You are on page 1of 17

1.

Pengertin kewirausahaan

kewirausahaan adalah sikap, tindakan atau kemampuan untuk membuat
sesuatu yang unik dan bermanfaat bagi orang lain atau diri pribadi. sikap
Kewirausahaan merupakan sikap mental dan jiwa yang kreai, inovatif, dan
berdaya guna yang dibuat untuk memperoleh pendapatan dari usaha yang
dilakukan. Beberapa pengertian kewirausahaan menurut para ahli.

a. Thomas W Zimmerer
Menurut beliau, yang dimaksud dari wirausaha adalah penerapan
inovasi dan kreativitas dalam memecahkan berbagai permasalahan dan
mampu memanfaatkannya menjadi keuntungan.

b. Robbin D Coulter
Menurut mereka berdua, kewirausahaan adalah sebuah proses dimana
seseorang atau kelompok orang menggunakan segala daya upayanya
yang terorganisasi untuk mencari sebuah peluang dan menciptakan
sesuatu yang memiliki daya guna serta manfaat yang bersumber dari
inovasi dan keunikan tanpa memperhatikan sumber daya yang
digunakan saat itu.

c. Drucker
Kewirausahaan merupakan kemampuan dalam menciptakan sesuatu
yang baru dan berbeda. Pengertian ini mengandung maksud bahwa
seorang wirausahan adalah orang yang memiliki kemampuan untuk
menciptakan sesuatu yang baru, berbeda dari yang lain. Atau mampu
menciptakan sesuatu yang berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya.

2. Tujuan dari Kewirausahaan, sebagai berikut:

a. Meningkatkan jumlah para wirausaha yang berkualitas.
b. Mewujudkan kemampuan dan kemantapan para wirausaha untuk
menghasilkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
c. Membudayakan semangat sikap, perilaku, dan kemampuan
kewirausahaan di kalangan masyarakat yang mampu, handal, dan
unggul.

Artinya. Jadi perbedaan antara wirausaha dan wiraswasta terletak pada sikap mental dan suatu bentuk gerak usaha dari perwujudan sikap itu sendiri. Seseorang yang memiliki dorongan untuk menciptakan sesuatu yang lain dengan menggunakan waktu dan kegiatan. Karakter Kewirausahaan a. Sedangkan pengertian wiraswasta adalah orang yang berani bersikap. Menumbuhkembangkan kesadaran dan’orientasi Kewirausahaan yang tangguh dan kuat terhadap masyarakat. Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta Wirausaha antara lain adalah seseorang yang dapat mendobrak sistem ekonomi yang ada dengan memperkenalkan barang dan jasa yang baru. d. Memiliki Rasa Percaya Diri Kepercayaan diri yang kuat. Dalam bertindak. wirausahawan akan memikirkan . Para wirausahawan siap menanggung resiko atas segala tindakan yang diambilnya. 3. orang yang berwirausaha pasti bekerja sendiri. bukan bekerja pada orang lain. Berani Menanggung Risiko Berani menanggung resiko berhubungan dengan sikap keinginan bertanggung jawab. Orang yang berani menanggung resiko atas bisnis yang ia tekuni. Sikap ini bisa digunakan bagi seorang karyawan yang bekerja ‘ikut orang’ atau bagi yang punya usaha sendiri. Sedangkan wiraswata merupakan suatu sikap mental yang berani berdiri diatas kekuatan sendiri. b. mencari nafkah dan berkarir dengan sikap mandiri. 4. ketidaktergantungan terhadap orang lain. serta menerima balas jasa dan kepuasan serta kebebasan pribadi atas usahanya tersebut. dengan menciptakan bentuk organisasi baru atau mengolah bahan baku baru. disertai modal dan resiko. Jelas bahwa wirausaha merupakan suatu bentuk usaha sendiri. berfikir dan bertindak menurut kemampuan dan keberanian untuk menciptakan pekerjaan sendiri. Orang tersebut juga melihat bahwa terdapat suatu peluang luar biasa dalam suatu bidang. Seseorang yang mengorganisir dan menanggung resiko sebuah bisnis atau usaha.

