You are on page 1of 4

4.

1 Variabel penelitian dan defenisi operasional

Table 1.1 Variabel Penelitian dan Defenisi Operasional

No Variabel Defenisi operasional Indikator Alat ukur Skala Skor
1 Variabel Segala sesuatu yang 1. Defenisi spiritual Quesionar Tiap jawaban yang benar
independen : tingkat diketahui perawat terkait 2. Kebutuhan spiritual klien diberikan nilai 1 dan yang salah
pengetahuan perawat dengan pemenuhan 3. Peran perawat dalam diberikan nilai 0, kemudian
kebutuhan spiritual pemenuhan kebutuhan dikategorikan menjadi:
pasien spiritual klien a) Tingkat pengetahuan baik
4. Pengertian distress
bila skor > 75% - 100%
spiritual
b) Tingkat pengetahuan cukup
5. Keadaan yang
menunjukkan distress bila skor 56% - 75%
spiritual
c) Tingkat pengetahuan kurang
6. Peran independen perawat
bila skor < 56%
dalam pemenuhan
kebutuhan spiritual klien (Nursalam, 2008).

beribadah bimbingan rohani sesuai dengan (mengaji. Melakukan kegiatan lain berdoa. dzikir dll) kepercayaanya dan 3.2 Pemenuhan Dukungan spiritual yang 1. Megajarkan relaksasi dengan berdzikir ketika sedang kesakitan Memberikan motivasi atau dorongan agar tetap sabar menhadapi cobaan dari tuhan . antara 2. Mengajak atau kebutuhan spiritual diberikan perawat menganjurkan pasien melalui berdo’a beberapa kegiatan. Mengingatkan pasien jika tiba waktu shalat dan membantu dalam meaksanakannya 5. agama 4. Mendatangkan pemuka bimbingan rohani.

75% Tingkat pengetahuan kurang bila skor < 56% b. mengingatkan pasien jika tiba waktu shalat dan membantu dalam meaksanakannya. Variabel dependen penelitian ini adalah Pemenuhan kebutuhan spiritual.4. kerakteristik spiritualitas.100% Tingkat pengetahuan cukup bila skor 56% .2 Defenisi operasional dan kriteria objektif a. Pengetahuan perawat 1) Yang dimaksud dengan pengetahuan dalam penelitian ini adalah kemampuan perawat dalam menjawab angket/koesioner tentang pengertian keyakinan spiritual. dzikir). 4. kemudian dikategorikan menjadi: Tingkat pengetahuan baik bila skor > 75% . pengaruh pengalaman hidup dan kritis terhadap keyakinan spiritual. Pemenuhan kebutuhan spiritual pasien 1) Yang dimaksud dengan pemenuhan kebutuhan spiritual adalah dukungan spiritual yang diberikan perawat melalui beberapa kegiatan.1. Variabel independen penelitian ini adalah tingkat pengetahuan spiritual perawat .1. keterkaitan spiritual dengan kesehatan dan sakit. mendatangkan pemuka agama. antara lain mengajak atau menganjurkan pasien berdo’a. b. 2) Kriteria objektif : Tiap jawaban yang benar diberikan nilai 1 dan yang salah diberikan nilai 0.1 Variabel penelitian a. megajarkan . melakukan kegiatan bimbingan rohani (mengaji.

sedang sakit. Saya selalu mengajarkan tata cara shalat kepada pasien yang 2. memberikan motivasi atau dorongan agar tetap sabar menghadapi cobaan dari tuhan. atau memiliki energi yang tidak terbatas. Spiritualitas secara umum melibatkan keyakinan terhadap sesuatu yang lebih tinggi. NO PERTANYAAN YA TIDAK Saya selalu mengingatkan dan membantu pasien untuk 1. melakukan shalat apabila sudah menjelang waktu shalat. seseorang dapat meyakini Tuhan Yang Maha Pencipta ( Kozier. . Saya selalu mengajarkan dan menganjak pasien untuk berdo’a agar cepat sembuh serta. relaksasi dengan berdzikir ketika sedang kesakitan. Ketika pasien tampak cemas saya mengajarkan relaksasi dengan dzikir. Sebagai contoh. berkuasa. Saya mendatangkan pemuka agama untuk kegiatan bimbingan rohani pada pasien. 2005).