You are on page 1of 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan : SMK Negeri Kalibaru
Kelas/Semester : X / Ganjil
Mata Pelajaran : Dasar-dasar budidaya perairan
Materi Pokok : Ruang lingkup dan tujuan budidaya perairan
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (2 Pertemuan)

A. Kompetensi Int
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(gotong royong,kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukan sikap sebagaibagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang
kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

B. Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati hubungan antara makhluk hidup dan lingkungannya sebagai bentuk
kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Mengamalkan pengetahuan dan keterampilan pada pembelajaran dasar-dasar budidaya
perairan sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia.

2.1 Menghayati sikap cermat, teliti dan tanggungjawab sebagai hasil implementasi dari
pembelajaran dasar-dasar budidaya perairan
2.2 Menghayati pentingnya kerjasama sebagai hasil implementasi dari pembelajaran dasar-
dasar budidaya perairan

3.1 Menganalisis potensi budidaya perairan berdasarkan sumberdaya alam, ekonomi dan sosial
Indikator:

Pendekatan : Scientific Aproach b. Menjelakan konsep keseimbangan lingkungan dan biota air dalam budidaya perairan 4. Tujuan Pembelajaran : Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui tahap inquiri. merumukan masalah. maka siswa mampu : 1.1 Mengolah. dan menyaji potensi budidaya perairan berdasarkan sumberdaya perairan Indikator: a. Menjelaskan tujuan dari proses budidaya perairan 3. Memahami ruang lingkup budidaya perairan. observasi . 8. 6. D. Menyajikan data potensi budidaya perairan serta tujuan dari budidaya C. teliti dan tanggungjawab sebagai hasil implementasi dari pembelajaran dasar . Menjelaskan pengertian budidaya perairan. a. Menjelaskan ruang lingkup dan tujuan budidaya b. menalar. Memahami tujuan budidaya perairan. Materi 1. menganalisi data dan menyusun kesimpulan. Mengidentifikasi kegiatan – kegiatan budidaya perairan. Menganalisis materi/ topik yang berasal dari video atau rangkuman dasar budidaya b. mengumpulkan data. 2. Metode Pembelajaran a. Menjelaskan tujuan dari proses budidaya perairan 5. Menjelaskan ruang lingkup budidaya perairan 2. Menghayati sikap cermat. Menjelaskan ruang lingkup budidaya perairan 4. Metode : Discovery F. mengajukan hipotesa. E. Kegiatan Pembelajaran Pertemuan ke-1 . menyajikan fenomena.dasar budidaya ikan 3. Strategi : Problem Based Learning c. Menjelaskan pengertian budidaya perairan. Menghayati hubungan antara makhluk hidup dan lingkungannya sebagai bentuk kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya. 7.

Peserta didik membandingkan informasi yang peroleh dengan informasi kelompok lain. 5. Ruang lingkup kegiatan pemberian pakan. internet. mengecek 25 menit kehadiran peserta didik. 4. 2. Guru mengucapkan salam dan memimpin berdoa. Informasi yang dicari adalah : a. Ruang lingkup kegiatan pembenihan. Ruang lingkup kegiatan pengadaan sarana dan prasarana budidaya perairan. Setelah peserta didik mendapatkan informasi. Alokasi Kegiatan Deskripsi kegiatan waktu Pendahuluan 1. Peserta didik melakukan kegiatan mencari informasi dari buku atau bahan ajar. Apa yang dimaksud dengan budidaya perairan ? b. Kegiatan-kegiatan apa saja yang termasuk dalam budidaya perairan ? c. Ruang lingkup kegiatan pengelolaan kualitas air. Motivasi. dapat dimulai dengan proses pertanyaan sebagai berikut : a. f. c. video dan lain-lain sehingga memahami ruang lingkup budidaya perairan. Ruang lingkup kegiatan pengendalian hama dan penyakit. Mengapa kegiatan budidaya antara satu jenis dengan jenis yang lain ada yang sama dan ada yang berbeda ? d. Peserta didik secara membentuk kelompok dalam jumlah 4-5 orang 2. Guru menyampaikan kriteria penilaian yang dilakukan siswa Kegiatan Inti (diambil dari desain model pembelajaran) Mengamati FASE 1 45 menit 1. peserta didik melakukan diskusi antar kelompok dengan cara setiap kelompok bertukar informasi atau bertanya tentang ruang lingkup budidaya perairan ! Menanya FASE 2 45 menit 1. 3. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Ruang lingkup kegiatan pembesaran. d. 3. b. Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan (pertanyaan mendasar) tentang Ruang lingkup dan tujuan budidaya perairan. Guru memotivasi kepada siswa tentang pekerjaan budidaya perairan yang akan dilakukan yang membawa dampak positif dalam kehidupannya setelah peserta didik keluar dari sekolah. Faktor – faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kehidupan dan pertumbuhan biota air yang . e. 4.