keluarga. Memiliki Jiwa Kepemimpinan Kepemimpinan sangat dibutuhkan oleh seorang wirausaha untuk memimpin anak-anak buahnya atau pegawainya. Entrepreneur adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru. baik memimpin diri sendiri maupun memimpin orang lain d. Jujur dan Tekun Untuk menjadi seorang wirausaha juga dibutuhkan sikap jujur dan tekun. Teori Kewirausahaan . serta mengatur permodalan operasinya. e. namun tidak keluar ari perusahaan di mana ia bekerja. dan pegawai-pegawainya. sehingga risiko yang akan muncul akibat tindakannya dapat diperkirakan. menentukan cara produksi baru. Jujur terhadap diri sendiri. Perbedaan Entrepreneur dan Entrepreneurship a. masyarakat. menyusun operasi untuk pengadaan produk baru. Tekun dalam mencari ide-ide baru yang lebih kreatif dari ide-ide yang sudah ada dan tekun dalam merintis usahanya yang baru akan mulai berkembang. 5. Memiliki Kreativitas Tinggi Kreativitas adalah menciptakan sesuatu dari yang asalnya tidak ada. Intrapreneur adalah orang yang memiliki “entrepreneurship”. c. Rahasia kewirausahaan dalam menciptakan nilai tambah barang dan jasa terletak pada penerapan kreativitas dan inovasi untuk memecahkan masalah dan meraih peluang yang dihadapi setiap hari. b. memasarkannya. Seseorang tidak akanbisa menjadi seorang wirausaha bila ia tidak bisa memimpin. Menurut Tunggul Tranggono seorang pemerhati koperasi menyatakan bahwa intrapreneur adalah “self determined goal setter” orang yang mengambil inisiatif melakukan suatu tugas tertentu yang dituntut oleh dirinya sendiri 6. tindakannya secara matang.

maka lahirlah berbagai macam teori tentang kewirausahaan. akan coba saya uraikan berbagai teori kewirausahaan. yang akan berdampak pada kemampuanya menanggapi peluang usaha dan mengolah usaha. diantaranya adalah sebagai berikut: 1. Selanjutnya teori psikologi. keuletanya. dimana manajemen (individu-individu) hanya mengetahui biaya dan penerimaan perusahaan dan sekedar melakukan kalkulasi matematis untuk menentukan nilai optimal dari variabel keputusan. dan ketidakpastian masa depanlah yang akan melahirkan peluang untuk dimaksimalkan. Dari berbagai disiplin ilmu. Teori Sosiologi lebih mempelajari tentang. maka fakta dilapangan menunjukkan. sebagai contoh orang etnis cina dan padang dikenal sebagai orang yang ulet berusaha. bahwa banyak sekali orang cina dan padang yang meraih kesuksesan dalam berwirausaha. asal- usul budaya dan nilai-nilai sosial disuatu masyarakat. 2. menata organisasi. untuk swa(mandiri). lahirlah teori kewirausahaan yang dipandang dari sudut pandang mereka masing-masing. keseriusanya. Neo Klasik Teori ini memandang perusahaan sebagai sebuah istilah teknologis. berspekulasi. Dalam teori ini kemandirian sangat tidak terlihat. sehingga maju mundurnya suatu usaha tergantung pada upaya dan keuletan sang pengusaha. wajar saja. Kirzerian Entrepreneur Dalam teori Kirzer menyoroti tentang kinerja manusia. menurut saya teori ini lebih . dan melahirkan berbagai macam inovasi.Seiring berjalanya waktu. dalam berusaha. Jadi pendekatan neoklasik tidak cukup mampu untuk menjelaskan isu mengenai kewirausahaan. namun cukup bisa menjadi teori awal untuk melahirkan teori-teori berikutnya. kesungguhanya. kewirausahaan semakin berkembang. hal ini berkaitan dengan keberanian mengambil peluang. karena ini memang pada masa lampau dimana belum begitu urgen masalah kemandirian. Teori ekonomi memandang bahwa lahirnya wirausaha disebabkan karena adanya peluang.

Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) adalah surat izin untuk dapat melaksanakan kegiatan usaha perdagangan. bagaimana seorang wirausahawan harus memiliki kecakapan dalam mengorganisasikan suatu usaha. Setiap perusahaan. yang melakukan kegiatan usaha perdagangan wajib memperoleh SIUP yang diterbitkan berdasarkan domisili perusahaan dan berlaku di seluruh wilayah Republik Indonesia. dan memasarkan produk. Yang terakhir adalah teori perilaku. d. membangun jaringan. 7. IMB (Izin Mendirikan Bangunan) adalah izin yang diberikan kepada perorangan atau badan hukum untuk dapat melaksanakan kegiatan membangun. koperasi. maka lebih besar kemungkinan seorang individu lebih berani dalam menanggapi peluang usaha yang diperolehnya. Pengurusan Ijin Usaha a. memanaje keuangan dan hal- hal terkait. b. dibutuhkan pribadi yang supel dan pandai bergaul untuk memajukan suatu usaha. Pengertian NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan e. c. . menekankan pada motif individu yang melatarbelakangi dirinya untuk berwirausaha. Amdal adalah suatu proses studi formal yang dipergunakan untuk memperkirakan dampak terhadap lingkungan oleh adanya atau oleh rencana kegiatan proyek yang bertujuan memastikan adanya masalah dampak lingkungan yang perlu dianalisis pada tahap awal perencanaan dan perancangan proyek sebagai bahan pertimbangan bagi pembuat keputusan. persekutuan maupun perusahaan perseorangan. Suat Izin Tempat Usaha merupakan pemberian izin tempat usaha yang kepada seseorang atau badan usaha yang tidak menimbulkan gangguan atau kerusakan lingkungan di lokasi tertentu. apabila sejak kecil ditanamkan untuk berprestasi.

Apa aja? seperti luasnya badan usaha yang bisa dimiliki. Sehingga ada 2 jenis sekutu. bebas dalam pergerakan bidang usaha dan tanggung jawab yang dimiliki terbatas hanya pada modal yang disetorkan. Bentuk Usaha a. Pendaftaran wajib dilakukan oleh pemilik atau pengurus perusahaan yang bersangkutan. Badan hukum ini punya kelebihan dibanding lainnya. khususnya Pasal 5. Dan tanggung jawab sekutu komanditer hanya terbatas pada sejumlah modal yang diberikan. b. Kewajiban melakukan pendaftaran dalam Daftar Perusahaan diatur dalam Undang-undang No. atau dapat diwakilkan kepada orang lain dengan surat kuasa. Menurut Pasal tersebut. “Setiap perusahaan wajib didaftarkan dalam Daftar Perusahaan”. kemudian ada salah satu yang menjadi pemberi modal. terdapat beberapa sekutu yang secara penuh bertanggung jawab atas sekutu lainnya. Jadi CV merupakan salah satu bentuk usaha yang dipilih para pengusaha yang ingin punya kegiatan usaha namun dengan modal minim. CV (Commanditaire Vennootschap) Persekutuan KomanditerPerusahaan Komanditier atau yang biasa disingkat menjadi CV merupakan perusahaan persekutuan yang didirikan berbadasarkan saling percaya. 8. c. Dalam CV. PT ( Perseroan Terbatas) PT adalah badan usaha yang modalnya terbagi atas sero (saham). f. Firma (Fa) . Tanda Daftar Perusahaan (TDP) adalah bukti bahwa suatu perusahaan atau badan usaha telah melakukan kewajibannya melakukan pendaftaran perusahaan dalam Daftar Perusahaan. 3 Tahun 1982 Tentang Wajib Daftar Perusahaan. tanggung jawab terhadap kewajiban/utang bagi perusahaan bagi para pemiliknya hanya terbatas sebesar sero yang dimiliki.

