You are on page 1of 6

KTI Kebidanan

Beranda · Daftar Isi ·

Ikuti Suka 356

Beranda » Bahan Ajar kebidanan » SATUAN ACARA PENYULUHAN TANDA BAHAYA PADA BAYI BARU LAHIR

SATUAN ACARA PENYULUHAN TANDA BAHAYA PADA BAYI BARU LAHIR

SATUAN ACARA PENYULUHAN
TANDA BAHAYA PADA BAYI BARU LAHIR

SATUAN ACARA PENYULUHAN

Pokok bahasan            : Perawatan Bayi Baru Lahir
Sub Pokok Bahasan    : Tanda Bahaya pada Bayi baru lahir
Sasaran                        : ibu hamil
Waktu                         : 35 menit
Tempat                        :
Hari / Tanggal             :
Jumlah Sasaran            : 20 Orang

A.    Tujuan Umum
Setelah mengikuti pertemuan ini, peserta diharapkan dapat mengetahui tanda -
tanda bahaya pada bayi baru lahir

B.     Tujuan Khusus
Pada akhir pertemuan, peserta dapat :
1  .      Memahami tentang tanda - tanda bahaya bayi baru lahir
2  .          Membawa bayi segera ketenaga kesehatan bila terjadi dari tanda - tanda bahaya
bayi baru lahir

     Metode Ceramah dan Tanya Jawab F. Yogyakarta.    Kegiatan Penyuluhan Waktu Kegiatan Kegiatan Ibu Penyuluhan Pembuka -     Mengucapkan -     Menjawab salam an              salam -     Mendengarkan (2 menit) -     Menyampaikan tujuan Inti Isi materi (30 menit) penyuluhan -          Mendengarkan       Menjelaskan tentang pengertian bayi baru lahir -          Mendengarkan     Menjelaskan pengertian tanda - -          Memperhatikan tanda bahaya bayi baru lahir     Menjelaskan tanda - tanda bahaya pada bayi baru lahir Penutup -     Tanya jawab -     Mengajukan pertanyaan (3 menit) -     Mengakhiri -     Menjawab penyuluhan -     Menjawab salam -     Salam H.    Materi Terlampir E. Asuhan Neonatus Bayi dan Anak Balita.     Sumber Nanny.C.    Evaluasi Prosedur               : Post Test Bentuk                 : Lisan .Via Lia Dewi.    Media Leaflet / Poster D.2010. Salimba Medika G.

Kejang Kejang pada bayi memang terkadang terjadi. Jika bayi bernafas kurang dari 30 kali per menit atau lebih dari 60 kali .    Pengertian Bayi Baru Lahir                            Bayi baru lahir adalah bayi yang lahir dari kehamilan 37 minggu sampai 42 minggu dan berat badan lahir 2. jika bayi tidak mau menyusu maka asupan nutrisinya akan berkurang dan ini akan berefek pada kondisi tubuhnya. Bayi tidak mau menyusu Anda harus merasa curiga jika bayi anda tidak mau menyusu. Perawatan Kebidanan jilid II. 2. Jika bayi anda kejang namun tidak dalam kondisi demam. 3. Kondisi lemah bisa dipicu dari diare. Lemah Jika bayi anda terlihat tidak seaktif biasanya. B. Sesak Nafas Frekuensi nafas bayi pada umumnya lebih cepat dari manusia dewasa yaitu sekitar 30- 60 kali per menit.   Pengertian Tanda – Tanda Bahaya Bayi Baru Lahir       Tanda bahaya bayi baru lahir adalah suatu keadaan atau masalah pada bayi baru lahir yang dapat mengakibatkan kematian pada bayi.   C.Bandung). maka curigai ada masalah lain. Seperti yang kita ketahui bersama. konsultasikan pada dokter. Biasanya bayi tidak mau menyusu ketika sudah dalam kondisi lemah. 4. Yang perlu anda perhatikan adalah bagaimana kondisi pemicu kejang. 1984. ASI adalah makanan pokok bagi bayi. Jenis                     : Tanya Jawab Jenis Pertanyaan   1. dan mungkin justru dalam kondisi dehidrasi berat. selalu sediakan obat penurun panas sesuai dengan dosis anjuran dokter.      Jelaskan pengertian bayi baru lahir ? 2.      Sebutkan 3 tanda bahaya pada bayi? TANDA BAHAYA PADA BAYI BARU LAHIR A. maka waspadalah. Jangan biarkan kondisi ini berlanjut.500-4000 gram dan telah mampu hidup di luar kandungan (Ibrahim Kristina S. Perhatikan freksuensi dan lamanya kejang.    Tanda – Tanda Bahaya Bayi Baru Lahir    Berikut berapa tanda yang perlu anda perhatikan dalam mengenali kegawatan pada bayi baru (neonatus): 1. muntah yang berlebihan ataupun infeksi berat. Jika ya kemungkinan kejang dipicu dari demamnya. Apakah kejang terjadi saat bayi demam.

