sangat mendukung.kameramen 3 mengambil gambar di pemain yang tertimpa bebatuan. o Kameramen : kameramen mengambil gambar dari depan pemain. o Pemain : adegan yang mereka perankan sangat pas mereka tergesa- gesa ingin segera sampaidi puncak. o Penata suara : efek suara dari bebatuan yang jatuh membuat penonton terkesima. o Kameramen : kameramen mengambil gambar dari bawah pemain. o Penata kostum : kostum tidak sesuai celana yang mereka pakai tidak cocok.

-Konflik yang ada difilm ini kurang terlihat. -Memperkenalkan kepada banyak masyarakat Indonesia akan keindahan dari gunung Semeru. o Penata busana : kostum tidak sesuai karena tidak memakai celana yang cocok.kameramen 3 mengambil gambar para pendaki yang lain. -Tertimpa reruntuhan bebatuan saat mendaki. Kelebihan : -film ini menjunjung tinggi rasa saling tolong-menolong antara sesama. -Adegan Ian berlari-lari mengejar kereta kalau kita memang sudah tertinggal kita mencari gerbang pintu yang terdekat. Kelebihan dan kekurangan film : a.kameramen 2 mengambil gambar sekeliling alam di puncak Mahameru. o Pemain : adegan yang diperankan pemain sangat memuaskan mereka beradegan kagum dan tidak percaya. simpulan.ini tidak masuk akal logikanya rombongan dibelakang juga akan terkena timpahan bebatuan tersebut. V.harapan : 10 . Kekurangan : -kostum yang tidak sesuai para pemain menggunakan celana jeans tidak cocok buat mendaki gunung. o Penata rias : riasan wajah yang menarik pas buat para pendaki tidak berlebihan. o Kameramen : kameramen mengambil gambar di depan para pemain. o Penata kostumsa menyatukan semua menjadi satu dan tidak membuat bosan. o Penata suara : efek suara yang pas dengan kepuasan para pemain dan efek suara di atas puncak tertinggi Jawa. o Editor : proses editing sangat memuaskan bi.saran. b. VI.

 Saran : tolong ketika menayangkan film ini di waktu malam hari.karena terdapat adegan yang tidak pantas dilihan anak dibawah umur.dan lebih tolong memperlihatkan konflik cerita.  Harapan : semoga film ini lebih sering ditayangkan dan bisa mengenalkan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia terutama Gunung Semeru. 10 . simpulan : film ini layak ditonton karena mengeksplor alam Indonesia terutama dikawasan gunung Semeru dan tidak layak ditonton oleh anak- anak dibawah umur.karena terdapat adegan yang tidak wajar.