Modal pendiriannya berasal sebagian atau seluruhnya dari kekayaan negara yang dipisahkan berupa saham-saham. . Contoh Perjan: PJKA (Perusahaan Jawatan Kereta Api) kini berganti menjadi PT. 9. sehingga pemerintah terpaksa menjual sebagian saham Perum tersebut kepada publik (go public) dan statusnya diubah menjadi persero. Firma merupakan badan usaha yang didirikan oleh 2 orang atau lebih dimana tiap anggota bertanggung jawab penuh atas perusahaan.KAI b. tujuan didirikannya Persero yang pertama adalah mencari keuntungan dan yang kedua memberi pelayanan kepada umum. Modal Usaha a. Persero Persero adalah salah satu Badan Usaha yang dikelola oleh Negara atau Daerah. Persero dipimpin oleh direksi. Berbeda dengan Perum atau Perjan. Perum Perum adalah perjan yang sudah diubah. Perjan Perjan adalah bentuk badan usaha milik negara yang seluruh modalnya dimiliki oleh pemerintah. Koperasi Koperasi adalah jenis badan usaha yang beranggotakan orang – orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berlandaskan asas kekeluargaan. Perjan ini berorientasi pelayanan pada masyarakat. Untuk laba atau keuntungan dibagikan kepada anggota dengan perbandingan sesuai akta sewaktu pendiriannya. Sehingga selalu merugi. c. Sama seperti Perjan. Sedangkan pegawainya berstatus sebagai pegawai swasta. Badan usaha ditulis PT < nama perusahaan > (Persero). Modal firman berasal dari anggota pendiri. Tujuannya tidak lagi berorientasi pelayanan tetapi sudah profit oriented. d. perum di kelola oleh negara dengan status pegawainya sebagai Pegawai Negeri. Sekarang sudah tidak ada perusahaan BUMN yang menggunakan model perjan karena besarnya biaya untuk memelihara perjan-perjan tersebut sesuai dengan Undang Undang (UU) Nomor 19 tahun 2003 tentang BUMN. Namun perusahaan masih merugi meskipun status Perjan diubah menjadi Perum.

Adapun cara membuat bisnis plan. Anda bisa melihat dari daftar isi di bawah ini: Ringkasan Eksekutif Latar Belakang Bisnis Deskripsi Perusahaan Visi & Misi Struktur Organisasi Analisis Pasar dan Pemasaran Analisis SWOT Segementasi dan Target Pasar Strategi Pemasaran Analisis Pesaing Analisa Produksi (proses produksi) Kapasitas Produksi Fasilitas dan Perlengkapan Pemasok Analisis Sumber Daya Manusia (SDM) Rencana Pengembangan Usaha Biaya Operasional dan Pemasaran Awal (dalam rupiah) Biaya Bahan Baku Total Biaya Awal Biaya per Bulan Analisis Break Even Point Lampiran .