Bersihkan dengan air hangat dan biarkan kering. Jika kurang atau lebih perhatikan kondisi sekitar bayi. 7. Mata Bernanah Banyak Nanah yang berlebihan pada mata bayi menunjukkan adanya infeksi yang berasal dari proses persalinan. Demam atau Tubuh Merasa Dingin Suhu normal bayi berkisar antara 36. 9.per menit maka anda wajib waspada. 6. Bisa jadi ada ketidaknyamanan lain yang bayi rasakan. Apakah kondisi di sekitar membuat bayi anda kehilangan panas tubuh seperti ruangan yang dingin atau pakaian yang basah. Yang harus anda perhatikan saat merawat tali pusat adalah jaga tali pusat bayi tetap kering dan bersih. kuning menjalar hingga telapak tangan dan kaki bahkan tinja bayi berwarna kuning maka anda harus mengkonsultasikan hal tersebut pada dokter. Lihat dinding dadanya. ada tarikan atau tidak. Ketika bayi kita merintih terus menerus walau sudah diberi ASI atau sudah dihapuk-hapuk. maka konsultasikan hal ini pada dokter. Pusar Kemerahan Tali pusat yang berwarna kemerahan menunjukkan adanya tanda infeksi.5°c) ·           Kejang Kondisi perlu tindakan awal ·           Potensial infeksi bakteri (pada ketuban pecah din atau pecah lama) ·           Potensial sifilis (ibu dengan gejala atauserologis positif) . Namun jika kuning pada bayi terjadi pada waktu ≤ 24 jam setelah lahir atau ≥ 14 hari setelah lahir.50C. Betadin dan alcohol boleh diberikan tapi tidak untuk dikompreskan. Merintih Bayi belum dapat mengungkapkan apa yang dirasakannya. 8. Bersihkan mata bayi dengan kapas dan air hangat lalu konsultasikan pada dokter atau bidan.Masalah atau kondisi akut perlu tindakan segera dalam satu jam kelahiran (oleh tenaga di kamar bersalin) : ·           Tidak bernafas ·           Sesak nafas ·           Sianosis sentral ( kulit biru) ·           Bayi berat lahir rendah (BBLR ) < 2500 gram ·           Hipotermi atau stress dingin (suhu aksila <36.50C – 37. 5. Artinya hanya dioleskan saja saat sudah kering baru anda tutup dengan kassa steril yang bisa anda beli di apotik. Kulit Terlihat Kuning Kuning pada bayi biasanya terjadi karena bayi kurang ASI. Tindakan yang harus dilakukan bila ada salah satu saja tanda bahaya : Merujuk segera ke rumah sakit atau puskesmas.

Anatomi Fisiologi Sistem Pernafasan pada Manusia Lengkap Detail Ditulis oleh warung bidan pada tanggal Belum ada tanggapan untuk "SATUAN ACARA PENYULUHAN TANDA BAHAYA PADA BAYI BARU LAHIR" « Selanjutnya Home Sebelumnya » Powered by Blogger.Kondisi malformasi atau masalah lain yang tidak perlu tindakan segera (oleh tenaga di kamarbersalin): ·           Lakukan asuhan segera bayi baru lahir dalam jam pertama setelah kelahiran bayi ·           Rujuk ke kamar bayi atau tempat pelayanan yang sesuai DAFTAR PUSTAKA Nanny. Search Copyright © 2014 KTI Kebidanan .Via Lia Dewi. Pemeriksaan Khusus Kebidanan Dan Pemeriksaan Penunjang Pada Ibu Bersalin Satuan Acara Penyuluhan (SAP) Pemantauan Tumbuh Kembang Bayi & Balita Satuan Acara Penyuluhan (SAP) Personal Hygiene Satuan Acara Penyuluhan (SAP) Alat Kontrasepsi IUD Video . Yogyakarta.Powered by Blogger Template by Mas Sugeng .Versi Seluler Lihat Versi Desktop . Salimba Medika Suka 1 Bagikan Tweet Artikel keren lainnya: Pemeriksaan Umum.2010. Asuhan Neonatus Bayi dan Anak Balita.