You are on page 1of 13

BAB 1

PENDAHULUAN

A. Tujuan Praktik Kerja Industri

1. Menambah wawasan pengetahuan baik teori maupun praktik yang ada

pada dunia kerja.

2. Meningkatkan dan memantapkan pengetahuan siswa yang telah diperoleh

di sekolah sebagai bekal dalam memasuki dunia kerja.

3. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk masyarakat suasana

lingkungan kerja yang sebenarnya.

4. Sebagai contoh langkah pembelajaran kepada siswa

5. Sebagai contoh kerja nyata saat memasuki kerja

6. Menambah pengetahuan (wawasan) dan keterampilan dalam

7. dalam ketrampilan anggaran setiap tahunnya.

8. Memperkenalkan mahasiswi pada situasi kerja yang sebenarnya.

B. Manfaat Praktik Kerja Industri

Manfaat praktek kerja lapangan sebagai berikut.

1. Untuk pengenalan tempat agar siswa bisa mengetahui berapa beratnya saat

bekerja di perusahaan.

2. Untuk menambah wawasan bagi siswa

3. Agar siswa bisa mengetahui situasi dan kondisi di dunia kerja.

4. Untuk mempersiapkan mental siswa saat di dinia pekerjaan.

5. Agar siswa bisa berfikir lebih dewasa.

6. Agar siswa bisa mengenali lebih dalam di dunia kerja.

1

Kasir 2 . Raya Pati-Gabus Gambar 1. Baiklip 3. Tempat Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Tempat praktik kerja industri sangat penting. Praktik kerja industri di mulai pada : Tanggal :14 Agustus. Pintu masuk 2.karena kita bisa mengetahui tempat suatu perusahaan. Peta Bengkel Keterangan : 1. Layout Dan Peta Bengkel 1.C. Waktu Dan Tempat Pelaksanaan Praktik Kerja Industri 1. yaitu : Nama Bengkel : AHASS PHANTES GABUS Alamat : Jl. Waktu Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Praktik kerja industri sangat lah penting bagi kelas XII karena untuk mempersiapkan diri kita untuk terjun ke perusahaan.1 Tempat Pelaksanaan PRAKERIN D. 2.21 September 2017.

Tempat tunggu 2. Ruang istirahat 7. 4. Layout Bengkel Gambar 1. Gudang 5. WC 6.2 Layout Bengkel 3 .

4 . mimis.1 Sterkom 2. Prinsip Kerja Prinsip kerjanya Sterkom adalah untuk Membelokkan arah Sepeda Motor saat dikendarai.saya ingin mencobanya B. Istilah komstir sepertinya kurang lebih berarti komponen pengendali. Alasan Pemilihan Judul Laporan Saya membuat laporan ini tentang pembongkaran dan pemasangan sterkom pada sepeda motor vario 150 adalah karena pada saat praktik kerja industri Di AHASS PHANTES GABUS. saya melihat mekanik saya mengganti sterkom pada motor vario 150 dan itu saya penasaran. BAB II PEMBAHASAN A. Sterkom Sepeda Motor berperan Sangat penting. dan mungkin istilah lainnya. Dasar Teori 1. Jadi kunci pada suku cadang ini terletak pada race ball baja. Secara lokal race ball sering disebut juga sebagai gotri. Gambar 2. Pengertian Sterkom Komstir adalah termasuk komponen pada batang stir motor yang berfungsi sebenarnya sebagai penyelaras agar kendali motor tetap terjaga.

As Sterkom : sebagai penopang Sterkom dan untuk tempat mangkokan Gotri/pelor Gambar 2.2 Sterkom Pada Motor 3. Gambar 2.4 As Sterkom 5 . Mangkokan Gotri/pelor : untuk tempat gotri/pelor Gambar 2.Karena sebuah Sepeda Motor kalau tidak ada sternya tidak akan Mungkin bisa belok. Komponen Komponen Sterkom a.3 Mangkokan Gotri/Pelor b.

3. Obeng plus. Oli Gemuk dan oli adalah dua pelumas yang tidak dapat saling menggantikan.balok kayu sebagai pengganjal motor. Obeng min yang bisa dipukul 4. Gotri : untuk memudahkan / meringankan putaran Gambar 2. Kunci ring untuk melepas roda dan kaliper rem.5 Stempet/Vaselin d. Oli Gemuk biasanya digunakan pada mesin yang lebih sering di hidupkan dan dimatikan. Race ball kit 2.6 Gotri 4. 6 . Stempet /Vaseline Fungsi dari Oli Gemuk adalah untuk teteap terus menempel dan melumasi dua bagian part mesin. Gambar 2. kunci ring 14. Bongkar Pasang Sterkom Alat dan bahan : 1.c.