ataupun hadiah dari kompetisi business plan Dinar Tazkia 2013 yang diikuti oleh pendiri bisnis ini. kediri. Misi Cokelat Nyengir berusaha untuk menyajikan berbagai varian unik minuman cokelat kepada masyarakat dengan harga yang terjangkau. Pembiayaan Para pendiri usaha ini mencari pembiayaan untuk bisins ini dari : Milik Sendiri Keluarga Teman / Kenalan Pembiayaan bisa dalam bentuk pinjaman. aris dan darma 1. yang merupakan Mahasiswa STP Bali.A. Prakiraan Penjualan Dengan beberapa pertimbangan. Dengan tools yang telah dipelajari diperkuliahan. Cokelat Nyengir akan memulai usahanya di Jalan Babakan Madang. Tim Manajemen Tim Manajemen utama dibentuk oleh para pendiri. . Coklat Nyengir (“nama bisnis ini”) berbentuk stand minuman yang menjual berbagai minuman unik dengan bahan dasar cokelat.700.000 rupiah perbulan. investasi. kami memperkirakan perharinya kami memperoleh nilai penjualan sebesar 190.000 rupiah atau setara dengan 5. Dengan kegiatan tersebut Coklat Nyengir akan menghasilkan keuntungan bagi pemilik dan pejalan bisnis ini.000. 3. Kabupaten tabanan 2. Ringkasan Eksekutif Tujuan dari Business plan ini adalah untuk mengembangkan dana sebesar 9. diharapkan dapat membantu cara berpikir dan bertindak tim manajemen dalam menjalankan bisnis ini 5. 4.000 rupiah ke dalam sebuah bisnis minuman cokelat yang berlokasi di bogor. sekalian dalam rangka memperkenalkan dan melestarikan minuman cokelat di masyarakat lokal. Deskripsi Singkat Perusahaan Coklat Nyengir adalah bisnis yang menawarkan minuman cokelat baik dingin maupun panas dengan berbagai varian produk yang unik. Usaha ini didirikan oleh dewa.

. kami berharap hal-hal tersebut menjadi efek pengganda bagi bisnis kami ini.6. lebih tepatnya produk minuman cokelat dalam rangka menangkap kesempatan sekaligus menyalurkan interest kami tentang cokelat. Keuntungan Bersih dan Break Even Point Keuntungan bersih perbulan adalah : 1. Bahkan minuman – minuman tersebut menjadi bisnis yang sangat bisa diperhitungkan. kedepannya kami juga berencana ingin membuat cafe serta membuka franchise. stand minuman seperti Jus buah. BISNIS MINUMAN COKELAT Dengan keadaan tersebut kami mencoba menagkap kesempatan yang sama tapi dengan produk berbeda. Rencana Pengembangan Tidak hanya stand minuman. B. Mungkin hal tersebutlah yang menjadi sebab lahirnya berbagai jenis minuman khas Indonesia. Disini kami akan mencoba untuk menyalurkan interest kami tentang cokelat menjadi sebuah produk minuman cokelat (chocolate drink) dan menyuguhkannya ke konsumen. es buah. Dengan Usaha ini kami juga mencoba untuk menyuguhkan dan mengenalkan tidak hanya minuman cokelat itu sendiri tapi juga nilai dan manfaat yang terkandung pada cokelat. Latar Belakang Bisnis Indonesia adalah negara beriklim tropis yang berarti cuaca panas menjadi hal biasa bagi masyrakat indonesia. Kita dapat lihat di sebagian daerah di Indonesia. Deskripsi Perusahaan Cokelat Nyengir adalah perusahaan yang berjalan pada bidang penjualan produk. Ditambah dengan selera masyarakat yang pada umumnya menyukai rasa cokelat. cendol dan lain sebagainya sudah begitu lumrah di masyarakat kita.000 Break Even Point –nya adalah : 2-3 bulan 7.400. Bisnis tersebut terus bertahan bahkan berkembang sampai sekarang karena memang didukung needs dan wants dari masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah tropis ini. C. sup buah. tak terkecuali di Kota Bogor.