5. Guru menyampaikan kriteria penilaian yang dilakukan siswa Kegiatan Inti (diambil dari desain model pembelajaran) Mengeksploras FASE 3 45 menit i/Eksperimen 1. 2. Tahapan kegiatan budidaya. c. Sarana/wadah budidaya yang digunakan. 4. Guru mengucapkan salam dan memimpin berdoa. Alokasi Kegiatan Deskripsi kegiatan waktu dibudidayakan ? e. Peserta didik menuliskan kesimpulan tentang ruang lingkup budidaya perairan dan diserahkan pada guru ! Penutup Evaluasi proses dan hasil 20 menit 1. Peserta didik membuatlah kesimpulan hasil eksplorasi tersebut Informasi pada format yang telah disediakan dan dikumpulkan pada guru. . Kegiatan budidaya yang dilakukan ( Pembenihan / pendederan / pembesaran ). Jenis biota air yang dibudidayakan. b. Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan (pertanyaan mendasar) tentang pembelajaran sebelumnya. Pertemuan ke-2 Alokasi Kegiatan Deskripsi kegiatan waktu Pendahuluan 1. Guru memberikan tugas secara mandiri untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta didik. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Peserta didik menyebutkan perbedaain informasi yang diperoleh 3. dengan tugas : a. Guru dan peserta didik menyimpulkan kegiatan pembelajaran 2. Guru memotivasi kepada siswa tentang pekerjaan budidaya perairan yang akan dilakukan yang membawa dampak positif dalam kehidupannya setelah peserta didik keluar dari sekolah. Obyek observasi yang dilakukan adalah : a. mengecek 25 menit kehadiran peserta didik. Makalah yang berhubungan dengan materi yang berikan. Mengasosiasik FASE 4 15 menit an/ Mengolah 1. Apa perbedaan kegiatan pembenihan biota air dengan kegiatan pembesaran biota air ? 2. d. 3. Motivasi. Peserta didik melakukan observasi dan wawancara terhadap ruang lingkup budidaya perairan secara umum disekitar lingkungan sekolah terutama pada para pembudidaya.

ST. Peseta didik mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di 30 menit asikan depan teman-teman. Power point yang berhubungan dengan materi yang berikan. S. Observasi Melakukan pengamatan menggunakan lembar pengamatan hasil diskusi dan percobaan 3. dengan tugas : a. b.Video dan lain lain  Powerpoint  Laptop H. Tes Melakukan tes lisan atau tertulis dalam bentuk pilihan ganda/ isian/uraian singkat/B-S/ menjodohkan Banyuwangi. Guru memberikan tugas secara mandiri untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta didik. Portofolio Mengumpulkan Data-data Ruang lingkup dan tujuan budidaya perairan 4. kemudian membuat laporan. Melakukan pengamatan secara langsung pada lokasi kegiatan budidaya perairan . Penutup Evaluasi proses dan hasil 20 menit 1. H. Guru dan peserta didik menyimpulkan kegiatan pembelajaran 2. Penilaian hasil belajar 1. 2. MT MUHAMAD HUSNAN.Pi NIP. Alokasi Kegiatan Deskripsi kegiatan waktu Fase: 5 Mengkomunik 1. PAIDI. Kepala Sekolah. S. 14 Juni 2015 Mengetahui. Alat / Bahan / Sumber Pembelajaran  Buku dasar-dasar perikanan  Film. 5445766668200003 . 19651125 198803 1 013 NUPTK. Guru Mata Pelajaran. G. Tugas Memberikan tugas diskusi dan praktek 2. Peserta didik lain dipersilahkan memberikan tanggapan / masukan / sanggahan dari hasil kerja kelompok.