Setelah dilepas maka akan terlihat seperti ini 3. Kemudian buka baut 14 di bawah setang untuk melepas setang. Buka semua body yang menutupi kom stir dengan menggunakan obeng plus. Setelah semua terlepas maka tarik sok depan ke bawah kemudian akan terlihat seperti ini 7 . Setelah itu lepas roda depan dan kalipernya. Setelah itu buka pengunci atas menggunakan obeng min dan di pukul ke arah mengendorkan yaitu ke kiri.Langkah langkah: 1. 2. Posisikan motor pada standar tengah dan ganjal pada bagian bawah mesin menggunakan balok kayu sehingga roda depannya mengambang.

secukupnya dengan obeng lalu dipukul ke kanan. dari poros kemudinya. Setelah semua terlepas. Setelah semua terlepas maka langkah selanjutnya yaitu mengambil bekas bearing lama dari rangka dengan cara mencongkel dengan obeng min dan dipukul dengan seimbang dan hati hati. 5. 6. Setelah semua bearing tersusun rapi di dudukannya maka pasang poros kemudi ke rangka motor dengan hati hati dan susun ring dan mur penyetel pada bagian atas kemudian stel kemudian kencangkan mur pengunci 7. ganti menggunakan bantalan yang baru dan beri pelumas agar bearing tidak cepat aus dan bekerja dengan baik. kaliper .4. Pasang roda . setang dan kencangkan semua mur dan bautnya 8 .

bisa mengencangkan penyetelannya kembali atau menyetelinya kembali 3 Setang terasa . Troubel Shotting No Masalah Penyebap Cara Mengatasi 1 Setang tidak .biasanya . Saya dapat banyak pengetahuan dan pengalaman.C.mengendorkan baut berat kekencangan nya 4 Terasa tidak . Dari hasil Praktik kerja industri di Ahas mandiri jaya abadi tayu. Kesimpulan 1.Karena terlalu -Bisa menyetelinya setabil dan setang kencang penyetelannya kembali oleng 2 Terasa cetuk-cetuk .biasanya .bisa mengganti semua setabil saat mangkukannya rusak berbelok di tikungan BAB III PENUTUP A. 9 .terlalu longgar .

B.mobilmogok. 2. disiplin yang tinggi. 3. Bersikap lebih baik pada waktu praktik kerja industry 2. Bekerja harus semangat. DAFTAR PUSTAKA http://www. Harus lebih ramah terhadap para mekanik di bengkel. Selain itu mengajari saya untuk menjaga dan merawat onderdil dari sepeda motor. 3.com/inilah-cara-memperbaiki-komstir-sepeda-motor- terasa-berat-jika-berbelok/ https://www. b) Saran untuk siswa : 1. Pandai menjaga alat serta kebersihan bengkel. 2. Sekolah harus lebih sering mengunjungi siswa yang sedang Prakrin di bengkel AHAS. bisa ramah terhadap pelanggan.info/promo/cara+memasang+gotri+sepeda 10 .spekengine. Sekolah harus bisa memeluk erat bengkel AHAS yang sudah mau bekerja sama dengan sekolah. Sebaiknya sekolah lebih mempersiapkan muridnya untuk melakukan Praktik kerja industri.com/cara-memperbaiki-kom-stir-kom-leher-sepeda- motor/ http://cekhargaterbaru. Lebih disiplin dalam melakukan prakrin 3. Saran a) Saran Untuk Sekolah: 1.

11 . Struktur Bengkel KEPALA BENGKEL PURWANTO. LAMPIRAN-LAMPIRAN A.

KEPALA MEKANIK ARIS BUDI U. MEKANIK 1 MEKANIK 2 FUAD KATSIRIN. ABDUL K. KASIR DIAN ARISMA. MEKANIK 5 ARIS BUDI U. FOTO PRAKERIN 12 . ALFIN. MEKANIK 3 MEKANIK 4 MUH. KHOIRU MUJIONO SLAMET.

13 .