2. Melesetarikan Minuman Cokelat sebagai bagian dari budaya masyarakat lokal. Menciptakan sebuah minuman cokelat dengan berbagai variasi unik dan menarik. E. Struktur Organisasi Usaha ini akan dijalankan team management cokelat. Visi & Misi Visi : Menjadi bisnis yang bisa menyajikan kebahagian dari secangkir minuman coklat. Mengusahakan segmentasi yang lebih merakyat dengan penentuan harga yang lebih terjangakau. 3. sebagai berikut : Ketua (+Manajer Keuangan) : DARMA Manajer Produksi : ARIS Manajer Pemasaran (+ Manajer operasional) : DEWA Job Description : Ketua Penanggung Jawab umum perusahaan Membuat keputusan Memelihara kelancaran & kualitas manajemen organisasi Manajer Keuangan Mencatat transaksi keuangan Memproses data transaksi keuangan menjadi sebuah informasi (laporan keuangan) Mengkomunikasikan laporan keuangan kepada pihak terkait Manajer Produksi Mengembangkan produk Menjaga kualitas produk . Misi : 1.D.

7000) 3 varian Level 3 (harga : Rp. atau smoothie. Analisis SWOT Strength Persaingan yang masih sedikit dalam pasar Segmentasi pasar yang luas Konsep produk yang unik Manfaat khas dari cokelat . shake. 5000) 4 varian Level 2 (Harga : Rp. Melatih pegawai untuk membuat produk yang berkualitas Manajer Pemasaran Mengimplementasikan strategi pemasaran Mengatur kegiatan sales Melakukan promosi Menjaga hubungan dengan konsumen Manajer Operasional Mengatur perlengkapan dan jalannya usaha F. seperti pisang. 10000) 1 varian Produk-produk tersebut ada kemungkinan untuk mengalami perubahan. Untuk awal bisnis kami merencanakan 8 varian minuman cokelat yang kami bagi menjadi 3 tingkatan yaitu : Level 1 (Harga : Rp. G. biskuit. dll. kacang. strawberi. ataupun sekedar ingin melepaskan dahaga. yang menginginkan manfaat cokelat. Analisis Pasar dan Pemasaran 1. Campurannya bervariasi. pertambahan ataupun pengurangan 2. cendol. Gambaran Pasar Pasar utama kami adalah semua orang yang menyukai rasa cokelat. Gambaran Produk Produk kami adalah berupa minuman cokelat baik minuman cokelat murni.

Singkatnya profil pelanggan kami adalah sebagai berikut : Tabel bisnis plan I. Strategi Pemasaran Dalam mengusahakan agar produk sampai ke tangan konsumen kami menyusun strategi pemasaran sebagai berikut: Membuat dan membuka stand yang eye catching. Tetap kami juga menyediakan satu atau beberapa varian produk yang berkualitas tinggi (dan dengan harga lebih tinggi tentunya). Tingkatan kualitas tersebut (dari bawah ke atas) kami bagi dalam beberapa level. Kedua. yaitu 1 – 3. Tetapi. Segementasi dan Target Pasar Kami mengusahakan segementasi pasar kami seluas mungkin. karena sifat dari minuman itu sendiri yang dibutuhkan oleh setiap orang. Pertama. . Secara garis besar kami menciptakan dan menjual produk yang bersifat merakyat alias terjangkau. dengan harapan menjadi nilai positif bagi efek psikologis ke konsumen. karena hampir semua orang menyukai rasa cokelat.Weakness Kekurang-kenalan masyarakat terhadap minuman cokelat Keterbatasan supplier bahan baku Kurangnya pengalaman Opportunity Melestarikan minuman cokelat dalam masyarakat Menjadi primadona dalam bisnis minuman cokelat Mengembangkan bisnis dalam bentuk franchise Threat Potensi Munculnya bisnis baru yang sama Potensi berkembangnya bisnis yang sama yang sudah ada H. kami memperkirakan pembeli potensial terbanyak adalah golongan usia remaja ke bawah.

es cendol dan lain-lain. Analisa Produksi (proses produksi) Produk minuman cokelat kami adalah berbentuk blend sehingga dalam proses pembuatan membutuhkan proses mix di blender. Menyebarkan Pamflet Mengiklankan di Dunia maya Promosi pada waktu pembukaan dengan membagikan minuman gratis Pada periode awal bisnis ini. baik berupa franchise maupun bukan. khususnya mahasiswa STP Bali. yaitu bidang minuman. kami mencoba menjadikan mahasiswa. Sedangkan usaha di bidang dan jenis yang sama –walaupun belum ada di lokasi target pasar kami. sop buah.sudah mulai banyak bermunculan. es kelapa. roti. Tetapi dalam bidang yang sama. J. Secara garis besar produk kami diproses dengan tujuh langkah sederhana berikut : Penyeduhan cokelat Penambahan pengental seperti es batu. Campurannya adalah berupa buah – buahan seperti pisang dan strawberi . target pasar kami belum ada yang menjalankan usaha dalam jenis yang sama dengan yang akan kami jalankan. biskuit. disana sudah ada usaha seperti es buah. menjadi basis pelanggan tetap kami dengan memanfaat identitas dan relasi kami sebagai mahasiswa. Analisis Pesaing Dilihat lokasinya. selai kacang atau yoghurt Penambahan add material (campuran utama) Penambahan es batu Mixing dengan blender Penambahan toping Packing . dan lain-lain. Beberapa nama pesaing potensial yang sudah mulai terkenal dalam bidang penjualan minuman cokelat adalah : Pasco Franchise Choco Rich K.

Kapasitas Produksi Kapasitas maksimal produksi kami perhari adalah sekitar 100 cup/hari setara dengan 1 kg bahan baku bubuk cokelat M.L. BT Cocoa didirikan pada tahun 1993. Bogor. atau dengan nama asli Bumitangerang Mesindotama. yaitu bubuk minuman cokelat. Gambaran Kebutuhan SDM Kami membagi SDM menjadi 4 fungsi dalam memenuhi kebutuhan SDM. Analisis Sumber Daya Manusia (SDM) A. O. Fasilitas dan Perlengkapan Dalam proses produksi fasilitas dan perlengkapan yang kami butuhkan adalah : Tempat 2 x 2 meter Gerobak dan perlengakapannya Blender Listrik Air Ketel listrik Kursi Termos Keranjang Tenaga karyawan N. kami menyuplai dari perusahaan BT Cocoa. Sedangkan untuk bahan lainnya kami akan menyuplai dari pasar lokal di sekitar Kecamatan Babakan Madang. Pada tahun 2000 BT cocoa fokus dalam produksi produk cokelat salah satunya adalah minuman cokelat. Pemasok Untuk bahan dasar. Untuk jauh kedepannya kami berencana akan mencoba untuk memproses sendiri cokelatnya sehingga bisa memangkas biaya produksi. yaitu : .

Aktivitas dan Penjadwalan Satu periode akuntansi kami adalah sebulan atau setara dengan 30 hari. Adapun kegiatan-kegiatan kami bila dibagi berdasarkan waktu adalah sebagai berikut : Satu hari (setiap hari) Penjualan (7 hari dalam seminggu) Pencatatan keuangan Seminggu Evaluasi operasional Pemenuhan suplai Sebulan Pembentukan laporan keuangan bulanan Evaluasi performa bisnis Setahun Pembentukan laporan keuangan tahunan Evaluasi performa bisnis . yang mengurus perlengkapan dan jalannya usaha sehari hari. yaitu produksi. Bagian Operasional. dan sales. Bagian Sales. yaitu : Pada awal perekrutan sales untuk stand awal kami. P. yaitu yang mengembangkan dan menjaga kualitas produksi. mencatat dan mengkomunikasikan laporan keuangan. Pengembangan meliputi strategi marketing dan membuat produk Pada pembukaan cabang atau franchise. operasional. B. Rencana Pengembangan Usaha Bisnis plan cafe 1. keuangan. Bagian keuangan. Rencana Pengembangan SDM Rencana Pengembangan SDM akan kami implementasikan pada 2 titik waktu. Pengembangannya adalah pelatihan untuk semua bagian SDM. mengurus penjualan produk sehari-hari. termasuk membuatnya. Bagian Produksi.